EIDO dan GINOSKO

Yohanes 4:10 Jawab Yesus kepadanya: *"Jikalau engkau tahu (eido) tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu:*  Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup."



Gbr: youtube.com



Eido di sini artinya memiliki pengetahuan. Mungkin tau dari orang lain atau pernah melihat-Nya. Pernah mendengar khotbah atau melihat perbuatan dan mujizat yang Yesus lakukan.

Mereka yang tidak memiliki pengetahuan disebut orang bodoh dan bahkan sebagai pelaku kejahatan, karenanya mereka menolak karunia Allah dan menolak Yesus yang diutus oleh-Nya. Orang bodoh tidak melihat apa yang disediakan Allah dan akan berakhir kepada hidup yang sia-sia walau sesukses apa pun di dunia ini menurut anggapan orang.

Yohanes 1:11-12 1:11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Mereka tidak percaya dalam nama Yesus. Orang bodoh hanya bisa menuntut menurut apa maunya dan kecenderungan hati mereka. Mereka minta Yesus melakukan tanda-tanda mujizat bagi mereka tetapi Yesus hanya memberikan tanda nabi Yunus.

Matius 12:39-40 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. 12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

Mereka menolak-Nya karena tidak eido kepada-Nya.

Mereka yang eido kepada-Nya diberikan kuasa. Kuasa itu yang akan memproses dan melengkapi orang-orang melalui kasih karunia dan kuasa Roh Kudus yang nyata bekerja itu supaya benar-benar mereka dan kita  menjadi milik kepunyaan-Nya.  Apa artinya benar-benar menjadi milik kepunyaan-Nya?

2 Timotius 2:19 Tetapi DASAR YANG diletakkan Allah itu TEGUH dan METERAINYA ialah: "TUHAN MENGENAL SIAPA KEPUNYAAN-NYA"

*MEREKA YANG BENAR-BENAR MENJADI MILIK KEPUNYAAN-NYA AKAN DIMETERAIKAN oleh ROH KUDUS sebagai "Milik Kepunyaan-Nya".*

GINOSKO adalah pengenalan menurut persepsi Tuhan terhadap seseorang.  Tuhas ginosko kepada Abram, menurut panggilan Tuhan terhadapnya. Tuhan mengenal (ginosko) kita bukan berdasarkan sejarah keturunan dan latar belakang, bukan berdasarkan perbuatan atau prestasi kita; tapi menurut rencana dan panggilan-Nya kepada seseorang yang adalah milik kepunyaan-Nya. Panggilan dan rencana-Nya itu berdasarkan pada kekayaan kasih-karunia dan kuat kuasa-Nya.

Masalahnya siapakah orang itu?

Lima gadis bijak itu mengenakan materai "Milik Kepunyaan-Nya" pada dahi mereka ketika memasuki ruang perjamuan kawin. Mereka diterima. Tetapi pada lima gadis bodoh tidak ditemukan materai itu, sehingga setelah pintu ditutup dan mereka mengetuk pintu, dari dalam Anak Manusia berkata: SESUNGGUHNYA AKU TIDAK MENGENAL KAMU.

Matius 25:11 Kemudian datang juga gadis-gadis yang lain itu dan berkata: Tuan, tuan, bukakanlah kami pintu! 25:12 Tetapi ia menjawab: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu.

Inilah bahayanya jika kita tidak ginosko terhadap KEBENARAN.

Yesus menceritakan hal ini untuk memberikan perumpamaan mengenai Kerajaan Sorga (Matius 25:1-13). Gadis-gadis bodoh tidak layak untuk Kerajaan Sorga. Tidak semua orang percaya layak bagi Kerajaan Sorga sebab mereka tidak siap sedia.

Yohanes 3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal (ginosko) Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Yohanes 14:7 Sekiranya kamu mengenal (ginosko) Aku, pasti kamu juga mengenal (ginosko) Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

*Kita belum bisa ginosko kepada Tuhan sebelum Tuhan ginosko kepada kita. Tuhan menuntut kita supaya ginosko kepada-Nya dan kepada Yesus, dasar yang teguh yang diletakkan Allah sendiri.*

Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya. Matius 25:13

Kita harus menyediakan dan menyiapkan diri untuk terus dibangun di dalam rumah rohani dan membangun sebagai rumah Tuhan sesuai dengan panggilan dan kasih karunia-Nya (2 Timotius 2:19-22).

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman