WARISAN YESUS YANG TERBESAR

ONENESS

Yesus mengenalkan kita kepada Bapa supaya Kasih yang Bapa berikan kepada Yesus ada juga di dalam kita. Joh 11:26.


Bukan hanya nama Bapa yang Dia berikan. Tapi juga firman (ay8), keselamatan (ay12), memberikan namaNya(ay12), sukacita (ay13), perlindungan(ay15), kebenaran dan perkataan (ay17), kekudusan(ay17), pengutusan (ay18), kemuliaan(ay22), tempat khusus dalam kemuliaan hadirat Tuhan(24).

Namun dari semua hal yang diberikan dan atas dasar semua yang telah diberikan dan telah diterima, maka tinggallah satu hal yang tersisa. Ini adalah hal terbesar yang pernah Yesus minta  dan jika orang itu mau menerimanya secara keseluruhan, keselamatan hanyalah salah satu bagian dan bukan hal yang terbesar yang sudah diberikan. Yesus telah memberikan semua apa yang Dia dapat berikan kepada umatNya karena Dia telah menerima semuanya itu dari Bapa.

Sekarang yang Yesus mohon kepada Bapa merupakan hak Bapa atau bagian dari Bapa, karena Bapa terlibat secara langsung di dalam hal ini. Bagi kita ini adalah suatu permintaan yang mustahil. Hanya Yesus yang dapat melakukannya, bukan hanya dengan doa, tapi dengan membayarnya secara penuh, dengan darah dan pengorbananNya.

Yesus meminta kesatuan (unity) antara umatNya, Yesus dan Bapa melalui persekutuan kekal oleh Roh Kudus (ay21).

Sebenarnya ada tiga hal yang dimintakan Yesus kepada Bapa:
  1. Kesatuan di antara umatNya
  2. UmatNya juga menjadi satu di dalam Bapa dan Anak
  3. Kasih Bapa yang sudah diberikan kepada Yesus diberikan juga dengan intensitas yang sama besarnya kepada umatNya (ay23)

Tujuan dari kesatuan ini adalah:
  1. Supaya dunia tau dan percaya bahwa Bapa telah mengutus Yesus
  2. Supaya dalam kesatuan ini umatNya dibuat menjadi sempurna
  3. Supaya Kasih Bapa itu diberikan kepada umatNya untuk menaungi umatNya dengan kasih yang sama dengan kasih yang diberikan Bapa kepada Yesus

Doa syafaat Yesus bagi umatNya adalah doa yang paling penting sebagai warisan Yesus yang terbesar bagi umatNya. Yesus tidak dapat memikirkan hal yang lebih besar yang dapat diberikanNya sebagai warisan daripada adanya kesatuan. Sebab dengan adanya kesatuan itu tidak diperlukan hal lain lagi sebab dalam Dia ada semua dari semua dari hidup ini.

Lantas apa yang menjadi syarat untuk dapat menerima semuanya itu? Saya boleh katakan syaratnya adalah menerima. Terima saja, itu syaratnya. Bahkan engkau tidak perlu berdoa untuk menerimanya. Syaratnya: terima saja.  Apakah itu firmanNya, perkataanNya, keselamatanNya, kekudusanNya, sukacitaNya, kemuliaanNya dan persatuan denganNya; semua itu terima saja dengan sukacita dan penuh dengan ucapan syukur sebagai anugrah terbesar dari Tuhan bagi umat manusia.

Kita tidak punya kekuatan apa pun dan hikmat apa pun yang dapat membuat kita lebih daripada keadaan kita sekarang, kecuali menerima kebaikan Tuhan.

Sebaliknya mungkin dengan berpikir, berdoa, bahkan berpuasa hanya menimbulkan kesombongan dalam dirimu. Usahamu tidak akan ada gunanya bahkan membuat engkau lebih buruk. Bukan tidak boleh berdoa dan berpikir tapi itu dalam hal ini apakah doamu benar? Apakah pikiranmu benar? Lebih benar dari apa yang Dia ketahui dan yang Dia pikirkan dan yang Dia katakan dan yang Dia doakan yang terbaik bagimu? Terima saja.

Bagaimana Yesus mengenalkan kita kepada Bapa?

  1. Mengenalkan kita sebagai orang yang telah mengenal Bapa dan mengenal Yesus Kristus (ay3)
  2. Sebagai milik Bapa dan milik Yesus (6)
  3. Sebagai umat yang telah menerima firman dan menuruti firman Bapa (6,8)
  4. Sebagai umat yang tau semua pemberian Bapa kepada Anak(7)
  5. Sebagai umat yang percaya Bapa telah mengutus Yesus dan Yesus datang dari pada Bapa(8)
  6. Sebagai umat yang telah mempermuliakan Yesus (10)
  7. Sebagai umat yang telah diselamatkan, tidak seorang pun binasa selain yang telah ditentukan untuk binasa (12)
  8. Sebagai umat yang bukan berasal dari dunia, oleh sebab itu dunia membencinya(14,16)
  9. Sebagai umat yang telah diberikan kemuliaan (22). Tidak semua orang diberikan kemuliaan, orang dunia tidak termasuk di dalamNya, sebab dunia bahkan membenci umatNya yang telah diberi kemuliaan (ay9).

Kesimpulan:
Yesus mengenalkan kita kepada Bapa supaya Kasih yang Bapa berikan kepada kita itu termanifestasi sedemikian rupa. Ketika di akhir jaman ini keegoisan sudah sedemikian rupa. Orang tidak lagi memiliki kepekaan dan kepedulian satu dengan lainnya. Ikatan kekeluargaan sudah demikian kendor. Tingkat kepercayaan sudah merosot pada titik nadir. Kejujuran dan kepedulian sudah jarang terdengar. Pada saat itulah mata dunia akan terbuka.

Ketika keegoisan dihapuskan dari antara putra-putri Kerajaan, dunia akan mengakui misi Kristus dari apa yang mereka lihat. Kasih Bapa ada karena Yesus telah memberikan kasih itu dari Bapa. Kasih Bapa juga diberikan kepada gerejaNya. Mereka yang telah ditempa dan dibentuk sedemikian rupa sehingga kesatuan dan persatuan dalam hubungan kasih itu tidak berkurang sedikit pun, bahkan melebihi apa pun dan dalam keadaan tersulit sekali pun. Namun tidak hanya berhenti di situ. Ada ikatan persekutuan yang menjadi SATU (oneness) walau pun terdiri dari banyak anggota dan saudara-saudara dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ada persatuan yang menyerupai persatuan antara Bapa dan Anak. Pada saat itulah dunia menyadari kekeliruan dan ketidakpercayaannya. Kesatuan dalam kasih akan mengalahkan dunia ini.


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman