KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan


Kehidupan Berkualitas Yang Yesus Berikan

Yoh 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup,  dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

gbr: opernarmautralia.org


Yesus datang supaya kita akan memiliki kehidupan yang melampaui arus seluruh aspek kehidupan, lebih dari cukup, mencapai setiap bagian dari roh manusia kita, setiap bagian dari alam jiwa kita, pikiran, kehendak dan emosi, mencapai setiap bagian dari tubuh fisik kita, mencapai setiap bagian dari keuangan kita, hubungan dan semua yang berkaitan dengan kehidupan duniawi dan kehidupan spiritual kita.

Dalam bahasa Yunani,  ada tiga kata yang berbeda -bios, psuche, dan zoe-diterjemahkan sebagai "hidup", dan masing-masing memiliki arti yang berbeda.

Bios – adalah kehidupan biologis kita. Semua makhluk hidup memiliki bios. Bioskop artinya gambar hidup. Biologi ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup.

Psuche adalah kehidupan jiwa (soulish) kita, pikiran dan perasaan kita. Kepintaran, hobi, indera, dan karakter kita, termasuk dalam psuche.

Zoe adalah kehidupan roh dan spiritual kita. Zoe adalah kehidupan yang asli pada mulanya yang Tuhan berikan yang seperti Tuhan berikan kepada Adam.

ZOE:
  • ·        kehidupan rohani
  • ·        Hidup berkelimpahan
  • ·        hidup yang mengalir  - meluap
  • ·        kehidupan yang sama yang Allah embuskan ke dalam Adam pada saat penciptaan
  • ·        Kehidupan Zoe Kristus -
  • ·        Jenis kehidupan ilahi

Berikut ini beberapa contoh ayat di mana masing-masing digunakan:

1. Bios, dalam Lukas 8:14: “... mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup (bios), sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.” Kata Yunani ini merujuk pada kehidupan tubuh secara fisik dan di mana kita mendapatkan kata biologi.

2. Psuche, dalam Mat. 16:25: “Karena siapa pun yang ingin menyelamatkan jiwa-nya (nyawanya / psuche)  akan kehilangannya.” Kata Yunani di sini menunjuk pada kehidupan psikologis jiwa manusia, yaitu pikiran, emosi, dan kehendak. Di sinilah kita mendapatkan kata psikologi.

3. Zoe, dalam Yohanes 1: 4: “Dalam Dia ada hidup (zoe) dan hidup (zoe) itu adalah terang manusia.” Di sini kata Yunani menunjuk pada kehidupan Allah yang tidak diciptakan dan kekal, kehidupan ilahi yang secara unik dimiliki oleh Allah.

Kehidupan zoe adalah kehidupan spiritual.  Jadi kehidupan zoe ada di dalam manusia roh kita, bukan manusia ragawi (bios) kita.

Tuhan tidak tertarik kepada hidupmu (yang ada dalam bios), tetapi matanya melihat hati dan batinmu (kehidupan zoe-mu).

Sebaliknya orang lain tidak tertarik kepada zoe-mu. Mereka hanya tertarik pada bios-mu; jika Anda cantik / tampan / memiliki kelebihan fisik.  

Dan mereka menghargai atribut  yang sama atau lebih: agama, profesi, hobi. Lebih daripada itu mereka akan terpesona kepada atribut yang lain: kekayaan, kedudukan, dlsb. Mereka tidak benar-benar menyukaimu, tetapi lebih menyukai atribut yang Anda miliki.


Zoe Adalah Kehidupan Kekal

Kehidupan kekal dapat dilihat di mana-mana di Alkitab. Dari awal mula di Kejadian, Firman Tuhan menghadirkan pohon kehidupan. Pohon kehidupan di Taman Eden menandakan kehidupan Tuhan yang ilahi, tidak diciptakan, tidak dapat dibusukkan, tidak dapat dihancurkan,  abadi — kehidupan zoe.

Dan di Taman, Tuhan memberikan pohon kehidupan ini kepada Adam sebagai makanan. Ini sebelum Adam jatuh dan dosa masuk ke dalam “gambar dan rupa”  - kehidupan zoe Adam, yang Tuhan berikan.

Meskipun sebelumnya Adam tidak berdosa, setelah kejatuhan itu, ia hanya memiliki kehidupan manusia (PSUCHE & BIOS); dia tidak memiliki kehidupan Tuhan (ZOE).

Niat Allah bukan hanya agar Adam tidak berdosa, tetapi bahkan lebih lagi, karena Adam, mewakili semua umat manusia, untuk mengambil dan membagikan kehidupan kekal-Nya (ZOE).

YESUS MEREPLIKASIKAN ZOE

Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

Adam pertama telah gagal melaksanakan tujuan penciptaan ini. Kuasanya telah terhempas dan diambil si jahat. Adam terakhir - Yesus -  telah berhasil mereplikasi kan bukan hanya rohnya tapi juga kehidupan-nya (Zoe) YANG BERASAL DARI SORGA  menjadi kehidupan orang yang percaya kepada-Nya.

1 Korintus 15:45  Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan. 

Sebagai makhluk ciptaan baru kita terlahir kembali secara spiritual dan membuahkan zoe.

1 Korintus 15:46-47  Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah. Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.

Siapakah manusia yang berasal dari sorga? Yesus Kristus dan mereka yang sudah dilahirkan kembali dalam Kristus.

Yohanes 16:28  Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."


Tidak Semua Orang Memiliki  ZOE

Pohon kehidupan terlihat lagi di bagian paling akhir dari Alkitab di Wahyu 22:14: “Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.”

Di sini, karena manusia jatuh ke dalam dosa, kita melihat Penyediaan Allah atas darah Kristus yang mahal untuk membasuh kita agar kita dapat mengambil bagian dari pohon kehidupan, kehidupan kekal, yang merupakan maksud awal Allah.

Pohon kehidupan yang disebutkan dalam buku-buku pertama dan terakhir dari Alkitab membantu kita melihat bahwa kehidupan zoe, adalah tema sentral dalam Alkitab.

Apa yang Tuhan inginkan adalah bahwa kita manusia akan mengambil kehidupan kekal-Nya. Dengan mengambil hidup-Nya, Dia menjadi kehidupan nyata kita dan kita dapat mengekspresikan Dia melalui kehidupan kita.

Mengapa Penting Bagi Kita Untuk Mengenal Dan Mengenakan Zoe?

Mari kita telaah Yohanes 10:10 dengan mengganti kata kehidupan dengan kata aslinya dalam ayat ini:  “Aku telah datang, supaya mereka mempunyai ZOE, dan mempunyai ZOE berkelimpahan.”

Membaca ayat ini dengan cara ini membuat jelas bahwa Kristus datang agar kita dapat memiliki kehidupan ilahi Allah yang kekal. Ini sangat berbeda dari pemikiran umumnya sehingga kita bisa memiliki kehidupan manusia yang lebih baik atau lebih baik. 


Kita perlu memiliki pandangan Allah seperti yang ditunjukkan dalam Alkitab. Tuhan yang menciptakan alam semesta ingin berbagi kehidupan ilahi-Nya (zoe) dengan kita. Dan oleh hidup kita melalui kehidupan-Nya, kita dapat mengekspresikan-Nya. Dia membuat kita secara khusus untuk tujuan ini.

YANG Kelihatan Sementara Yang Tak Kelihatan Kekal
2 Kor 4:18 Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Dengan kelahiran alami kita, kita manusia hanya memiliki kehidupan yang penuh jiwa (psuche) dan kehidupan fisik (bios). Tetapi ketika kita percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, kita tidak hanya ditebus; kami juga menerima kehidupan ilahi (zoe) ke dalam diri kami. Kita dilahirkan kembali dengan kehidupan Tuhan. Ini membawa kita kembali kepada kehendak Allah yang asli bagi kita, yaitu bahwa kita akan memiliki hidup-Nya.

Tuhan tidak tertarik pada manusia menjadi lebih halus dan dibudidayakan oleh diri mereka sendiri, dalam kehidupan mereka sendiri dan dengan usaha mereka sendiri. Apa yang Ia inginkan adalah agar kehidupan zoe-Nya meningkat di dalam kita, dan bagi kita untuk hidup dengan kehidupan zoe-Nya dan menjalani kehidupan zoe-Nya. Kemudian kekayaan kehidupan ilahi-Nya akan hidup dari kita, dan Dia akan terwujud dalam kehidupan kita kepada orang-orang di sekitar kita.

Hidup Dengan Zoe Setiap Hari

Jika kita tahu bahwa keinginan Allah sepenuhnya berhubungan dengan kita memiliki dan menjalani kehidupan ilahi-Nya yang kekal, kita tidak akan membuang waktu dengan berfokus pada bios atau psuche kita, tetapi mencari kemajuan rohani di sana untuk mengalami upgrade dan update. Kita tidak akan kecewa ketika kita tidak dapat memperbaiki atau memajukan diri.

Kita akan ingat bahwa Kristus datang supaya memiliki zoe berlimpah, jadi kita akan fokus pada kehidupan zoe yang kekal itu di dalam roh kita. Kita akan memberi makan dan menyehatkan hidup ini dengan makan dan minum Kristus di dalam Firman-Nya, menghabiskan waktu bersama-Nya dalam doa, dan mengalami Dia dari hari ke hari sebagai kehidupan kita. Sewaktu kita merawat setiap hari untuk kehidupan ini di dalam kita, kehidupan kekal akan meningkat dan bertumbuh di dalam kita, mengekspresikan lebih banyak dan lebih banyak karakter Tuhan dalam kehidupan kita di bumi ini.

Dalam Yohanes 10:10 Yesus berbicara tentang kehidupan, tetapi kali ini adalah kehidupan rohani.  Darah fisik tidak dapat menghasilkan kehidupan rohani tetapi hanya kehidupan fisiologis "bios". Yesus berbicara tentang kehidupan rohani yang digambarkan sebagai hidup Zoë dalam bahasa Yunani koine yang asli. 

Penting untuk membuat perbedaan bahwa kehidupan Zoë menghasilkan kehidupan setelah Roh Kudus, sementara darah manusia menghasilkan kehidupan "bios" setelah nutrisi yang termasuk oksigen yang dikirim ke sel manusia kita oleh eritrosit kita. 

Jika kita menyatakan "hidup ada dalam darah" kita menyimpang dan melewatkan salah satu yang paling penting dari Kekristenan dan dari Tuhan; dan itu adalah kehidupan spiritual yang vital yang mengubah keberadaan kita menjadi kehidupan spiritual dan fisik yang kuat.

Dalam Yohanes 15:5 Yesus menyatakan, " Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa."   

Dengan kata lain tanpa kehidupan rohani Allah, Zoë kita hanya ada sebagai label yang mengatakan Kristen tetapi tidak dapat berbuah sebagai orang Kristen karena kita tidak memiliki kehidupan rohani Allah.

Sekarang setelah kita membahas keampuhan darah manusia dan kehidupannya yang memberi tujuan kepada sel-sel manusia, sekarang kita akan sampai pada titik memahami kehidupan Zoë Allah yang dibicarakan Yesus dalam Yohanes 10:10, kehidupan yang sama yang ditiupkan Allah ke dalam Adam pada penciptaan yang dirujuk dalam Kejadian 2: 7.

Adam Pertama  kehilangan hidup Zoe yang mengalir ke setiap bidang kehidupan sehingga ia mati secara rohani dan setiap bagian dari hidupnya mulai membusuk sebagai akibat dari tidak adanya kehidupan Allah. 

Dalam Yohanes 10:10 Yesus, Adam Kedua datang untuk memulihkan kehidupan yang diberikan kepada Adam sehingga semua yang menerima-Nya akan mengalami kehidupan Zoe seperti yang dialami oleh Adam Pertama.

Mengalami Zoe

Kehidupan Zoe-nya sangat penting, menentukan apakah kita menjalani kehidupan yang dibebankan dengan kehidupan Tuhan sendiri dibandingkan dengan kesibukan rutin hari demi hari tanpa pengalaman surga membanjiri jiwa kita.

Yesus datang supaya kita akan memiliki kehidupan rohani yang melampaui arus seluruh aspek kehidupan, lebih dari cukup, mencapai setiap bagian dari roh manusia kita, setiap bagian dari alam jiwa kita, pikiran, kehendak dan emosi, mencapai setiap bagian dari tubuh fisik kita, mencapai setiap bagian dari kita keuangan, hubungan dan semua yang berkaitan dengan kehidupan duniawi dan kehidupan spiritual kita.

Kehidupan ilahi Zoe dimaksudkan untuk mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia kita. Kehidupan Zoe sangat penting sehingga jika terhalang oleh dosa ke area mana pun dari kehidupan kita, area itu segera mulai mati sama seperti jaringan manusia mana pun akan mati jika suplai darah terhalang dari daerah itu. Sumbatan kehidupan Zoe oleh dosa adalah hal yang serius sebagaimana kita memahami konsekuensi fatal kematian yang tak terelakkan sebagai sel-sel mati yang kekurangan darah beroksigen.  Tidak dapat dihindarkan bahwa Adam mati ketika dosa menghentikan kehidupan Zoe yang membawa kehidupan kepadanya pada saat penciptaan dan menyebabkan kehidupan yang berlimpah untuk mengisi setiap aspek kehidupannya.

Yesus mengembalikan kehidupan ini kepada kita semua pada saat diselamatkan. Tugas kita adalah melindungi berkah hidup Zoe ini dengan segala cara. Ketika kita menerima hidup Zoe di keselamatan kita segera mulai mengalami persekutuan, peningkatan perasaan dan kepekaan yang dinikmati Adam saat penciptaan. 

Kita kemudian diselamatkan untuk dapat mengidentifikasi apa yang Adam nikmati sebelum kejatuhan karena Yesus menghubungkan kembali kita dengan pengalaman di keselamatan itu. Ini adalah pernyataan waktu hidup. 

"Pengalaman terlahir-kembali Anda identik dengan pengalaman yang dialami Adam dan Hawa setiap hari, terjaga atau tertidur sepanjang hari." Jika tidak demikian maka itu seharusnya karena pengalaman yang dilahirkan kembali adalah pemulihan kehidupan yang indah yang Adam miliki di mana daun-daun pepohonan tampak lebih hijau, warna-warna bunga yang kaya dan bersemangat dalam warna, langit yang luar biasa biru, suara burung membawa sukacita, dan kita menikmati surga di bumi.

Tes kritis untuk semua orang Kristen adalah untuk menguji apakah kehidupan Zoe Allah yang mengalir telah bebas dari halangan untuk mengalir bebas ke area-area kehidupan kita yang sedang berjuang atau mati dan membutuhkan kebangkitan. 

Jika ada kebutuhan untuk hikmat, pengendalian diri, penyembuhan spiritual, penyembuhan jiwa, pemulihan keuangan, pemulihan perkawinan, pemulihan hubungan, penyembuhan intelektual; jawabannya terletak dalam Yohanes 10:10 di mana kita membuka diri kepada Allah dalam kerendahan hati dan pertobatan meminta Dia untuk hilangkan semua penghalang terhadap aliran kehidupan Zoe-Nya yang berlimpah ke masing-masing atau semua bidang  yang sedang sekarat atau tidak produktif ini. Inilah saatnya untuk memahami tentang Yohanes 10:10 dan memulai kehidupan yang hidup sepenuhnya.  Termasuk saya, semua dan saya harap Anda juga!


Sering kita dengar semua agama mengajarkan kebaikan. Saya termasuk yang setuju, mungkin juga termasuk Anda. Tetapi kebaikan tidaklah cukup. Semua sisi kehidupan termasuk yang terbaik sekali pun, telah diletakkan Allah kepada kesia-siaan, dengan maksud supaya manusia tidak mengambil jalannya sendiri, tetapi mengambil jalan, kebenaran dan kehidupan itu daripada-Nya sendiri. 

Roma 8:20 Karena seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan, bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia, yang telah menaklukkannya,

Orang yang paling berhasil dan sukses di dunia ini adalah raja Salomo, anak Daud; tetapi dia juga adalah orang yang paling mengalami kesia-siaan hidup.  

Pengkhotbah 2:15 Maka aku berkata dalam hati: "Nasib yang menimpa orang bodoh juga akan menimpa aku. Untuk apa aku ini dulu begitu berhikmat?" Lalu aku berkata dalam hati, bahwa inipun sia-sia.

Di luar persekutuan dengan Tuhan hidup ini menjadi sia-sia seberapa pun suksesnya hidup kita. 

1 Kor 15:58b Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia. 

Hanya lewat persekutuan dengan Tuhan dan berjalan dengan-Nya tiap-tiap hari kita dapat mengalami Zoe yang sesungguhnya. 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman