CINTA YANG SEMULA

KASIH YANG MULA-MULA ADALAH IKAT-JANJI
Ketika Yesus diutus ke bumi ini untuk menyelamatkan dosa dunia ini IA menyadari bahwa IA pergi dari sorga ke bumi ini TANPA RETURN TICKET.

Siapa yang bilang IA datang dari sorga dan pasti kembali lagi ke sorga? Belum tentu. Yesus diutus Bapa sebagai manusia biasa seperti kita yang masih bisa tertarik kepada dunia ini.

Filipi 2:7  melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan *menjadi sama dengan manusia.*

*Selama 30 tahun IA betul-betul menjalani hari-harinya seperti kita. Tunduk di bawah otoritas kedua orangtuanya.*

Yohanes 1:29  Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: *"Lihatlah Anak domba Allah*, yang menghapus dosa dunia.

Yohanes Pembaptis memperkenalkan YESUS sebagai Anak domba Allah. Bukan sebagai Mesias, bukan sebagai Anak Allah dan juga bukan sebagai Raja. Inilah pengenalan yang paling akurat.

Filipi 2:8  *Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.*

Anak domba adalah lambang ketaatan mutlak.

APA YANG MENYEBABKAN YESUS BERHASIL? Titik awal keberhasilan Yesus adalah mengosongkan diriNya, merendahkan diriNya seperti Anak domba Allah. Tapi ada lagi hal yang utama dan kita akan temukan alasannya, karena IA LAKUKAN TERUS KASIH YANG SEMULA KEPADA BAPA dalam ketaatan mutlak.*

Wahyu 2:4-5  Namun demikian *Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.*
Sebab itu ingatlah *betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah* dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan *Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.*

*Di Wahyu, YESUS KRISTUS mengingatkan kita untuk TIDAK PERNAH meninggalkan KASIH kita yang mula-mula kepada-NYA.* Begitu besar dan dalamnya kasih yang mula-mula itu di mataNYA. *TUHAN sendiri tidak pernah melupakan kita karena kasih yang mula-mula ini.* TUHAN memegang dan memenuhi semua janji-Nya bukan karena jerih payahmu dan ketekunan mu. Dan bukan juga karena pengorbananmu dan penderitaanmu oleh karena memuliakan nama-Nya. Hei... bukankah IA menjanjikan mahkota untuk pekerjaanmu, penderitaanmu, jerih payahmu demi NAMA-NYA? Di ayat-ayat sebelumnya DIA tahu semuanya itu, tapi karena Anda dan saya telah melupakan KASIH YANG SEMULA apa yang Anda dan saya lakukan semuanya menjadi sia-sia.
Ketika Anda dan saya telah melupakan KASIH YANG SEMULA, kita dianggap dan diperhitungkan sudah GAGAL dan telah JATUH. Tuhan sendiri akan mencabut pengakuan-Nya dan legitimasi kita sebagai gereja-Nya, jika kita tidak bertobat. Kaki dian adalah lambang jemaat.

Wahyu 2:2a-3  Aku tahu segala pekerjaanmu: baik *jerih payahmu maupun ketekunanmu.*
Dan engkau tetap sabar dan *menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah.*

Ingatlah dan selalu ingat untuk mengasihi Tuhan dengan kasih yang SEMULA.

Yeremia 31:3  Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.
Bapa memiliki kasih SEMULA dan itu kekal, sebab IA adalah Bapa yang kekal, Yang Awal dan Yang Akhir.

Dan sekarang IA melanjutkan kasih setia-Nya, tapi tidak pernah IA meninggalkan kasihnya yang SEMULA, yang kekal, yang setia, yang telah memilih kita sejak sebelum bumi ini dijadikan.
Efesus 1:4  Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

*Kasih yang SEMULA bagi orang percaya adalah ketika engkau menerima kasih-karunia-Nya dan pengutusan-Nya menjadi duta-duta kerajaan-Nya; yaitu ketika kau dilahirkan kembali dibaptis dengan air dan dengan ROH Kudus.*

Jadi KASIH YANG SEMULA juga adalah ikat-janji mu dengan YESUS KRISTUS sebagai calon Mempelai Kristus.

Begitu besarnya arti ikat-janji ini. Ikat-janji dilakukan oleh kedua-belah pihak. Tidak bisa sendiri. Tuhan tidak pernah gagal melaksanakan ikat-janji ini. Dari pihak manusia lah yang dapat menggagalkan dan mengaborsi ikat-janji SUCI ini ditengah perjalanan hidupnya.

YESUS juga memiliki ikat-janji dengan Bapa Sorgawi. Lihatlah!
Lukas 3:21-22  Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit
dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: *"Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan." *

Apa yang terjadi di sini? Inilah saatnya misi YESUS sebagai Penebus dosa dunia, bukan sekedar Juru Selamat. Bisa saja Anda dan saya sudah menerima keselamatan (salvation) itu tapi belum sepenuhnya ditebus (redeemed). Anda dan saya sudah dipindahkan dari tempat gelap kepada terang. Sudah dilahirkan kembali sebagai ciptaan yang baru dalam kerajaan-Nya.

1 Petrus 2:9  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:
Kolose 1:13  Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;

YESUS tidak memindahkan kita ke sorga, karena itu bukan misiNya. misiNya adalah mengutus kita ke dalam dunia ini.

Yohanes 17:11, 15-18  Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
*Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia,* tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.
Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.
Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.
Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula *Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;*


IKAT-JANJI DARAH
Namun tujuan utama misi YESUS adalah untuk MATI bagi dosa dunia. DIA menyadari ketika mendengar kata BERKENAN dari Bapa itu artinya adalah KEMATIAN. Itu artinya SALIB. Itu artinya DUNIA ORANG MATI. Itu artinya NERAKA. Itu artinya pengkhianatan. Itu artinya PENOLAKAN. Itu artinya KUTUK DOSA. Itu artinya MAUT. Semua itu tidaklah menggentarkan hati YESUS karena ikat-janji Nya dengan Bapa. Hanya satu-satunya hal yang menggoncang-goncangkan hatiNya yaitu TERPISAH DARI BAPA. Itu yang membuat darah keluar dari pori-pori NYA ketika berdoa di Taman Getsemani.
Lukas 22:44  Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.

*Ikat-janji YESUS-BAPA adalah ikat-janji darah.*
Lukas 22:20  Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.

Yohanes 17:4  Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

YESUS melaksanakan ikat-janji Nya dengan menyelesaikan pekerjaan yang Bapa berikan. Dan saat Dia sudah menyelesaikannya itulah saat memuliakan Bapa dan menerima kemuliaan Bapa.

*Ada banyak persamaan antara ikat-janji YESUS-BAPA dengan ikat-janji YESUS-KITA.*
1. Dasar yang dipakai KASIH Yang SEMULA
2. Memikul Salib
3. Domba
4. Dipilih, diurapi Roh Kudus
5. Diutus ke dalam dunia

MENGHORMATI IKAT-JANJI
Sebagaimana YESUS telah SELESAI melaksanakan ikat-janji Nya dengan Bapa, DIA juga menghendaki kita sebagai umatNya yang telah ditebus untuk melaksanakan ikat-janji kita dengan Nya sampai tuntas.

Inti daripada mengikuti Yesus adalah rela berkorban.
Matius 10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya (bukan salib Kristus) dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Bagaimana kita mengenal Yesus Kristus? Bagaimana responmu terhadap ikat-janji ini? Ketika Yesus sebagai Anak Domba ALLAH yang sudah tersembelih itu mengingatkanmu akan KASIH YANG MULA-MULA itu? Ketika IA mencari imanmu itu sebenarnya IA mencari kasih yang mula-mula itu.

Masihkah Anda dapat mengasihiNya ketika Anda diberi peran sebagai Lazarus yang makan dari remah-remah si kaya?

Masihkah Anda bersyukur ketika usahamu bangkrut dan istrimu meninggalkanmu?

Ayub tidak pernah bersungut-sungut dan tidak pernah mengucapkan kata yang salah terhadap TUHAN di dalam segala penderitaannya, padahal dia tidak berbuat salah. Dia tetap menjaga kesalehan, kejujuran, takut akan Tuhan dan menjauhi kejahatan.

Apakah Anda masih berusaha dan menanti-nantikan Yesus lewat dan berusaha menjamah ujung jubahNya seperti perempuan dengan pendarahan selama 12 tahun itu?

Jujur lebih mudah mengatakannya daripada mengalaminya sendiri. Hanya dengan penyerahan penuh kepada Roh dan tetap mengingat kasih yang mula-mula, menghormati ikat-janji kita dengan Tuhan maka kita dimampukan untuk apa pun yang Tuhan kehendaki.

*Jangan mengasihi Tuhan karena apa yang diberikan dan dikerjakanNya untukmu.* Itu akan menjadi batu sandunganmu sendiri. Jangan mengukur kasih Tuhan dan perkenananNya dengan berkat-berkat yang kau terima. Itu menempatkan dirimu sendiri di tepi jurang.

*Kasih dan Perkenanan Bapa untuk Yesus memulai misiNya sampai mati di kayu salib.* Jadi kasih dan perkenananNya harus kita dapatkan bukan untuk memperoleh berkat-berkat, tapi supaya kita layak menjadi alatNya yang menyelesaikan misiNya.

Matius 6:8  Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena *Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.*

Roma 12:2  *Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini," tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kasihi Yesus mu karena Dia ADALAH Anak Domba ALLAH Yang Sudah Disembelih. Anak domba tidak bisa melawan dan hanya TAAT. Kasihi Yesus karena Dia layak.

Ingatlah ini. *TUHAN memegang dan memenuhi semua janji-Nya bukan karena jerih payahmu dan ketekunan mu, bukan pelayananmu, bukan pengorbananmu dan penderitaanmu, bukan perpuluhanmu, bukan berapa banyak jiwa yang sudah kau layani, tapi oleh karena Dia ingat KASIHMU YANG MULA-MULA itu. Dia menghormati ikat-janji Nya dengan kita.*


With blessings

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman