PEPERANGAN YANG SIA-SIA DENGAN NAMA TUHAN

Nama mengandung karakter yang unik dan istimewa. Nama Yesus Kristus khususnya mengandung kemuliaan dan kuasa dan kepribadian ilahi-Nya. Pemakaian nama seseorang tidak bisa disebutkan sembarangan. Demikian pula nama Yesus harus dikuduskan. Jangan memerangi segala sesuatu yang bersifat kedagingan dengan memanggil atau menyebutkan nama Yesus.


gbr: bibleversestogo.com



Nama Tuhan harus dikuduskan dan  tidak untuk digunakan secara serampangan sesuai dengan kehendak orang. Dalam beribadah dan dalam melayani semua harus sesuai dengan pola ilahi dan patron Tuhan. Mereka yang bekerja, melayani dan hidup di luar pola Tuhan adalah pelaku kejahatan karena Roh Kudus menghendaki ketertiban. Apa yang tidak tertib bukan berasal dari Roh tapi berasal dari kedagingan.

Mat 12:35 Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.

Kis 2:40 Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini."

2Tim 1:7 Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan,  melainkan roh yang membangkitkan kekuatan,  kasih dan ketertiban.

Yoh 3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.

=====================

Banyak di antara orang Kristen berpikir bahwa mereka sedang berperang demi perjuangan iman yang baik, tetapi yang mereka lakukan hanyalah kesia-siaan dan terlihat bodoh seperti memukul di udara, 1 Korintus 9:26.

1 Korintus 9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.

Jangan menengking nafsu dalam Nama Tuhan Yesus, itu buang-buang waktu, katakan saja tidak dan lari. 2 Timotius 2:22, Kejadian 39:12.

2 Timotius 2:22  Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.

Kejadian 39:12 Lalu perempuan itu memegang baju Yusuf sambil berkata: "Marilah tidur dengan aku." Tetapi Yusuf meninggalkan bajunya di tangan perempuan itu dan lari  ke luar. 

Lari = to flee, escape, disappear

Jangan menengking kecanduan obat-obatan terlarang dan alkohol dalam Nama Tuhan Yesus, tetapi penuhilah kapasitas dengan Roh Tuhan dan kecanduannya akan beralih kepada kecanduan akan Kerajaan Allah di mana saudara tidak merasa mendapatkan cukup hadirat Tuhan, Efesus 5:18.

Efesus 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh.

Banyak orang Kristen yang menggunakan Nama Tuhan dengan sia-sia dalam upaya untuk memerangi apa  yang telah TUHAN selesaikan dan kerjakan ketika IA bangkit dari kematian. Padahal IA TELAH MEMBERIKAN  KUASA atas SEMUA kuasa musuh, Lukas 10:19.

Lukas 10:19 Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking  dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. 

Kita dapat menggunakan nama TUHAN secara efektif untuk menerima pemberian dari BAPA, Yohanes 15:16, tetapi banyak yang menggunakannya dengan sia-sia terhadap masalah kedagingan dan hal-hal keduniawian.

Yohanes 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah  dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Beberapa dari kita mencoba melawan pikiran-pikiran yang tidak bersih dengan menggunakan nama Tuhan, tetapi ini adalah pertarungan yang sia-sia. Yang perlu dilakukan adalah berhenti menerima input yang tidak baik dan tidak benar, berarti menghentikan persekutuan dengan kegelapan. TV dan film, situs web, buku, majalah, dan musik yang diproduksi oleh mereka yang dalam kegelapan memberi makan pikiran-pikiran yang tidak bersih ke dalam pikiran bawah sadar kita untuk menghantui dan menyiksa kita di lain waktu, Efesus 5:11, Mazmur 1:1, 1 Korintus 6:12.

Efesus 5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.

Mazmur 1:1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh.

1 Korintus 6:12 Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.


Yang lain mencoba menengking kepahitan dengan Nama Tuhan. Hentikan itu, dan salibkan kesombongan Anda dan maafkan mereka seperti Bapa telah mengampuni Anda, Matius 5: 23-24.

Inti dari teguran ini adalah Nama Yesus bukanlah 'adakadabra' seperti yang biasa dilakukan pesulap dan magician. Jika ada gunung di depan Anda yang harus dipindahkan, Tuhan Yesus tidak mengatakan tengkinglah dalam Nama-Nya, melainkan perintahkan kepada gunung untuk pindah, dan itu akan mematuhimu. Matius 17:20

Matius 17:20 Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Anda dapat membaptis dengan nama-Ku,

Kisah Para Rasul 2:38. Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Anda dapat menyembuhkan orang sakit dan melakukan mukjizat dalam nama-Ku,

Kisah Para Rasul 3: 6 Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah.

Anda dapat mengajar dalam nama-Ku.

Kisah Para Rasul 9:27 Tetapi Barnabas menerima dia dan membawanya kepada rasul-rasul dan menceriterakan kepada mereka, bagaimana Saulus melihat Tuhan di tengah jalan dan bahwa Tuhan berbicara dengan dia dan bagaimana keberaniannya mengajar di Damsyik dalam nama Yesus.


Anda dapat mengusir setan dalam nama-Ku.

Kis 16:18 Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: "Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu juga keluarlah roh itu.


Anda dapat berterima kasih kepada Bapa dalam nama-Ku.

Efesus 5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita.

Faktanya, apa pun yang Anda lakukan sepanjang hari dalam khotbah atau pekerjaan Anda, Anda harus melakukan semuanya atas nama-Ku,

Hentikan semua tengkingan dan teguran yang berasal dari kedagingan ini, dan bunuh saja setiap hari dengan membuatnya kelaparan sampai mati. Kolose 3:17

Kolose 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Berhentilah menengking-nengking dengan serampangan, penuhilah kapasitasmu dengan Roh Kudus dan jatuh cinta dengan Bapa!

~ Jim Hammerle

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman