Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?


Kor 5:17        Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Ayat di atas menyatakan bahwa kita adalah ciptaan baru di dalam Kristus.
Tapi benarkah demikian?  Dan yang lama sudah berlalu? Sebab kata ‘sesungguhnya’ menunjukkan kita belum bisa melihat yang baru itu.

Mari kita telaah.



Ef 4:24           dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

MANUSIA BARU kita telah  diciptakan menurut kehendak Allah SECARA SEMPURNA di dalam KEBENARAN DAN KEKUDUSAN YANG SESUNGGUHNYA yaitu DI DALAM KRITUS YESUS.  KEBENARAN DAN KEKUDUSAN INI TELAH TERUJI yaitu Yesus sendiri yang dalam rupa-Nya sebagai manusia – TELAH TERBUKTI SUDAH MENGALAHKAN DOSA DAN MAUT.

Ef 2:10           Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Apakah Artinya Diciptakan Di Dalam Kristus?
Sebenarnya Siapakah Kita Sebagai Ciptaan Baru?

Gal 6:15 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

Dari semua atribut yang kita miliki seperti pendidikan, kekayaan, bersunat atau tidak, tidak ada artinya tanpa kita menjadi ciptaan baru.

Ciptaan baru adalah jaminan dari Kristus Yesus bagi kehidupan kekal di dalam kasih, kebenaran, damai sejahtera dan sukacita di dalam Kerajaan Sorga. Dalam Kristus artinya semua karya Yesus Kristus dan semua hal yang dimiliki-Nya, semua yang telah dipertaruhkan-Nya, semua yang telah direncanakan-Nya sebelum dunia ini dijadikan itu menjadi satu di dalam diri-Nya sehingga menghasilkan manusia ciptaan baru.

Di sini kita tidak dapat mengatakan apakah dibaptis atau  tidak dibaptis tidak ada artinya seperti yang dikatakan banyak orang, karena mengenai baptisan Yesus sendiri telah menetapkan hatinya dan berkata kepada Yohanes Pembaptis yang semula menolak untuk membaptis-Nya dengan alasan yang spiritual pula, kata-Nya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.

Jadi tanpa baptisan kita tidak dapat menggenapkan seluruh kehendak Allah dalam hidup kita, walau pun kita diselamatkan.

Yesus adalah pengantara Perjanjian Baru antara manusia dengan Tuhan.
Ikatan perjanjian ini harus ditandai dengan baptisan. Sedangkan sunat adalah tanda ikat-janji menurut Perjanjian Lama.

Ef 2:15           sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera.

Rm 6:4           Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Baptisan tidaklah mutlak menyelamatkan, tetapi sebagai pengakuan iman kita kepada Kristus Yesus di muka umum dan memberi dirimu ke dalam kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.  Dan ini barulah langkah awal untuk memulai hidup yang baru dalam Kristus. 

Sebagaimana sunat, baptisan adalah tanda hubungan ikat-janji dengan Tuhan. Ikat-janji terjadi oleh karena cinta yang mula-mula yang diinisiasi oleh Tuhan; dengan mengadakan pendamaian dengan diri-Nya oleh darah Kristus ( Kol 1:20).

Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus. Ef 3:9

Kol 3:10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Ketika Anda menyatakan iman  dalam Kristus dan Ia yang adil dan benar akan mengenakan manusia baru kepada Anda. Anda menjadi ciptaan yang baru secara spiritual. Mengenakan manusia baru di sini berarti mengalami kelahiran baru dimana roh kita dihembuskan kembali oleh nafas Kristus dan kepada kita diberikan Roh Kudus-Nya sebagai jaminan pengampunan, penerimaan dari hidup yang kekal bersama Dia dalam pemerintahan Kerajaan-Nya dan dalam kemuliaan. Namun hidup yang lama masih dapat mempengaruhi karena manusia baru kita masih mengenakan tubuh yang lama atau kemah yang lama.
Tetapi apa yang sesungguhnya terjadi akan membuat anda terkejut.

Kor 5:17        Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
Jadi kita akan membahas apa yang dimaksud dengan “sesungguhnya” pada ayat di atas.

APA YANG TUHAN SEDIAKAN BAGI YANG MENGAKUI IMANNYA KEPADA KRISTUS?

Ciptaan baru berarti diciptakan dalam Kristus.

Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga. 1 Kor 15:47

Yesus Kristus adalah manusia kedua,  berasal dari sorga. Itu sebabnya Yesus memanggil diri-Nya dengan sebutan Anak Manusia.

Dan kita adalah keturunan dari manusia kedua – keturunan langsung dari Yesus Kristus. Kita adalah keturunan baru (new breed) sekaligus sebagai generasi terakhir, sebagai generasi Kristus.  Secara spiritual tidak ada lagi generasi lain sesudahnya yang diturunkan setelah generasi Kristus. (Mat 1:16-17)

Secara korporat dan secara individual kita adalah gereja. Gereja di umpamakan sebagai perempuan, calon mempelai Kristus. Dan perempuan itu dijadikan setelah Adam. Demikian halnya, gereja dijadikan setelah Kristus.

Karena Adam yang pertama dijadikan, kemudian barulah Hawa.     Gal 3:27
Hawa dibangun oleh Tuhan dari salah satu bagian Adam.  Manusia itu dibuat tidur nyenyak dan Tuhan mengambil salah satu rusuknya.

21 Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. 22 Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. 23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki." Kej 2:21-23

APA KARAKTERISTIK dari CIPTAAN BARU?

Ciptaan baru tidak lain adalah tubuh sorgawi  kita.

Ada tubuh sorgawi dan ada tubuh duniawi, tetapi kemuliaan tubuh sorgawi lain dari pada kemuliaan tubuh duniawi. 1 Kor 15:40

Ketika Yesus dibangkitkan dari kematian Ia telah sepenuhnya mengenakan tubuh kemuliaan atau tubuh sorgawi. Secara berulang-ulang selama 40 hari lamanya Yesus menampakkan diri kepada murid-murid dan kepada banyak orang. Karakteristik tubuh sorgawi antara lain:
1.     Bisa menampakkan diri / hadir sebagaimana manusia jasmani;
2.     Bisa makan dan minum;
3.     Bisa bertransfigurasi seperti tubuh jasmani;
4.     Bisa mengangkasa / “terbang” – ketika Yesus kembali ke sorga, tubuh-Nya terangkat ke sorga;
5.     Kudus / suci, tidak berdosa;
6.     Immortal; tidak bisa sakit / mati;
7.     Bisa mengakses alam roh dan alam nyata pada saat bersamaan;
8.     Bisa berinteraksi dengan sorga / Sion.

JADI BAGAIMANA TUHAN MEMBUAT MANUSIA CIPTAAN BARU?

Di hadapan Tuhan orang mati itu disebut tidur (Mat 9:24, Yoh 11:11,13).

Ketika merenungkan hal ini saya mendapatkan pemahaman, bahwa ketika Yesus mati atau tertidur maka Bapa mengambil rusuk dari Yesus dan membangun seorang ‘perempuan’ daripada-Nya – yaitu gereja-Nya, Bait Suci-Nya, yang menjadi tubuh sorgawi kita.

Dengan demikian kita menjadi jenis makhluk ciptaan baru – yang tidak pernah ada sebelumnya. Ciptaan baru adalah species yang baru dengan DNA Kristu - dengan karakteristik seperti Yesus Kristus yang telah dibangkitkan. Kristus adalah THE FIRST BORN dari ciptaan baru itu.

Secara harfiah kita adalah ciptaan baru. Itulah maksud dari sesungguhnya yang baru sudah datang.

2Kor 5:17     Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Dalam terjemahan NJKV dikatakan:
Therefore, if anyone is in Christ, he is a new creation; old things have passed away; behold, ALL THINGS have become new. 2 Corinthians 5:17

Sebagai pribadi ia adalah ciptaan baru. Perhatikan, semuanya – all things - telah menjadi baru. Jadi bukan hanya roh kita yang dijadikan baru, namun juga seluruh bagian kita, termasuk tubuh kita – yaitu tubuh sorgawi kita.

Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Yoh 14:2

Yesus menjelaskan bahwa:
1.     Di rumah Bapa-Nya banyak tempat tinggal.
2.     Dia akan kembali ke rumah Bapa untuk menyediakan tempat bagimu. Menyediakan ~ to prepare a place for you.

Perhatikan di sini ada 2 macam tempat yang berbeda namun sama-sama berada di rumah Bapa. 1. Tempat tinggal (mansions) yang sudah tersedia, sudah ada.  2. Tempat bagi setiap ciptaan baru, masing-masing yang harus disiapkan Yesus Kristus bagi kita.
Dalam terjemahan NKJV dikatakan to prepare yang artinya menyiapkan, sedangkan mansions itu sudah ada, tidak perlu dipersiapkan lagi.

John 14:2  In My Father's house are many mansions; if it were not so, I would have told you. I go to prepare a place for you.

“Tempat bagimu” itu adalah tubuh sorgawi kita yang harus dipersiapkan satu demi satu. Dipersiapkan bukan hanya dilahirkan kembali. Kelahiran tubuh sorgawi  dan kelahirkan kembali roh kita adalah tahap awal.

Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." Yoh 3:3
Seseorang yang telah dilahirkan kembali harus dilahirkan SECARA UTUH DAN LENGKAP. Karena itu bayi rohani harus diperlengkapi dengan Roh Kudus sehingga ia dapat mengakses Kerajaan Allah.

Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Yoh 3:5

Jadi kapan sebenarnya hal ini terjadi? Bagaimana kita melihat reality dari ciptaan baru ini? Bagaimana dan apakah kita sudah mengalami reality-nya? Ini adalah bagian dari misteri yang sudah berabad-abad yang tersembunyi dalam Allah. Mengapa? Sebab, meskipun tubuh dan roh kita sudah diperbarui, jiwa kita masih sangat dipengaruhi atau mewarisi apa yang diberikan oleh spirit dunia ini dari generasi ke generasi; sehingga firman dengan jelas mengatakan: Roh Kristus yang ada di dalam kita adalah pengharapan akan kemuliaan.

dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu, Yeh 36:26   

Hanya Roh Kudus yang dapat memampukan kita melihat terang yang sudah datang itu. Melihat terang kemuliaan Kristus. Ketika di atas kayu salib, Yesus sangat menderita, dan Ia hanya dapat melihat tulang-tulang-Nya.

Maz 22:16-18  Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku. Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku. Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.

Tetapi dari situ Dia melihat generasi-Nya sedang mendatangi. Generasi yang dibangun oleh Allah sendiri, tanpa campur tangan manusia.

Yoh 19:31 Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib--sebab Sabat itu adalah hari yang besar--maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan. 19:32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; 19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, 19:34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air. 19:35 Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya. 19:36 Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: "Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan." 19:37 Dan ada pula nas yang mengatakan: "Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam."

Sekarang kita mengetahui alasan sesungguhnya mengapa tidak ada tulang-Nya yang dipatahkan.

Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam pertama. Sama dengan gereja-Nya, ciptaan baru diciptakan dari tulang rusuk Adam kedua, Yesus Kristus.

Kejadian 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Gereja dinamai perempuan sebab ia diambil dari laki-laki.

2 Korintus 5:1-3  Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.  Selama kita di dalam kemah ini, kita mengeluh, karena kita rindu mengenakan tempat kediaman sorgawi di atas tempat kediaman kita yang sekarang ini, sebab dengan demikian kita berpakaian dan tidak kedapatan telanjang.

Tempat kediaman kita di bumi ini adalah tubuh jasmani kita. Tetapi sesungguhnya kita juga memiliki tempat kediaman di sorga yaitu tubuh sorgawi kita – sehingga ketika kemah tempat kediaman kita ini dibongkar – maka saat itu juga kita akan mengenakan tubuh sorgawi kita, sehingga kita tidak kedapatan telanjang.

Sekarang kita masing tinggal di dalam tubuh yang lama – tubuh jasmani kita selama kita ada di dunia ini. Namun Tuhan telah memberikan Roh-Nya tinggal di dalam kita sebagai jaminan kita memperoleh segala sesuatu yang telah disediakan oleh-Nya.

2 Korintus 5:4-5, 7-8  Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.

Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita. — sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat — tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan.

1 Petrus 1:3  Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,

Ciptaan baru diciptakan dalam kematian-Nya (tidur) dan dilahirkan – dihidupkan oleh kebangkitan-Nya.

1 Petrus 1:4  untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

Petrus menjelaskan, ada satu bagian yang masih merupakan pengharapan, yang tersimpan di sorga. Suatu bagian itu tidak dapat binasa, tidak dapat cemar (berdosa), tidak dapat layu (degrasi, decay) dan tidak dapat mati (immortal). Itu tidak lain adalah tubuh sorgawi kita.

Tubuh sorgawi kita adalah tubuh yang dewasa dan sempurna. Sebagai ciptaan baru tidak ada orang timpang dan lumpuh dan cacat, tetapi lengkap dan sempurna.
Hawa tidak diciptakan dari bayi, tetapi sebagai wanita yang dewasa. Dan seperti Hawa dibangun di bumi, maka kita pun sedang dibangun di bumi dengan Roh Kristus sebagai benih, dan kita terus dibangun sampai tingkat kedewasaan penuh seperti Kristus.

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Yes 48:7           

supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu Ef 4:23

Terjemahan lama Alkitab ITL lebih menyerupai NKJV.
“And be made new in the spirit of your mind
supaya roh pikiranmu dibaharui di dalam kamu.

Baru sekarang hal-hal itu diciptakan dan bukan dari sejak dahulu, dan sebelumnya engkau tidak mendengarnya, supaya jangan engkau berkata: Memang aku telah mengetahuinya!

Yeh 36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

MANUSIA LAMA VS MANUSIA BARU

2 Korintus 5:4-5, 7-8  Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.

Manusia lama harus dieksekusi. “Self “ harus disalibkan. Jalan keluarnya: Kematian dari kedagingan.

Yesus Kristus menyiapkan tempat bagi kita  yaitu tubuh sorgawi.
Tubuh sorgawi yang tersembunyi – tidak kelihatan – tidak dapat berdosa –  tidak dapat mati.

Kita dapat berbuat dosa – tapi Roh Kudus yang ada di dalam kita tidak.
Kita berbuat dosa, tubuh kita menjadi cemar jika kita kita berzinah dan berbuat cabul.

Jauhkanlah dirimu dari percabulan ! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri. 1 Korintus 6:18  

Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan. Roma 6:19

1 Kor 6:13 Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.

Tubuh ragawi kita biar bagaimana pun harus dijaga kekudusannya; karena tanpa kekudusan kita tidak mungkin berjumpa dengan Tuhan. Roh, jiwa dan tubuh harus tak bercacat pada kedatangan Tuhan Yesus kedua kalinya.

1 Tesalonika 5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Kita ditebus dan dibersihkan dari dosa dengan darahNya sendiri. Kita menguduskan diri dengan kebenaran firman-Nya dan dengan air.

Efesus 5:26 untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, 5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.
Manusia roh (inner man) kita dibangun dengan materi-materi firman yang di download dari sorga.

Dibangun oleh Roh dan Firman

Firman yang kita dapatkan sering tidak kita mengerti karena kita menerimanya sepotong-sepotong. Maka kita perlu Roh Kudus memberikan pengertian dan hikmat, menjelaskan kepada kita dan membawa kita kepada aspek-aspek lain yang terkait dengan firman itu. Maka kita akan mendapatkan panjangnya, lebarnya dan dalamnya, sehingga kita bisa melihat firman itu dengan dimensi yang utuh. Begitulah cara Tuhan membangun kita lewat firman dan Roh-Nya. Firman itu menjadi hidup dan menjadi daging karena sudah terbentuk di dalam manusia rohani kita; sehingga IA mengubahkan roh dan pikiran kita (spirit of your mind Ef 4:23).

Demikianlah hidup (bahasa Yunani = ZOE) kita diubahkan menjadi semakin berharga dan semakin mulia di hadapan Tuhan oleh karena kita mengandung benih Kristus yang terus bertumbuh dan terbangun.

Material-material yang kita download dari sorga itulah yang digunakan untuk membangun manusia spiritual kita di bumi ini. Ini sangat berbeda dengan konsep agama-agama di dunia ini. Mereka hanya mampu bergerak di lingkup jasmani (bios) dan kehidupan jiwa (bahasa Yunaninya psuche atau English soulish= pikiran dan perasaan). Mereka hanya mempermainkan pikiran dan mengaduk-aduk perasaan sehingga orang menjadi menyesal dan terharu, itu saja. Tidak ada pertobatan sejati, tanpa kelahiran kembali spiritualitas (new born) dari roh kita. Tanpa dilahirkan kembali mustahil seseorang bisa melihat Kerajaan Allah, kata Yesus. Hanya kekristenan yang memiliki konsep yang jelas dan nyata tentang reconciliation, salvation dan redemption. Yang lain hanya menggunakan kata-kata dan hikmat manusia dan ujungnya akan berakhir sia-sia. Jika hanya bergerak dan mengolah 'keselamatan' dalam lingkup tubuh (bios dan psuche) dan dalam keadaan sudah kehilangan kemuliaan dan terputus hubungannya dengan Tuhan; bagaimana mungkin seseorang memperoleh hidup yang kekal? Sedangkan tubuh yang kita diami ini jelas fana dan akan binasa.

Jadi apa yang terbangun dari kehidupan zoe – aliran kehidupan ilahi - ke dalam kehidupan kita akan tersimpan abadi, berbeda dengan kekayaan yang kita timbun di dunia ini.


Amin

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman