BAGAIMANA ALLAH MEMBANGUN HIDUP KITA


Hari depan kita sudah ditentukan Tuhan secara pasti, tidak diubah oleh Tuhan. Kita harus mengerti jalan dan apa yang sudah ditetapkan. Jika orang tidak menempuh jalan Tuhan, dia akan gagal. Takdir kita bukan kegagalan. Kita adalah kumpulan orang yang dipercaya Tuhan. Jangan saudara yang membuat gagal. 

gbr: christianbooks.com

Jangan ada satu pun yang bisa mempengaruhi hidupmu. Siapa sebenarnya pasangan hidup kita? Di sorga tidak ada lagi pasangan hidup. Pasangan hidup hanya ada di dunia. Kita akan bertemu lagi dengan mereka di sorga sebagai mitra, sebagai anggota tubuh Kristus. Di dunia ini mereka adalah mitra destiny. Ada 2 kebangkitan. Kebangkitan pertama dan kedua. Kebangkitan pertama kita diberi tugas untuk memerintah bersama Kristus di dunia ini, memerintah 1000 tahun lamanya. Kebangkitan hanya ada dibumi. Kebangkitan kedua semua orang dibangkitkan, termasuk orang-orang jahat. Yang jahat di neraka selamanya. Orang benar bersama Tuhan selamanya. Bumi tidak akan dihancurkan oleh karena orang-orang fasik. Bumi adalah tempat pijakan kaki Tuhan, tempat Tuhan memerintah.  Orang-orang yang benar bisa memerintah dirinya sendiri akan memerintah bersama Tuhan. Mereka bisa menguasai dirinya sendiri terlebih dulu, bisa menahan keinginannnya sendiri, maka mereka itu lah yang akan dibangkitkan untuk memerintah. Mereka adalah orang-orang yang  sudah dibangun hidupnya oleh Tuhan.
Maz 127 nyanyian ziarah Salomo.
Psa 127:1-5
1  Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.
2  Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah--sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.
3  Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah.
4  Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.
5  Berbahagialah orang yang telah membuat penuh tabung panahnya dengan semuanya itu. Ia tidak akan mendapat malu, apabila ia berbicara dengan musuh-musuh di pintu gerbang.

Jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah.....
·        Maz 127 ay 1 bagaimana kita upgrade hidup kita
·        Bagaimana Tuhan mengupgrade hidup kita (ay1-5)
·        Dia menetapkan tujuan-Nya. Itu sebabnya Dia membangun hidup saudara. Tujuannya supaya saudara membangun kota. Ketika Dia menemukan orang-orang yang bisa dipakai dalam alam roh, Dia bekerja membangun kota. Allah bekerja dalam hidup saudara.
Fil 2:12  Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,
Jadi kota dibangun oleh karena Allah. Jangan saudara pikirkan kotanya, tapi bagaimana Allah bekerja dalam hidup saudara. Allah yang menghubungkan saudara dengan bagaimana Dia bekerja bagi kota. Rencana Allah untuk tetap maju. Bukan karena seseorang, tetapi karena Allah bekerja; supaya rencanaNya tercapai.
·        Kau akan alami perananan Allah yang berubah-ubah: Allah juruselamat, Allah pembangun, Allah penerang hidup kita. Kita tidak lagi mengalami Allah yang misteri. Kau akan mengenal Dia sebagai Allah Mahakuasa. Yehova Jire, Rafa, Zahma. Jangan ambil tanggung-jawab Allah, jangan membangun menurut dirimu. Jangan ambil peran Allah. Jangan menghakimi seseorang, sebab Dia lah hakim. Dia yang memutuskan apakah benar atau tidak. Kita alami  jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah. Saudara adalah bagian dari rumah. Saudara adalah materialnya. Kesaksian hamba-hamba Tuhan menjadi dasar. Mereka tidak muncul dipermukaan. Allah menyembunyikan hidup mereka, untuk melindungi mereka, supaya tidak ada arogansi dalam hidup mereka. Setiap kita diberikan kasih karunia yang akan membatasi hidup saudara. Kasih karunia mu mungkin sebagai penginjil.  Kalo kasih karunia sebagai nabi tidak bisa menolak penginjil, karena  akan menguatkan pelayanan kenabiannya.
Allah yang sama yang membangun hidup saudara, Allah yang sama yang mengawal kota. Dia membawa pengaruh hidup saudara kepada kota. Dia pembangun dan pengawal.  Di kota tidak mungkin hanya ada 1 rumah. Jadi Dia juga adalah developer. Dia pengembang. Jadi Dia Allah pembangun, pengembang dan pengawal kota. Dia tempatkan saudara di posisi rohani.
Biarkan Dia selesaikan pekerjaanNya dalam hidup saudara.
Bagaimana Allah Membangun Hidupnya Timotius.
2Ti 1:2-5
2  kepada Timotius, anakku yang kekasih: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.
3  Aku mengucap syukur kepada Allah, yang kulayani dengan hati nurani yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku. Dan selalu aku mengingat engkau dalam permohonanku, baik siang maupun malam.
4  Dan apabila aku terkenang akan air matamu yang kaucurahkan, aku ingin melihat engkau kembali supaya penuhlah kesukaanku.
5  Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.
·        Allah membangun menggunakan seseorang, yaitu Paulus. Selama kau menghargai orang yang melayani maka kau menyediakan ruang gerak buat Tuhan.
·        Aliran sumber anugerah itu dari seseorang.
·        Ay. 3. Sumber keberhasilan Timotius, Paulus; neneknya Lois; ibunya Eunike.
·        Ada hubungan ilahi yang dibangun Tuhan (ay 4-terkenang).
·        Apa kontribusi Lois dan Eunike buat Timotius? 
2Ti 3:14-15
14  Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.
15  Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.
·        selalu mengingat orang yang telah mengajarkan itu berarti menghargai pengajaran mereka(ay14). Timotius dibimbing membaca kitab suci; sehingga Allah bekerja di dalam dia dengan memberikan hikmat (ay15).
Jer 1:1-5
1  Inilah perkataan-perkataan Yeremia bin Hilkia, dari keturunan imam yang ada di Anatot di tanah Benyamin.
2  Dalam zaman Yosia bin Amon, raja Yehuda, dalam tahun yang ketiga belas dari pemerintahannya datanglah firman TUHAN kepada Yeremia.
3  Firman itu datang juga dalam zaman Yoyakim bin Yosia, raja Yehuda, sampai akhir tahun yang kesebelas zaman Zedekia bin Yosia, raja Yehuda, hingga penduduk Yerusalem diangkut ke dalam pembuangan dalam bulan yang kelima.
4  Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:
5  "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."
Firman Tuhan datang dan datang lagi... Biarkan anak-anakmu membaca Alkitab sehingga Firman itu tidak asing lagi. (ay5) Dari dalam rahim Allah sudah bekerja membentuk karakter supaya mencintai firman. Allah sudah mengenal: takdir, panggilan, kasih-karunia, jalan hidupmu. Bila kita tidak berada dijalan hidupmu Allah berkata: Aku tidak mengenalmu. Orang tua harus mendidik anak dengan benar sehingga selaras dengan apa yang ditulis Tuhan untuk mereka. Kesalahan orang tua adalah mengajarkan mereka hal-hal dunia: warna, huruf, matematika, etc. Timotius dididik supaya menyukai kitab Suci.
1 Tim 4:12-13
12  Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.
13  Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar.
Membaca kitab suci dalam diri Timotius adalah membangun ruang gerak Allah.  Maka Allah dengan mudah menganugerahkan iman kepadanya. Dengan iman yang dia miliki, Allah dengan mudah membangun hidupnya.
2Tim 1:6-7
2Ti 1:6-7
6  Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.
7  Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.
Allah tidak pernah membangun roh ketakutan dan roh pesimis. Mengapa muncul roh ketakutan menyerang saudara? Karena dunia dan karena musuh takut melihat engkau.  
Allah bisa membalikkan terror itu menimpa musuh.
Ps.Djonny-25Feb2018



AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman