TRANSFORMASI PIKIRAN DAN KEHENDAK


PERJUMPAAN KITA DENGAN BAPA HANYA TERJADI DI RUANG MAHA KUDUS. HENDAKLAH KAMU KUDUS SEBAB AKU KUDUS. TUHAN MENUNTUT KESEMPURNAAN SEBAB DIA SEMPURNA. TUHAN KITA TIDAK HANYA MENUNTUT TAPI JUGA MENUNTUN KITA MENJADI KUDUS DAN SEMPURNA.

Roma 12: 2 (terjemahan KJV)
"... jangan menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi ditransformasikan oleh pembaharuan pikiranmu, untuk membuktikan kepadamu apa yang baik dan menyenangkan dan sempurna dari Allah."


Gbr: biblia.com


Perhatikan:
"... apa yang baik, dan dapat diterima, dan sempurna, dari kehendak Allah."

Itu adalah 3 tingkatan yang menjadi tuntunan Tuhan kepada orang Kristen atas kehendak-Nya.

Paulus memperingatkan orang-orang Kristen:" Jangan meniru perilaku dan kebiasaan dunia ini.  Orang Kristen yang bijaksana memutuskan bahwa banyak perilaku duniawi yang terlarang bagi mereka, harus dijauhi. Namun penolakan kita untuk menyesuaikan diri dengan nilai-nilai dunia ini harus lebih dalam dari sekadar perilaku dan kebiasaan; itu harus tertanam kuat dalam pikiran dan kehendak kita sesuai dengan kehendak Tuhan atas bimbingan dan kuasa Roh Kudus yang bekerja di dalam kita; sehingga terjadi transformasi pikiran dan kehendak.


Roma 8:5-6
8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. 8:6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Sangat mungkin untuk menghindari kebiasaan duniawi, tetapi tetap bangga, tamak, egois, keras kepala, dan sombong. Hanya ketika Roh Kudus memperbarui, mendidik kembali, dan mengarahkan kembali pikiran kita, kita benar-benar berubah karena ditransformasikan oleh Roh Kudus.

Jadi kata kuncinya adalah ditransformasikan oleh Roh Kudus. Di mana, bagaimana dan kapan? Maria berkata kepada Malaikat: Bagaimana mungkin aku mengandung karena aku belum bersuami? Roh Kudus akan turun  atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau, jawab malaikat.  Kita harus bekerja-sama dengan Roh Kudus, menundukkan diri, menyerahkan diri sebagai persembahan yang kudus, diterima dan dilayakkan dalam arti disempurnakan oleh kuasa dari Allah yang Maha Tinggi.

Kita harus diubah, oleh pembaruan pikiran secara supernatural. 

Kata yang diubah di sini berasal dari bahasa Yunani ‘metamorphoō’ [μεταμορφόω] dari mana kita mendapatkan kata “metamorphose.” Ini berarti secara harfiah atau kiasan untuk mengubah, mengalami transfigurasi, transformasi. Seperti yang dikatakan Titus 3: 5, ini adalah perubahan supernatural dari pikiran atau roh kita "... melalui pembasuhan,  regenerasi dan pembaruan oleh Roh Kudus."

Titus 3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian, kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus. 

NKJV  Titus 3:5  not by works of righteousness which we have done, but according to His mercy He saved us, through the washing of regeneration and renewing of the Holy Spirit.


Di sini kita memiliki tiga aspek atau karakteristik yang jelas dari Kehendak Tuhan.

  • Ini baik. Bahasa Yunani adalah ‘agathos’ [ἀγαθός] yang berarti baik, bagus dan bermanfaat.
  • Itu Menyenangkan, Dapat Diterima. Bahasa Yunani adalah 'euarestos' [εὐάρεστος] yang berarti dapat diterima dan menyenangkan.
  • Sempurna. Bahasa Yunani adalah ‘teleios’ [τέλειος] yang berarti lengkap (dalam berbagai aplikasi kerja, pertumbuhan, karakter mental dan moral, dll.), Dalam kelengkapan: - dari usia penuh, dewasa, sempurna.


Apa yang telah kita capai ketika kita bergerak melalui ketiga tahap ini dan menuju kehendak Allah yang sempurna? Paulus memberi kita satu jawaban untuk ini dalam Roma 12:1 ia menulis:

Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan [mohon, tolonglah, sudilah] kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.


Kornelius Melakukan Kehendak Allah

Kisah Para Rasul 10:2 Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah. 10:4 Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: "Ada apa, Tuhan?" Jawab malaikat itu: "Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.


Konelius melakukan kehendak Allah yang baik dan yang diterima oleh Tuhan.  Kornelius sudah menempatkan dirinya pada posisi di mana kehendak Tuhan yang sempurna segera menjadi realita. Suara Tuhan telah memintanya untuk menjemput Simon Petrus. Dia adalah orang yang akan menjadi sumber anugerah bagi Kornelius untuk mendengarkan perintah Allah selanjutnya.


Kisah Para Rasul 10:33
10:33 Karena itu segera kusuruh orang kepadamu, dan dengan senang hati engkau telah datang. Sekarang kami semua sudah hadir di sini di hadapan Allah untuk mendengarkan apa yang ditugaskan Allah kepadamu."
10:38 yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.
10:40 Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri,
10:44 Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu.
10:46 sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus: 10:47 "Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?"


Hanya ketika kita telah belajar untuk diubah oleh pembaruan pikiran kita, kita dapat sepenuhnya menampilkan tubuh kita sebagai pengorbanan hidup kepada Tuhan. Ketika kita dapat mencapai itu dalam kehidupan kita sehari-hari, dan bukan hanya selama 60 atau 90 menit di Gereja pada hari Minggu, maka kita mulai memenuhi persyaratan Allah atas kita dan menjadi bukti hidup bagi-Nya, tentang apa yang merupakan kehendak Allah yang baik dan menyenangkan dan sempurna.


Yesus menjadi model ini bagi kita ketika Dia hidup untuk Bapa-Nya, Ia mengatakan dalam Lukas 22:42 “…tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.” Dan dalam Yohanes 5: 30-31 ketika Yesus berkata, 5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku. 5:31 Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar;


Ketika perubahan supernatural ini terjadi dalam diri kita, ketika kita menjalani metamorfosis spiritual dan seperti yang dikatakan Efesus 4:24, kita “mengenakan manusia baru, yang menurut Allah diciptakan dalam kebenaran dan kekudusan sejati,” maka kita mulai mematuhi perintah-perintah Paulus dalam Roma 12:2 dan memiliki sensitifitas serta pengalaman akan kehendak Allah dalam hidup kita. Karena Allah dan kita selalu terhubung dan sangat peduli pada kita, yakinlah bahwa ketika Anda menjangkau-Nya, Dia akan ditemukan dan dengan cara yang hampir tidak dapat kita bayangkan.


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman