Gereja Yang Bertunangan dan Posisi Rohani
Khotbah ini menafsirkan Kidung Agung pasal 4, ayat 8, dengan menekankan hubungan antara Kristus dan gereja-Nya. Pembicara menganalisis deskripsi kekasih Kristus sebagai "pengantinku", menunjukkan tahap pertunangan spiritual. Khotbah tersebut juga menjelaskan simbolisme gunung-gunung seperti Libanon, Amanah, Senir, dan Hermon, serta "gua singa" dan "gunung macan tutul" sebagai metafora untuk kekayaan duniawi dan bahaya spiritual. Inti pesannya adalah pentingnya kesetiaan kepada Tuhan, bahkan ketika dihadapkan pada godaan kekayaan dan popularitas duniawi, mengingatkan umat untuk turun dari pengejaran duniawi demi hubungan yang lebih dalam dan tersembunyi dengan Allah.
Berikut adalah catatan lengkap khotbah:
Catatan Khotbah: Harapan Tuhan terhadap Gerejanya (Kidung Agung 4)
I. Pembukaan dan Doa
Khotbah ini berfokus pada Kidung Agung pasal 4, yang diungkapkan sebagai harapan Tuhan terhadap gerejanya – gereja dengan karakteristik tertentu yang layak disebut sebagai kekasih Tuhan.
Doa syukur dipanjatkan karena Tuhan tidak membiarkan umat-Nya hidup dalam misteri atau rahasia, melainkan menyingkapkannya dari hari ke hari, minggu ke minggu.
Harapan adalah agar firman Tuhan bukan hanya menguatkan, tetapi meresap dan menjadi sifat dasar bagi umat-Nya, melalui Roh Kudus yang memberikan ilham, pewahyuan, pengertian, dan hikmat.
II. Kidung Agung 4:7-8 - Pengakuan Sang Gembala dan Pujian Tuhan
Ayat 7: "Engkau cantik sekali manisku, tak ada cacat cela padamu."
Ini adalah pengakuan dan pujian dari Gembala (melambangkan Tuhan) kepada Gadis Sunam (melambangkan gereja).
"Cantik engkau manisku" berbicara tentang manusia batin yang diekspresikan melalui perbuatan, terwujud dalam karakter, dan terlihat dalam sikap. Ini adalah kecantikan spiritual.
"Tak ada cacat cela padamu" menunjukkan bahwa Tuhan tidak menemukan satu pun kekurangan dari apa yang diharapkan-Nya; semuanya telah terwujud pada Gadis Sunam.
Ayat ini sejajar dengan Efesus 5:25-30, di mana suami mendandani istrinya hingga cemerlang tanpa cacat dan kerut, yang merupakan pekerjaan Tuhan.
Penting bagi kehidupan umat untuk membenahi diri demi kepuasan Tuhan yang menilai, bukan jumlah pelayanan, melainkan dasar dan motivasi pelayanan.
Ayat 8: "Turunlah kepadaku dari gunung Libanon, pengantinku! Datanglah kepadaku dari gunung Libanon, turunlah dari puncak Amanah, dari puncak Senir dan Hermon, dari liang-liang singa, dari pegunungan tempat macan tutul."
III. Status "Pengantinku" (Bride)
Ini adalah pertama kalinya Sang Gembala memanggil Gadis Sunam "pengantinku," bukan lagi "jelita" atau "manisku".
Dalam Perjanjian Baru, sebutan "pengantinku" ini menggambarkan masa pertunangan antara Tuhan dengan gereja-Nya, bukan masa perkawinan (perkawinan Anak Domba akan terjadi ketika Kristus datang kembali).
Ini adalah ikatan hukum secara spiritual di mata Bapa di surga, seperti pertunangan Yusuf dan Maria (Matius 1:18, 25).
Penggunaan kata "pengantinku" menunjukkan bahwa Gadis Sunam telah teruji dan terbukti dalam menghadapi pencobaan dan badai, dan telah menunjukkan kesetiaan yang besar (kata Yunani: pistis, iman yang teguh). Kesetiaan adalah karakter yang muncul dari ujiannya.
IV. Kerinduan Gadis Sunam: Gunung Mur dan Bukit Kemenyan
Sebelum Sang Gembala mengucapkan "turunlah kepadaku," Gadis Sunam telah menyatakan kerinduannya untuk pergi ke "gunung mur dan bukit kemenyan" (Kidung Agung 4:6).
Ini bukanlah gunung harfiah, tetapi berbicara tentang posisi rohani di mana hidup seseorang seperti mur dan kemenyan, bau-bauan spesifik dan eksklusif yang disukai Tuhan, dominan di ruang tertutup Bait Suci.
Ini melambangkan kerinduan untuk berada di tempat kesukaan Tuhan, seperti Gunung Moria (Abraham), Gunung Ararat (Nuh), dan Golgota/Sion (Kristus).
Ini adalah "tempat rahasia" (secret place) bersama Bapa di surga, di mana kehidupan menjadi bau-bauan yang disukakan Tuhan.
Tempat ini adalah tempat di mana Bapa yang melihat yang tersembunyi akan membalas (Matius 6:3-4, 6:5-6, 6:17-18 tentang sedekah, doa, dan puasa dalam rahasia). Iblis tidak tahu di mana engkau berada ketika di tempat rahasia ini.
Kerinduan ini menunjukkan kesiapan gereja untuk status istri (Wahyu 19:7: "pengantinnya telah siap sedia" karena "istrinya telah siap").
Progresi hubungan dengan Tuhan: Bukan umat -> umat Tuhan (lahir baru) -> bukan kekasih -> kekasih (bertumbuh, dewasa) -> diuji/dicobai -> istri tunangan.
"Buah dada" (payudara) melambangkan ekspresi cinta dan ketaatan gereja kepada Tuhan yang membuat Tuhan "bergairah" dan "berbirahi" dalam cinta-Nya. Ini terwujud melalui memegang perintah-Nya dan melakukannya (Yohanes 14:21).
Paulus memiliki "cemburu ilahi" untuk mempertunangkan jemaat Korintus sebagai perawan suci kepada Kristus (2 Korintus 11:2), yang digambarkan oleh "pengantinku" dalam Kidung Agung 4:8.
V. Perintah "Turunlah/Datanglah" dari Gunung-gunung Duniawi
Sang Gembala meminta Gadis Sunam untuk "turunlah" atau "pergilah" dari gunung-gunung (Libanon, Amanah, Senir, Hermon) dan tempat-tempat berbahaya (liang-liang singa, pegunungan macan tutul).
Mengapa harus "turun" dari gunung-gunung yang megah?
Gunung-gunung ini, meskipun secara fisik mulia dan diberkati, melambangkan kemegahan, puncak dunia, dan kehidupan duniawi.
Libanon: Berarti "putih" karena salju, menghasilkan kayu aras, sanobar, cendana yang digunakan untuk Bait Suci dan istana (2 Tawarikh 2:8). Ini adalah lambang kekayaan dunia.
Amanah (Damaskus): Sungai-sungai di Damaskus (Abana dan Parpar) lebih bersih dari Sungai Yordan, namun Tuhan memilih Yordan untuk kesembuhan Naaman (2 Raja-raja 5:10, 12). Ini melambangkan pilihan Tuhan yang berbeda dari logika dunia.
Senir / Sirion / Hermon: Gunung Hermon menghasilkan embun dan salju yang menjadi berkat (Mazmur 133:3), namun berkat itu harus diperintahkan Tuhan untuk membasahi Sion (gereja). Ini menunjukkan bahwa berkat harus datang melalui perintah Tuhan, bukan dicari secara manusiawi.
Perintah "turunlah" berarti: "Aku (gereja) berbeda dengan sistem dan kepercayaan serta kehidupan dunia.". Gereja harus mampu menaklukkan sistem dunia dengan cara turun dan menjadi hamba, bahkan ketika berada di puncak (Matius 20:25-27).
Meskipun gunung-gunung ini menghasilkan bahan berharga dan berkat, berkat-berkat itu seharusnya tetap dalam kendali tangan Allah.
"Liang-liang singa" dan "pegunungan tempat macan tutul": Bahaya di Balik Kemegahan
Ini adalah tempat-tempat yang menakutkan dan berbahaya, yang dapat menyerang pikiran, menimbulkan ketakutan, dan menjadi sarana kejatuhan dan dosa.
Liang-liang singa: Melambangkan bahaya, siap menerkam dan memangsa. Ini adalah gambaran iblis yang berjalan keliling seperti singa yang mengaum (1 Petrus 5:8-9). Daniel adalah contoh orang yang lolos dari liang singa karena takut akan Tuhan dan kesetiaannya (Daniel).
Pegunungan macan tutul: Melambangkan orang-orang yang terbiasa berbuat jahat (Yeremia 13:23). Juga menggambarkan kekuatan dan kekuasaan (Daniel 7:6, Wahyu 13:2) yang diberikan kepada antikris. Macan tutul mengintai di pinggir kota untuk menerkam orang yang berdosa (Yeremia 5:6). Tuhan sendiri bisa menjadi seperti singa atau macan tutul sebagai hukuman atas kejahatan (Hosea 13:4-7).
Raja Salomo, meskipun sangat kaya dan bijaksana (1 Raja-raja 10:23, 2 Tawarikh 9:22), hidup di lingkungan yang disetarakan dengan "liang-liang singa" dan "pegunungan macan tutul" karena ia tidak mau "turun" kebalikan dari sifat Kristus yang merendahkan diri.
Bahaya dari berkat-berkat spiritual atau kekayaan duniawi adalah memudarnya kesetiaan dan cinta kepada Tuhan.
Panggilan Tuhan kepada Pengantin-Nya:
Perintah "Keluarlah dari situ" atau "Turunlah dari tempat itu" adalah bahasa puitis yang berarti meninggalkan hal-hal yang dapat memudarkan kesetiaan kepada Tuhan.
Gereja harus memiliki hak keputusan untuk tidak membiarkan berkat-berkat (spiritual maupun material) mengubah kesetiaan atau cinta kepada Tuhan.
Tuhan menginginkan kesetiaan "sampai mati" hanya karena Dia, bukan karena apa yang Dia lakukan atau apa yang diterima dari-Nya.
Segala sesuatu harus dianggap sampah agar dapat memperoleh Kristus saja (Filipi).
VI. Penutup
Tuhan menantikan gereja yang memiliki karakteristik ini: kecantikan spiritual, tanpa cela, setia melalui ujian, merindukan posisi rohani yang tersembunyi bersama Bapa, dan siap meninggalkan kemegahan duniawi yang berpotensi melunturkan kesetiaan.
Berkat Tuhan yang sesungguhnya (seperti embun dari Hermon ke Sion) diperintahkan oleh Tuhan dan tidak akan mengubah kesetiaan atau cinta kepada-Nya, meskipun secara alami mustahil terjadi karena jarak yang jauh.