ROH YANG AKTIF DAN KUAT

MENGOPERASIKAN ROH

Roh kita harus aktif, hidup , kuat dan memiliki kepekaan, tajam sehingga kita bisa menangkap hadirat tuhan.

Kita punya tanggung jawab utk mengaktifkan roh kita, kita harus bangun manusia roh kita, bukan pikiran kita, bukan kepadaian kita.
Kita harus memiliki roh yg terbuka roh yg memberi keleluasaan, kebebasan untuk Roh Kudus bekerja dalam hidup kita, dalam roh kita, sehingga hidup kita dikendalikan oleh Roh Kudus (Gal 2:20).




Ps.Yappy Widjaya 11 Des 2016

1.    Kita harus sungguh-sungguh belajar mengoperasikan roh kita. Bergaya hidup, mengambil keputusan, bertindak menurut apa yang Roh katakan.

2.    Kita tidak boleh fokus pada hal-hal yg natural. Manusia natural yang memiliki segala kebutuhan, keinginan, kepuasan.

3.    Kita tidak boleh fokus pada pancaindra kita, yang disebut fakta-fakta lahiriah. Apa yg kita lihat, kita dengar, kita rasakan belum tentu benar. Apa yang kita lihat bisa membohongi kita.

4.    Kita harus sugguh-sungguh belajar utk bagaimana kita memiliki roh yag semaki kuat dan semakin dinamis.


Ketika kita bertobat  dalam Yehezkiel 36 : 26-27 dikatakan:  Kita  diberikan hati yang baru, roh yang baru. Kemudian ayat 27  RohKu rohnya Allah diberikan kedalam batin kita. Manusia roh yang baru roh yang hidup, sehingga kita diberi kemampuan untuk kita taat.

Jadi kita harus aktifkan roh kita untuk bisa berbicara kepada Tuhan dan Roh Tuhan akan berbicara kepada hati dan pikiran kita.

Selama ini kita sering mengendalikan jiwa kita sekehendak kita. Tuhan tidak melihat penampilan kita hanya secara fisik. Hampir saja Samuel terkecoh karena melihat secara fisik natural.

Tuhan melihat hati kita, roh kita. Kita harus berjalan dalam roh, berdoa dalam roh, bertindak di dalam roh, bukan berjalan di dalam emosi kita, keinginan kita, bukan dengan jiwa kita.

Karena Allah itu Roh, maka:
Setiap orang yang beribadah,berdoa, datang harus meyembah dalam roh dan kebenaran.

Roh kita harus aktif, hidup , kuat dan memiliki kepekaan, tajam sehingga kita bisa menangkap hadirat tuhan.

Saudara harus harus menyetel frekuensi roh kita sehingga kita memiliki frekuensi roh yang sama dengan frekuensinya Tuhan, frekuensinya Sorga.

Kita punya tanggung jawab utk mengaktifkan roh kita, kita harus bangun manusia roh kita, bukan pikiran kita, bukan kepadaian kita.
Kita harus memiliki roh yg terbuka roh yg memberi keleluasaan, kebebasan untuk Roh Kudus bekerja dalam hidup kita, dalam roh kita, sehingga hidup kita dikendalikan oleh Roh Kudus (Gal 2:20).

Sehingga kalau ke-4 ini hidup dalam hidup kita, maka roh Allah bebas bekerja dalam diri kita.

Abraham harus keluar dari negrinya, dari kenyamanan dan dari keluarga bapaknya untuk tidak terkontaminasi. Abram taat utk melakukan itu, tetapi berjalannya waktu abram tidak taat sepenuhnya Abram masuk ke Mesir.....

Melalui intervensi Melkisedek, Abram mendapatkan pewahyuan siapa Allah dan pewahyuan siapa kah dirinya dihadapan Allah.  Sehingga Mellisedek membuat Abram mampu menolak tawaran  harta  kekayaan dunia dari raja Sodom.

Kej 16:15  Abram berumur 86 thn ketika Hagar melahirkan Ismail baginya. Abram belum sempurna, karena melakukan kegagalan. Tuhan tampilkan itu dan Abram menjadi bapa orang beriman. Tetapi Abram bisa menjadi model  dalam hidup kita. Kita bisa identifikasikan Abram, sebagai bukan manusia super. Tuhan tidak bisa dikondisikan oleh keadaan. Ia memiliki ketetapan. Ia tidak pernah berubah.  Ismail bukan anak perjanjian.

 Yang menjadi kuncinya....
.
I.                  Abram percaya, betindak dan berubah.
Pada saat itu Abram hidup lagi secara natural, fokus kepada agenda pribadi, untuk mendapat kan anak untuk menerima warisan.  Ismail adalah lambang hidup kedagingan Abram. 

Kej 17:

Dari 86 th -99 th ada 13 tahun lamanya Abram dikuasai faktor-faktor lahiriah. Selama 13  tahun  Allah tidak berfirman kepada Abram. Seolah olah abram menutup hatinya terhadap Allah, lupa  dan Abram menikmati keceriaan, kelucuan dan kenakalan anaknya.  Selama itu Abram tidak merasa resah. Dilihat orang keluarga Abram keluarga yang sempurna, yang lengkap dan bahagia.

Hakekat hidup kita adalah manusia roh bukan manusia natural, menghentikan operasi kedagingan kita. Kita harus melemahkan operasi jiwa kita, kehendak, kemauan dan keinginan.

Yg membuka akses kita adalah Tuhan sendiri. Hal yg spiritual datang dari Allah. Kehidupan yg Tidak normal kalau kita tidak bisa akses kepada surga. Jangan anggap dan jangan berharap hidup tanpa firman itu normal.

Dalam situasi dan kondiri apu pun kita harus:
1.     Senantiasa mematikan kedagingan kita.
2.     Senantiasa berjalam dan hidup di dalam roh. Bukan sekali-kali tetapi seantiasa.
3.     Senantiasa terhubungan dgn Tuhan,
4.     Senantiasa mengejar hadirat Tuhan, rindu mengalami perjumpaan dengan tuhan sehingga kita mengalami terobosan demi terobosan.

Maka hidup kita condong mempersiapkan generasi selanjutnya.

Kejad 17:3

Saat itu Abram sujud tersungkur mukanya sampai ke tanah ini pertanda pertobatan yg sesungguhnya. Abram menjadi Abraham adalah perubahan jati diri bukan perubahan nama tetapi perubaha karakter, fokusnya berubah, perubahan nature, melangkah maju kepada perkara spiritual. Than perbaharui ikat janji dengan sunat utk memutuskan ikatan kedagingan. Bisa saja manusia kedagingan kita sakit tetapi manusia roh kita harus semakin kuat dan perkasa. Karakter yang kuat ....

Efesus 6:10-13

Yang menjadi kuncinya adalah:
1.     Abraham percaya, bertindak dan berubah.
Abraham memiliki kekuatan utk mengusir Hagar, ismail, Ketura dan anak2nya.
Abraham mengorbankan Ishak bagi tuhan.
2.     Abraham menyiapkan diri, benahi diri dan stand by


II. Abraham menyiapkan diri, benahi diri dan stand by

Dalam efesus 6:10-13 ini berbicara tentang spiritual, kuat secara spiritual hal2 yang rohani. Iblis juga spiritual, senjata juga berbicara hal yang spiritual. Pemerintahan, penguasa, penghulu dunia ini juga bicara spiritual.

1.     Kita hrs tau bahwa perjalan kita ini dalah perjalan rohani dan perjuangannya juga adalah secara rohani.
2.     Tidak ada kegunaannya hal2 lahiriah dalam hidup kita itu sebabnya kita tidak boleh membangun hal yang lahiriah dalam hidup kita.
3.     Kita harus membangun degan kuat hal2 yg rohai dan meninggalkan hal2 yg lahiriah.

4.     Kita akan menghadapi musuh yg spiritual itu sebabya kita tidak mengalami kemenangan degan cara2 lahiriah.

Itu sebabnya kehiudupan rohani itu lebih penting, kehidupan rohanilah itulah yag paling menentukan kehidupan lahiriah.



Ef 6:14-20
Perlengkapan senjata rohani..... harus dibungkus dengan doa di dalam roh yang tidak putus-putus. Berdoa dalam roh itu berarti kita sedang mengoperasikan semua senjata rohani.

Tubuh kita sebagai alat buat Tuhan, yag mengoperasikan pikiran dan kehendak kita itu harus di dalam roh. Hati dan roh harus seperti tanah yag subur.

Akhirnya berarti akhir dari segala yang akhir efesus 1:1-3 berkat rohani
menjadi putra rohani, telah ditebus dengan darah yag mahal.

Efesus 2:1
Kita dulu mati dihadapan Tuhan yaitu mati secara rohai, mati terhadap kehdpn tuhan, mati dari segala sesuatu dari tuhan.
Tanpa kita sadari sebenarnya kita dulu mengoperasikan roh kita utk mentaati roh2 jahat, penguasa angkasa, roh orang durhaka.

Efes 2:8
Ketika terima Yesus kita harus beropersi dengan iman dan inilah hal yang spiritual.

Ayat 9
Aktifkan roh kita sehingga roh kita bekerja dalam diri kita. Potifar melihat ada sesatu yang bekerja dalam diri Yusuf sehigga yusuf berhasil. Ada yag menyertai hidup yusuf, yusuf hidup secara spiritual.

Seperti Yosua dan Kaleb memiliki spritual roh  yang berbeda.
Roh yg kuat mempengaruhi  jiwa dan tubuh yg kuat. Kita dibentuk oleh Allah bukan di pikiran tetapi dalam roh kita sehingga roh memberikan perintah.  Kita diciptakan di dalam Yesus Kristus.  

Tuhan sudah menyediakan pekerjaan2 yg baik Ia mau supaya kita hidup di dalamNya. Berarti Allah adalh bos kita dan kita menerima aturan2, nilai2 dan hukum2 dari Tuhan.

Kita harus kuat di dalam roh  dan kuat di dalam kekuatan kuasaNya.
Kita harus kuat dalam mengoperasikan roh kita.
Jangan kita mau di seret ke area kehidupan darah dan daging.

Kita harus memulai dengan kuat.
Pergumulan terjadi karena roh kita lemah, karena kita menggunakan pikiran dan perasaan kita.

Negosiasi inilah pergumulan. Jangan pernah operasikan pikiran dan perasaan karena ini akan menimbulka pergumulan. Firman dan Tuhan yang mengambil keputusan.

Kuat di dalam roh berati kita tidak bergerak keluar dari roh.

Apa yang harus kita lakukan:
Kita harus menumbuhkan banyak kebenaran dalam hidup kita. Bukan menumpuk firman.   Kalau kita menumbuhkan banyak firman akan mempengaruhi pikiran.

Artinya menumbuhkan kebenaran:
firman itu menjadi kebenaran (rhema),
firman itu jadi daging
firman itu jadi perbuatan
harus terbukti dulu dalam hidup kita
menjadi iman .

Ambil, kenakan seluruh senjata allah:
kita dapat mengadakan perlawan pada hari yang jahat itu.
Kita bisa berdiri dengan teguh artinya kita tidak akan tergoncangkan dari ima dan posisi kita.


Kita bisa menyelesaikan segala sesuatu menjadi generasi yag tidak bisa dihentikan generasi menyelesaikan pekerjaan baik finishing generation, Kerajaan yang tidak dapat dihentikan ( unstoppable).

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman