TUHAN MENGENAL MILIK KEPUNYAANNYA

2Ti 2:19  Tetapi dasar yang diletakkan Allah itu teguh dan meterainya ialah: "Tuhan mengenal siapa kepunyaan-Nya" dan "Setiap orang yang menyebut nama Tuhan hendaklah meninggalkan kejahatan."



Kita harus membangun hidup kita dan anak-anak kita menjadi milik kepunyaan Tuhan. Banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih. Dipilih menjad milik kepunyaanNya. Ada kriteria, ada standard yang ditetapkan sehingga termasuk orang-orang yang terpilih.

Bangun dirimu menjadi benih dan fondasi. Ada Andreas, Filipus, Natanael dan murid-murid yang lain. Andreas memilih untuk mengikut Yesus. Lalu ia membawa Simon kepada Yesus. Lalu Yesus mengajak Filipus, karena ia sudah siap. Lalu Filipus mengajak Natanael. Ia terkejut mendengar penyataan Yesus, tapi dia akhirnya dia ikut Yesus. Jadi di rumah rohani ada yang miliki kepunyaan Tuhan dan ada orang-orang yang bukan milik kepunyaan Tuhan. Mungkin mereka tetap ke gereja, ikut Tuhan, tapi belum tentu menjadi milik kepunyaanNya. Ada orang-orang yang kemudia menyimpang. Banyak orang yang dipanggil, tapi sedikit terpilih.

Yoh 1:35-37
Joh 1:35  Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya.

Joh 1:36  Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"

Joh 1:37  Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus.

Kenapa Andreas menjadi luarbiasa dan setia sampai mati? Ketika dua murid mendengar dari guru mereka, Yoh Pembaptis, mereka langsung terkonek dan tidak ragu mengikuti Yesus, anak domba Allah. Salah seorang dari mereka tidak disebutkan namanya, tapi kemungkinan besar adalah Yohanes, penulis kitab ini.
Pada waktu itu Yesus belum berkhotbah, belum pernah melakukan mujizat. Belum ada yang menjadi murid Yesus. Jadi Andreas itu adalah yang pertama mengikut Yesus. Berarti, sudah ada benih yang ditanamkan oleh Yohanes Pembaptis kepada murid-muridnya. Yoh Pembaptis memberitakan firman mengenai anak domba Allah yang disembelih.

Saudara pun harus menanamkan benih firman, sehingga muncul dari dalam diri mereka sehingga mereka memutuskan untuk mengikuti Tuhan. Mereka bisa mengenal Dia, mau mengikuti Nya karena timbul dari dalam roh dan hati mereka.

Jadi Yoh Pembaptis sudah menyiapkan mereka, seperti menyiapkan jalan bagi Sang Raja.
Saudara harus mengajarkan anak-anak saudara juga, Yesus sebagai Anak Domba Allah. Mengajarkan untuk mematikan keegoisan, fokus kepada Yesus sebagai Anak Domba Allah, sehingga mau berkorban. Jika tidak demikian, maka kita akan selalu mengeluh, komplain, karena dulu kita diajarkan Yesus sebagai jawaban atas masalah kita, atas hidup kita. Harus nya kita yang harus jawaban. Inilah pentingnya fondasi yang harus kita bangun. Kita harus bergerak dari kemenangan kepada kemenangan bukan dari masalah kepada masalah.

Yohanes Pembaptis mendepositokan benih firman. Ini menjadi modal untuk melangkah.
Andreas mengambil keputusan untuk mengikut Yesus sebagai Anak Domba Allah. Ia meninggalkan Yohanes Pembaptis sebagai lambang dari kegerakan yang lama. Ia meninggalkan konsep-konsep lama, pola yang lama.

Andreas mengikut Yesus sebagai Anak Domba Allah. Ia tinggal di rumah Yesus. Ia lepaskan ambisi dan agenda pribadinya. Ia melepaskan haknya. Pemahaman Yesus sebagai Anak Domba Allah berarti mengikuti Yesus sebagai Alfa dan Omega. Agenda Tuhan juga masih ada sampai diakhir kitab Wah 22 dengan Yesus sebagai Anak Domba Allah.

Andreas terus mengalami upgrade dalam pemahaman dan pengenalan akan Yesus. Ia temukan bahwa Yesus juga sebagai Messias. Ia lalu mengenalkan Yesus sebagai Messias kepada Simon. Kenapa? Karena saat itu ia sedang bergairah dengan pengenalan Yesus sebagai Messia / Kristus. Ia lupa bahwa Simon belum memiliki dasar apa-apa. Jadi yang harus menjadi fondasi yang benar adalah menemukan Yesus sebagai Anak Domba Allah. Kalo saudara tidak menemukan Yesus sebagai Anak Domba Allah; sulit kita menemukan Yesus sebagai Messias, sulit untuk taat, sulit hidup sebagai gereja korporat, sulit untuk bergerak As-one. Pada Andreas tergenapi Mat 13:12.

Sulit memahami Ia sebagai Bapa yang diskriminatif, Bapa yang absolut, Bapa yang sadis, dst. Ia hanya bisa memahami Tuhan sebagai Bapa yang penuh kasih, Bapa yang baik.

Joh 1:36  Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"

Joh 1:37  Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus.

Joh 1:38  Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu cari?" Kata mereka kepada-Nya: "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?"

Joh 1:39  Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat.

Yoh 1:37-39 “Apakah yang kamu cari?” Rabi di manakah Engkau tinggal? Andreas dan temannya bukan menanyakan alamat, tapi mereka memiliki “passion” tentang siapa Yesus, bagaimana hidupNya, bagaimana mereka bisa mengenal Yesus Anak Domba Allah lebih lagi.

SIMON

Simon dikenalkan oleh Andreas kepada Yesus. Tetapi Simon dikenalkan Yesus sebagai Messias. Simon tidak bergeming. Ia tidak bergairah. Karena Simon tidak punya fondasi dasar kebenaran. Ia tidak memiliki benih. Ia tidak menempuh proses yang sama. Jadi  dasar pengenalannya haruslah sama dan prosesnya juga harus sama. Jadi tidak ada dampak kepada Simon, ketika Andeas berkata: Aku sudah menemukan Messias.  Simon tidak bisa menemukan Yesus sebagai Anak Domba Allah.

Mat 16:16  Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Mat 16:17  Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

Simon mendapat pewahyuan dari Bapa: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”

Joh 1:42  Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

Yoh 1:42 Perkataan Yesus untuk Simon: Engkau akan dinamakan Kefas (Petrus).
Inilah takdir yang dinyatakan Tuhan kepada Simon. Yesus sedang menyatakan masa depan Simon. Saudara pun harus tau takdir hidupmu. Apa yang Tuhan lihat tentang dirimu.

Gideon sedang ketakutan di tempat pemerasan anggur, tapi sedang menggiling gandum. Tapi malaikat Tuhan mengatakan: Engkau pahlawan yang gagah perkasa! Ternyata: Gideon telah dipilih untuk menjadi pahlawan Allah.

Simon dipanggil Petrus, batu karang.
Dari sini kita bisa mendapatkan definisi gereja, sebagai orang yang memiliki karakter yang teguh, yang kuat, yang tidak tergoncangkan dan alam maut tidak menguasainya.
Bangun karakter ilahi dan keyakinan yang kuat sehingga tidak bisak tergoncangkan.

Simon mengikuti Yesus masih ikut-ikutan. Belum punya pendirian.

Luk 5:1-11
Luk 5:8  Ketika Simon Petrus melihat hal itu iapun tersungkur di depan Yesus dan berkata: "Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa."

Luk 5:9  Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap;

Luk 5:10  demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia."

Luk 5:11  Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, merekapun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.

Di Luk 5 ini terbukti Simon belum mengambil keputusan untuk mengikut Yesus. Tapi setelah melihat mujizat, barulah ia memutuskan untuk meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Yesus. Simon baru memperoleh sesuatu, mulai tumbuh  benih dalam dirinya. Walau pun ia masih fokus pada kebutuhan dirinya, ia mulai taat: karena engkau yang memerintahkan, maka aku…

Luk 5:5  Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."

Simon mendapatkan ikan yang banyak, tapi ia malah menyesal dan mengaku: Aku ini seorang berdosa. Karena dia memandang Yesus selama ini hanya untuk memenuhi kebutuhannya. Tuhan datang bukan untuk memenuhi kebutuhan manusia, tapi untuk kebutuhan Tuhan.

Yesus memilih kapal Simon, bukan secara sembarangan: Yesus ingin bekerja pada hidup Simon, karena ia telah dipilih menjadi milik kepunyaan Allah. Tuhan menggempur hidup Simon, hingga dia keluar dari zona nyamannya.

Kita pun terus digempur oleh firman Tuhan, oleh keadaan, oleh situasi yang Tuhan set untuk membawa kita keluar dari zona nyaman dan mengalami upgrade dan upgrade, mengalami kemenangan dan kemenangan.

Act 3:21  Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.

Act 3:22  Bukankah telah dikatakan Musa: Tuhan Allah akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku: Dengarkanlah dia dalam segala sesuatu yang akan dikatakannya kepadamu.


Kis 3:21-22 Petrus baru menyadari setelah 3.5 tahun lamanya mengikuti Yesus, setelah Yesus naik ke sorga. Barulah dia konek dengan firman ini. Firman yang pernah dikatakan Musa, pernah dikatakan Yohanes Pembaptis, pernah dikatakan Andreas.

FILIPUS

Joh 1:43  Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!"


Yoh 1:43 Ketika bertemu Filipus di Galilea, Yesus mengajak Filipus. Yesus tau Filipus sudah siap. Mengapa Yesus tau Filipus sudah siap? Sebab Andreas sudah dibekali oleh Yohanes Pembaptis. Tapi kepada Filipus langsung Yesus berkata: Ikutlah Aku. Mengapa? Karena Bapa yang memberitahukanNya. Hubungan yang kuat dengan Bapa lah yang membuat Yesus tau.

Demikian juga, ketika bertemu dengan Simon, langsung Ia berkata: Engkau akan dinamakan Kefas (Petrus). Itu karena ada perkataan Bapa.

Joh 1:45  Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret."

Filipus adalah orang yang paling siap diantara murid-murid yang lain. Filipus telah memiliki sesuatu di Yoh 1:45. Bagaimana Filipus tau? Darimana?

Ulangan 18:15,18
Kej 3:15; Kej 49:10; Yes 9:6; Yes53; yer23:5

Deu 18:15  Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.

Deu 18:18  seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

Gen 3:15  Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Gen 49:10  Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.

Isa 9:6  (9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Jer 23:5  Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri.
Bagaimana Filipus menghubungkan kitab-kitab para nabi, kita Taurat Musa, sehingga ia bisa mengetahui Yesuslah, anak Yusuf dari Nazaret, adalah Anak Domba Allah itu? Itulah karya dari Roh Kudus, yang menyatakannya. Walau pun Flipus berasal dari Betsaida, kemungkinan ia tinggal di Nazaret, sehingga ia sudah mengenal Yesus dan kehidupanNya. Filipus itu miliki kepunyaan Tuhan.

Berkat-berkat apa yang bisa kita dapatkan dari apa yang dialami Filipus ini?
Tuhan yang akan menemui kita jika kita mencari Dia? (Yer29:11-14)
Bagi Filipus berlaku Mat 13:12 barangsiapa yang mempunyai akan ditambahkan sampai berkelimpahan.

Filipus adalah orang yang menanti-nantikan Tuhan, kegenapan firman Tuhan (Yes 40:30-31).

Isa 40:30  Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,

Isa 40:31  tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Khotbah ps.Yappy 30-7-2017



AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman