PEMAHAMAN YANG AKURAT TENTANG MESSIAS - Gereja Kerajaan Sesi 3

Jangan biarkan dirimu mati terhadap rencana Tuhan oleh karena hal-hal seperti ini. Belum selesai. Waktumu belum sampai. Semua ini belum berakhir. Jangan menjadi lemah dan teralihkan dari rencana Tuhan.
gbr: wordpress.com
Mat 24

Murid-murid tau bahwa Yesus akan datang kembali. Hanya saja bagaimana jalannya dan wujud-Nya seperti apa mereka tidak tau. Itu sebabnya Yesus memberikan peringatan-peringatan akan bahaya.

Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!  Mat 24:4

Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.  Mat 24:5

<<<<< Target Utama Dari Si Jahat Adalah Gereja Dan Orang Pilihan-Nya >>>>>

Jangan engkau mengira tidak akan terjadi kelaparan, tidak terjadi perang, dst. Alkitab mengatakan jika kau mendengar atau mengetahui sesuatu dan engkau tidak berbuat apa-apa, maka sebenarnya engkau sudah berdosa. Setan tau bagaimana membuat saudara tidak berkenan di pandangan Tuhan. Membuat saudara teralihkan dari rencana dan agenda Tuhan.

Terah memulai perjalanan atas panggilan terhadap Abram. Ia orangtua yang baik untuk membuat anaknya semangat. Tapi ternyata Terah mati terhadap panggilannya, dalam perjalanan di Haran. Sebenarnya Tuhan hanya memanggil Abram, tapi Ia memakai satu kelompok yang terhubung dengan Abram. Tuhan pasti juga menunjukkan takdir hidup buat Terah, Nahor, buat Lot dan yang lainnya. Ini yang juga bisa terjadi dalam sebuah gereja.

Mungkin engkau merasa kelihatannya semua ok-ok saja dengan mereka yang ada dalam rumah rohani. Belum tentu, kecuali semua bisa memastikan dengan benar, untuk dapat memiliki kekuatan atas panggilan itu. Banyak orang punya alasan, dasar dan penyebab ketika ia tidak kuat dalam memenuhi panggilan itu. Misalkan kau merasa terpanggil dalam sebuah pelayanan, namun ketika kau punya istri dan punya anak, kau merasa terbebani berat dengan pelayanan itu. Nah, itu namanya bukan panggilan. Tetaplah memilihara istri dan anak-anakmu, karena itu yang memberimu damai dan itu yang lebih utama.

Lalu Terah membawa Abram, anaknya, serta cucunya, Lot, yaitu anak Haran, dan Sarai, menantunya, isteri Abram, anaknya; ia berangkat bersama-sama dengan mereka dari Ur-Kasdim untuk pergi ke tanah Kanaan, lalu sampailah mereka ke Haran, dan menetap di sana.  Gen 11:31

Umur Terah ada dua ratus lima tahun; lalu ia mati di Haran.  Gen 11:32

Terah tidak sampai ke tanah Kanaan. Ia mati di Haran.

Yang berbahaya dalam  hidup kita adalah apabila kita telah mati terhadap rencana Tuhan. Ada kriteria yang Tuhan tetapkan dalam mencapai destiny kita: hidup kudus, tak bercacat-cela di hadapan Ku.

Setan selalu mencari cara untuk menyerang kita dengan tujuan untuk menggagalkan kita mencapai destiny. Ia tidak akan menyerang secara langsung / frontal seperti ketika dia lakukan terhadap Ayub. Setan tidak juga mencari kemenangan, sebab ia sudah ditakdirkan untuk kalah. Jadi ia tidak akan menyerang secara langsung, karena nanti kau akan menjadi makin kuat, makin teruji dan makin terbukti. Maka ia menanti ketika saudara lemah dan lengah, ketika saudara memakai pikiran sendiri, memakai jalan-jalan sendiri. 

Abraham memiliki iman ketika mengorbankan Ishak. Dia pikir Tuhan akan sanggup untuk membangkitkan. Imannya itu dahsyat.Tapi, Tuhan tidak melakukan seperti apa yang dipikirnya. Walau pun itu benar, Tuhan bisa, tapi itu bukanlah jalan Tuhan.

Terah terhendi di Haran dan sebagian keluarga masih tinggal di Ur-Kasdim. Alkitab menunjukkan selain Lot ada juga Betuel ternyata diajak ke Haran. Apa yang terjadi dengan Betuel? Apakah Tuhan tidak memberhatikannya? Ternyata Tuhan tidak membiarkan mereka yang ikut rombongan pada awal itu menjadi terhenti karena Terah. Abraham mengerti bahwa yang mati dari rencana Tuhan itu Terah, bapanya. Abraham bersikukuh dan tidak membiarkan hal seperti itu terjadi kepada mereka yang  lainnya. Maka Abraham mengutus hambanya yang paling tua di rumahnya, Eliezer untuk mengambil istri bagi Ishak dari negerinya di Ur-Kasdim. Abraham menyelamatkan generasi berikutnya.

Malaikat Tuhan menuntun Eliezer dengan memberikan tanda-tanda. Itu dilakukan karena Tuhan mau banyak orang yang mati terhadap rencana Tuhan. Diselamatkanlah Ribka, Lea, Rahel. Tuhan tidak membiarkan anak-anak mati dari rencana-Nya oleh karena pengaruh orangtuanya. Ribka bersedia untuk menjadi istri Ishak.

Jangan biarkan dirimu mati terhadap rencana Tuhan oleh karena hal-hal seperti ini. Belum selesai. Waktumu belum sampai. Semua ini belum berakhir. Jangan menjadi lemah dan teralihkan dari rencana Tuhan. Hold on. Tetap berpegang kepada firman perkataanNya. Jangan mencari kenyamanan buat hidupmu, terus bergerak. Karena Tuhan mentargetkan kita untuk kita berhenti dan mencari kenyamanan. 

Jangan mencari alasan dan kesalahan orang-orang di sekitar kita. Itu bukan sikap seorang pemimpin. Salahkan dirimu sendiri. Akui itu sebagai kesalahanmu. Jagai hatimu, jagai dirimu, karena setan berusaha mengubah sedikit saja dari karaktermu! Mengapa demikian? Itu pola dosa dari taman Eden. Itu benih dosa yang berasal dari Taman Eden! Adam menyalahkan perempuan, perempuan menyalahkan ular!  Jangan angkat lagi dosa taman Eden, karena itu akan merobah karaktermu.
Kain sebelum membunuh Tuhan datang. Kain sesudah membunuh, Tuhan datang lagi. Kenapa? Karena Tuhan punya pengharapan. Banyak bahayanya orang-orang yang ada di luar Tuhan. Kita harus selalu bertobat jika melakukan suatu kesalahan dan dosa. Tanpa pertobatan kau tidak bisa memiliki kembali karakternya Tuhan. Kita harus dapat memahami hal itu.

Ketika murid-murid bertanya di Mat 24, Yesus mengingatkan untuk hati-hati, dan memberikan gambaran karena segala sesuatunya itu bisa terjadi. Apa saja bisa terjadi, termasuk bencana-bencan alam seperti tsunami di Aceh. Sasarannya adalah gereja. Bukan untuk mengukur bantuan gereja kepada mereka, saudara-saudara kita yang muslim di sana. Bukan untuk itu. Mengapa itu terjadi? Karena itu sudah dikatakan harus terjadi. Dan untuk mengingatkan kita, bukan untuk orang lain.  

Dari point ini saudara harus memahami sebenarnya apa yang Tuhan ingin kalian bangun. Maukah kalian menerima pengungkapan rahasia firman-Nya? Maka jadilah seperti murid-murid Yesus. Kepada kita sudah diberikan karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga. Tidak ada lagi yang harusnya menjadi misteri.

Terah terhenti perjalanan rohaninya. Jadi hati-hati, seluruh apa yang terjadi termasuk berkat yang kau terima, adalah untuk menyerang gereja. Berkat-berkat yang kau terima suatu hari akan dicabut, untuk menguji saudara, untuk membuktikan siapa engkau sebenarnya. Apakah kau mutiara dan harta terpendam itu?

Kenapa banyak yang menjadi korban? Ya, karena memang targetnya adalah gereja dan orang pilihan. Seharusnya kita segera bangkit, supaya tidak menjadi korban.

Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."  Mat 24:14

Jadi bagaimana mengakhiri itu? Demikian menurut ayat 14. Injil Kerajaan itu harus menjadi hidup saudara.


<<<<< Dibutuhkan Keakuratan Melalui Pengenalan Akan Allah >>>>>

Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.  Mat 24:5

Kau harus bisa mengenal Messias dengan benar. Tanpa itu kau akan keliru.
Saudara seperti orang Farisi dan ahli taurat, karena mendalami firman Tuhan. Juga saudara menantikan Messias. Meski pun demikian, Yesus mengingatkan, BANYAK ORANG yang akan memakai nama-NYA dan MENGAKU sebagai MESSIAS. Sasaran penyesatan ini adalah saudara sendiri, gereja. Karena gereja bisa dipakai secara lebih efektif untuk menyesatkan banyak orang. Apalagi bila saudara adalah  para pemimpin, akan mudah mengecoh jemaat.  Karena apa? Karena saudara telah mempelajarinya.

Siapa sasaran paling utama? Orang banyak. Adalah mereka yang mendengar firman, lalu langsung ingin meng-aplikasikannya. Ketika kau masih di titik ini sangat berbahaya. Ketika firman mendatangimu, pertama kau harus menerimanya, merenungkannya, memeditasikannya…. Aplikasi kelihatannya mungkin sama, dan kau percaya apa yang kau lihat, padahal kau tidak memahami Messias yang sebenarnya.

Ketika murid-murid ditanya, Simon menjawab: Kau adalah Messias Anak Allah yang hidup. Dan Yesus menjawab: berbahagialah sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Kalo itu dari Bapa, artinya pemahamannya bukan dari apa yang kau dengarkan dari luar ke dalam, bukan dari apa kata orang, tetapi dari apa yang Bapa kerjakan di dalam engkau.

Jadi kau tidak akan terkecoh lagi, karena kau sudah tau yang aslinya, karena Bapa yang memberikan-Nya, Bapa yang menyatakan-Nya, Bapa yang menyingkapkan-Nya dalam hidup saudara.

Waspadalah….itu menjadi point yang pertama dan utama dari perkataan Yesus. Gereja kecenderungannya cepat-cepat bertanya: Apa yang harus aku perbuat? Sering kita mengalami passion yang seperti itu.  Ini adalah hal yang berbahaya.  

Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, 
karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.  Php 2:12-13
Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,  Php 2:14

Itu sebabnya Paulus tidak menjumpai mereka lagi secara langsung, karena dia memberikan kesempatan untuk Allah bekerja di dalam mereka.

Kalian sering mendengarkan inpu baik dari pp Jonathan mau pun dari saya sendiri. Kalian berpikir kebenaran itu kalian dapat dari luar ke dalam.

Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia.  Joh 6:66

Ikut siapa? Antikris. Lihat saja ayatnya 666.

Maka kata Yesus kepada kedua belas murid-Nya: "Apakah kamu tidak mau pergi juga?"  Jawab Simon Petrus kepada-Nya: "Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah."  Joh 6:67-69

Yang kau terima membuat engkau tau, tapi belum membuat engkau percaya. Harus Bapa yang menyatakannya di dalammu sendiri. Ini hal yang kritis.

Mana yang lebih kuat? Roh yang ada di dunia ini, atau Roh yang ada di dalammu?

Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.  1Jn 4:4

Adalah mudah untuk membawa orang kepada Kristus, tapi memerlukan keringat darah untuk membentuk Kristus di dalam saudara. Jika Kristus, yang disebut Messias itu sudah terbentuk di dalam diri saudara, itu yang membuat saudara trampil menghadapi messias-messias palsu. Karena kau bisa memastikan itu messias palsu.

Jemaat Efesus berhasil menghentikan, menghardik dan mengusir rasul-rasul palsu yang berusaha masuk. Ketika mereka sudah jatuh begitu dalam, mereka masih memiliki kemampuan untuk membedakan rasul palsu, tetapi mereka tidak akan memiliki kemampuan membedakan messias palsu. Kenapa? Karena yang terhilang dari dalam diri mereka adalah karakternya Tuhan (kasih yang mula-mula).  Padahal Messias adalah manifestasi dari karakter diri Bapa yang mengambil wujud Anak Manusia.

Allah mengerjakan segala sesuatu di dalam dirimu bukan kau bisa melakukan mujizat, tapi supaya kau menjadi segambar dan serupa dengan Anak-Nya. Allah tau persis gambar dan rupa-Nya. Ia tau bagaimana memulainya dan mengerjakannya di dalam hidup saudara, membentuk karakter Kristus, yang adalah manifestasi dari keilahian Allah. Itu sebabnya setan selalu ingin menggangu perjalanan hidup saudara.  

Jadi langkah praktis apa yang saudara butuhkan untuk mengenal Messias secara akurat? 

Jemaat Efesus dalam 2 tahun menyebabkan firman tersebar di seluruh Asia kecil. Yang dekat dengan Efesus itu Kolose, Smirna dan Pergamus. Ada kemungkinan besar, jemaat Efesus ini yang pertama menyampaikan firman di Pergamus, kemudian ke Filadelfia. Itu semua di Asia kecil. Tiba-tiba saja ada gereja Permagus. Saudara tidak pernah tau, tapi Tuhan mengakui mereka sebagai sebuah gereja. Jadi betapa hebatnya jemaat Efesus pada waktu itu. Nah, setan mulai menyerang dengan memberikan gambaran messias-messias dan rasul-rasul palsu.  Itulah sebabnya penting sekali peranan firman Tuhan.

Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.  Joh 4:23


Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami."  Joh 4:25
Lalu Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."  (Joh 4:26)

Maka perempuan itu meninggalkan tempayannya di situ lalu pergi ke kota dan berkata kepada orang-orang yang di situ:  "Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?"  Joh 4:28-29

Mungkin belum ada kepastian. Tetapi oleh karena anugerah Tuhan, kebetulan (atas perintah Bapa kepada Yesus) dia bertemu langsung pada hari itu juga dengan Messias asli.

Sangat sulit untuk bisa menemukan Messias yang asli hanya dalam 1 hari.
Kita ketahui dari percakapan perempuan ini dengan Yesus.

Ay 25. Rupanya perempuan Samaria ini sedang menantikan kedatangan Messias juga. Tapi dia bilang kepada orang di kota itu: Mungkinkah…? Berarti semua pemahaman dia tentang Messias itu belum cukup. Itu sebabnya dia sangat diberkati karena bisa bertemu dengan Messias asli.  Seandainya yang dia jumpai adalah messias palsu, maka ia tidak akan mampu membedakan, dan dia akan menyesatkan banyak orang di kota itu.

Bapa sudah merancangkan untuk Yesus bertemu dengan perempuan ini, karena dia adalah milik kepunyaan Bapa. Banyak orang yang tidak memiliki pengenalan yang cukup, tidak memiliki kepastian bahwa Yesus sudah terbentuk di dalam dirinya. Ketika orang menganiaya engkau (karena nama Yesus) dan kau masih bisa tersenyum, berarti Kristus sudah terbentuk di dalammu dan kau bisa mengenali mana Kristus palsu atau asli.

Kebanyakan orang hanya menerima pengetahuan. Alkitab berkata jika engkau makan buah pengetahuan, engkau akan mati.

Dan banyak orang Samaria dari kota itu telah menjadi percaya kepada-Nya karena perkataan perempuan itu, yang bersaksi: "Ia mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat."  Joh 4:39



Ketika orang-orang Samaria itu sampai kepada Yesus, mereka meminta kepada-Nya, supaya Ia tinggal pada mereka; dan Iapun tinggal di situ dua hari lamanya.  Joh 4:40

Dan lebih banyak lagi orang yang menjadi percaya karena perkataan-Nya,  Joh 4:41

dan mereka berkata kepada perempuan itu: "Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia."  Joh 4:42

Perempuan itu mengatakan “mungkin” tapi mereka berkata, kami yakin, sebab mereka telah mendengar-Nya sendiri.

Jika perempuan ini menjumpai messias palsu, bayangkan berapa banyak orang yang akan disesatkan. Itulah yang menjadi target si jahat sebenarnya.

Sedemikian banyaknya orang berbicara mengenai kengerian-kengerian tentang akhir jaman. Mereka hanya berbicara mengenai messias-messias palsu, tapi tidak bisa menyampaikan hal-hal yang berasal dari Messias asli. Yang diperdengarkan adalah kemenangan-kemenangan si jahat dan itu hanya membawa ketakutan. Dan banyak orang mengatakan doa itu bisa menjadikan segala sesuatu menjadi mungkin. Jangan salah dan jangan disesatkan, bukan doa, tapi firman yang menjadikan segala sesuatu. Kita bisa berdoa dan tidak akan terjadi apa-apa, harus ada dasarnya. Harus ada bahan dasarnya, yaitu firman, sebab pada mulanya adalah firman.

Tuhan juga menemukan Kornelius di kota Kaisarea. Doa dan sedekah telah diterima Bapa. Oleh karena Kornelius, pintu sorga terbuka dan malaikat mendatanginya dalam suatu penglihatan.

Kornelius berdoa dan doanya di dengar Bapa. Dia berinteraksi dengan Bapa di sorga. Petrus diperintahkan oleh Bapa untuk membawa Kristus dan keselamatan kepadanya. Apa yang terjadi? Roh Kudus turun atas mereka.

Kornelius termasuk orang-orang milik kepunyaan Tuhan. Saudara harus membangun hidup menjadi milik kepunyaan Tuhan, menjadi hartanya yang terpendam, mutiara yang berharga.

Dan setelah dua hari itu Yesus berangkat dari sana ke Galilea,  Joh 4:43

Yesus tidak punya program untuk tinggal selama dua hari di Sikhar, tapi Dia ada di sana untuk membangun, supaya mereka memiliki dasar yang benar.

Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.  Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;  Joh 1:11-12

Kepada semua yang menerima firman-Nya, akan muncul unsur-unsur Allah. Ketika kau terima firman-Nya, kau harus
Percaya dalam meresponnya. Biarkan firman-Nya yang melakukan sesuatu, bukan apa yang bisa kau perbuat. 
Biasanya orang menerima firman, inginnya langsung melakukan sesuatu yang bisa diperbuatnya. Ini menyebabkan kau tidak bisa mengenali Dia dengan benar.

Lukas 24:13-selesai. Murid-murid berjalan ke Emaus.

Seorang dari mereka, namanya Kleopas, menjawab-Nya: "Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?"  Luk 24:18

Kata-Nya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.  Luk 24:19

Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkan-Nya.  Luk 24:20

Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.  Luk 24:21

Tetapi beberapa perempuan dari kalangan kami telah mengejutkan kami: Pagi-pagi buta mereka telah pergi ke kubur,  Luk 24:22

dan tidak menemukan mayat-Nya. Lalu mereka datang dengan berita, bahwa telah kelihatan kepada mereka malaikat-malaikat, yang mengatakan, bahwa Ia hidup.  Luk 24:23

Dan beberapa teman kami telah pergi ke kubur itu dan mendapati, bahwa memang benar yang dikatakan perempuan-perempuan itu, tetapi Dia tidak mereka lihat."  Luk 24:24

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!  Luk 24:25

Setan mempelajari ayat-ayat di Lukas ini. Ternyata murid-murid-Nya menyimpan Messias yang tidak utuh. Itu sebabnya Yesus sendiri mengatakan bahwa mereka bodoh. Bahkan ketika Kristus sendiri sedang bercakap-cakap dengan mereka, tidak Klepoas mau pun temannya bisa mengenali Dia yang ada dihadapannya.  Pengenalan mereka akan Messias tidak komplit. Muridnya ini beranggapan bahwa Messias tidak harus mati.

Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkan-Nya.  Luk 24:20

Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel.

Padahal Messias harus mati dan bangkit dan masuk dalam kemuliaan-Nya. Maka Yesus mengatakan:

Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?"  Luk 24:26

Kau tidak bisa mengenal Allah dengan jalan pikiranmu sendiri. Kau hanya bisa mengenal Allah dengan jalan Tuhan.

Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.  Luk 24:27

Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalanan-Nya.  Luk 24:28

Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: "Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam." Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.  Luk 24:29

Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.  Luk 24:30

Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.  Luk 24:31

Sebelum kota dan sorga terbuka, matamu harus terbuka terlebih dulu. Kau harus bisa mengenali Messias yang asli lebih dulu.  Tetapi karena mereka orang-orang kepunyaan Tuhan, mereka menerima anugerah untuk mengenal Dia dengan benar dan utuh.

Betapa bahayanya hidup tanpa pengenalan yang utuh akan Messias, sebagai generasi yang terakhir untuk hari yang terakhir.

Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.  Php 3:10-11

Di hari-hari mendatang akan banyak kepalsuan dan orang hidup dalam kepalsuan. Untuk itu berjaga-jagalah. Kenalilah Allah.

Sementara itu berkobar-kobar hati Saulus untuk mengancam dan membunuh murid-murid Tuhan. Ia menghadap Imam Besar,  dan meminta surat kuasa dari padanya untuk dibawa kepada majelis-majelis Yahudi di Damsyik, supaya, jika ia menemukan laki-laki atau perempuan yang mengikuti Jalan Tuhan, ia menangkap mereka dan membawa mereka ke Yerusalem.  Act 9:1-2

Yang ditentang Saulus adalah jalan Tuhan, bukan Messias, karena orang Farisi juga percaya Messias.
Bayangkan Saulus hidup untuk agama dan melegalkan tindakan agamanya dengan meminta surat.

Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.  Act 9:3

Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"  Act 9:4

Jawab Saulus: "Siapakah Engkau, Tuhan?" Kata-Nya: "Akulah Yesus yang kauaniaya itu.  Act 9:5

Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat."  Act 9:6

Maka termangu-mangulah teman-temannya seperjalanan, karena mereka memang mendengar suara itu, tetapi tidak melihat seorang jugapun.  Act 9:7

Saulus melihat cahaya dan mendengar suara. Dimana ada cahaya dan suara? Saat penciptaan. Ketika Yesus menampakkan diri kepada Saulus, Dia ingin menciptakan kehidupan yang baru buat Saulus. Dia lihat kehidupan Saulus itu gagal, tapi ingat, dia adalah milik kepunyaan Tuhan. Ternyata Saulus bukan pepesan kosong. Saulus bukan seperti yang digambarkan oleh pembicara-pembicara lain: kalau kau berbuat dosa sekejam apa pun, kau bisa dijadikan seperti hamba-Nya, dari Saulus menjadi Paulus.
TIDAK akan pernah terjadi seperti itu. Saya ulangi tidak akan pernah terjadi. Kalau kau serahkan anakmu yang bandel, dan kau berdoa supaya dia menjadi seperti Paulus,  tidak akan dia menjadi Paulus.

Strategi kita di akhir jaman ini, kita tidak bisa bekerja untuk semua orang. Kita dipanggil bekerja untuk Tuhan. Semakin banyak kau menjangkau orang, semakin engkau dikecewakan orang itu. Yang kau jangkau itu akan menyerang pribadimu, menyerang karakter ilahimu. Tetapi saya tidak ingin membatasimu. Bersaksilah kepada orang-orang dan biarkan Roh Kudus menobatkan orang-orang itu. Bagian kita adalah bersaksi. Kau tidak bisa bertindak sebagai juru selamat, bahkan bagi darah dagingmu sendiri. Bagian Roh Kudus untuk bekerja menobatkannya. Biarkan jalan Tuhan bekerja. Kita harus belajar sama seperti Tuhan. Bencilah orang yang Aku benci, kasihilah orang yang Aku kasihi. Pengajaran seperti ini tidak banyak ingin didengar oleh telinga. Tidak diharapkan, sehingga tidak heran di gereja yang menerapkan pengajaran rasuli, jemaatnya makin susut. Hanya orang-orang yang memiliki kahausan akan firman yang akan bertahan.





AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman