WAHYU YESUS KRISTUS PASAL 1 - BAGIAN PERTAMA

Yohanes tidak menerima pesan yang mati atau penjelasan teologis yang kering tentang kejadian masa depan. Dia menerima pesan yang dinamis, yang mengubahkan hidup, wahyu kenabian (prophetic revelation) yang kuat.

1:1  Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.

Kami mulai Wahyu pasal satu tidak  secara "teologis", tapi dengan perjalanan spiritual ke masa depan sebagaimana kita mulai mempelajari Kitab Wahyu yang ditulis oleh Rasul Yohanes saat dipenjara di Pulau Patmos.

Dia menerima wahyu Kristus di seluruh kemuliaan-Nya, ia melihat ke ruang takhta Surga, dan ia menerima pewahyuan supranatural rencana akhir jaman Allah (4:1-2).

Itu sangat mengagumkan bahwa Yohanes benar-benar jatuh seolah-olah dia sudah mati: Kata Yunani, apokalupsis, berarti mengungkapkan yang tersembunyi. Istilah "dimateraikan" tidak berarti bahwa ini adalah kitab yang penuh misteri, tetapi bahwab kitab ini ditandai dengan kehadiran ajaib dari malaikat yang mengumumkan bahwa pesan itu berasal daripada-Nya.

Wahyu ini mengungkapkan misteri Yesus Kristus. Allah Bapa memberikan pesan ini kepada Yesus, Yesus memberikan kepada malaikat pribadi-Nya, malaikat memberikan pesan ke Yohanes, dan Yohanes menulis pesan ini ke semua orang percaya di dalam Tuhan Yesus Kristus. Pesan ini diberikan kepada Yohanes untuk mendorong orang-orang Kristen. Orang Kristen tidak boleh terjebak tanpa menyadarinya, karena hal-hal ini harus terjadi karena kehendak Bapa.

"Dimateraikan (signified)" berarti membuat dikenal dengan simbol dan angka. Beberapa mungkin mengatakan itu adalah tanda-tanda yang mengungkapkan kebenaran Allah.
Malaikat adalah pelayan roh-roh. Malaikat khusus ini adalah malaikat pribadi Yesus sendiri yang membawa pesan ini. "Yesus Kristus" berarti Juruselamat, Yang Diurapi.

1: 2 yang memberi kesaksian tentang firman Allah, dan kesaksian Yesus Kristus, dan segala sesuatu yang telah dilihatnya. 

Kata "kesaksian" menunjukkan bahwa Yohanes benar-benar melihat hal-hal ini. Yohanes menyatakan dalam bukunya bahwa ia adalah seorang saksi mata bersaksi dari semua yang dia lihat dan dengar.

Yohanes bisa dengan mudah memberikan kesaksian tentang Firman (Yesus). Dia adalah seorang pendamping Yesus hari demi hari. Namun bagian Kitab Suci ini secara khusus berbicara tentang hal-hal yang Yohanes lihat dalam visinya. Kesaksian Yesus adalah keselamatan untuk semua orang yang percaya.

1:3  Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.

Yang pertama dari berkat tujuh kali lipat diucapkan dalam Wahyu 1 ayat 3 dan diperluas di sepanjang sisa buku. Sebagai anak Tuhan, masing-masing berkat ini adalah milikmu untuk kau klaim:
Sebuah berkat akan tercurah pada mereka yang membaca, mendengar, dan menjaga hal-hal yang tertulis dalam Kitab Wahyu:
Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.

Gereja mula-mula membaca seluruh kitab Wahyu setiap kali mereka bertemu. Ini adalah satu-satunya kitab di dalam Alkitab yang menjanjikan berkat bagi orang-orang yang membacanya, dan orang-orang yang mendengarkan apa yang sedang dibaca. Pengkhotbah dan jemaat yang mengindahkan ajaran yang diajarkan di sini akan diberkati.

"Waktu sudah dekat." adalah pernyataan yang benar yang menarik. Bahkan orang-orang yang membaca hal-hal ini seribu tahun yang lalu melihat ini terjadi di tahun enam puluh atau tujuh puluh, karena mereka meninggal. Tentu saja, bahkan lebih saat ini untuk generasi kita, karena pengangkatan gereja sudah dekat.

1: 4 Dari Yohanes kepada ketujuh jemaat yang di Asia Kecil: Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, dan dari ketujuh roh yang ada di hadapan takhta-Nya,

Yohanes menjadi pemimpin para rasul gereja di Efesus setelah kematian Paulus dan penghancuran Yerusalem oleh Roma (tahun 70 M). Gereja Efesus telah mendirikan sejumlah gereja anak di seluruh propinsi Asia (barat Asia Kecil), dan Yohanes dilaksanakan pelayanan pastoral dan apostolik mereka. Berkat ayat 4 berasal dari Allah Tritunggal-head: Allah Bapa, Roh Kudus, dan Yesus Kristus. Dia yang merupakan parafrase dari nama Yehuwa atau Yahweh (Ex 03:14): "I AM,"

Nomor tujuh berarti sempurna secara rohani. Saya percaya nomor ini adalah simbol dari semua gereja untuk semua waktu. Ketujuh jemaat itu mungkin gereja literal dari hari itu serta memberikan kita pandangan gereja-gereja hari kami pada umumnya. Ketujuh Roh mengambil di semua Roh Allah.
Sebenarnya ada banyak lebih dari tujuh Roh. tujuh ini adalah angka simbolik yang berarti semua. "Spirits" dikapitalisasi jadi ini adalah Roh Kudus dalam semua kerja-Nya. Ketika berbicara tentang Spirits ini sebelumnya tahta, kita melihat Guru, Panduan, Penolong, Penyedia, hanya beberapa dari karya Roh Kudus. Yohanes menjelaskan dalam hal ini siapa Yesus.

1: 5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya—

Yesus Kristus adalah saksi yang setia di bahwa Dia telah selesai Karyanya mengungkapkan Bapa (Yohanes 17), yang Sulung orang mati di bahwa Dia adalah sulung dari kebangkitan pertama (Wahyu 20: 6).

Kita melihat dalam ayat 4 dan 5 Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Seperti yang kami katakan Yesus saksi yang setia, karena Dia adalah Kebenaran. Yesus adalah orang pertama yang pernah dibangkitkan. Ada seseorang yang pergi ke surga sebelum, Enoch, ketika ia dibawa pergi ke surga misterius menghilang dari bumi karena ia menyenangkan Allah. Lalu ada Elia, yang dibawa ke surga dalam angin puyuh yang disertai dengan kereta api. Tak satu pun dari ini, bagaimanapun, dibangkitkan. Mereka tidak pernah dikuburkan.
Lazarus bangkit seperti yang dilakukan beberapa orang lain Alkitab menyebutkan, tetapi hanya untuk mati lagi. Kristus bangkit untuk tidak mati lagi seperti yang akan dialami semua orang percaya di dalam Kristus.

Kita membaca dalam Matius 27: ayat 52 dan 53 "dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal (tidur) bangkit," Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang.

Perhatikan di sini bahwa ‘mayat’ orang-orang kudus dibangkitkan setelah kebangkitan Yesus. Anda lihat tubuh Yesus adalah tubuh pertama yang bangkit dari kubur.

Perhatikan juga, bahwa kita disebut sebagai penguasa dalam ayat 5 Wahyu. Selama 1000 tahun pemerintahan Yesus Kristus di bumi ini, kita orang Kristen akan memerintah dengan Dia. Kami tidak akan sama denganNya, namun. Ini memberitahu kita bahwa Dia akan berkuasa atas kita.

Kasih yang dibicarakan di sini, kasih yang Dia miliki bagi kita, adalah "kasih agape". Ini adalah kasih yang  diluar pemahaman kita. Begitu besar kasihNya, Dia rela menderita rasa sakit dan penghinaan salib bagi kita. Saya suka lagu yang mengatakan "ketika Ia di salib, aku berada di Pikirannya" Sungguh ini benar. Dia mati untuk kita secara individu.

"Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.
Ini adalah darah berharga yang menyucikan kita dari segala kejahatan. Kami mengambil kebenaran-Nya. Kasih Yesus  bagi kita ini tidak dalam bentuk lampau, tapi masih sama kuat hari ini. KasihNya tidak pernah berakhir.

1: 6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, --bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
Semua orang yang percaya hidup dalam lingkup pemerintahan Allah, memasuki kerajaan oleh iman di dalam Yesus Kristus. Dan sebagai imam, orang-orang percaya memiliki hak untuk masuk ke hadirat Allah.

Pernyataan yang paling penting dalam ay-6 adalah bahwa Yesus disebut Tuhan. Pernyataan "Allah dan Bapa-Nya" tidak meninggalkan keraguan bahwa Yesus adalah, adalah, dan selalu akan menjadi Allah. Perhatikan juga, bahwa itu tidak ada yang kita lakukan yang membuat kita menjadi raja dan imam. Yesus membuat kita imam dan raja.

Kita akan duduk di atas takhta di surga bersama Yesus. Tidak ada kemuliaan yang lebih besar karena orang dari Yesus yang benar-benar melakukan semua pekerjaan.

Kami melihat bahwa Yesus adalah yang tertinggi di segala alam (dominion) dalam Filipi 2: 9 -11 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!
Setiap orang Kristen terhubung dalam keimamatan Yesus Kristus. Dia adalah Imam selamanya. Jadi itu. Selamanya tidak pernah berakhir.

Di gereja yang benar, tidak ada yang disebut "imam" (tunggal) kecuali Kristus. Orang-orang percaya adalah bagian dari "Imamat yang rajani" dalam Kristus (1 Petrus 2: ayat 9; Wahyu 5:10). Kemuliaan dan kekuasaan (otoritas) Kristus ditekankan dalam seluruh buku ini. (Roma 5: ayat 8; 1 Yohanes 3: ayat 16). Kita dibasuh: Orang-orang percaya telah ditebus dari dosa-dosa mereka melalui darah dan kematian Kristus. Menjadikan kita imam dan raja.

Ayat 7-8: Empat aspek kedatangan Kristus disebutkan, yang masing-masing menyinggung bagian lain dari Alkitab. Dia akan datang dalam "awan" (Dan. 7:13), di langit. "Setiap" orang akan "melihat dia" (Mat. 24:30). Mereka yang "menikam dia" (Zakharia 12:10.), Yaitu, mereka yang menolak Dia dan menginginkan kematianNya akan bertobat dan berkabung ( "meratap"), oleh karena-Nya (Zak 12: 10-11).. Hal ini mengacu kembalinya Kristus ke bumi untuk mendirikan kerajaan-Nya (Second Coming), bukan Pengangkatan. "Alpha dan Omega", huruf pertama dan terakhir dari alfabet Yunani, merujuk di sini untuk kekekalan dan kedaulatan Allah, dan mungkin untuk kepenuhan pewahyuan diri Allah.


1: 7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.

"Dia datang dalam awan kemuliaan": Ini gema dari janji Daniel: Anak Manusia akan datang dengan awan-awan dari langit (Dan 7:13.), Bukan awan biasa tapi awan kemuliaan. Dalam Perjanjian Lama, Tuhan sering menyatakan diri-Nya dalam kekuatan, kilatan terang, disebut Shekinah atau awan kemuliaan. Tidak ada yang bisa melihatnya secara penuh dan hidup (Keluaran 33:20), sehingga harus bertelikung (berjilbab). Tapi ketika Kristus kembali, kemuliaan akan benar-benar terlihat (bandingkan Matius 24:. 29-30; 25:31; lihat catatan pada 6: 12-17).

Kebenaran ini adalah harapan besar dan penantian dari semua orang percaya hari ini dan itu adalah tema dari kitab Wahyu. Kematian dan kebangkitan Kristus dan janji kedatangan-Nya yang kedua adalah dasar dari harapan kita. Dasar ini adalah sumber besar dari kekuatan untuk Gereja Mula-mula dan bahkan terlebih lagi untuk kita hari ini karena kita masuk  kepada hari-hari terakhir dari waktu sebelum kedatangan Kristus. Ayat ini mengungkapkan bagaimana Yesus akan kembali. Dia akan datang dengan cara yang sama di mana ia naik ke surga.

Hal yang menarik di sini adalah Yesus datang di awan seperti kata malaikat akan Ia lakukan dalam Kisah Para Rasul. Dalam pasal satu dari Kisah Para Rasul, Yesus diangkat ke surga ditutupi awan dan murid-murid diberitahu oleh malaikat, bahwa Yesus akan datang kembali dengan cara yang sama. Kisah Para Rasul 1: 9 -11 ". Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Beberapa orang percaya, kedatangan Yesus kembali akan menjadi rahasia, saya tidak. Bagaimana bisa setiap mata melihat-Nya, jika Dia kembali diam-diam? Apakah Anda tidak tahu bahwa akan ada beberapa orang yang berduka, ketika mereka menyadari siapa Yesus sebenarnya?

"Mereka yang juga menusuknya": ini bukan merujuk kepada ke 4 tentara Romawi yang terlibat dalam penyaliban, tetapi untuk orang-orang Yahudi yang benar-benar bertanggung jawab atas kematian Kristus (Kisah Para Rasul: 2: 22-23; 3: 14-15). Zakharia mengidentifikasikan orang-orang yang telah menikam Dia sebagai "rumah Daud" dan "penduduk Yerusalem" dan bernubuat bahwa mereka akan menangisi dengan air mata pertobatan sejati karena apa yang mereka lakukan kepada Mesias mereka (Za. 12:10).

Tidakkah akan Anda benci untuk menjadi orang yang meludahi-Nya, atau orang yang menancapkan paku di tangan-Nya, atau bahkan ahli-ahli Taurat dan orang Farisi? Siapapun yang menolak Dia akan memiliki kesedihan melebihi apa yang bisa dijelaskan. Kesedihan akan menjadi  sedemikian sehingga mereka akan mengerang dan menggertakkan gigi mereka.

Berikut Yohanes tunjukkan pada ay-7, bahkan jika memang demikian, biarlah. Hal yang mengerikan bahkan lebih buruk daripada penyaliban pertama untuk dosa-dosa kita adalah ketika kita sudah mengenal-Nya lebih baik, lalu menyalibkan-Nya lagi. Kita harus berjalan dalam keselamatan kita. Kita tidak boleh masuk kembali ke dalam dosa setelah kita telah dibebaskan dari dosa dengan darah-Nya yang berharga.

1: 8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Kata-kata pertama dari Yesus kepada Yohanes secara pribadi mengidentifikasi diriNya dengan Aku Adalah ("I AM”). Dalam Kitab Suci Ia menyebut diri-Nya "Alpha dan Omega." Ini adalah huruf pertama dan terakhir dari alfabet Yunani. Penyebutan seseorang, dalam bahasa komunikasi, menandakan Tuhan menyatakan diri-Nya kepada umat manusia melalui Kristus secara utuh dan lengkap. Ini tidak kurang dari penegasan resmi oleh Yesus pribadiNya sebagai Tuhan (deity). Tidak ada manusia biasa akan pernah mengatakan dirinya, "saya yang pertama dan terakhir."
Kita lihat di sini bahwa Allah Bapa, Allah Firman, dan Allah Roh Kudus adalah tiga yang kekal. Mereka masing-masing memiliki awal dan akhir. Roh mereka adalah salah satu. perwujudan mereka tiga.
"Maha Kuasa" menunjukkan kekuatan Ketuhanan sebagai  tanpa batas dan mahakuasa, mahahadir, mahatahu. Tidak ada kekuatan lain. Kata ini menunjukkan kekuatan di luar imajinasi manusia. Yesus sama dengan Bapa dan Roh Kudus. Ketiganya adalah Roh Allah. Mereka memiliki kepribadian yang terpisah. Ini adalah Yesus berbicara ketika Ia berkata "Aku adalah Alfa dan Omega, Yang awal dan Yang akhir". Di dalam Alkitab dengan tulisan merah menunjukkan kata-kata Yesus sendiri yang berbicara. Ini tidak menyebabkan keraguan siapa Dia.
BERSAMBUNG

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman