PERBANDINGAN YUSUF DENGAN YESUS

UBAH ANGAN-ANGAN DAN IMPIAN SAUDARA UNTUK MENJADI YUSUF MILLENIUM. 
Memang ada contoh-contoh luarbiasa dari Yusuf.  Sebenarnya yang dialami yusuf mirip dengan yesus.
Tapi Yusuf bukan tokoh yg tepat bagi Kerajaannya. 

Maksud daripada pembahasan ini adalah untuk menyadari bahwa kita hidup di jaman yang berbeda dari Yusuf, bukan untuk merendahkan pandangan kita terhadap tokoh yang luarbiasa ini. Jaman Yusuf telah berakhir. Dia sudah menyelesaikan apa yang menjadi porsinya. Kasih karunia Yusuf adalah merepresentasikan Yakub, ayahnya. Dan dia berhasil melakukannya 100% full. Namun sekarang, kita menjadi generasi yang terakhir, generasi Kristus; yang harus menggenapkan apa yang belum tergenapi dari firman Tuhan. Jangan berhenti pada posisi Yusuf, tapi terus dengan memulai dari apa yang sudah diselesaikan Yesus dan terus menggenapi nubuatan dan kehendak Bapa.


YUSUF BISA BERBUAT BANYAK BAGI ISRAEL TAPI DIA TIDAK PUNYA TAHTA.

KEGAGALAN YUSUF PALING FATAL YUSUF TIDAK MEWARISI KESULUNGAN NYA, TAPI YEHUDA

TAPI YESUS MENJADIKAN MURID-MURID DAN KITA SAUDARA-SAUDARA NYA ... GEREJA ANAK-ANAK SULUNG. YESUS MENJADI YANG SULUNG DIANTARA BANYAK SAUDARA.





Yusuf tidak pernah masuk kepada tema TLC ini: 
THE POWER, INFLUENCE AND IMPACTING OF HIS KINGDOM LIFE.

TAPI KITA HARUS TAU BAGAIMANA CARA TUHAN BERGERAK.  JADI YANG MENJADI MODEL BUAT KITA YESUS BUKAN YUSUF.

KEJ 41. Yusuf tidak membawa power, influence dari kerajaan.
Ia hanya merepresentasikan dan mempresentasikan bapanya.
Ia hanya membawa impact ketakutan mesir atas jumlah orang israel yang makin besar.

CATATAN TLC 24-27 Desember 2016- SESI5 ps. Djonny Tambunan


YUSUF
YESUS
1
DARI KETURUNAN ABRAHAM
 YESUS DARI KETURUNAN ABRAHAM
2
YUSUF DITOLAK OLEH SAUDARA-SAUDARANYA
YESUS DITOLAK SAUDARA-SAUDARANYA ORANG YAHUDI.

Lukas 9:22  Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

Lukas 17:25  Tetapi Ia harus menanggung banyak penderitaan dahulu dan ditolak oleh angkatan ini.


3
DITINGGALKAN TANPA BAPA
YESUS DITINGGALKAN TANPA BAPA TANPA ROH KUDUS.

Matius 27:45-46  Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga. Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Kejadian 37:28  Ketika ada saudagar-saudagar Midian lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir.

4
YUSUF DIJUAL
Kejadian 37:28  Ketika ada saudagar-saudagar Midian lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir.
 YESUS DIJUAL

5
YUSUF DITEMANI 2 ORANG YANG BERSALAH; Juru minum dan juru roti.
DI ATAS KAYU SALIB,YESUS DITEMANI 2 ORANG PENJAHAT
6
YUSUF DIPENJARA DITUTUP BATU (dungeon)

Kejadian 39:20  Lalu Yusuf ditangkap oleh tuannya dan dimasukkan ke dalam penjara, tempat tahanan-tahanan raja dikurung. Demikianlah Yusuf dipenjarakan di sana.

Kejadian 41:14  Kemudian Firaun menyuruh memanggil Yusuf. Segeralah ia dikeluarkan dari tutupan; ia bercukur dan berganti pakaian, lalu pergi menghadap Firaun.

YESUS DIKUBURKAN DENGAN BATU PENUTUP. Dan DIJAGA

Matius 27:60, 64  lalu membaringkannya di dalam kuburnya yang baru, yang digalinya di dalam bukit batu, dan sesudah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu, pergilah ia. Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama."


7
YUSUF MEMBERITAKAN KABAR BAIK KEPADA YANG DIPENJARA 3HARI LAMANYA, TAPI DILUPAKAN: juruminum dan juru roti.

Kejadian 40:3, 18-22  Ia menahan mereka dalam rumah kepala pengawal raja, dalam penjara tempat Yusuf dikurung. Yusuf menjawab: "Beginilah arti mimpi itu: ketiga bakul itu artinya tiga hari;
dalam tiga hari ini Firaun akan meninggikan engkau, tinggi ke atas, dan menggantung engkau pada sebuah tiang, dan burung-burung akan memakan dagingmu dari tubuhmu."

Dan terjadilah pada hari ketiga, hari kelahiran Firaun, maka Firaun mengadakan perjamuan untuk semua pegawainya. Ia meninggikan kepala juru minuman dan kepala juru roti itu di tengah-tengah para pegawainya: kepala juru minuman itu dikembalikannya ke dalam jabatannya, sehingga ia menyampaikan pula piala ke tangan Firaun; tetapi kepala juru roti itu digantungnya, seperti yang ditakbirkan Yusuf kepada mereka.

YESUS MEMBERITAKAN INJIL KEPADA ROH-ROH YANG DI DALAM PENJARA 3 HARI.

1 Petrus 3:18-19  Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, 

dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,


8
SETELAH KELUAR DARI TUTUPAN BATU (dungeon) YUSUF BERTEMU LAGI DENGAN SESEORANG.

Yusuf bertemu lagi juru minum raja, potifar setelah dua tahun.
Tidak mengalami percepatan.

SIAPA YANG BERSAMA YESUS DI FIRDAUS?

SATU PENJAHAT YANG BERTOBAT
9
YUSUF BERTEMU LAGI JURU MINUM RAJA, POTIFAR SETELAH DUA TAHUN.
TIDAK MENGALAMI PERCEPATAN.


YESUS BERTEMU MURID-MURIDNYA SETELAH 3 HARI

YESUS BERTEMU LAGI MURID-MURID TAPI DIA TIDAK MENYINGGUNG DOSA MEREKA.


10
YUSUF MENYELAMATKAN 70 ORANG SAUDARA NYA DAN ORANG BANYAK DARI KELAPARAN


YESUS MENYELAMATKAN BANYAK ORANG

11
YUSUF DIBERI NAMA OLEH FIR'AUN JAFNAT PANEA...
ARTINYA JURU SELAMAT DUNIA
GELAR YESUS JURU SELAMAT DUNIA


YUSUF TELAH TERPELESET PADA MENIT-MENIT TERAKHIR

DALAM PENJARA YUSUF MENGATAKAN BAHWA DIA ORANG BENAR

Kejadian 40:14-15  Tetapi, ingatlah kepadaku, apabila keadaanmu telah baik nanti, tunjukkanlah terima kasihmu kepadaku dengan menceritakan hal ihwalku kepada Firaun dan tolonglah keluarkan aku dari rumah ini.
Sebab aku dicuri diculik begitu saja dari negeri orang Ibrani dan di sini pun aku tidak pernah melakukan apa-apa yang menyebabkan aku layak dimasukkan ke dalam liang tutupan ini."


YESUS TIDAK MENGATAKAN DIRINYA SENDIRI SEBAGAI ORANG BESAR
Lukas 23:41, 47  Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."

Ketika kepala pasukan melihat apa yang terjadi, ia memuliakan Allah, katanya: "Sungguh, orang ini adalah orang benar!"

YUSUF INGIN MENGEMBANGKAN NATURALIS NYA PADAHAL DARAH DAN DAGING TIDAK MENDAPAT TEMPAT
Kejadian 40:14  Tetapi, ingatlah kepadaku, apabila keadaanmu telah baik nanti, tunjukkanlah terima kasihmu kepadaku dengan menceritakan hal ihwalku kepada Firaun dan tolonglah keluarkan aku dari rumah ini.

YUSUF MENGUCAPKAN APA YANG DIUCAPKAN PENJAHAT YANG BERTOBAT DI SALIB.
Lukas 23:39-40, 42  Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!" Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?

Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."

Engkau datang sebagai Raja.  Si penjahat mengakui Yesus: Engkau sebagai Raja....
Tapi YUSUF menjadi raja bagi dirinya sendiri.

SETIAP KESALAHAN PUNYA KONSEKUENSINYA WALAUPUN DOSA DIAMPUNI
Kejadian 41:40  Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat;
hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu."

YUSUF TIDAK PUNYA TAHTA KARENA  YUSUF BERHARAP PADA MANUSIA.

Yeremia 17:5  Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

JANGAN BIARKAN TAHTAMU DIDUDUKI OLEH EGOMU....


APA YANG TERJADI DI DUNIA SEPERTI DAGELAN. TUHAN IJINKAN KELAPARAN, IJINKAN MIMPI YUSUF MENJADI KENYATAAN.
INI SEMUA KARENA SUDAH ADA KETETAPAN TUHAN, SUDAH ADA PERKATAAN TUHAN YANG DILEPASKAN.

BETAPA LUAR BIASANYA DIMENSI YANG TUHAN BERIKAN, DIMENSI UNSTOPPABLE.

TUHAN MENGUNDANG KITA

Kejadian 49:1, 22-26  Kemudian Yakub memanggil anak-anaknya dan berkata: "Datanglah berkumpul, supaya kuberitahukan kepadamu, apa yang akan kamu alami di kemudian hari.  Yusuf adalah seperti pohon buah-buahan yang muda, pohon buah-buahan yang muda pada mata air. Dahan-dahannya naik mengatasi tembok. Walaupun pemanah-pemanah telah mengusiknya, memanahnya dan menyerbunya,
namun panahnya tetap kokoh dan lengan tangannya tinggal liat, oleh pertolongan Yang Mahakuat pelindung Yakub, oleh sebab gembalanya Gunung Batu Israel, oleh Allah ayahmu yang akan menolong engkau, dan oleh Allah Yang Mahakuasa, yang akan memberkati engkau dengan berkat dari langit di atas, dengan berkat samudera raya yang letaknya di bawah, dengan berkat buah dada dan kandungan.
Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala (crown) Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya.

Pohon = benih
Apa berkat Yusuf? Fasilitas. Tapi berkat Yesus adalah otoritas.

Penjahat itu menemukan Yesus... Benar-benar seorang raja.


Hari ini juga...kau ada bersamaku di Taman Firdaus.... Taman
kerajaan

2 Korintus 12:1-4  Aku harus bermegah, sekalipun memang hal itu tidak ada faedahnya, namun demikian aku hendak memberitakan penglihatan-penglihatan dan penyataan-penyataan yang kuterima dari Tuhan.
Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.
Aku juga tahu tentang orang itu, entah di dalam tubuh entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya --
ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia.

Firdaus, Eden yang sudah dipulihkan, sekarang ada di sorga tingkat 3.
Mereka sekarang sudah ada di firdaus....

Wahyu 2:7  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

YUSUF BISA BERBUAT BANYAK BAGI ISRAEL TAPI DIA TIDAK BEROTORITAS, TIDAK PUNYA TAHTA
Oleh sebab itu dia tidak dikenali seterusnya
Keluaran 1:8  Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf.

JIKA KAU SEBAGAI RAJA KAU DIAKUI DAN DITERIMA.

SUNGGUH DIA ANAK ALLAH...

PELUANG TERBESAR YUSUF. DIA BERHAK ATAS KESULUNGAN.
KETIKA YESUS MEMENANGKAN SAUDARA-SAUDARA NYA, DIA MENJADI SULUNG DI ANTARA BANYAK SAUDARA

WAHYU 5
Wahyu 5:1, 4-5  Maka aku melihat di tangan kanan Dia yang duduk di atas takhta itu, sebuah gulungan kitab, yang ditulisi sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai.
Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorang pun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu ataupun melihat sebelah dalamnya.
Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya." 

KEGAGALAN YUSUF PALING FATAL
YUSUF TIDAK MEWARISI KESULUNGAN NYA

TAPI YESUS MENJADIKAN MURID-MURID DAN KITA SAUDARA-SAUDARA NYA ... GEREJA ANAK-ANAK SULUNG.

Ibrani 11:22, 32-33  Karena iman maka Yusuf menjelang matinya memberitakan tentang keluarnya orang-orang Israel dan memberi pesan tentang tulang-belulangnya.

YUSUF HANYA BISA MEMPERKATAKAN NUBUATAN YANG PERNAH DISAMPAIKAN

Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi,
yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa,

NAMANYA TIDAK ADA DI DAFTAR YANG MENYEBUTKAN NAMA-NAMA SEBAGAI PAHLAWAN IMAN YANG TELAH MENAKLUKKAN KERAJAAN.


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman