SIKLUS FIRMAN

DIMENSI FIRMAN DAN PERLAKUAN FIRMAN DI DALAM (INNER SPIRIT being)
-
Mari kita kembali ke Firman itu untuk melihat kembali dan menyegarkan jiwa kita akan Firman. Tujuannya adalah supaya firman itu benar-benar bisa bekerja efektif dalam hidup kita.

Saya ingin kaitan bagaimana kita memperlakukan firman di dalam roh kita. Jadi ini adalah firman yang sudah ada di dalam manusia roh kita (inner side of our spirit being).
Persoalannya adalah di mana-mana orang mengambil benih itu untuk kehidupannya sendiri, sehingga kerajaan sorga terabaikan. Padahal siklus dari benih Kerajaan sorga itu tidak boleh terputus, sampai kerajaan itu nyata di bumi ini. (Yes 55:10-11).
 
Kalau kita bicara tentang Firman ini berarti ada Roh yang menyertai kemana pun firman ada.
Tuhan sedikit menjelaskan kepada saya, bahwa firmanNya itu berfungsi seperti cairan infus bagi manusia roh kita, sebab dikatakan: manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.

(Deuteronomy 8:3)  Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.

Untuk informasi saja, dalam dunia medis ternyata ada 15 jenis cairan infus dengan masing-masing manfaatnya. Misalkan untuk dehidrasi, shok (kasus deman berdarah), dehidrasi akut (akibat luka bakar), cairan elektrolit untuk pengganti asupan oral (makanan), untuk bayi yang lahir prematur, atau berupa cairan koloid dengan molekul besar (sehingga tidak menembus membran kapiler) untuk mengisi cairan intravaskuler, dll.  


Heb 3:15   "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman.

Hati adalah kelenjar terbesar di dalam tubuh. Pada orang dewasa berat hati rata-rata 1,4kg.  Hati berfungsi membersihkan,  memproduksi berbagai senyawa dan mengedarkan senyawa-senyawa itu (nutrisi, enzim, etc) ke dalam darah. Jika hati menjadi keras (hepatitis), maka hati tidak bisa menjalankan fungsinya.
Mudah-mudahan kita bisa mengerti cara kerja bagaimana firman itu bekerja di dalam manusia roh kita, membersihkan, menyegarkan, menyembuhkan, memulihkan, memberikan nutrisi, memberikan kekuatan, memberikan kemauan, membangun, memberikan kekekalan, dlsb .

Sekarang mari kita lihat lagi beberapa dimensi firman dan perlakuan kita terhadap Firman.
Dua jenis firman:
1. Firman seperti roti
2. Firman sebagai benih
Perlakuan Firman Oleh Yakub
(Genesis 28:20)  Lalu bernazarlah Yakub: "Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai….
Lihat sikap manusia lama kita mirip dengan manusia lama Yakub. Ia telah menerima firman-Nya dalam bentuk mimpi di Betel. Ia melihat ada tangga dari bumi dan sorga, dan malaikat-malaikat beraktivitas.
Responnya terhadap firman yang dia terima: Yakub masih mengutamakan berkat jasmani "roti untuk kumakan dan pakaian untuk dipakai." Jadi dia memakai firman itu seluruhnya bagi kepentingannya, bagi hidupnya sebagai berkat jasmani.
Ia belum mengijinkan Tuhan berdaulat atas hidupnya, kecuali Tuhan memberkati dia dulu, barulah...kau Tuhan Allah kakekku, Allah bapaku, akan menjadi Tuhan Allahku.
Kejadian 28:21  sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku.
SIKLUS FIRMAN
(Isaiah 30:23)  Lalu TUHAN akan memberi hujan bagi benih yang baru kamu taburkan di ladangmu, dan dari hasil tanah itu kamu akan makan roti yang lezat dan berlimpah-limpah. Pada waktu itu ternakmu akan makan rumput di padang rumput yang luas;

2Co 9:10  Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu;
Roti boleh kau makan dan nikmati. Tapi benih harus bisa kau lipatgandakan dan menumbuhkan buah-buah kebenaran.

FIRMAN SEBAGAI BENIH Mat 13:37-43
1. Firman itu adalah benih kebenaran yang baik, yang ditaburkan (sow)
2. Penaburnya adalah Anak Manusia;
3. Firman itu memiliki siklus: benih, tanaman dan tuaian.
4. Firman itu menguji hati manusia / anak-anak kerajaan
5. Kerajaan sorga diumpamakan seperti sebuah benih, tapi ia bisa bertumbuh menjadi pohon dan berbuah. Siklusnya tidak pernah berakhir. Sebagian untuk kita makan, sebagian untuk di tanam lagi, sehingga tumbuh lebih banyak lagi.
6. Walau pun kita yang menerima benih itu, menumbuhkannya, menghasilkan buah-buah, dst.; tujuan benih itu diberikan bukan untuk kita, tapi bagi kepentingan Kerajaan sorga, bagi kemajuan Kerajaan Sorga. Bonusnya boleh kita makan dan pergunakan. Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semua akan ditambahkan kepadamu.

7. Existensi Kerajaan sorga.
Sama seperti Tuhan memberkati, menyembuhkan, mengusir roh jahat, membuat kita sukses adalah untuk tujuan KerajaanNya. Semua itu untuk meng-konfirmasi kepada dunia bahwa KerajaanNya sudah datang.
8. Kerajaan sorga itu sendiri akan diberikan kepada kita. Jadi, firman yang kita ambil itu adalah mengubahkan hidup kita menjadi anak-anak kerajaan. Terlahir dalam kerajaan artinya masuk dalam aspek supranatural, pertumbuhan yang tanpa batas. Anda dan saya akan masuk pada level-level yang belum pernah kita temui selama ini. Artinya kita mulai bisa menjamah dimensi roh, sebab Firman dan Roh akan selalu bekerja sama mewujudkan tujuan Tuhan.                        
God is making all things new, He is not making all new things.”                     
Eventhough God had ended His work of creation things, but He never stop working in you His dear ones.
 diambil dari buku ps Djonny Tambunan: Church Manifestation of God’s seed -

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman