KUK ESAU

_*Di dalam kandungan ia menipu saudaranya, dan dalam kegagahannya ia bergumul dengan Allah.*_  Hos 12:3

Gbr: jw.org

*Tuhan kepincut dengan PASSION-nya Yakub, tapi  Tuhan tidak menyukai jalan-jalannya dan kegagahannya.*

IA menjajal kekuatan dan kegagahan Yakub dalam rupa manusia.

Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing.  Gen 32:24

Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.  Gen 32:25

Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku."  Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub."
Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."  Gen 32:26-28

Sebagai seorang laki-laki IA terkejut, bahwa IA tidak dapat mengalahkannya, sehingga IA memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga terpelecok. Sebagai ganti Yakub, IA memberikan Yehuda.

Dan sebagai ganti Yehuda DIA memberikan YESUS. DIA adalah singa Yehuda yang sejati, yang tidak bercacat-cela.
Yang tidak pernah kehilangan sedetik pun PASSION-NYA.

Dengan PASSION-NYA, YESUS mengenakan KUK MESSIAS dari Bapa, seperti orang yang kena tulah dan kutuk (Yes 53:4) - meminum cawan kutukan, walau pun harus terpisah dengan BAPA di dalam perut bumi.

Dengan PASSION-NYA, Yesus menjadi UNSTOPABLE.

*Ia bergumul dengan Malaikat dan menang; ia menangis dan memohon belas kasihan kepada-Nya.*  Di Betel ia bertemu dengan Dia, dan di sanalah Dia berfirman kepadanya:  Hos 12:4

Ia menang tapi ia menangis. Yakub telah menyadari bahwa kegagahannya telah dihancurkan Tuhan. Dan ia memohon belas kasihan-Nya.

"Engkau ini harus berbalik kepada *Allahmu*, peliharalah kasih setia dan hukum, dan nantikanlah Allahmu senantiasa."  Hos 12:6

Yakub kembali ke Bersyeba, ke rumah bapanya, Ishak. Tapi Esau tidak berbalik. Ketika kita berbalik, melalui rumah rohani, berbalik kembali bapa (rohani) dan berbalik kembali kepada Allah, ia menjadi Allahmu.

<<<< *Esau bukan hanya spirit, tapi juga kuk.* >>>>

Roma 9:11-13

Sebab waktu anak-anak itu belum dilahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat, --supaya rencana Allah tentang pemilihan-Nya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilan-Nya--  dikatakan kepada Ribka: "Anak yang tua akan menjadi hamba anak yang muda," seperti ada tertulis: "Aku mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau." 

Kuk Esau berasal dari dosa Taman Eden, dosa pemberontakan. Dengan PASSION dan dengan BERUSAHA SUNGGUH-SUNGGUH melakukan apa yang diinstruksikan bapa dalam rumah rohani, kita pasti bisa MELEMPARKAN KUK itu.

Engkau akan hidup dari pedangmu dan engkau akan menjadi hamba adikmu. Tetapi akan terjadi kelak, *apabila engkau berusaha sungguh-sungguh, maka engkau akan melemparkan kuk itu dari tengkukmu.*"  Gen 27:40

<<<<< KUK DARI YESUS >>>>

Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.  Gal 5:1

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.  Mat 11:28

Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.  Mat 11:29

Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."  Mat 11:30

Kita harus dengan rela hati mengenakan KUK yang dipasang Tuhan Yesus, supaya kita tidak mengenakan kuk yang lain.

Yesus telah menanggung kuk yang berat, sekarang dengan iman, kita percaya bahwa kuk itu adalah didikan-Nya dan perlindungan-Nya – apa pun yang terjadi - yang berharga sambil kita menanti-nantikan Kristus kembali.

<<< Mengapa kita harus mengenakan kuk Yesus? >>>>

Tuhan Yesus tidak mengatakan: Kenakanlah kuk yang Aku berikan, melainkan Dia mengatakan: Pikullah kuk yang Kupasang.... supaya Aku bisa memberikan kelegaan "REST" kepadamu (Mat 11:28-29).

Kita harus dalam posisi "REST". Yakub berada di dalam rumah bapanya dalam posisi rest. Dia tidak "gelagapan" tidak berpikir dan berbuat macam-macam. Bahkan dia menuruti apa yang diperintahkan ibunya, Ribka. Sebab itu Yakub tidak merasakan adanya beban sama sekali. Dan sebagai hasil dari itu dia bisa memperoleh "skill" untuk bekalnya di luar sana. “Skill” ini bisa juga dikatakan sebagai perlindungan kita.

Kita dibangun dan membangun bukan untuk sekarang, tapi untuk hari-hari mendatang, untuk hari-hari terakhir.

Mungkin bukan kita yang menjalaninya, tetapi generasi-generasi di bawah kita. Namun semua itu akan berdampak kepada generasi kita dan mereka. Tuhan katakan dalam janji-Nya yang diteguhkan kepada Yakub: bangsa-bangsa akan berasal dari padamu. Company of nations and kings shall come from your body (Kej 35:11, NKJV). Jika kita pelajari lagi Alkitab lebih lagi, keturunan Israel (Yakub) bukan hanya yang ada di tanah Israel sekarang, tapi mereka ada di seluruh dunia. Mereka adalah bangsa-bangsa dan raja-raja yang berasal dari Yakub.

<<<< Mengapa "KUK" Menjadi Proteksi Tuhan? >>>>
Tuhan pernah perintahkan kepada Yehuda dan semua bangsa dan raja-raja di sekitarnya untuk tunduk dan takhluk di bawah KUK raja Babel, Nebukadnezar. Jika tidak, mereka akan dihukum Tuhan dengan pedang, kelaparan dan penyakit sampar. (Yeremia 27:8, 13).

Ini saya kutip commentary Bible yang bagus untuk dibaca.

Yang terbaik dari yang buruk. Perintah Tuhan kepada Yehuda dan negara-negara tetangganya supaya mereka menyerah kepada Babel merupakan perintah Tuhan yang tentunya membingungkan dan mengecewakan mereka. Mengapa Tuhan memerintahkan mereka untuk menyerah tanpa berjuang? Mengapa mereka dilarang untuk mempertahankan tanah airnya? Bahkan mengapa Yehuda harus berdiam diri ketika bangsa asing menajiskan Bait Allah dengan cara merampok seluruh perabotnya? Padahal bukankah Bait Allah merupakan simbol identitas Yehuda sebagai umat pilihan Allah? Namun bila kita renungkan dengan sungguh-sungguh, perintah itu merupakan perwujudan dari kasih setia Allah yang terus memelihara dan menjaga Yehuda dan bangsa-bangsa lain. Jika mereka tidak takluk kepada Babel mereka akan mengalami kehancuran total (Yeremia 27:8, 13).

<<<< PERSIAPAN UNTUK MASA-MASA TERSULIT >>>>>
Jadi kita harus menyadari betul, sekali lagi bahwa kita SEDANG dan terus disiapkan dan mempersiapkan diri di dalam rumah rohani untuk menghadapi hari-hari yang sulit dan kesukaran besar di akhir zaman ini.


Amin 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman