KANONISASI PERJANJIAN BARU

The New Testament Canon (Grudem p40-45)
Pengembangan kanon Perjanjian Baru dimulai dengan tulisan-tulisan para rasul. Harus kita ingat penulisan kitab Injil berkaitan langsung dengan tindakan-tindakan untuk dalam sejarah penebusan.


Perjanjian Lama mencatat dan menafsirkan bagi kita pemanggilan Abraham dan kehidupan keturunannya, yang eksodus dari Mesir dan pengembaraan padang gurun, pembentukan umat Allah di tanah Kanaan, pembentukan pemerintahan monarki, dan mengalami masa pembuangan di Babel (Exile) dan kembali. Masing-masing tindakan besar Allah dalam sejarah disampaikan dengan kata-kata Allah sendiri dalam Alkitab. Perjanjian Lama ditutup dengan harapan akan kedatangan Mesias(Mal 3: 1-4; 4:. 1-6).


Tahap berikutnya dalam sejarah penebusan adalah kedatangan Mesias, dan tidak mengherankan bahwa tidak ada kelanjutan penulisan Kitab Suci sampai even berikutnya dan terbesar dalam sejarah penebusan terjadi.
Inilah sebabnya mengapa Perjanjian Baru terdiri dari tulisan-tulisan para rasul.


Hal ini terutama para rasul yang diberikan kemampuan dari Roh Kudus untuk mengingat secara akurat kata-kata dan perbuatan Yesus dan menafsirkannya dengan benar untuk generasi selanjutnya.
Yesus berjanji memberdayakan ini kepada murid-murid-Nya (yang dipanggil rasul setelah kebangkitan) dalam Yohanes 14:26: “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

Demikian pula, Yesus berjanji pewahyuan lebih lanjut akan kebenaran dari Roh Kudus ketika ia mengatakan kepada murid-muridnya, " Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.”
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. "
(Yohanes 16: 13-14).
Para rasul di zaman gereja mula-mula memiliki otoritas yang sama dengan para nabi Perjanjian Lama, otoritas untuk berbicara dan menulis kata-kata yang langsung merupakan kata-kata Allah.
Klaim ini untuk dapat mengucapkan kata-kata yang adalah kata-kata Allah sendiri terutama sering dalam tulisan-tulisan rasul Paulus. Dia mengklaim tidak hanya bahwa Roh Kudus telah mengungkapkan kepadanya Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia"(1 Kor 2: 9)., tetapi juga bahwa ketika ia menyatakan wahyu ini, ia berbicara
itu adalah "perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh, menafsirkan hal-hal rohani dengan kata rohani "(1 Kor. 02:13, terjemahan penulis)

Para rasul, dengan demikian, memiliki kewenangan untuk menulis kata-kata yang kata-kata Allah sendiri, sama dalam status kebenaran dan wewenang kepada kata-kata dari Kitab Suci Perjanjian Lama. Mereka melakukan ini untuk mencatat, menafsirkan, dan berlaku untuk kehidupan orang percaya kebenaran besar tentang kehidupan, kematian, dan kebangkitan Kristus.

Bahkan, ini adalah apa yang kita temukan dalam setidaknya dua contoh. Dalam 2 Petrus 3:16, Peter menunjukkan surat-surat dari rasul Paulus, dan juga jelas kesediaan untuk mengklasifikasikan "semua surat-surat Paulus” dengan "kitab suci lainnya".

Petrus mengatakan:
…… Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya. Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain ~ other scriptures (2 Petrus 3: 15-16).

Kata yang diterjemahkan "kitab suci" (scripture) di sini adalah
γραφή (G1210) kata yang terjadi lima puluh satu kali dalam Perjanjian Baru dan bahwa mengacu pada Kitab Suci Perjanjian Lama di setiap salah satu kejadian. Dengan demikian, kata “Alkitab” adalah istilah teknis untuk para penulis Perjanjian Baru, dan itu digunakan
hanya dari tulisan-tulisan yang dianggap firman Allah dan oleh karena itu bagian dari kanon Kitab Suci. Tapi dalam ayat ini, Peter mengklasifikasikan tulisan Paulus dengan "kitab suci lainnya”.

Kitab Suci "(yang berarti Kitab Suci Perjanjian Lama). Oleh karena itu tulisan-tulisan Paulus adalah dianggap oleh Peter juga menjadi layak judul "Kitab Suci" dan dengan demikian layak dimasukkan (inklusi) dalam kanon.
1Ti 5:18  Bukankah Kitab Suci berkata: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik," dan lagi "seorang pekerja patut mendapat upahnya."

Kutipan pertama dari "Kitab Suci" ditemukan dalam Ulangan 25:4, tapi kutipan kedua, " seorang pekerja patut mendapat upahnya," yang ditemukan di tempat dalam Perjanjian Lama. Hal itu terjadi,
Namun, dalam Lukas 10: 7 (dengan tepat kata-kata yang sama dalam teks Yunani).

Jadi di sini tampak bagi kita Paulus tampaknya telah mengutip sebagian dari gospel Lukas dan menyebutnya "Kitab Suci," yaitu, sesuatu yang harus dianggap sebagai bagian dari canon.

Dalam kedua hal ini ayat-ayat (2 Petrus 3:16 dan 1 Tim 5:. 17-18) kita melihat bukti bahwa sangat awal dalam sejarah gereja tulisan-tulisan Perjanjian Baru mulai diterima sebagai bagian dari kanon.
Karena rasul, berdasarkan jabatan kerasulan mereka, memiliki wewenang untuk menulis kata-kata Kitab Suci, ajaran tertulis otentik para rasul diterima oleh gereja awal (gereja mula-mula) sebagai bagian dari kanon Kitab Suci. Jika kita menerima argumen untuk pandangan tradisional kepenulisan dari tulisan-tulisan Perjanjian Baru, maka kita memiliki sebagian Perjanjian Baru dalam kanon karena kepenulisan langsung oleh para rasul. Mencakup Matius; John; Roma sampai Filemon (semua surat-surat Paulus); Yakobus (James); 1 dan 2 Petrus; 1, 2, dan 3 Yohanes; dan Wahyu.
Hal ini menyisakan lima buku: Markus, Lukas, Kisah Para Rasul, Ibrani, dan Jude, yang tidak ditulis oleh rasul.

Rincian dari proses sejarah dimana buku-buku ini datang dihitung sebagai bagian dari Kitab Suci yang langka oleh Gereja awal, namun Markus, Lukas, dan Kisah yang umumnya diakui sangat awal, mungkin karena kedekatan antara Markus dengan Rasul Petrus sebagai rekan, dan Lukas (penulis Lukas-Kisah Para Rasul)dengan rasul Paulus. Demikian pula, Yudas (Jude) ternyata diterima berdasarkan dari koneksi penulis dengan Yakobus (James - lihat Yudas 1) dan fakta bahwa ia adalah saudara dari Yesus.
Penerimaan kitab Ibrani sebagai kanonik didesak oleh banyak orang di gereja atas dasar asumsi kepenulisan Paulus. Tapi dari awal kali ada orang lain yang menolak kepenulisan Paulus, yang satu mendukung, atau yang lain memberikan saran yang berbeda. Origen, yang meninggal sekitar tahun 254, menyebutkan berbagai teori kepenulisan
dan menyimpulkan, "Tapi yang benar-benar menulis surat ini, hanya Tuhan yang tahu."

Dengan demikian, penerimaan kitab Ibrani sebagai kanonik tidak sepenuhnya karena ada kepercayaan ditulis dari surat-surat rasul Paulus. Sebaliknya, kualitas intrinsik buku itu sendiri pada akhirnya
Meyakinkan para pembaca awal, bahwa siapa pun yang
menulis, penulis utamanya adalah Allah sendiri.
Kemuliaan Yesus Kristus memancar dari halaman-halaman surat Ibrani,
begitu terang sehingga tidak ada satu pun orang percaya yang membacanya dengan serius meragukannya untuk menempatkan surat Ibrani dalam kanon.

