PROPHETIC DIRECTION – MEMBANGUN KETETAPAN HATI

PROPHETIC DIRECTION – MEMBANGUN KETETAPAN HATI

Tuhan telah jatuh cinta sampai mati kepada gereja-Nya. Dia tidak salah telah memilih gereja-Nya. Gereja telah ditentukan untuk menutup hari-hari. Gereja telah dipersiapkan untuk kekekalan dan berakhir pada kekekalan. Dia ingin membangun saudara bukan sebagai gereja biasa. Bukan seperti gereja pada umumnya, tapi Dia ingin membangun saudara sebagai gereja Kerajaan-Nya. Dan itu yang disebut dengan generasi yang terakhir untuk hari yang terakhir.
gbr: salvation1.com
Allah memiliki agenda yakni agenda kekekalan. Dia persiapkan gereja-Nya untuk masuk pada agenda-Nya. Ketika kita berjalan kita harus mengetahui kita memasuki zaman dan masa apa supaya kita tidak membabi-buta, tidak takabur. Kita perlu mendapatkan arahan dari Roh Kudus; sesuatu yang segar yang mengalir dari sorga. Mengalir pada hidup saudara sehingga kita selalu fresh. Arahan profetik tidak ditentukan di awal tahun, tetapi kapan saja Tuhan mau berikan, karena itu adalah langkah menuju kepada kekekalan.
Tanggalkan semua hal-hal yang natural dari pikiran saudara. Kita bukan seorang peramal akan apa yang terjadi di tahun ini, tapi kita membutuhkan arahan supaya kita dapat memberikan kontribusi dan peranan kita bersama-sama dengan Tuhan, sebagai mitra Tuhan. Dia mau menjadikan kita mitra-Nya.

Saudara akan merasakan kedahsyatan Allah. Dia sekarang bekerja dalam hatimu. Dia ingin menjelaskan apa yang Dia mau kerjakan di bumi ini. Saudara tidak bisa menghalangi apa yang Dia mau kerjakan dan Dia mau selesaikan. Satu hal yang tidak bisa ketahui tentang Allah kita, Dia tidak pernah berdusta.

Yoh 17:1 Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.

Yesus mengatakannya 2000 tahun yang lalu. Berarti saatnya sudah tiba.
Ketika Dia mengatakan telah tiba saatnya, berarti sudah waktunya hal itu harus digenapi oleh Bapa. Bapa harus bekerja ekstra. Bapa telah melihat hal-hal yang mendasar dan prinsip-prinsip dalam diri Yesus, sehingga sudah cukup alasan Ia berkata telah tiba saatnya itu harus segera dikerjakan. Sekarang Allah Bapa harus mengerjakan semuanya itu. Dan itu sudah 2000 tahun lalu. Kita hidup dizaman 2000 tahun kemudian. Kita sekarang masuk pada masa-masa penggenapan dari apa yang sudah diletakkan oleh Yesus dan sekarang masuk pada zaman daripada Bapa menggenapinya.

Di Fil 2 rasul Paulus menyingkapkan apa yang belum pernah dinyatakan oleh pendahulunya atau rasul mana pun. Dikatakannya, bahwa Yesus yang datang dari sorga adalah Allah. Saudara juga mempercayainya Dia adalah Allah. Kemudian Dia mengosongkan dirinya menjadi hamba, mengambil rupa manusia. Pada saat di bumi semua kemuliaan dan ke-ilahianNya ditanggalkan. Itu yang dilakukan oleh Yesus. Itu sebabnya ketika usianya 33 tahun lebih di Yoh 17 itu adalah saat-saat menjelang kematian-Nya.

Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,  Php 2:5

yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,  Php 2:6

melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.  Php 2:7

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.  Php 2:8

 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.  Joh 17:4

Ini menjadi dasar bagi Yesus untuk berani meminta kemuliaan-Nya itu.

Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.  Joh 17:5

Ini kemuliaan yang pada awalnya telah ada pada diri-Nya. Tetapi Dia telah mengosongkan diri-Nya. Dia benar-benar menjadi manusia sejati. Dua ribu tahun yang lalu Yesus sudah menyelesaikan pekerjaan Bapa, sehingga sekarang kita masuk kepada zaman penggenapan. Siapa yang akan menggenapinya? Bapa, bukan saudara dan saya. Bapa yang berkuasa atas semesta alam. Dia tidak akan membuat janji-janji lagi dan bermain-main, tetapi akan menggenapinya karena apa yang telah dilihat dalam diri Yesus.

Dia adalah Anak Manusia yang telah menjadi Anak Allah. Berarti Dia harus diisi kembali dengan ke-ilahi-annya Allah. Awalnya Dia adalah Allah. Dia mengosongkan diri menjadi Anak Manusia. Saudara dan saya juga seperti itu. Proses yang sama yang dialami oleh Yesus, kita alami juga hal yang sama apa pun keadaan saudara.

Yesus mengatakan dengan tegas, bahwa ini sudah terjadi 2000 tahun yang lalu. Telah tiba saatnya, kita tidak perlu lagi menanti-nantikan saat penggenapannya oleh Bapa, karena itu ini adalah zamannya penggenapan itu. Saudara harus menjadi jelas akan kebenaran ini supaya saudara bersemangat.

Kita tidak lagi bicara mengenai sorga dan neraka. Tapi apa yang menyenangkan hidup kita bagaimana kita hidup di bumi ini tidak seperti di neraka. Banyak orang tidak suka lagi tinggal di bumi ini. Karena apa? Dia berpikir sudah banyak kejahatan di bumi ini, sehingga hidup seperti di neraka. Padahal dia sendiri belum pernah pergi ke neraka. Itu dusta besar, karena jika kau bandingkan hidup di bumi ini, pasti lebih enak.

Mengapa Yesus mengatakan seperti itu?
1.   Karena ia telah selesaikan pekerjaan Bapa yang diberikan kepada-Nya (ay4). Pekerjaan itu adalah perintah Bapa. Bapa juga memberikan firman kepada saudara. Itu adalah perintah yang harus saudara kerjakan dengan tangan saudara. Rasul Paulus menyingkapkan apa yang disebut dengan pekerjaan. Dia adalah Anak Allah. Mengosongkan diri-Nya menjadi Anak Manusia asli. Saudara dan saya adalah manusia asli. Kemudian Dia bisa disebut adalah Anak Allah. Berarti ada jalan buat saudara dan saya menjadi anak-anak Allah. Jangan saudara hanya terus berdoa: Tuhan genapilah, genapilah…. Jangan bodoh. Tuhan memang sedang menggenapinya, tapi saudara selalu berteriak-teriak: genapilah-genapilah..  Perhatikan hal ini mulai ay 20, semua sudah memenuhi syarat, Dia kan menggenapinya.

Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.  Joh 17:20-21

Selama ini saudara tidak mengerti mengapa Bapa ada di dalam engkau.
Untuk apa? Yesus berkata: Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa. Ini harus saudara mengerti kebenaran ini dengan jelas. Ini bukan penjelasan biasa. Selama ini kita tidak pahami. Hari ini saudara harus terbuka akan hal ini.

Apa gunanya Bapa di dalam Dia dan Dia di dalam Bapa? Bapa di dalam Dia adalah Bapa bekerja di dalam diri-Nya Yesus untuk membangun hidupnya dari sebagai sebutan Anak Manusia asli menjadi Anak Allah.

Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,  Php 2:12

karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.  Php 2:13

Allah yang ada di dalam kamu, tinggal di dalam saudara, itu bekerja. Jadi Yesus mengatakan bahwa Bapa di dalam diri-Nya. Dan Dia berdoa di Yoh 17: Aku telah menyelesaikan pekerjaanMu. Aku telah mempermuliakan Engkau dengan cara menyelesaikan pekerjaanMu. Pekerjaan itu harus dilakukan oleh Bapa, sementara ada di dalam diri-Nya. Bapa ada di dalam diri-Nya diberikan ruang gerak, area yang lebih luas lagi.

Dikatakan-Nya, apa yang Ku katakan bukan berasal dari diri-Ku. Apa yang Ke kerjakan, apa yang Ku mau, bukan berasal dari diri Ku. Berarti Bapa bekerja di dalam diri Dia, untuk apa?  Untuk membangun kebenaran, untuk membangun kemauan untuk kesenangan dan kepuasan Bapa sendiri. Inilah yang dimaksudkan dengan menyelesaikan pekerjaan Bapa.

karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.  Php 2:13

Jadi pekerjaan Bapa itu harus diselesaikan dalam hidup saudara dan saya. Dia bekerja dalam saudara. Dia akan menyelesaikan apa yang harus diselesaikan dalam hidup saudara. Apa yang disukai-Nya itu harus terbangun dalam hidup saudara. Biakan Allah bekerja di dalam diri saudara, menyelesaikannya, sehingga baik kemauan mau pun kehendak untuk mencapai tujuan Bapa itu akan memuaskan hati Bapa dan itu telah terlaksana dalam diri Yesus.

Yoh 4, ketika Yesus bertemu dengan perempuan Samaria.
Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal."  Maka murid-murid itu berkata seorang kepada yang lain: "Adakah orang yang telah membawa sesuatu kepada-Nya untuk dimakan?" Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.  Joh 4:32-34

Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai.
Sekarang juga penuai telah menerima upahnya dan ia mengumpulkan buah untuk hidup yang kekal, sehingga penabur dan penuai sama-sama bersukacita.  Joh 4:35-36

Yesus menyelesaikan pekerjaan Bapa di dalam diri wanita Samaria ini. Wanita ini tidak memiliki pandangan tentang Allah dengan benar, belum terbangun karakter ilahinya menurut pandangan Tuhan dan tidak memiliki keyakinan yang sama yang dikehendaki oleh Bapa. Itu sebabnya Yesus mengerjakan hal-hal itu dan Ia berhasil dan akibatnya seluruh kota bisa dibawa kepada Yesus. Itu seperti makanan dan murid-murid tidak mengerti bahwa itu akan memberikan tenaga dan kekuatan pada diri Yesus. Itu yang menjadi prinsip Yesus. Itu sebabnya kehendak Bapa mudah bekerja di dalam diriNya. Dikatakan pada ayat pertama, Yesus harus melintasi Samaria, padahal ada jalan pintas menuju ke rumahNya di Galilea. Yesus tidak memilih jalan pintas itu, sebab Bapa menghendaki Dia melintasi Samaria. Yesus tau bagaimana menyukakan hati Bapa. Sama seperti ayat ini: karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.  Php 2:13

Biarkan dan ijinkan Bapa bekerja dalam hidup saudara, sehingga saudara juga bisa berkata: Aku telah menyelesaikan segala pekerjaan Dia di dalam hidupku.

Tetapi waktu Ia, yang telah memilih aku sejak kandungan ibuku dan memanggil aku oleh kasih karunia-Nya,  berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaatpun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia;  juga aku tidak pergi ke Yerusalem mendapatkan mereka yang telah menjadi rasul sebelum aku, tetapi aku berangkat ke tanah Arab dan dari situ kembali lagi ke Damsyik.  Lalu, tiga tahun kemudian, aku pergi ke Yerusalem untuk mengunjungi Kefas, dan aku menumpang lima belas hari di rumahnya.  Gal 1:15-18

Ayat pokoknya: berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku (to reveal His Son). Yang dinyatakan adalah hidup Yesus, yang merupakan patron ke-putra-an-Nya (sonship). Ini berbeda dengan apa yang kita ketahui selama ini yaitu menyatakan Yesus atau menyatakan Kristus Yesus. Apa maksud dari kebenaran ini?

Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.  Mat 3:13

Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"  Mat 3:14

Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.  Mat 3:15

Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,  Mat 3:16

lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."  Mat 3:17

Apa yang dikerjakan Allah di dalam diri Paulus? Paulus tidak meminta pertimbahan kepada mereka yang telah lebih dulu menjadi rasul.

Ketika Bapa menyatakan keputraan AnakNya di dalam diri Paulus, ia tau dia harus bekerja untuk kesenangan Bapa di sorga. Paulus dipilih dan dipanggil dan tidak lagi berjalan menurut kemauannya dia atau menurut tradisi dari orang Yahudi dan tidak berjalan menurut hirarki (secara natural). Semua ditanggalkannya demi untuk menyenangkan Bapa. Di sini kita harus dapat melihat dan belajar, patron keputraan (the Sonship) itu dinyatakan untuk memuliakan Bapa. Dan patron keputraan itu harus terbangun dan dinyatakan (termanifestasi) juga di dalam diri saudara dan saya. Itu yang terbangun dalam diri Yesus, juga dalam diri Paulus. Jika patron itu terbentuk dalam diri saudara, maka saudara akan dapat menyelesaikan pekerjaan Bapa.

2.   Karena Yesus telah menetapkan hati untuk melakukan seluruh kebenaran.
Karena Yesus sudah menyelesaikan pekerjaan Bapa di dalam diri-Nya, maka Ia bisa mengatakan seperti Mat 3:13-17. Demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah (to fulfill all righteousness).

Yohanes telah memulai pelayanannya sementara Yesus belum mulai, karena Yesus belum menerima instruksi dari Bapa. Belum cukup memadai untuk memulainya.

Ada banyak orang memulai pelayanannya dengan semangat tanpa menunggu instruksi dari Tuhan, akibatnya gagal. Yohanes Pembaptis malah kebablasan, seharusnya dia sudah bisa ‘pensiun’ di hadapan Tuhan. Rupanya dia sudah mulai membangun kerajaannya sendiri, padahal ia adalah protokoler kerajaan. Tuhan berkata demikian: jika kau melihat seseorang dimana Roh Allah turun atasNya, itulah orang yang Ku maksud. Kau harus berhenti, karena kau hanya menyiapkan jalan buat orang itu. Tapi Yohanes lanjut terus.  Yohanes hanya bertugas untuk menyiapkan jalan buat Yesus, tetapi dia lanjut terus. Yoh 4:1 menceritakan hal ini sehingga orang-orang Farisi dan para ahli Taurat melihat adanya persaingan diantara Yesus dan Yohanes. Ini bisa menciptakan konflik dan dilema. Kerajaan Sorga tidak menciptakan konflik tapi membawa damai.

Jadi Yesus belum memulai pelayananNya sementara Yohanes sudah. Tapi lihat apa yang terjadi.  Yesus menjawab Yohanes: Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah (to fulfill all righteousness, Mat 3:15).  Ini yang disebut dengan ketetapan hati.

Yesus belum memulai pelayananNya, tetapi Dia berani berkata demikian kepada seseorang yang sudah memulai pelayanannya dan dia adalah hamba yang berasal dari sorga juga, namanya Yohanes Pembaptis. Apa yang menjadi dasar kekuatan Yesus, sehingga Dia berani mengingatkan hamba Tuhan tersebut?

Yesus berkata demikian: Sepatutnya kita menggenapkan seluruh kebenaran Allah. Itu datang dari hatinya Yesus. Dia adalah ada manusia.
Yesus belum memulai pelayanan. Selama 30 tahun sebelum Dia mulai pelayananNya, Dia hanya izinkan Bapa untuk melakukan pekerjaanNya, di dalam diri-Nya. Ini hal yang luarbiasa dari diri Yesus sebagai Anak Manusia. Ijinkan hal yang sama terjadi pada diri saudara! Jangan selalu berpikir untuk apa yang harus kulakukan untuk Tuhan. Biarkan Bapa yang tinggal di dalam dirimu untuk menyelesaikan pekerjaanNya. Yang penting buat hidup saudara adalah bagaimana akhirnya DIA BISA MEMBENTUK SUATU KETETAPAN HATI. Hasilnya adalah KETETAPAN HATI UNTUK MELAKSANAKAN SELURUH KEBENARAN. Untuk itulah kita dipanggil. Ini yang kadang-kadang terhilang dari kepala kita, terhilang dari hati kita, terhilang dari iman kita. Inilah seperti makanan buat diri Yesus. Dia set hatinya. Dia bangun 30 tahun hanya untuk membangun ketetapan hati.

Sangat penting ketetapan hati buat hidup saudara. Ada banyak orang datang mengikut Yesus tanpa ketetapan hati. Mereka datang kepada Tuhan oleh karena pasangannya, oleh karena anaknya, oleh karena dia pernah diberkati, karena mengalami kesembuhan, karena pernah bangkrut dan diberkati kembali oleh Tuhan; ada banyak alasan tetapi mereka lupa apa yang harus terbangun yang Bapa harus tetapkan di dalam hidupnya: yaitu ketetapan hati. Allah ingin kau memiliki ketetapan hati sama seperti yang Dia bangun di dalam diri Paulus. Dia memiliki ketetapan hati dan tidak perlu minta ijin dan pamit dari para rasul terlebih dulu; tapi untuk bersegera. Tanpa ketetapan hati kau tidak bisa bersegera.

Ketetapan hati adalah pekerjaan Bapa dalam hidup saudara dan saya. Maka Yesus bisa melanjutkan, kalo begitu, saatnya telah tiba kemuliaan Kuberikan kepadaMu.

3.   ketetapan hati merupakan langkah dasar untuk memuliakan Tuhan.  Ini harus ter-ekspose dalam hidup saudara, bukan soal apa yang bisa kau lakukan untuk Tuhan. Ketika Yesus keluar dari air, sorga terbuka, Dia melihat Roh Allah dan terdengar suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."
Apa saja yang Yesus doakan dan minta, Bapa menyukainya, karena ketetapan hati-Nya. Yesus telah mengijinkan Bapa membangun ketetapan hati-Nya sehingga apa yang Bapa inginkan dan apa yang Bapa sukai itu menjadi ketetapan hati di dalam diri-Nya. Apa yang Yesus kerjakan bukan buat dirinya sendiri, maka kemuliaan diberikan Bapa kepada Dia.

Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:  Joh 17:22

Dua ribu tahun yang lalu Dia bersama murid-murid-Nya yang masih kurang percaya dan ragu, tapi Dia berani memberikan kemuliaan yang Bapa berikan kepada-Nya. Jadi saudara harusnya sudah menerimanya juga. Mari kita sambut, bahwa tahun ini adalah saatnya putra-putra Allah mempermuliakan Dia di bumi ini. Ini adalah saat yang dinantikan oleh bangsa-bangsa.

lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"  Mat 11:3

Kau harus bisa mendengar sekarang, teriakan bangsa-bangsa: Apakah kami harus menunggu yang lain lagi? Tidak, bukan. Kamilah yang harus kalian tunggu. Inilah saatnya, kamilah yang dimaksudkan, yang kalian nantikan. Ini dimulai pada hari-hari ini,karena kita masuk dan lahir di zaman yang tepat. Kita adalah jawaban yang dinanti-nantikan oleh mereka, yaitu the Church for the Kingdom, the last generation for the final day. Kita dinantikan mereka supaya terbit seperti fajar. Semua orang bersuka-cita ketika setelah melewati malam dan fajar terbit. Semua orang bersuka-cita, kecuali orang-orang yang menyukai kegelapan.

Ketika kau memberikan ketetapan hati, kau akan melihat sorga terbuka, Roh Allah akan dilimpahkan dan kau akan mendengar suara dari sorga. Kau akan melihat bagaimana Bapa meng-upgrade hidupmu.

Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.  Joh 12:20

Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya: "Tuan, kami ingin bertemu dengan Yesus."  Joh 12:21

Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus.  Joh 12:22

Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Telah tiba saatnya Anak Manusia dimuliakan.  Joh 12:23

Semua anak manusia bisa dimuliakan. 2000 tahun yang lalu Anak Manusia dimuliakan.

Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.  Joh 12:27

Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga: "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"  Joh 12:28

Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata: "Seorang malaikat telah berbicara dengan Dia."  Joh 12:29


Jawab Yesus: "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.  Joh 12:30

Yesus menjelaskan, suara itu bukan karena Dia, sebab Yesus telah memiliki ketetapan hati dan Dia akan melakukannya meski pun Dia harus mati di kayu salib. Itu adalah kehendak Bapa. Itu bukan pekerjaan. Kemudian terdengar jelas kepada murid-muridNya, tapi orang lain mendengarnya seperti guntur. Yesus katakan oleh karena semua orang ini yang ada di sekelilingKu, yang mengikuti-Ku, yang terpanggil untuk Aku; walau pun mereka masih ragu dan kurang percaya (Mat 28:16), Bapa melakukan intervensi. Mulai Yoh 12, Bapa intervensi, bagaimana Bapa membawa murid-murid-Nya ini sehingga mereka layak untuk menerima kemuliaan yang sama, seperti yang diterima oleh Yesus, apa pun keadaan mereka. Ingat Yoh 17 adalah sebelum Yesus naik ke sorga, sebelum Yesus mati, sebelum Yesus bangkit.

Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: "Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati."  Joh 11:39

Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?"  Joh 11:40

Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.  Joh 11:41

Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."  Joh 11:42

Hal-hal yang dikatakan di sini mengenai kemuliaan yang diberikan, tidak pernah dialami oleh hamba-hamba Tuhan di zaman PL. Generasi ini adalah generasi penggenap, sebagai mitra bersama dengan Bapa. Semua mendengarkan doa Yesus, supaya mereka percaya dan membawa mereka ke level yang siap untuk menerima kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diterima oleh Yesus. Kemuliaan yang dibangun di dalam diri Yesus, karena Bapa bekerja di dalamNya. Kau harus berada di pusaran Yesus. Dia sebagai Yesus, sebagai Kristus, sebagai patron keputraan.

Lihat ketetapan hati Yesus. Ketika Yesus menunjukkan ketetapan hati-Nya:
1.   Sorga terbuka (Mat 3)
2.   Bapa berkenan kepadaNya (Mat 3)
3.   Bapa selalu menjawab doa-Nya (Yoh 12)
4.   Bapa memberikan kemuliaan-Nya (Yoh 17)
5.   Yesus memberikan kemuliaan-Nya kepada murid-murid (Yoh 11)

Apa yang akan terjadi dihari-hari ini?

i.                  Sorga terbuka. Ini adalah dekade sorga terbuka. Yesus telah membuka sorga bagi saudara dan saya. Kita hidup dari sorga yang terbuka, karena Yesus telah meminta kemuliaaan kepada diriNya sebab Ia telah menunjukkan patron keputraan. Tidak ada kemuliaan tanpa patron keputraan.

Yesus tidak pernah menunjukkan patron ke-allah-an, tetapi Dia menunjukkan patron keputraan. Itu sebabnya Paulus mengatakan, ketika ia menyingkapkan (revealed) patron keputraan sudah terbentuk dalam dirnya Paulus, sehingga ia tidak minta pertimbangan sedikit pun kepada para rasul terdahulu; karena langkahnya dalam ketaatan adalah benar.

Mengapa sorga terbuka? Bapa yang membukakan, untuk mengerjakan apa yang dikehendaki Bapa. Karena Dia melihat ketetapan hati dalam hidupmu. Bapa yang membangun ketetapan hati di dalammu, jika kau memberikan ruang gerak bagi Dia.

ii.              Kita akan bisa menerima supply. Sorga akan memberikan supply. Yoh 11 Yesus berdoa untuk membangkitkan Lazarus. Mujizat terjadi. Yoh 12, terdengar suara guntur. Apa kekurangan dari murid-murid? Kurang percaya. Apa yang dimiliki di gudang sorga? Iman. Sorga akan memberikan supply. Jika kau kurang setia, ragu, kurang integritas, kurang iman, etc surga akan supply. Kesalahan banyak orang adalah senang memilih firman. Saudara memilih firman berdasarkan kebutuhan misalnya ketika sakit, saudara cari firman kesembuhan. Itu bukan firman yang datang dari Bapa, tapi dari kebutuhanmu saat itu.

Apa yang terjadi pada Abraham? Ismail diusir, sementara Sarah tidak mampu lagi untuk melahirkan anak. Tuhan berfirman, ambil anakmu, persembahkanlah dia di salah satu gunung; di gunung Moria yang akan Ku tunjukkan kepadamu. Ibrani 11 mengatakan, Abraham mau mempersembahkan dan berani mempersembahkan Ishak kepada Allah seperti yang diminta oleh Allah. Ibrani 11 menjelaskan tentang tokoh-tokoh iman, termasuk Abraham. Dia mau memperembahkan Ishak, karena dia berpikir (bahwa Allah dapat menghidupkan kembali Ishak), bukan pakai iman. Jadi yang masih kurang dalam diri Abraham adalah iman. Tapi sorga terbuka buat dia.  Sorga akan supply kekurangannya. Dia pikir menurut versinya Allah akan melakukan mujizat dan membangkitkan kembali Ishak, jika ia menusuk Ishak sampai mati. Tapi apakah Allah melakukan apa yang dipikirkan Ishak? Tidak. Allah tau kekurangan Abraham, itu sebabnya jalan kita berbeda dengan jalan Tuhan. Orang yang masih kekurangan seperti Abraham masih bisa memiliki keturunan seperti bintang di langit dan dia bisa mengalahkan musuh-musuhnya di pintu gerbang musuh. Bagaimana mungkin? Abraham percaya dia persembahkan, tapi pikirannya juga jalan. Belum utuh. Tapi Allah mencegahnya untuk menusuk Ishak. Ternyata jalan Allah tidak seperti apa yang dipikirkannya. Sorga yang menyuplai kekurangan Abraham, menjadi sempurna, sehingga dia disebut bapa orang beriman. Jika saudara kekurangan uang, sorga memiliki kuasa untuk menciptakan kekayaan. Sorga tidak memiliki uang. Jangan pernah pilih-pilih firman. Saudara miskin, saudara pilih Maz 23, Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Jangan pilih-pilih firman, tetapkan hatimu, dengankan firman yang berasal dari Bapa.

Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu.  Joh 17:6

Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.  Joh 17:8

Murid-murid tidak selalu suka dengar firman yang disampaikan Yesus, terutama ketika Dia mengatakan: Aku akan dianiaya, Aku akan menderita, Aku akan mati dan pada hari ketiga Aku akan bangkit. Mereka tidak suka itu terjadi. Mereka menginginkan firman yang enak buat telinga dan hidup mereka. Mereka menjadi kecewa, sehingga mereka kekurangan stok supply dari sorga. Itu sebabnya Yesus harus meneguhkan mereka, supaya genaplah firman Tuhan. Akan ada supply yang dari sorga buat hidup saudara….supaya genaplah firman Tuhan.
Apa saja kekurangan hidup saudara, sorga akan menyuplai hidupmu, memperkaya perilakumu, karaktermu, imanmu, kekuatanmu, dlsb.

Saudara tau apa pemberian terbaik sorga? Dia akan memberikan yang terbaik dari yang terbaik. Saudara mengatakan Yesus pemberian terbaik.

Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?  Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."  Luk 11:11-13

Roh Kudus adalah pemberian the best of the best dari sorga. Mengapa? Karena kau hidup disuatu zaman yang disebut zaman penggenapan. Hanya Roh Kudus yang dapat memampukan kau untuk menggenapkan firman yang kau dengar, sebab firman dan Roh itu bekerja menjadi satu.

Sorga terbuka, saudara menerima supply, firman akan disingkapkan dalam hidup kita dan anak-anak kita. Kita menerima pemberian terbaik, Roh penghibur, Roh kebenaran.

iii.            Ada pengakuan Bapa (kita masih di Mat 3), bahwa kita adalah putra-putraNya di bumi ini. Kita akan memasuki tahapan di mana Bapa akan mengakui kau sebagai putra-putraNya (uihos).

Ada 3 kategori anak:
a.                nepious (bayi-bayi); makanan mereka adalah susu (ibr 5:3). Jika hidupmu terus seperti bayi, yang muncul hanya bintang bukan sorga terbuka. Kau tidak akan mendapatkan pengakuan dari Bapa.
b.               Teknon (yoh 1:12) orang yang menerima Kristus menjadi anak-anak Allah, ditetapkan menjadi ahli waris tapi belum menerima warisan
c.                Uihos – kau harus upgrade dirimu sehingga terbangun keputraan itu dalam hidup saudara. Salah satu hasil keputraan itu adalah ketetapan hati. Jika kau sampai kepada uihos, maka perkenanan Allah bukan lagi janji, tapi pengakuan, menjadi porsi buat hidup saudara.

Patron keputraan adalah:
1. ketaatan penuh

2. memodelkan firman dalam hidup kita menjadi perbuatan, pikiran, emosi, perkataan, penglihatan, gagasan-gagasan.  Firman yang mana? Segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka… Artinya, Yesus telah menjadikan firman itu sebagai model terlebih dulu setelah menerimanya dari Bapa, baru firman itu disampaikan kepada kita.

3. Merepresentasikan bapa. Dalam hidup saudara kalau saudara diberkati, saudara berhasil, karakternya bagus, saudara mengatakan karena aku memiliki bapa; karena aku ada dalam rumah. Dengan demikian kau akan terlindung dari kejatuhan akan kesombongan. Yoh 14:8-11 Yesus merepresentasikan Bapa.

4. Hidup dengan ikan-janji ilahi. Ini sifatnya kekal. Kau tidak bisa memilih bapa rohani, seperti juga kau tidak bisa memilih siapa ayah-ibumu. Hubungan Bapa-anak ini yang terhilang selama ini mengakibatkan kehancuran bumi (Mal 4:5).

5. Ada pengorbanan. Ishak dan Yesus mau berkorban demi bapanya. Kalo kau mau berkorban berarti terbangunnya patron keputraan. Kalo kau inging mengorbankan orang lain itu adalah gua-mu. Sama seperti Gideon menyembunyikan diri di gua.

Saudara harus upgrade hidup saudara dari nepius ke teknon, dari teknon ke uihos. Ketika patron keputraan terbangun dalam hidup saudara, maka akan ada kemuliaan. Tidak ada kemuliaan tanpa patron.
Musa disuruh membangun Kemah Suci menurut patron yang ditunjukkan Tuhan di atas gunung. Kemudian dia membangunnya di tengah-tengah kehidupan orang Israel sesuai dengan patron itu. Maka Allah ada di ruang maha kudus, di tengah-tengah orang Israel pada saat itu. Jadi tidak ada kemuliaan tanpa patron kehidupan.

Kalo kau ingin kemuliaan Allah itu nyata dalam hidupmu, maka kau harus membangun patron itu di dalam dan melalui hidup saudara.
No patron no glory.

iv.            Kemuliaan akan hadir dan terpancar dari dalam kehidupan kita, karena kita adalah putra-putra Allah yang dipermuliakan-Nya di bumi.

Kel 33:17 Musa meminta penyertaan Tuhan di gurun.
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia di hadapan-Ku dan Aku mengenal engkau."  Tetapi jawabnya: "Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku."  Tetapi firman-Nya: "Aku akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan nama TUHAN di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."  Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup."  Berfirmanlah TUHAN: "Ada suatu tempat dekat-Ku, di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu;  apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat.  Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan."  Exo 33:17-23

Ulangan 34:10
Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel, 

Ini kesalahan Musa, meminta Tuhan untuk melihat kemuliaan-Nya, bukan meminta untuk memiliki kemuliaan itu.

2Kor 3:7-13

Pelayanan yang memimpin kepada kematian terukir dengan huruf pada loh-loh batu. Namun demikian kemuliaan Allah menyertainya waktu ia diberikan. Sebab sekalipun pudar juga, cahaya muka Musa begitu cemerlang, sehingga mata orang-orang Israel tidak tahan menatapnya. Jika pelayanan itu datang dengan kemuliaan yang demikian betapa lebih besarnya lagi kemuliaan yang menyertai pelayanan Roh!  2Co 3:8

Sebab, jika pelayanan yang memimpin kepada penghukuman itu mulia, betapa lebih mulianya lagi pelayanan yang memimpin kepada pembenaran.  2Co 3:9

Sebenarnya apa yang dahulu dianggap mulia, jika dibandingkan dengan kemuliaan yang mengatasi segala sesuatu ini, sama sekali tidak mempunyai arti.  2Co 3:10

Sebab, jika yang pudar itu disertai dengan kemuliaan, betapa lebihnya lagi yang tidak pudar itu disertai kemuliaan.  2Co 3:11

Karena kami mempunyai pengharapan yang demikian, maka kami bertindak dengan penuh keberanian,  2Co 3:12

tidak seperti Musa, yang menyelubungi mukanya, supaya mata orang-orang Israel jangan melihat hilangnya cahaya yang sementara itu.  2Co 3:13

Sekarang nyata, bahwa Paulus benar-benar menghancurkan pengharapan saudara yang ingin menjadi seperti Musa karena saudara suka menonton the 10 commandment! Paulus ingin meyakinkan saudara hidup di jaman apa? Jaman ini adalah  jaman yang dinanti-nantikan oleh Musa, Elia dan semua para nabi. Mereka menantikan siapa yang hidup di jaman ini dan mereka ingin mencoba mengenal orang-orang yang hidup di jaman ini. Tetapi mereka ternyata hanya mendapatkan satu  nama. Orang-orang itu hanya mempunyai satu nama, namanya adalah generasi Kristus.

Kemuliaan akan memancar dari hidup saudara. Yesaya juga mengungkapkan hal yang sama.

Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka, firman TUHAN: Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN.  Isa 59:21

Siapa yang membuat firman itu diturunkan kepada keturunanmu dan keturunan dari keturunanmu; dan terus menjadi kekal? Roh!

Ini yang disebut tadi di 2Korintus 3:8. Roh Kudus itu adalah pemberian terbaik. Saudara akan sangat mencintai Roh Kudus, sangat bersuka-cita, sangat bersyukur kepada Allah Bapa, dan kau akan menghargai Roh Kudus itu sebagai pemberian yang terbaik.

Karena pekerjaan Roh dan Firman maka:
Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.  Isa 60:1

Terang itu sudah ada di dalam dirimu! Maka bangkitlah!
Dan kemuliaan terbit atasmu, dari dalam hidup saudara.

Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.  Isa 60:2

Bagaimana mungkin dari luar kau berharap akan ada terang menerangi hidup saudara sementara di luar gelap.

Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.  Isa 60:3

Ini yang dikatakan dalam Mikha 4 itu. Bangsa-bangsa akan berduyun-duyun naik ke atas dengan derasnya mengalir ke atas kepada terangnya di rumah Allah Yakub. Kemuliaan Allah akan nyata dalam hidupmu. Ini yang merupakan doanya Yesus. Dia berdoa supaya bangsa-bangsa bisa melihat terang-Nya, terang kehidupan saudara. Ini yang dinantikan dan dirindukan oleh bangsa-bangsa.

Ini adalah porsi hidupmu dihari-hari ke depan sampai kau dipanggil oleh Tuhan dan sampai kau dibangkitkan lagi untuk kerajaan 1000 tahun. Semua bangsa-bangsa menantikan. Kami adalah yang kalian tunggu. Kami solusinya, kami yang kalian harapkan!

Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita - with the glory which shall be revealed in us.  Rom 8:18

Patron keputraan itu terbentuk dalam hidup saudara, sehingga saudara memiliki ketetapan hati. Itu adalah pekerjaan Roh dan Firman. Itu pekerjaan Bapa dalam hidup saudara, maka akan terjadi kemuliaan. Apa tujuan kemuliaan ini?

Apa arti penderitaan di Rom 8:18? Artinya semakin kau menderita, penderitaan daging, kau memberikan ruang gerak lebih luas dalam hidup saudara. Bapa dan Roh Kudus dalam hidup saudara dengan diberikannya firman.

v.                Semua mahluk akan dibawa masuk kepada kemerdekaan ilahi.

Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak (uihos, putra-putra) Allah dinyatakan.  Rom 8:19

Bapa menyatakan Anak di sungai Yordan: inilah Anak Ku yang Ku kasihi, kepada-Nya lah Aku berkenan! Apa yang terjadi. Ia mencoba untuk menyelamatkan Israel dan seluruh bangsa-bangsa. Ini juga akan terjadi buat hidup saudara dan saya. Semua makhluk mengharapkan saudara. Alkitab berkata, ini berbicara tentang alam roh. Ketika kau membangun keputraan dan memiliki ketetapan hati sesuatu telah terjadi di alam roh. Allah yang bergerak di alam roh akan mengubah segala sesuatu menurut dasarnya apa yang telah terbangun dan telah terjadi dalam hidup saudara. Lambat laun saudara akan melihat orang-orang bukan hanya benci korupsi, mereka akan mengatakan korupsi bukan hidup kami! Mereka memperhatikan sesuatu terjadi di alam roh.

Yes 6:1-3 Bangsa-bangsa akan datang kepada terangmu yang ajaib.
Mikha 4 Bangsa-bangsa akan berduyun-duyun mengalir ke atas.
Hagai 2:7-10 Bangsa-bangsa akan membawa kekayaannya selama ini kepada rumah Allah Yakub. Mereka akan mengembalikan kepada pemilik sebenarnya, karena selama ini setiap makhluk hidup dalam kesia-siaan.

Karena seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan, bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia, yang telah menaklukkannya,  Rom 8:20

Mereka hidup dalam kesia-siaan. Allah telah menaklukkan mereka dengan membuatnya bahwa apa yang mereka kerjakan di bumi ini dengan menggunakan harta miliknya sia-sia. Kalo begitu mereka mau belajar lagi dari Sion, sebab dari Sion lah keluar pengajaran bagaimana menjalankan kehidupannya (Mikha 4).

tetapi dalam pengharapan, karena makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah.  Rom 8:21

Sesuatu harus terjadi. Ayat 21, inilah yang terjadi dan bekerja di alam roh. Apa artinya? Sesuatu yang kau bangun secara spiritual itu akan mempengaruhi alam roh, karena kau hidup di jaman yang tepat.

Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin.  Rom 8:22

KESIMPULANNYA:
1. Yesus diakui sebagai Putra Allah yang diperkenan
2. Doa Yesus selalu dijawab. Dia tidak minta yang lain, tapi Dia minta kemuliaan dan kemuliaan yang sama lalu diberikan kepada murid-muridnya, kepada saudara.
3.         Yesus telah hidup secara total bahkan sampai mati untuk mempermuliakan Bapa.

Kita hidup di jaman yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Ini jaman dimana Bapa sedang menggenapi doanya Yesus, yaitu kemuliaan dinyatakan dari dalam hidup putra-putra Allah di bumi. Bukan oleh para malaikat atau makhluk sorga, tapi putra-putra Allah di bumi. Kita hidup dijaman yang demikian. Kita harus bersyukur hidup di jaman penggenapan ini. Berarti kita telah ditentukan oleh Tuhan jauh sebelum dunia dijadikan. Seluruh makhluk menanti-nantikan generasi sekarang ini! Terpujilah Dia yang telah menetapkan kita hidup dijaman ini menjadi generasi yang terakhir untuk hari yang terakhir sebagai jawaban daripada apa yang Bapa telah firmankan kepada setiap mahkluk di dunia ini. Saudara adalah jawabannya, mereka tidak perlu menunggu yang lain lagi. Kita adalah jawaban.
Amin.





AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman