DIMENSI UNSTOPABLE BAG-3

Bagaimana dimensi unstopable ini bisa berkerja di dalam kita dan menjadi milik kita?

Ini adalah keputusan Bapa. Ini adalah takdir yang  sudah ditentukan (predetermined – preordained), supaya manusia beranak-cucu, bertambah banyak, menaklukkan segala isi bumi di darat, laut dan udara, serta berkuasa atas semuanya.


Kej 1:27  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Kej 1:28  Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

Diciptakan menurut gambar dan rupa Allah artinya ada banyak dimensi.  Manusia supaya berkuasa atas seluruh bumi. Allah memberkati mereka. Beranak cuculah dan bertambah banyak. Taklukkan lah itu da berkuasa. Kita diciptakan bukan menjadi orang-orang yang kalah, yang dikendalikan segala sesuatu atau keadaan. Tapi untuk berkuasa.
Kita hidup di jaman keputusan Bapa. Yang menjadi sutradara itu Bapa. Tuhan yang memegang kontrol dan kendali atas segala keadaan. Itu sebabnya hidup ini seperti dagelan saja. Kita tidak perlu bingung, stress, merasa takut, kuatir dslb. Kita tidak boleh demikian. Kebenaran ini harus menjadi bagian kita. Kita adalah pemenang. Kita tidak dikuasai oleh keadaan kita, sekitar kita, atau tubuh kita. Ini adalah dimensi unstopable. Itu ada pada hidup kita. Ini berlaku buat setiap orang. Orang berkuasa, menjadi tuan atas segalanya.
Binatang sebuas dan seliar apa pun bisa ditaklukan, dikendalikan, dilatih. Oleh manusia binatang buas sekali pun bisa diajar. Ini dimensi unstopable yang Tuhan taruhkan pada manusia. Banyak orang-orang yang melakukan hal-hal yang mustahil. Mereka menjadi model. Orang lain meniru. Itulah dimensi unstopable. Dimensi itu ada dalam setiap manusia karena diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Ada potesi ilahi dan kapasitas luarbiasa, orang yang bisa mengalami terobosan, bisa bangkit, menjadi sosok yang tidak dapat dibatasi, tidak dapat dihentika dan dihalangi oleh apa pun. Tapi dimensi ini harus ditemukan, harus kita sadari dimensi ini yang ada dalam dirimu. Orang yang tidak dapat menemukan dan mendapatkan dimensi ini, bisa menjadi pecundang, dibatasi oleh emosi, karakter dan sifat-sifatnya.

·        Hanya akan ada pada orang yang terus melangkah maju, orang-orang yang terus bergerak, semangat, penuh dinamika,  gairah untuk meraih mimpinya untuk mencapai sesuatu yang lebih besar.
·        Dimensi ini tidak bisa dicapai / tidak bisa bekerja pada orang yang statis,  orang yang malas, yang tidak mau keluar dari  keadaan ekonominya, dari keadaannya, tidak mau keluar dari zona nyamannya. Tidak respon bagi orang yang statis. Ini adalah hukum aksi-reaksi. Orang yang sedang bergerak itulah yang coba dihentikan. Orang yang bergerak bagi Kerajaan akan dicoba dihentikan. Paulus memiliki dimensi unstopable untuk memajukan kerajaan. 

·        Dengan segenap hati
1Kor9:24-27 Semua orang turut berlari tapi hanya satu saja yang medapatkan mahkota. Bukan asal berlari, tapi latih dirimu dengan penuh semangat, dengan segenap hatimu.
·        Menguasai dirimu dalam segala hal / seluruhnya.
Melatih tubuh sedemikian sehingga menguasai seluruhnya.
Tubuh tidak boleh menguasai, tapi biar roh yang berkuasa. Tubuh tidak boleh menjadi penghambat / penghalang, supaya jangan didiskualifikasi (di tolak).
Kol 3:23-24
Col 3:22  Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan.

Col 3:23  Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kristus adalah tuan dan kamu hambanya.
Dimensi unstopable hanya akan bekerja pada orang seperti ini.
Kita tinggal mengingkuti keputusan Tuhan ini. Tuhan sudah berikan.
Kisah kesaksian dari Prof. Yohanes Surya yang melatih murid-murid SMA dari berbagai peloksok Indonesia .

·        Dimensi unstopable hanya akan bekerja dalam diri orang-orang yang tidak hidup hanya untuk dirinya sendiri / orang-orang yang tidak egois. Tapi dimensi ini akan nyata untuk orang-orang yang hidup untuk kesejahteraan dan kebahagiaan orang lain. Dimensi ini bekerja terutama untuk orang yang hidup untuk tujuan dan kepentingan kerajaan. Untuk orang-orang yang hidup untuk melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikan pekerjaanNya.
Kis 1:1-3
Act 1:1  Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus,

Act 1:2  sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberi perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya.

Act 1:3  Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.

·        Ini terjadi pada Yesus. Tidak ada yang dapat menghentika Yesus sebagai manusia, bukan sebagai Tuhan. Baik kematian, keadaan, setan, dslb. Sebelum Yesus naik, Dia berulang-ulang menunjukkan diriNya kepada 500 orang muridnya dan berbicara dan mengajar mereka tentang Kerajaan Allah.  Selama 30 tahun Yesus berada dibawah otoritas Yusuf-Maria.  Namun setelah dibaptis dan dipenuhi oleh Roh Kudus, Yesus terus dipimpin dan dibawa oleh Roh Kudus kemana pun, tanpa bisa dihentikan.  Yoh 15: BapaKu bekerja sampai sekarang. Jadi Aku pun harus bekerja.  Yoh 4: Dia dalam keadaan lapar da haus tetap Dia bekerja melakukan kehendak Bapa. Tubuh Yesus melupakan rasa laparNya setelah melakukan kehendak Bapa. Dia bisa menekan kebutuhan tubuhNya sampai ke titik nol.

Kita harus dapat melakukan komitmen kita dengan menguasai seluruh keinginan dan kebutuhan kita dengan jalan melatih menguasai tubuh dan menekan kebutuhan kita sebagai manusia sampai ke titik nol.

Mark 1:32-35.
Mar 1:32  Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan.

Mar 1:33  Maka berkerumunlah seluruh penduduk kota itu di depan pintu.

Mar 1:34  Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan; Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka mengenal Dia.

Mar 1:35  Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Yesus menyembuhkan orang-orang sakit dan mengusir setan. Seluruh penduduk kota berkumpul di depan pintu. Itu sebelum menjelang malam, sampai malam hari. Tapi pagi-pagi benar Yesus sudah bangun dan pergi bersekutu dengan Bapa.

·        Dimensi unstopable hanya bisa beroperasi pada orang-orang yang memiliki iman yang teguh; yang percaya total kepada perkataan Tuhan. Contohnya: perempuan yang sakit pendarahan selama 12 tahun. Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus. Dia sudah menghabiskan hartanya, dia sudah tidak punya harapan, tidak ada laki-laki yang mau menikahi dia; orang yang pendarahan tidak boleh masuk Bait Suci. Secara natural dan secara spiritual dia sudah tidak punya masa depan. Namun dia bertekat. Dimensi unstopable ini mulai bekerja dalam dirinya. Dia terus berusaha dan pada kesempatan pertama Yesus melintasi daerah dia tinggal dia mencoba mendesak dan menghampiri Yesus. Dia tidak punya kesempatan karena orang banyak tidak mau menyingkir dari Yesus. Lalu dengan imannya ia menjamah  ujung jubah Yesus sambil berkata dalam hatinya: Asal kujamah saja ujung jubah Yesu, maka aku akan sembuh. Yesus merasakan ada kuasa yang keluar dari tubuhNya dan langsung dari sorga aliran itu melalui Yesus dia disembuhkan oleh karena imannya.

Bartimeus pun begitu. Pengemis buta ini berteriak ketika Yesus lewat di Yerikho. Beberapa kali orang mencoba menghentikan teriakannya. Dia terus berteriak: Yesus Anak Daud....kasihanilah aku.
Teriakan iman ini menghentikan langkah Yesus dan Dia menghampiri Bartimeus; sebab baru Bartimeus yang memanggilNya: Yesus Anak Daud..... Semua orang mengenalNya sebagai Yesus orang Nazareth, sebagai anak tukang kayu.  Yesus merespon Bartimeus: Apa yang kau kehendaki supaya Aku perbuat bagimu?

Dimensi unstopable ini adalah spirit. Yang harus kita adopsi, harus kita beri tempat dalam diri kita; dalam hidup kita.
“Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya”. Inilah perkataan Yesus. Artinya: orang yang percaya kepada perkataan Tuhan; dia bisa menerobos apa pun juga; tidak ada yang bisa membatasinya; tidak ada yang bisa menghalanginya.

·        Dimensi unstopable hanya bisa kita miliki jika kita hidup dalam patron rumah.  Dalam rumah ada instruksi dan perintah yang memiliki dimensi profetik. Semua perjalanan dan langkah-langkah hidup saudara harus berasal dari dalam rumah rohani: sekolah,pekerjaan, bisnis, mendidik anak, pernikaha, dll keputusan yang saudara ambil; harus dari rumah yang mengutus. Maz 127: Jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah...sia-sialah.... Semua harus berasal dari Tuhan.
Dalam hal ini kita memerlukan ketaatan tanpa melihat kondisi keadaan kita sekarang, keadaan seki:tar dst. Yakub adalah contoh dari ketaatan.
Kej 48:1-5. 10-17
Sehingga dalam  perjalanannya, dia diubahkan jatidirinya dan mendapatkan dimensi unstopable (ay15).  Dimensi unstopable akan bekerja jika kita percaya dan taati instruksi bapa rohani kita.

 ps.Yappy Widjaya

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman