Efesus 3:16-20 - DOA PAULUS


MEMPERBESAR KAPASITAS ROH

Efesus 3:16-20
3:16 Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, 3:17 sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. 3:18 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, 3:19 dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. 3:20 Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,





Doa yang disampaikan  dalam Efesus 3: 16-20 pada dasarnya ada lima hal yang 

rasul Paulus doakan agar mereka dan kita memiliki:
  • kekuatan spiritual batin
  • menjadikan hati mereka sebagai rumah Kristus
  • kemampuan untuk memahami realitas dimensi-dimensi spiritual
  • pengenalan kasih Kristus yang melampaui pikiran dan pengetahuan
  •  supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

1. Kekuatan spiritual batin

Tidak lain ini adalah pekerjaan daripada Roh Kudus yang ada di dalam kita. Roh Kudus harus diijinkan bekerja sepenuhnya sehingga bukan lagi menurut kondisi pikiran, keadaan dan emosi kita Dia bekerja, tetapi bekerja menurut secara penuh menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya. Fakta-fakta lahiriah di sekeliling kita tidak boleh membatasi keleluasaan dan ruang gerak pekerjaan Roh Kudus sampai kuasa itu menampakkan hasilnya di dalam dan melalui diri dan hidup kita.
Roh Kudus bukan hanya berdiam di dalam kita, tapi Dia bekerja menurut firman yang keluar dari mulut Bapa (Kis 1:8, Mat 4:4).


2. Menjadikan hati mereka sebagai rumah tempat tinggal kediaman Kristus.
Ini adalah tujuan dari pembanguan manusia batiniah sejak pembasuhan dan kelahiran kembali. Semua orang Kristen terpanggil untuk menjadi serupa dengan Kristus. Ini adalah ukuran sesuai dengan kehendak-Nya secara paripurna dan sempurna.



3. Kemampuan untuk memahami realitas dari pada dimensi-dimensi spiritual.
Ini adalah ukuran-ukuran bangunan manusia batiniah yang harus dipahami dan dibuat sedemikian rupa sama persis dan akurat; sehingga Kristus mau tinggal di dalamnya. Seperti Nuh membangun bahtera diberikan gambaran dan ukuran-ukuran dari mendengarkan perkataan Tuhan dan Musa membangun tabernakel ukurannya berasal dari contoh yang dilihatnya di atas gunung. Namun sekarang kita dapat melihatnya dari Kristus Yesus yang berasal dari sorga dan pernah tinggal di antara kita. Pewahyuan tentang Yesus Kristus akan menjadi patokan bagi dimensi-dimensi pembangunan manusia batin atau manusia roh kita. Ini bukanlah ukuran-ukuran yang absurd karena Tuhan kita telah menjadi sama dengan manusia. Ini yang memberi pengharapan yang begitu besar, karena firman yang menjadi manusia itu telah menjadi model, ukuran dan teladan buat orang yang percaya kepada Yesus orang Nazareth itu.


4. pengenalan kasih Kristus yang melampaui pikiran dan pengetahuan. 
Ini bukanlah pengetahuan (gnosis, dari mana kita mendapatkan kata gnostic) yang membuat kita menjadi sombong seperti dikatakan Paulus di 1 Korintus 8:1. Juga bukan mengenai tahu (eido) saja seperti dalam Yohanes 4:10. Kita harus mengenai mengenal Dia dengan benar (Efesus 1:17 epinogsis) dan hubungan secara intim (ginosko) seperti dikatakan dalam Yohanes 17:3.


5. supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.


Siapakah yang dipenuhi oleh seluruh kepenuhan Allah?  Yesus adalah yang pertama; yang sulung; buah sulung, di dalam Dia lah ada kepenuhan ke-Allahan.

Kolose 2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan.

Semua ukuran Allah yang berkuasa (Efesus 1:19), kaya akan belas kasihan dan rahmat (Efesus 2: 4), melimpah-limpah dalam anugerah-Nya, kasih-karunia-Nya dan kebaikan-Nya (Efesus) 2: 7; 3: 7), dan kaya akan hikmat (Efesus 3: 10) bukan melalui proses penafsiran, terjemahan, pemahan dan sebagainya, tapi telah terbukti di dalam dan melalui Yesus Kristus; sehingga kita tinggal meraih dan mengambil dengan iman percaya kepada Yesus Kristus.    

Pewahyuan tentang Kristus itu sudah menjadi realita di bumi ini. Semua yang dikerjakan Tuhan di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukan-Nya dengan segala kehormatan dan memberikan kuasa telah nyata. Semua itu menjadi bukti bahwa Yesus orang Nazareth itu dapat mengerjakannya dengan pertolongan sepenuhnya dari Bapa dan Roh Kudus. Kuasa yang sama bekerja di dalam kita.

Yesus orang Nazareth itu juga dibangun di bumi ini di dalam rumah rohani Maria dan Yusuf, maka kita akan dapat membangun dan dibangun sebagai rumah Tuhan sesuai dengan panggilan, kekayaan, kemuliaan dan kasih karunia-Nya (Efesus 3:16, 2 Timotius 2:19-22).


Kita harus menyediakan kapasitas roh yang besar  dan menyiapkan diri untuk terus dibangun di bumi ini di dalam rumah rohani untuk menjadi makin serupa dengan Kristus Yesus. Terus alami upgrade dan update.  


Related posts:




AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman