BELAJAR DARI GEREJA EFESUS

Salah satu gereja yang dibangun rasul Paulus dari awalnya adalah jemaat Efesus. Gereja Efesus menjadi gereja yang perkembangannya sangat fenomenal, karena dalam beberapa tahun dilatih oleh rasul Paulus mereka telah memberikan dampak kepada kota Efesus dan firman tersebar di Asia.



Pada gereja Efesus kita bisa melihat tahap-tahap pembentukan awalnya; sampai pada akhirnya. Dia disebutkan pada KPR dan juga di kitab Wahyu. Itu menggambarkan jemaat yang bisa memulai dan bisa mengakhiri. Kita jemaat Pamanukan harus bisa memulai dan harus mengerti dan bisa bagaimana mengakhirinya. Mengakhiri berarti sampai kepada standar Tuhan yang dikatakan sebagai jemaat Kristus. Tanpa standar kita sulit sampai pada tujuan. Ada tujuan yang harus kita selesaikan. Ada pesan pewahyuan dari Tuhan Yesus Kristus kepada tujuh jemaat. Dia memperhatikan setiap jemaat. Jika kita tidak sampai pada standar yang Tuhan inginkan kita tidak masuk hitungan jemaat Kristus. Kita harus memiliki kerinduan seperti ini.
Di kitab KPR kita lihat bagaimana jemaat ini dibentuk. Dan mereka ada di kitab Wahyu, kita lihat bagaimana mereka bertumbuh dan bagaimana mereka harus bertobat. Dalam perkembangannya mereka dalam beberapa tahun bisa mempengaruhi Asia dengan hanya mulai dengan 12 orang. Kita harus menjadi gerbang pintu sorga, bukan pintu gerbang neraka. Jika kita membiarkan apa yang terjadi di kota kita, kita menjadi pintu gerbang neraka, yang membiarkan terus-menerus ketidakbenaran terjadi. Gereja Efesus sampai pada kitab Wahyu dan Tuhan memperhatikan mereka, menegor mereka untuk mereka menjadi pemenang.
KPR 19:1-12
Act 19:1  Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid.

Act 19:2  Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus."

Act 19:3  Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."

Act 19:4  Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."

Act 19:5  Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Act 19:6  Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Act 19:7  Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang.

Act 19:8  Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya ia berusaha meyakinkan mereka tentang Kerajaan Allah.

Act 19:9  Tetapi ada beberapa orang yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus.

Act 19:10  Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani.

Act 19:11  Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa,

Act 19:12  bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Jemaat Efesus
1.     Mereka Setia Dalam Iman.
Efesus adalah kota perniagaan yang besar, yang memiliki pelabuhan. Efesus juga memiliki bayak tempat-tempat penyembahan kepada dewi Artemis. Segala kalangan dari yang terendah dan kaum bangsawan menyembah berhala ini. Ketika Kerajaan Allah diberitakan oleh jemaat Efesus dan Paulus, mereka tetap sabar menderita walau pun menghadapi tekanan.
Wahyu 2:3 Mereka bertekun dalam iman, tetap sabar. Mereka dalam kondisi yang dituntut ketekunan, ditekan oleh karena nama Tuhan. Mereka sabar dalam penderitaan.  Kita harus bisa setia dalam iman, bukan sekedar rajin beribadah, tapi terlihat ketekunanmu dalam hal menghidupi kebenaran, belajar dari firman. Mungkin kita belum alami harus menderita oleh karena nama Tuhan. Suasana kota, atmosfir kota membuat mereka menderita. Dasar yang kuat dari jemaat Efesus adalah membangun dalam ketekunan. Terbukti dari hal yang baru yang mereka dapatkan, mereka lalu setiap hari selama dua tahun lamanya dididik, didisiplin. Paulus mengajarkan mereka dan mereka selalu siap dan sabar dalam tekanan dan penderitaan mereka (ay3).  Ada jemaat Pergamus yang juga menderita, karena berada di tempatnya iblis. Mereka juga setia. Tapi karena kondisi demikian, mereka juga mengikuti ajaran Bileam (WAHYU 2:13).
Jika dalam penderitaan, mudah sekali orang mencari ajaran lain. Balak adalah seorang nabi di Israel. Spirit pengajara Bileam adalah mengambil keuntungan dalam situasi buruk (mengail di ari keruh) yang mencoba membuat mereka beralih.
Tapi jemaat Efesus tetap tekun dan sabar dalam penderitaan mereka. Apa pun penderitaan kita dalam ekonomi, sakit penyakit dan apalagi oleh karena nama Tuhan, jangan mencoba mencari ajaran di luar. Banyak orang mencari motivator semacam Mario Teguh untuk keluar dari persoalan mereka. Wahyu 1:14 Yohanes melihat suatu pribadi Anak Manusia yang kepala dan rambutNya putih metah. Itu menggambarkan pribadi yang sudah matang yang dapat diandalkan.
Bukan hanya Tuhan memberikan kelegaan, tapi juga Ia memasangkan kuk, artinya semua ada aturannya. Semua harus bertekun dalam persoalan dan penderitaan, bukannya lari kemana-mana, tapi taat akan hukum dan aturan Tuhan. Kalo kita mengenal Yesus Kristus sebagai Pribadi yang sudah matang, yang sudah berpengalaman kita harus percaya kepadaNya. Tiru dari pola para pemimpin, supaya kita bisa setia dalam iman kita. Jemaat Efesus memulainya dengan setia dalam iman mereka. Yesus menyatakan diriNya sebagai Pribadi  yang berambut putih. Jika kita kekurangan hikmat mintalah kepadaNya, sebab Ia adalah Pribadi yang berpengalaman, yang sudah melewati segala penderitaan, dan Ia memberi dengan murah hati. Dari mulutNya keluar pedang yang tajam yang bermata-dua. Ibrani: Pedang yang memisah pikiran dan roh. Akurat. Ia adalah Pribadi yang Alfa dan Omega. Kita harus datang dan minta nasihat yang akurat dariNya. Kita tidak boleh mengandalkan pengalaman sendiri, tapi harus datang kepadaNya. Marilah datang kepadaKu kamu yang letih dan berbeban berat. Dia mengundang kita datang karena banyak orang yang tidak mau datang kepadaNya. Kita tidak boleh stop hanya ketika sudah mendapatkan kelegaan, tapi kita harus mau mengenakan dan memikul kuk yang Dia berikan. Kita harus mau mengikuti aturanNya. Kita harus hidup dalam pola dan hukum-hukum Tuhan. Itu namanya bertekun; apabila kita mau terus-menerus datang walau pun ada aturan yang harus kita ikuti. Itu supaya persoalan yang sama tidak balik lagi. Tujuannya bukan untuk menekan, tapi untuk melindungi. Jika kita tidak mau mengikuti aturan dan pola Tuhan, kita tidak mendapat perlindungan Tuhan, sehingga masalah yang sama bolak-balik terjadi. Jika kita datang kepada pemimpin dan bapa rohani, kita harus bersikap demikian, mengikuti pola dan aturan Tuhan, dan aturan dalam rumah, sehingga kita mendapatkan kelegaan dan perlindungan dari masalah yang sama.
Marilah kita memulai dengan tahap, dimana kita bertekun dan setia, tetap datang kepadaNya karena kita mengerti apa yang menjadi landasan kita sebagai gereja. Bukan datang hanya untuk ibadah  dan merasa benar; tapi kita harus datang untuk dibawa sebagai pemenang.
Aliran Roh Kudus harus terus mengalir. Harus dapat terus menerima pesan Roh Kudus.

2.     PERANAN ROH KUDUS. Walau pun jumlahnya hanya sedikit, mereka bertekun. Paulus bisa melihat mereka demikian. KPR 19:2 Kita harus sudah menerima Roh Kudus. Tujua kita menerima Roh Kudus bukan hanya bisa berbahasa Roh. Tujuan berbahasa Roh supaya kita bisa membangun diri, naik level.  Ada tahapan selanjutnya. Jangan sampai orang hanya ikut-ikutan berbahasa roh, tapi tidak terbangun. Banyak orang-orang Karismatik dan Pantekosta yang hanya ikut-ikutan berbahasa roh, menjadi bagian dari liturgi ibadah. Tapi kita harus menerima Dia supaya Dia memimpin kita, menyiapkan diri kita untuk terus dibangun, mengalami Tuhan. Jangan sampai ada yang menipu dirinya sendiri, menurut kebenaran diri sendiri. Menipu diri sendiri adalah membangun dirnya menurut kebenaran dirinya sendiri. Sejauh mana peranan Roh Kudus dalam hidupmu? Harusnya kita terus mengejar peranan Roh Kudus. Apakah kita tidak mau menerima kuasa, mengenal Bapa dengan baik? Semua peran Roh Kudus itu penting sekali bagi jemaat, oleh karena itu sadari pentingnya peran Roh Kudus. Jangan hanya sampai dibatasi dan tertipu hanya sampai berbahasa roh. Orang Israel diperintahkan untuk menguduskan dirinya tiga hari sebelumnya. Mereka harus mandi bersih dan menjauhkan diri dari hal-hal yang najis, sebab Tuhan akan datang menjumpai mereka di gunung. Tapi ada pengajarkan yang menyesatkan yang mengatakan “jika menjumpai Tuhan mereka akan mati.” Mereka termakan oleh pengajaran sesat itu sehingga mereka memutuskan untuk tidak menjumpai Tuhan di gunung dan menyuruh Musa sendiri, sehingga sejak itu Tuhan tidak mau berbicara dengan mereka kecuali melalui perantara para nabi. Maka sampai hari ini Tuhan tidak pernah berbicara langsung kepada manusia.  Sekarang Ibrani 1:1-2. mengatakan Allah berfirman hanya melalui perantaraan AnakNya. Dan kita tau bahwa sekarang Roh Kudus lah yang berperan dan berbicara kepada kita.
Pesan kepada tujuh jemaat selalu diakhiri dengan: Barangsiapa yang bertelinga hendaklah ia mendengar apa yang dikatakan ROH.  Dia Roh yang memimpin Yesus, sekarang memimpin kita. Hanya dengan perantaraan Roh Kudus saja kita bisa sampai pada tujuan akhirnya, sebab hanya Roh Kudus yang menyatakan semua kebenaran, yang membuat kita tau apa yang terjadi dimasa mendatang. Kita dimampukan oleh Roh Kudus untuk menjadi saksi dengan kuasa. Bertobatlah dari doktrinmu sendiri dan dari kebenaran sendiri yang mengatakan Roh Kudus hanya untuk berbahasa roh dan menjadikan bahasa roh hanya untuk liturgi gereja (bukan untuk membangun manusia rohmu).
 Mulailah seperti jemaat Efesus, yang membangun dirnya sehingga berdampak bagi Asia. Jangan terus menipu dirimu sendiri, membangun dirimu dengan kebenaran sendiri (Roma 10:3). Kita harus terus dibawa Roh Kudus sampai selesai.  Jika kita bisa mengetahui rencana Tuhan kita tidak akan hidup dalam rutinitas, tapi akan hidup menurut firman dan rencanaNya. Peranan Roh Kudus itu harus hidup dalam diri kita. Pada saat berbahasa roh berarti  saudara sedang berbicara dengan Allah. Siap terima pewahyuan dariNya dalam diri kita. Mungkin sekarang masih terima sedikit, tapi makin lama akan membuat roh kita ingin lebih lagi ‘penasaran’ dan ingin datang lagi kepada Tuhan. Ia sedang menyadarkan dirimu.  Ia sedang menyatakan keberanan dan mau membawamu kepada seluruh kebenaran, tahap demi tahap. Dalam mendengar dan mencatat khotbah kita harus mendapatkan pesan pewahyuan dari Roh Kudus. Ia tinggal dalam kita dengan tujuan dan perananNya. Jika kita belum bisa merasakan peranan dan pekerjaaan Roh Kudus, kita harus bertanya, apakah kita sudah dibaptis Roh? Dia harus yang pertama berperan dalam dirimu, yang bisa menyempurnakan kita menjadi gereja menurut standar Tuhan.
Wahyu 2:7; 11,17,29. Wah 3:6,13,22. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.
Jadi Roh Kudus selalu berbicara; tanpa peran Roh Kudus kita tidak akan sampai selesai. Jangan percaya Yesus hanya karena takut neraka dan ingin masuk sorga. Tapi ingat selalu kasihmu yang mula-mula; artinya Dia pun tau hatimu, kerinduanmu, motivasimu. Jangan sampai kau menipu dirimu sendiri. Biarkan Roh bebas berperan dalam dirimu. Mulailah berpikir dan minimal mengetahui apa yang dikatakan Roh buat hidupmu; ketika engkau berbahasa roh, dengan haus dan antusias. Apa pun pesan yang kau dapat, tuls dan bagikan. Bukan apa yang cocok buat hidup kita dan keadaan kita, tapi dengarkan dan perhatikan apa yang Roh katakan. 
3.     DOKTRIN PENGAJARAN. Ini adalah prinsip keyakinan/kehidupan yang mendasari apa yang kita lakukan, kerjakan, kita bicaraka di dalam hidup kita. Itu akan terlihat sebenarnya dasar keyakinanmu di mana. Ada orang yang tidak punya dasar keyakinan. Setiap perkataan dia percaya. Dan itu membuatnya bingung, sebab ia tidak punya dasar keyakinan. Orang seperti ini tidak mengenal Tuhan. Dari cara kita hidup dan kata-kata kita sehari-hari. Mungkin kita berkata kepada anak kita: Kamu harus belajar, sehingga hidupmu berhasil. Tanpa dasar keyakinan, orang itu akan diombang-ambingkan, bingung dan tidak punya keyakinan. Itu sebabnya kita harus menerima pengajaran yang sehat, doktrin yang sehat. Doktrin itu bisa menurun dari satu generasi ke generasi. Juga akan beredar di dalam satu masyarakat. Jadi sebenarnya kita bisa mengubah suatu generasi. Dan bisa mempengaruhi kota. Doktrin yang sehat yang kita terima harus kita bawa ke rumah.
Yoshua dan Kaleb memiliki hati yang berbeda. Tapi tidak cukup 1-2 orang, bukan berarti Tuhan tidak bisa pakai. Tapi doktrin dan keyakinan kita harus hidup dalam jemaat; secara korporat sehingga kita bisa berdampak. Prinsip-prinsip dari doktrin kebenaran itu harus kita aplikasikan diseluruh bidang kehidupan kita, di mana pun, kapan pun. Kita juga harus mengaplikasikannya juga pada bidang keuangan, menjelaskannya dengan tepat. Miliki hikmat sehingga apa yang kita dapatkan tidak akan mungkin terjadi bentrok di luar.  Bergaulan terus dengan Roh Kudus untuk memperoleh hikmat. Apa yang kita dapatkan di sini, pasti disukai juga oleh orang luar. Kita pulihkan pengertian doktrin. Kita tidak mengambil doktrin dari kebudayaan, tapi doktrin dari Kerajaan Allah. Jemaat Efesus memiliki doktrin yang kuat; pengajaran yang kuat; memiliki satu bentuk kehidupan yang berbeda. Kota yang dbangun di atas bukit tidak akan tersembunyi, pasti terlihat. Banyak orang yang sudah merasa nyaman dengan pengajaran tertentu; dan merasa puas; sehingga tidak maju-maju lagi. Tuhan terus bergerak maju. Kita harus bergerak maju dan tidak “stuck” pada posisi posisi tertentu. Mungkin pernah ada kegerakan Tuhan yang habis-habisan; tapi sesudah itu stop. Tidak mungkin kita hidup dengan jatuh-bangun. Tuhan terus bergerak; jangan terperangkap dengan damai-sejahtera dan sukacita. Terus upgrade dirimu; jangan stagnant, sebab kau dibangun bukan hanya untuk dirimu, tapi untuk Tuhan.

4.     BUKTI IKAT-JANJI. Hubungan dengan bapa rohani.
5.     GEREJA HARUS BERGERAK KELUAR. Jemaat di Yerusalem tidak bergerak keluar, sampai mengalami penganiayaan. Ingat gereja adalah untuk kota dan bangsa. Kau harus bisa keluar dan berdampak.
6.     MUJIZAT. Gereja yang sudah dibangun dengan fondasi yang benar akan dikonfirmasi dengan mujizat.
Di KPR 20; Paulus mengingatkan akan adanya “srigala” di tengah domba.
Mereka yang tekun dan setia itu luarbiasa; tapi juga harus dikonfirm dengan mujizat; bukan hanya soal kesembuhan; tapi juga pemulihan.
Ps.Tetty Timorlinda_26Feb2017


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman