Kid 4:1 Lihatlah, cantik engkau, manisku, sungguh cantik engkau! Bagaikan merpati matamu di balik telekungmu. Rambutmu bagaikan kawanan kambing yang bergelombang turun dari pegunungan Gilead. 2 Gigimu bagaikan kawanan domba yang baru saja dicukur, yang keluar dari tempat pembasuhan, yang beranak kembar semuanya, yang tak beranak tak ada. 3 Bagaikan seutas pita kirmizi bibirmu, dan elok mulutmu. Bagaikan belahan buah delima pelipismu di balik telekungmu. 4 Lehermu seperti menara Daud, dibangun untuk menyimpan senjata. Seribu perisai tergantung padanya dan gada para pahlawan semuanya. 5 Seperti dua anak rusa buah dadamu, seperti anak kembar kijang yang tengah makan rumput di tengah-tengah bunga bakung. 6 Sebelum angin senja berembus dan bayang-bayang menghilang, aku ingin pergi ke gunung mur dan ke bukit kemenyan.
7 Engkau cantik sekali, manisku, tak ada cacat cela padamu.
Pengajaran ini melanjutkan pembahasan dari Kitab Kidung Agung, yang dianggap begitu dalam dan luas dalam mengungkapkan apa yang terjadi pada gereja Tuhan di masa depan. Tujuannya adalah untuk memahami karakteristik gereja yang diharapkan Tuhan menjadi kekasih-Nya, agar jemaat dapat menggenapinya dalam hidup.
Pertemuan antara gembala (mewakili Kristus/Tuhan) dan gadis Sunem (mewakili gereja) dibahas, khususnya dari Kidung Agung 4. Gembala mendatangi gadis Sunem di istana, dan bukannya menguatkan, dia memberikan pujian. Pujian-pujian awal mencakup matanya, rambutnya, giginya, bibirnya, mulutnya, pelipisnya, dan lehernya.
Fokus utama pengajaran ini adalah pada Kidung Agung 4 ayat 5 dan 6.
5 Seperti dua anak rusa buah dadamu, seperti anak kembar kijang yang tengah makan rumput di tengah-tengah bunga bakung. 6 Sebelum angin senja berembus dan bayang-bayang menghilang, aku ingin pergi ke gunung mur dan ke bukit kemenyan.
Pujian Gembala terhadap Payudara Gadis Sunem (Kidung Agung 4:5)
Ayat 5 adalah perkataan gembala kepada gadis Sunem: "Seperti dua anak rusa buah dadamu payudara seperti anak kembar Kijang yang tengah makan rumput di tengah-tengah bunga bakung".
Ungkapan ini memiliki arti rohani yang luar biasa, bukan bersifat pornografi. Tuhan memuji kecantikan gereja-Nya.
Payudara ini digambarkan bagaikan dua anak rusa kembar yang sedang makan rumput di tengah bunga bakung. Payudara pada seorang gadis menunjukkan kedewasaan, serupa dengan makna gigi pada orang dewasa. Kepujian ini dari gembala kepada gadis Sunem adalah kepujian Tuhan terhadap saudara sebagai gereja-Nya.
Yang dimaksud adalah karakter dan sifat payudara itu bagi gembala (bagi Tuhan) seperti anak rusa, bukan bentuk fisiknya. Gadis Sunem pernah menyebut dirinya sebagai bunga bakung. Anak rusa yang makan rumput di antara bunga bakung menunjukkan keserasian dan keindahan. Rusa ini tidak merusak bunga bakung. Payudara gadis Sunem (karakter gereja) tidak merusak diri gadis Sunem sendiri (pribadi gereja).
Arti Rohani dari "Payudara seperti Dua Anak Rusa Kembar yang Tengah Makan Rumput di Tengah Bunga Bakung"
Ungkapan ini memiliki beberapa makna spiritual:
Penambah Gairah Cinta (Penambah Gairah Cinta Tuhan)
Payudara gadis Sunem digambarkan sebagai penambah gairah cinta sang kekasih (gembala/Tuhan). Ini berarti gereja (saudara) menambah gairah cinta Tuhan.
Tuhan sudah mengasihi saudara (Yohanes 3:16), itu sebabnya saudara menjadi orang percaya. Namun, Kidung Agung 4:5 berbicara tentang penambah gairah cinta Tuhan setelah saudara percaya. Hal yang membuat cinta Tuhan makin menyala ("birahi" dalam konteks cinta murni) adalah ketika Ia melihat sesuatu dalam hidup saudara.
Ekspresi Cinta Murni kepada Kristus (Ketaatan pada Perintah)
Payudara seperti anak rusa itu adalah ekspresi cinta saudara kepada Kristus.
Caranya adalah dengan memegang perintah-Nya dan melakukannya (Yohanes 14:21). Barangsiapa memegang perintah Tuhan dan melakukannya, ia mengasihi Tuhan. Cinta yang membuat Kristus bergairah adalah cinta yang saudara lakukan melalui ketaatan.
Anak rusa adalah gambaran dari kedamaian, kemurnian, ketulusan cinta hati, jiwa, akal budi, serta kasih yang murni. Ini adalah cinta tulus tanpa embel-embel.
Ketaatan dan cinta saudara kepada Tuhan seperti payudara itu adalah murni dan tulus, dilakukan bukan untuk mengharapkan berkat, perlindungan, atau penjagaan. Jika motivasinya seperti itu, itu merusak "bunga bakung"-nya. Ini menambah gairah cinta Tuhan pada hidup saudara.
Amsal 5:18-19, yang berbicara tentang istri yang memuaskan suami dengan buah dadanya, secara spiritual diterapkan pada gereja yang memuaskan Kristus, membuat-Nya senantiasa bergairah karena cintanya.
Gambar Kasih Allah (El Shaddai)
Kata "Almighty God" (Mahakuasa) dalam Kejadian 17:1 (El Shaddai) berakar dari kata yang berhubungan dengan payudara seorang ibu. Ini menunjukkan bahwa Allah menunjukkan kasih-Nya seperti payudara ibu untuk membangun dan mematangkan (mendewasakan) saudara.
Kasih Allah (El Shaddai) adalah kasih yang tidak didasarkan pada perbuatan baik manusia.
Seperti bayi yang baru lahir menginginkan susu murni untuk bertumbuh (1 Petrus 2:2), saudara minum (menerima) kasih Allah sebagai dasar untuk bertumbuh. Payudara Allah (El Shaddai) adalah kasih untuk membangun.
Yesaya 66:10-11 dan Yesaya 60:16 menggambarkan gereja (Yerusalem) menyusu dan minum susu bangsa-bangsa/kerajaan. Ini diartikan sebagai menerima kasih dan nourishment dari Allah lewat "payudara"-Nya (keselamatan, kekayaan rohani).
Jadi, payudara adalah ekspresi kasih Allah yang membangkitkan gairah Kristus (sebagai mempelai laki-laki) ketika terpancar dari hidup gereja.
Keberimbangan (Twins)
Payudara digambarkan sebagai "dua anak rusa kembar". "Kembar" berarti berimbang. Ini merujuk pada perlunya keseimbangan dalam ketaatan, seperti antara mengetahui dan melakukan perintah Tuhan (Yohanes 14:21).
Keseimbangan juga terlihat antara iman dan perbuatan (Yakobus 2:17-26). Iman tanpa perbuatan adalah mati; iman ditunjukkan melalui perbuatan. Setan pun tahu firman Tuhan tetapi tidak hidup di dalamnya, hidupnya tidak berimbang.
Keseimbangan yang paling utama adalah antara kasih kepada Tuhan dengan segenap hati, jiwa, dan akal budi, dan kasih kepada sesama manusia seperti diri sendiri (Matius 22:37-40). Seluruh hukum Taurat tergantung pada kedua hukum ini.
Kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama adalah seperti dua kembar yang menciptakan keserasian dan keindahan di mata Tuhan. Payudara saudara menunjukkan keberimbangan dalam hidup.
Ketaatan Tanpa Merusak Pribadi (Makan Rumput di Tengah Bunga Bakung)
Anak rusa (ketaatan/cinta) makan rumput, tidak merusak bunga bakung (kepribadian saudara). Ini berarti ketaatan dan cinta saudara kepada Tuhan tidak merusak kepribadian saudara. Motivasi ketaatan tidak boleh didasarkan pada ketakutan dihukum, keinginan dilindungi, atau kekhawatiran materi. Motivasi seperti itu merusak "bunga bakung".
Ketaatan haruslah ekspresi cinta murni.
Rumput yang dimakan disediakan oleh Gembala (Tuhan). Ini adalah doktrin dan pengajaran ("Firman Rema") yang dicerna dan menjadi keyakinan, tetapi tidak merusak diri. Bunga bakung melambangkan kepribadian saudara yang telah didandani oleh Tuhan, tanpa upaya manusia (Lukas 12:27-30).
Allah memandang keserasian dan keindahan cinta gereja-Nya yang berimbang kepada Allah dan sesama manusia, serta ketaatan yang tidak dirusak oleh motivasi kekhawatiran. Posisi rohani ini indah di mata Tuhan.
Keinginan Gadis Sunem untuk Pergi ke Gunung Mur dan Bukit Kemenyan (Kidung Agung 4:6)
Ayat 6 adalah perkataan gadis Sunem kepada kekasihnya: "sebelum angin senja berhembus dan bayang-bayang menghilang Aku ingin pergi ke gunung mur dan ke bukit kemenyan".
Gadis Sunem merasa tertindas dan ingin pergi dari tempatnya saat itu (istana).
Frasa "sebelum fajar menyingsing dan bayang-bayang menghilang" (terjemahan lain dari King James Version) berarti sepanjang malam dan siang. Ini menunjukkan kerinduan yang konstan.
"Gunung mur dan bukit kemenyan" adalah gambaran tempat yang tinggi, luhur, gambaran tentang Surga atau tempat kediaman Allah. Gunung mur dan bukit kemenyan secara spiritual melambangkan posisi rohani yang luhur. Di tempat ini, bau-bauan mur dan kemenyan disukai dan berkenan kepada Tuhan. Bau ini adalah campuran utama aroma minyak urapan dan korban ukupan.
Ini adalah posisi rohani pengorbanan bagi Allah yang disukai-Nya. Aroma pengorbanan saudara seperti bau harum yang dicium oleh Tuhan.
Contoh pengorbanan yang harum bagi Allah: korban Nuh (Kejadian 8:20-21), persembahan Jemaat Filipi kepada Paulus (Filipi 4:18), pengorbanan Yesus (Efesus 5:2).
Gunung Mur dan Bukit Kemenyan juga dikaitkan dengan pengorbanan Abraham di Gunung Moria dan pengorbanan Kristus di Bukit Golgota (di mana mur digunakan untuk pemakaman-Nya, Yohanes 19:39-40).
Ini adalah keinginan untuk meningkatkan posisi rohani ("upgrade aku Tuhan") ke suatu tempat di mana iblis dan dunia tidak bisa menjangkau lagi. Ini adalah kerinduan besar (seperti kerinduan Rasul Paulus dalam 2 Korintus 5:1-8) untuk meninggalkan "kemah" tubuh duniawi ini dan menetap pada Tuhan di tempat kediaman sorgawi. Kerinduan ini (passion) untuk di-upgrade adalah salah satu karakteristik yang dipuji oleh Tuhan.
Tanggapan Gembala: Engkau Cantik Sekali, Tidak Ada Cacat Cela (Kidung Agung 4:7)
Ayat 7 adalah tanggapan gembala (Tuhan) kepada gadis Sunem (gereja): "Engkau cantik sekali manisku tak ada cacat celah padamu".
Ini adalah pujian Tuhan kepada gereja yang memiliki karakter-karakter yang diinginkan-Nya: mata rohani yang melihat, pribadi yang didandani Tuhan, cinta murni yang diekspresikan dalam ketaatan berimbang, dan kerinduan besar untuk posisi rohani yang lebih tinggi.
Tuhan mendapati gereja-Nya tanpa cacat cela, sesuai dengan ukuran-Nya sebagai kekasih. Kecantikan ini bukan hasil upaya manusia, melainkan pekerjaan Tuhan dalam hidup.
Tuhan berjanji menjadikan Israel (gereja) istri-Nya dalam keadilan, kebenaran, kasih setia, dan kesetiaan (Hosea 2:18-19). Kristus mengasihi jemaat dan menguduskannya dengan memandikannya melalui air, yaitu Firman Rema (Efesus 5:25-27).
Dimandikan ("dibersihkan") setiap hari dengan Firman Rema membuat jemaat ditempatkan di hadapan-Nya dengan cemerlang, tanpa cacat atau kerut. Ini adalah perbuatan Tuhan yang membuat saudara cantik dan tanpa cacat cela. Kecantikan dan ketidakbercelaan ini membuat Tuhan birahi (memiliki cinta tambahan yang menyala-nyala) kepada gereja-Nya.
Tuhan melihat hati, sikap, karakter, kesetiaan, dan iman gadis Sunem (gereja) itu cantik.
Iman timbul dari pendengaran akan Firman Kristus (Rhema) (Roma 10:17). Iman ini adalah pemberian Allah yang menjadikan saudara cantik dalam pemandangan Tuhan. Iman adalah dasar hidup yang membuat saudara melihat hal-hal kekal dan berpegang teguh di dunia yang sementara. Iman yang besar, seperti iman perempuan Kanaan (Matius 15:21-28), dipuji oleh Yesus dan menyebabkan mujizat terjadi.
Karena iman, saudara tidak akan pernah kecewa meskipun janji Tuhan belum tergenapi di dunia ini, sebab saudara telah melihatnya tergenapi dalam pandangan kekekalan Allah.
Tuhan mendapati saudara cantik dan tanpa cacat cela karena iman saudara.
Keseluruhan pengajaran ini mengajak jemaat untuk memiliki karakteristik yang membuat mereka indah dan berkenan di mata Tuhan: kasih murni yang diwujudkan dalam ketaatan berimbang (kepada Tuhan dan sesama) tanpa motivasi yang keliru, serta kerinduan yang terus-menerus untuk mencapai posisi rohani yang lebih tinggi bersama Tuhan, yang semuanya dikerjakan oleh Tuhan melalui Firman-Nya dan menghasilkan iman. Ini adalah posisi rohani rahasia yang hanya diketahui oleh Allah dan orang yang mengalaminya.