otomatis diterima sebagai bagian dari kanon ajaran tertulis dari para rasul yang para rasul inginkan dipertahankan sebagai Kitab Suci.
Namun keberadaan beberapa tulisan Perjanjian Baru yang tidak ditulis langsung
oleh rasul menunjukkan bahwa ada orang lain di gereja mula-mula kepada siapa Kristus juga memberi
kemampuan, melalui karya Roh Kudus, untuk menulis kata-kata yang Allah sendiri
kata-kata dan juga karena dimaksudkan untuk menjadi bagian dari kanon. Dalam kasus ini, Gereja awal memiliki tugas mengenali yang tulisannya memiliki karakteristik yang kata-kata Allah sendiri (melalui penulis manusia).
Untuk beberapa buku (setidaknya Markus, Lukas, dan Kisah Para Rasul, dan mungkin Ibrani dan Yudas), gereja memiliki, setidaknya di beberapa daerah, kesaksian pribadi beberapa rasul untuk menegaskan otoritas ilahi mutlak dari penulisan buku-buku ini. Sebagai contoh, Paul
akan menegaskan keaslian Lukas dan Kisah Para Rasul, dan Peter akan
menegaskan keaslian Markus sebagai mengandung ajaran yang dia sendiri khotbahkan.
Dalam kasus lain, dan di beberapa daerah geografis, gereja hanya harus memutuskan apakah, karena mendengar suara Allah sendiri yang berbicara di dalam kata-kata tulisan-tulisan ini. Pada kasus ini, kata-kata buku-buku ini akan membuktikan dirinya; itu adalah kata-kata yang mengandung kesaksian, kepenulisan ilahi mereka sendiri ketika orang Kristen membacanya. Ini tampaknya apa yang telah terjadi dengan kitab Ibrani.
Seharusnya tidak mengejutkan kita bahwa gereja mula-mula seharusnya mampu mengenali Ibrani dan tulisan-tulisan lainnya, tidak ditulis oleh rasul, sebagai kata-kata Tuhan. Bukankah Yesus berkata "domba-Ku mendengarkan suara-Ku" (Yohanes 10:27)? Ini tidak boleh dianggap mustahil atau tidak mungkin, karena itu, bahwa gereja mula-mula akan dapat menggunakan faktor kombinasi, termasuk dukungan apostolik, konsistensi dengan seluruh Kitab Suci, dan persepsi dari menulis sebagai "diilhamkan Allah" pada bagian dari Mayoritas orang-orang percaya, untuk memutuskan bahwa sebuah tulisan itu dalam kata-kata Allah sebenarnya (Melalui penulis manusia) dan karena itu layak dimasukkan dalam kanon.


fact “God-breathed” and without including any that were not.

Proses ini selama periode waktu – tulisan-tulisan itu diedarkan ke berbagai bagian dari gereja awal – sehingga akhirnya dibuat sebuah keputusan sepenuhnya benar. Dianggap tidak mungkin setelah proses ini  gereja akan tidak memasukkan tulisan-tulisan yang "diilhamkan Allah" dan tidak membuang apa yang tidak “diilhamkan Allah”.
Pada tahun AD 367 Surat Pascal yang ke Tiga puluh sembilan dari Athanasius terkandung daftar yang tepat 27 buku Perjanjian Baru yang kita miliki sekarang. Ini adalah daftar buku yang diterima oleh gereja-gereja di bagian timur dari dunia Mediterania. Tiga puluh tahun
kemudian, di AD 397, Konsili Carthage, yang mewakili gereja-gereja di Barat bagian dari dunia Mediterania, setuju dengan gereja-gereja timur mengenai daftar yang sama.
Ini adalah daftar final yang pertama dari canon yang terkini.
Haruskah kita mengharapkan lagi tulisan yang akan ditambahkan ke canon? Pembukaan kalimat dalam Ibrani menempatkan pertanyaan ini dalam perspektif historis yang tepat, perspektif sejarah penebusan: "Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.  "
(Ibr 1: 1-2)
Kontras antara berbicara kepada "leluhur" oleh para nabi dan baru-baru ini berbicara "pada hari-hari terakhir" menunjukkan bahwa pidato Allah kepada kita oleh Anak-Nya adalah puncak dari Tuhan berbicara kepada umat manusia dan itu adalah wahyu yang terbesar dan terakhir kepada
umat manusia dalam periode sejarah penebusan.

Kehebatan luar biasa dari pewahyuan yang datang melalui Anak, jauh melebihi pewahyuan dalam Perjanjian Lama, ditekankan lagi dan lagi pada seluruh pasal 1 dan 2 dari kitab Ibrani.
Fakta-fakta ini semua menunjukkan bahwa ada finalitas untuk wahyu Allah di dalam Kristus dan bahwa setelah wahyu ini telah selesai, tidak ada lagi perobahan yang diharapkan.

Tapi di mana kita belajar tentang wahyu ini melalui Kristus? Tulisan-tulisan Perjanjian Baru berisi interpretasi akhir, berwibawa, dan cukup mengenai karya penebusan Kristus. Para rasul dan sahabat dekat mereka melaporkan kata-kata Kristus dan perbuatan dan menafsirkannya dengan otoritas ilahi yang mutlak. Ketika tulisan-tulisan mereka telah selesai, tidak ada lagi yang akan ditambahkan dengan otoritas ilahi yang mutlak sama.
Jadi, sekali tulisan-tulisan Perjanjian Baru oleh para rasul dan rekan mereka yang berwenang selesai, kita memiliki catatan final dalam bentuk tertulis dari segala sesuatu yang Allah ingin kita tahu tentang kehidupan, kematian, dan kebangkitan Kristus, dan artinya untuk kehidupan orang percaya untuk selamanya.
Karena ini adalah wahyu Allah yang terbesar bagi umat manusia, tidak ada lagi perobahan yang diharapkan setelah ini selesai. Dengan cara ini, maka, Ibrani 1: 1-2 menunjukkan mengapa tidak lagi tulisan dapat ditambahkan ke Alkitab setelah masa Perjanjian Baru. Kanon sekarang ditutup.
Sebuah pertimbangan serupa dapat diambil dari Wahyu 22: 18-19:
Acuan utama dari ayat-ayat ini jelas dari kitab Wahyu itu sendiri,
Yohanes mengacu pada tulisannya sebagai "kata-kata nubuat dalam buku ini" dalam ayat 7 dan 10 pada bab ini (dan seluruh buku disebut nubuatan dalam Wahyu 1: 3). Selanjutnya, referensi untuk "pohon kehidupan dan ... kota kudus, seperti yang dijelaskan
dalam buku ini "menunjukkan bahwa benar kitab Wahyu itu sendiri yang dimaksudkan.
Hal ini, bagaimanapun, bukan disengaja bahwa pernyataan ini datang pada bagian terakhir kitab Wahyu, dan Wahyu juga yang merupakan kitab terakhir dalam Perjanjian Baru. Bahkan, Wahyu harus ditempatkan terakhir dalam kanon. Bagi banyak buku, penempatan mereka pada proses konstruksi kanon adalah konsekuensi kecil. Tapi sama seperti Genesis harus ditempatkan pertama (untuk memberitahu kita mengenai penciptaan), sehingga Wahyu harus ditempatkan terakhir (untuk fokus pada kita tentang masa depan dan ciptaan baru Allah).
Peristiwa-peristiwa yang dijelaskan dalam Wahyu secara historis adalah kelanjutan dari peristiwa-peristiwa lain yang dijelaskan dalam seluruh Perjanjian Baru dan menentukan kitab Wahyu yang ditempatkan di mana. Oleh karena itu, tidak pantas bagi kita untuk memahami pesan dan peringatan yang sangat kuat ini pada akhir Wahyu diterapkan secara sekunder untuk seluruh Kitab Suci. Ditempatkan di sini, di mana ia harus ditempatkan, peringatan membentuk kesimpulan yang tepat untuk seluruh kanon Kitab Suci.

Bersama Ibrani 1: 1-2 dan perspektif sejarah-penebusan tersirat dalam ayat-ayat, yang memperluas aplikasi dari Wahyu 22: 18-19 menunjukkan kepada kita bahwa kita tidak lagi harus mengharapkan
tambahan Alkitab di luar apa yang sudah kita miliki.
Bagaimana kita tahu, kemudian, bahwa kita memiliki buku tepat di kanon Alkitab yang sekarang kita miliki? pertanyaan dapat dijawab dalam dua cara yang berbeda.

Pertama, jika kita bertanya pada apa yang harus kita percaya, jawabannya harus akhirnya bahwa keyakinan kami didasarkan pada kesetiaan Allah. Kita tahu bahwa Allah mengasihi umat-Nya, dan itu amat penting bahwa umat Allah memiliki kata-kata sendiri, karena mereka
adalah hidup kita (Ul 32:47; Mat 4:4).
Deu 32:47  Sebab perkataan ini bukanlah perkataan hampa bagimu, tetapi itulah hidupmu, dan dengan perkataan ini akan lanjut umurmu di tanah, ke mana kamu pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya."

Mat 4:4  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."


Firman lebih berharga, lebih penting bagi kita dari apa pun di dunia ini. Kita juga tahu bahwa Allah Bapa kita yang mengontrol semua
sejarah, dan dia bukan jenis Bapa yang akan menipu kita atau gagal untuk setia kepada kita untuk menjaga dari kita sesuatu yang kita benar-benar butuhkan.
Beratnya hukuman dalam Wahyu 22: 18-19 akan menimpa mereka yang
menambah atau mengurangi kata-kata Allah, juga menegaskan pentingnya bagi umat Allah untuk memiliki kanon yang benar. Tidak ada hukuman yang lebih besar dari ini, karena hukumannya adalah hukuman kekal. Hal ini menunjukkan bahwa Allah sendiri menempatkan nilai tertinggi
akan koleksi yang benar, akan tulisan diilhamkan Allah, yang akurat, tidak lebih dan tidak kurang.

Atas fakta yang terang ini, mungkinkah tepat bagi kita untuk percaya bahwa Allah Bapa kita,yang mengontrol semua sejarah, akan mengizinkan semua gereja selama hampir dua ribu tahun kekurangan sesuatu yang Ia sendiri hargai begitu tinggi dan sangat diperlukan untuk kehidupan spiritual kita?

The next stage in redemptive history is the coming of the Messiah, and it is not surprising that no further Scripture would be written until this next and greatest event in the history of redemption occurred.



This is why the New Testament consists of the writings of the apostles.19

It is primarily the apostles who are given the ability from the Holy Spirit to recall
accurately the words and deeds of Jesus and to interpret them rightly for subsequent
generations.


Jesus promised this empowering to his disciples (who were called apostles after
the resurrection) in John 14:26: “But the Counselor, the Holy Spirit, whom the Father
will send in my name, he will teach you all things, and bring to your remembrance all
that I have said to you.”

Similarly, Jesus promised further revelation of truth from the
Holy Spirit when he told his disciples, “When the Spirit of truth comes, he will guide
you into all the truth; for he will not speak on his own authority, but whatever he
hears he will speak, and he will declare to you the things that are to come.


He will glorify me, for he will take what is mine and declare it to you” (John 16:13–14).

Salah satu tanda kebenaran itu adalah:

Jadi ini adalah kemampuan yang luarbiasa yang memampukan mereka menulis kitab suci: adalah karena Roh Kudus yang memampukan mereka, mengajarkan “segala hal”, yang menyebabkan mereka bisa mengingat “semua” (segala kesaksian: apa yang telah mereka dengar, lihat, raba, ….etc.) yang  telah Yesus katakan, dan akan memimpin mereka kepada “seluruh kebenaran”.

Scripture: the Holy Spirit would teach them “all things,” would cause them to
remember “all” that Jesus had said, and would guide them into “all the truth.”

Furthermore, those who have the office of apostle in the early church are seen to
claim an authority equal to that of the Old Testament prophets, an authority to speak
and write words that are God’s very words. Peter encourages his readers to remember
“the commandment of the Lord and Savior through your apostles” (2 Peter 3:2). To
lying to God (Acts 5:4).



Ini juga terlihat dari sikap para jemaat gereja mula-mula:
Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan….(Acts 2:42)

This claim to be able to speak words that were the words of God himself is
especially frequent in the writings of the apostle Paul. He claims not only that the
Holy Spirit has revealed to him “what no eye has seen, nor ear heard, nor the heart of
man conceived” (1 Cor. 2:9), but also that when he declares this revelation, he speaks
it “in words not taught by human wisdom but taught by the Spirit, interpreting
Spiritual things in Spiritual words” (1 Cor. 2:13, author’s translation).20
Similarly, Paul tells the Corinthians, “If any one thinks that he is a prophet, or
spiritual, he should acknowledge that what I am writing to you is a command of the
Lord” (1 Cor. 14:37). The word translated “what” in this verse is a plural relative
pronoun in Greek () and more literally could be translated “the things that I am
writing to you.” Thus, Paul claims that his directives to the church at Corinth are not
merely his own but a command of the Lord. Later, in defending his apostolic office,
Paul says that he will give the Corinthians “proof that Christ is speaking in me” (2
Cor. 13:3). Other similar verses could be mentioned (for example, Rom. 2:16; Gal.
1:8–9; 1 Thess. 2:13; 4:8, 15; 5:27; 2 Thess. 3:6, 14).

The apostles, then, have authority to write words that are God’s own words, equal
in truth status and authority to the words of the Old Testament Scriptures. They do
this to record, interpret, and apply to the lives of believers the great truths about the
life, death, and resurrection of Christ.


It would not be surprising therefore to find some of the New Testament writings
being placed with the Old Testament Scriptures as part of the canon of Scripture. In
fact, this is what we find in at least two instances. In 2 Peter 3:16, Peter shows not
only an awareness of the existence of written epistles from Paul, but also a clear
willingness to classify “all of his [Paul’s] epistles” with “the other scriptures”: Peter
says, “So also our beloved brother Paul wrote to you according to the wisdom given
him, speaking of this as he does in all his letters. There are some things in them hard
to understand, which the ignorant and unstable twist to their own destruction, as they
do the other scriptures” (2 Peter 3:15–16). The word translated “scriptures” here is
γραφή (G1210) a word that occurs fifty-one times in the New Testament and that
refers to the Old Testament Scriptures in every one of those occurrences. Thus, the
word Scripture was a technical term for the New Testament authors, and it was used
only of those writings that were thought to be God’s words and therefore part of the
canon of Scripture. But in this verse, Peter classifies Paul’s writings with the “other
Scriptures” (meaning the Old Testament Scriptures). Paul’s writings are therefore
considered by Peter also to be worthy of the title “Scripture” and thus worthy of
inclusion in the canon.


Karena itu tidak mengherankan jika ada beberapa tulisan-tulisan Perjanjian Baru ditempatkan dengan Kitab Suci Perjanjian Lama sebagai bagian dari kanon Kitab Suci.

A second instance is found in 1 Timothy 5:17–18. Paul says, “Let the elders who
rule well be considered worthy of double honor, especially those who labor in
preaching and teaching; for the scripture says, “You shall not muzzle an ox when it is
treading out the grain,’ and, “The laborer deserves his wages.”’ The first quotation
from “Scripture” is found in Deuteronomy 25:4, but the second quotation, “The laborer deserves his wages,” is found nowhere in the Old Testament. It does occur,
however, in Luke 10:7 (with exactly the same words in the Greek text). So here we
have Paul apparently quoting a portion of Luke’s gospel21 and calling it “Scripture,”
that is, something that is to be considered part of the canon. In both of these
passages (2 Peter 3:16 and 1 Tim. 5:17–18) we see evidence that very early in the
history of the church the writings of the New Testament began to be accepted as part
of the canon.

Sebuah contoh kedua ditemukan dalam 1 Timotius 5: 17-18. Paulus mengatakan, " 1Ti 5:17  Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar.

Because the apostles, by virtue of their apostolic office, had authority to write
words of Scripture, the authentic written teachings of the apostles were accepted by
the early church as part of the canon of Scripture. If we accept the arguments for the
traditional views of authorship of the New Testament writings,23 then we have most of
the New Testament in the canon because of direct authorship by the apostles. This
would include Matthew; John; Romans to Philemon (all of the Pauline epistles);
James;24 1 and 2 Peter; 1, 2, and 3 John; and Revelation.


This leaves five books, Mark, Luke, Acts, Hebrews, and Jude, which were not
written by apostles. The details of the historical process by which these books came to
be counted as part of Scripture by the early church are scarce, but Mark, Luke, and
Acts were commonly acknowledged very early, probably because of the close
association of Mark with the apostle Peter, and of Luke (the author of Luke-Acts)
with the apostle Paul. Similarly, Jude apparently was accepted by virtue of the
author’s connection with James (see Jude 1) and the fact that he was the brother of
Jesus.25



The acceptance of Hebrews as canonical was urged by many in the church on the
basis of an assumed Pauline authorship. But from very early times there were others
who rejected Pauline authorship in favor of one or another of several different
suggestions. Origen, who died about A.D. 254, mentions various theories of authorship
and concludes, “But who actually wrote the epistle, only God knows.”26 Thus, the
acceptance of Hebrews as canonical was not entirely due to a belief in Pauline
authorship. Rather, the intrinsic qualities of the book itself must have finally
convinced early readers, as they continue to convince believers today, that whoever its
human author may have been, its ultimate author can only have been God himself.




The majestic glory of Christ shines forth from the pages of the epistle to the Hebrews
so brightly that no believer who reads it seriously should ever want to question its
place in the canon.

This brings us to the heart of the question of canonicity. For a book to belong in
the canon, it is absolutely necessary that the book have divine authorship. If the words
of the book are God’s words (through human authors), and if the early church, under
the direction of the apostles, preserved the book as part of Scripture, then the book
belongs in the canon.

Hal ini membawa kita ke jantung pertanyaan dari kanonisitas, setiap buku yang dikanonisasi mutlak diperlukan bahwa buku memiliki kepenulisan ilahi (divine authorship).  Jika kata-kata buku adalah kata-kata Allah (melalui penulis manusia), dan jika gereja awal, di bawah arahan para rasul, dipastikan buku itu sebagai bagian dari Alkitab, maka buku ini dimasukkan dalam kanon.

But if the words of the book are not God’s words, it does not belong in the canon. The question of authorship by an apostle is important because it
was primarily the apostles to whom Christ gave the ability to write words with
absolute divine authority. If a writing can be shown to be by an apostle, then its
absolute divine authority is automatically established.27 Thus, the early church
automatically accepted as part of the canon the written teachings of the apostles which
the apostles wanted preserved as Scripture.

Tetapi jika kata-kata dari buku ini bukan kata-kata Tuhan, itu tidak termasuk dalam kanon. Pertanyaan kepengarangan oleh rasul penting karena terutama para rasul kepada siapa Kristus memberikan kemampuan untuk menulis kata-kata dengan otoritas ilahi yang mutlak. Jika tulisan dapat terbukti oleh seorang rasul, maka otoritas ilahi yang mutlak secara otomatis ditetapkan. Dengan demikian, gereja awal

But the existence of some New Testament writings that were not authored directly
by apostles shows that there were others in the early church to whom Christ also gave
the ability, through the work of the Holy Spirit, to write words that were God’s own
words and also therefore intended to be part of the canon. In these cases, the early
church had the task of recognizing which writings had the characteristic of being
God’s own words (through human authors).


For some books (at least Mark, Luke, and Acts, and perhaps Hebrews and Jude as
well), the church had, at least in some areas, the personal testimony of some living
apostles to affirm the absolute divine authority of these books. For example, Paul
would have affirmed the authenticity of Luke and Acts, and Peter would have
affirmed the authenticity of Mark as containing the gospel which he himself preached.


In other cases, and in some geographical areas, the church simply had to decide
whether it heard the voice of God himself speaking in the words of these writings. In
these cases, the words of these books would have been self-attesting; that is, the
words would have borne witness to their own divine authorship as Christians read
them. This seems to have been the case with Hebrews.


It should not surprise us that the early church should have been able to recognize
Hebrews and other writings, not written by apostles, as God’s very words. Had not
Jesus said “My sheep hear my voice” (John 10:27)? It should not be thought impossible or unlikely, therefore, that the early church would be able to use a
combination of factors, including apostolic endorsement, consistency with the rest of
Scripture, and the perception of a writing as “God-breathed” on the part of an
overwhelming majority of believers, to decide that a writing was in fact God’s words
(through a human author) and therefore worthy of inclusion in the canon.

Nor should
it be thought unlikely that the church would be able to use this process over a period
of time—as writings were circulated to various parts of the early church—and finally
to come to a completely correct decision, without excluding any writings that were in

In A.D. 367 the Thirty-ninth Paschal Letter of Athanasius contained an exact list of
the twenty-seven New Testament books we have today. This was the list of books
accepted by the churches in the eastern part of the Mediterranean world. Thirty years
later, in A.D. 397, the Council of Carthage, representing the churches in the western
part of the Mediterranean world, agreed with the eastern churches on the same list.


These are the earliest final lists of our present-day canon.
Should we expect any more writings to be added to the canon? The opening
sentence in Hebrews puts this question in the proper historical perspective, the
perspective of the history of redemption: “In many and various ways God spoke of
old to our fathers by the prophets; but in these last days he has spoken to us by a Son,
whom he appointed the heir of all things, through whom also he created the world”
(Heb. 1:1–2).



The contrast between the former speaking “of old” by the prophets and the recent
speaking “in these last days” suggests that God’s speech to us by his Son is the
culmination of his speaking to mankind and is his greatest and final revelation to
mankind in this period of redemptive history.

The exceptional greatness of the
revelation that comes through the Son, far exceeding any revelation in the old
covenant, is emphasized again and again throughout chapters 1 and 2 of Hebrews.


These facts all indicate that there is a finality to the revelation of God in Christ and
that once this revelation has been completed, no more is to be expected.
But where do we learn about this revelation through Christ? The New Testament
writings contain the final, authoritative, and sufficient interpretation of Christ’s work
of redemption. The apostles and their close companions report Christ’s words and
deeds and interpret them with absolute divine authority. When they have finished
their writing, there is no more to be added with the same absolute divine authority.


Thus, once the writings of the New Testament apostles and their authorized
companions are completed, we have in written form the final record of everything that
God wants us to know about the life, death, and resurrection of Christ, and its
meaning for the lives of believers for all time.


Since this is God’s greatest revelation
for mankind, no more is to be expected once this is complete. In this way, then,
Hebrews 1:1–2 shows us why no more writings can be added to the Bible after the
time of the New Testament. The canon is now closed.



A similar kind of consideration may be drawn from Revelation 22:18–19:
I warn every one who hears the words of the prophecy of this book: if any one adds to them,
God will add to him the plagues described in this book, and if any one takes away from the words of the book of this prophecy, God will take away his share in the tree of life and in the
holy city, which are described in this book.


Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.

Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

The primary reference of these verses is clearly to the book of Revelation itself,
for John refers to his writing as “the words of the prophecy of this book” in verses 7
and 10 of this chapter (and the entire book is called a prophecy in Rev. 1:3).
Furthermore, the reference to “the tree of life and...the holy city, which are described
in this book” indicates that the book of Revelation itself is intended.


It is, however, not accidental that this statement comes at the end of the last
chapter of Revelation, and that Revelation is the last book in the New Testament. In
fact, Revelation has to be placed last in the canon. For many books, their placement in
the assembling of the canon is of little consequence. But just as Genesis must be
placed first (for it tells us of creation), so Revelation must be placed last (for its focus
is to tell us of the future and God’s new creation).


The events described in Revelation
are historically subsequent to the events described in the rest of the New Testament
and require that Revelation be placed where it is. Thus, it is not inappropriate for us to
understand this exceptionally strong warning at the end of Revelation as applying in a
secondary way to the whole of Scripture. Placed here, where it must be placed, the
warning forms an appropriate conclusion to the entire canon of Scripture. Along with
Hebrews 1:1–2 and the history-of-redemption perspective implicit in those verses, this
broader application of Revelation 22:18–19 also suggests to us that we should expect
no more Scripture to be added beyond what we already have.


How do we know, then, that we have the right books in the canon of Scripture we
now possess? The question can be answered in two different ways. First, if we are
asking upon what we should base our confidence, the answer must ultimately be that
our confidence is based on the faithfulness of God. We know that God loves his
people, and it is supremely important that God’s people have his own words, for they
are our life (Deut. 32:47; Matt. 4:4). They are more precious, more important to us
than anything else in this world. We also know that God our Father is in control of all
history, and he is not the kind of Father who will trick us or fail to be faithful to us or
keep from us something we absolutely need.


The severity of the punishments in Revelation 22:18–19 that come to those who
add to or take from God’s words also confirms the importance for God’s people of
having a correct canon. There could be no greater punishments than these, for they are
the punishments of eternal judgment. This shows that God himself places supreme
value on our having a correct collection of God-breathed writings, no more and no
less. In the light of this fact, could it be right for us to believe that God our Father,
who controls all history, would allow all of his church for almost two thousand years
to be deprived of something he himself values so highly and is so necessary for our
spiritual lives?




CATATAN:
Fokus utama dan intinya Alkitab itu bukan sejarah, tapi kesaksian Yesus Kristus.
Mengenai kasih, kebenaran dan rencanaNya yang kekal. Dan kesaksian itu terus dibawa, pertama-tama oleh mereka yang merupakan pelaku-pelaku langsung sejarah dari perbuatan-perbuatan Tuhan dalam menyelamatkan umat manusia.
Proses Kanonisasi PB kita lihat tidak lebih tidak kurang merupakan proses administrasi dan prosedur pembukuan. Yang terpenting ialah validasi yang dilakukan oleh mereka juga yang menjadi saksi firman dan saksi yang telah menjadi manusia itu, Yesus, di mana seluruh kepenuhan (dimensions) keallahan berdiam. Dimensi-dimensi roh  inilah yang dibawa dalam misi Yesus, ditawarkan dan diimpartasikan kepada orang-orang percaya.

Matius 11:28  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Yesus bukan menawarkan produk atau pekerjaan atau garansi keselamatan sekali pun....
Dia menawarkan diriNya.... Kepada Ku. Tidak juga menawarkan jabatan atau sorga. Ketika kita masuk kepada dimensi-dimensi itu....dan mengenakannya seperti kuk..... kita akan melihat sebagaimana Dia melihat, berpikir seperti Dia berpikir, berkata sebagai mana Ia berkata dan menerima apa yang Dia berikan. Kita akan memiliki karakter yang serupa dengan Yesus.

Yohanes 14:9  Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

1 Yohanes 1:1-2  Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup — itulah yang kami tuliskan kepada kamu.

TIDAK ADA KEBENARAN PALING  ABSOLUT DAN PALING SAHIH (VALID) DARIPADA ALKITAB, biar pun sebagian orang meng-klaim "kebenaran yang lain" sebagai "kebenaran" yang langsung diturunkan dari sorga dan ditulis dengan tangan Allah.

Loh batu (tablet) yang dituliskan oleh tangan Tuhan sendiri pun harus ada saksinya, yaitu Musa, Yosua dan orang-orang Israel.

Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.

Kita harus mengenali apa yang dikatakan Firman bukan apa yang kita baca atau lihat atau dengar secara natural.
Sebab Firman itu Roh dan spiritual, supaya kita beroleh persekutuan dengan Dia yang hidup dan berkata-kata.

1 Yohanes 1:3  Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.

Jangan seperti Filipus atau....

Lukas 15:29-32  Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya: Telah bertahun-tahun aku melayani bapa dan belum pernah aku melanggar perintah bapa, tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku. Tetapi baru saja datang anak bapa yang telah memboroskan harta kekayaan bapa bersama-sama dengan pelacur-pelacur, maka bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia. Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu.Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali."

Si sulung hidup di "dunia lain", betul-betul hanya secara natural - dan kental dengan roh agamawi - sehingga walaupun setiap hari bersama-sama dengannya bapanya - tidak bisa mengenali karakter (dimensi) bapanya. Hati-hati sebagai para pelayan, apakah kita masih mengenakan kuk si sulung itu? Bagaimana motivasi kita? Mengharapkan pemberian dan berkat-berkat? Daud berkata dalam Maz23: I shall not want. Beda dengan bahasa Indonesia: Takkan kekurangan aku.

Kanonisasi sudah final. Done. Walaupun demikian kita diberikan kuasa dan keleluasaan yaitu Roh Kudus yang melalui persekutuan denganNya kita bisa meng-unlock dan menerima kuasa firman-Nya, sebab oleh Roh firman-Nya itu menjadi Pribadi yang hidup, seperti yang Dia katakan Aku yang ada, yang sudah ada dan yang akan datang.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

MISTERI ALKITAB DAN RAHASIA KERAJAAN ALLAH