Restorasi Jiwa

PEMULIHAN JIWA

gambar: pinterest.com
Apa yang menempatkan kita pada posisi yang menyebabkan Tuhan perlu memulihkan jiwa kita (restore our soul)?

Dunia ini bukanlah tempat yang mudah, bukan?

Kesedihan. Patah hati Kerugian.
Kebingungan. Ketidakpastian. Perubahan.
Rasa sakit. Sakit Penyakit.
Kerusuhan. Perang. Kelaparan.
Kehilangan pekerjaan Frustrasi. Kekecewaan.
Serangan musuh. Pengkhianatan. Takut.
Dosa. Penghancuran. Kejahatan.

Jiwa Yatim Piatu - Berarti Tidak dalam hubungan dengan Penciptanya.

Kis 3:19-20  Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,
agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diperuntukkan bagimu sebagai Kristus.

Kita telah mengganti jiwa kita dengan diri sendiri (self).

Dua penghalang (pemulihan) jiwa – Tinggi Hati, Kekhawatiran.


Bagaimana Tuhan memulihkan jiwa kita?

Mudah? -  Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan." Matius 11:30

Keutuhan Jiwa (apa yang Tuhan lakukan melalui Yesus)

* Bagaimana Tuhan Memulihkan Jiwa kita*

Bagian kita dalam Memulihkan Jiwa kita.

Terhubung - Mengikutsertakan – Memimpin
(Connect – Engage – Lead)

Terhubung dengan firman yang mendatangi kita. Firman akan mengikutsertakan kita jika kita percaya. “Jadilah padaku menurut perkataanMu.”  Biarkan firman memimpin kita. Berserah atas pimpinan firman kemana ia membawa kita dan menjadikan kita sesuai dengan tujuanNya.

Jangan hanya menjadi pendengar. Dia mencari pengikut.

Yeremia 30:17  Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu (restore health to you), Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorang pun menanyakannya.

Luka-luka:

Kesedihan. Hancurhati. Kerugian. Kebingungan. Ketidakpastian. Perubahan.  Rasa sakit. Sakit Penyakit.
Kerusuhan. Perang. Kelaparan.
kehilangan pekerjaan. Frustrasi. Kekecewaan. Serangan musuh. Pengkhianatan. Takut. Dosa. Kehancuran. Kejahatan.

Yoel 2:25-26  Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.  Maka kamu akan makan banyak-banyak dan menjadi kenyang, dan kamu akan memuji-muji nama TUHAN, Allahmu, yang telah memperlakukan kamu dengan ajaib; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya.

Mazmur 51:12  Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari pada-Mu, dan lengkapilah aku dengan roh yang rela!

Yesaya 61:7  Sebagai ganti bahwa kamu mendapat malu dua kali lipat, dan sebagai ganti noda dan ludah yang menjadi bagianmu, kamu akan mendapat warisan dua kali lipat di negerimu dan sukacita abadi akan menjadi kepunyaanmu.

Kis 3:19-20  Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,
agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus.

Ayub 42:10  Lalu TUHAN memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu.

Untuk masuk ke dalam proses restorasi mengharuskan kita untuk mulai melihat dan menyebutkan kerusakan jiwa kita sendiri.

Roh Kudus adalah agen perubahan kita. Dia bekerja dengan berbagai cara. Seringkali, Dia bekerja melalui orang lain yang dapat membantu kita menyebutkan kerusakan dalam jiwa kita.

Kita sering belajar menggunakan mekanisme pertahanan seperti penolakan, minimisasi, kompartementalisasi, rasionalisasi, dan cara mengatasi lainnya, untuk menghindari kebenaran kerusakan dalam jiwa kita sendiri.

Namun Tuhan mengundang kita ke dalam proses pemulihan. Memulihkan apa yang telah hilang dari rancangan aslinya untuk semua umat manusia, secara umum, dan apa yang telah hilang di dalam hati kita, khususnya.

Tuhan ingin jiwa kita dipulihkan, maka kita harus bisa mulai memperhatikan apa yang sedang terjadi di dalam jiwa kita. Jiwa kita berbicara kepada kita melalui reaksi mereka. Depresi, kecemasan, penyesalan, inferioritas, keputusasaan, kecanduan, ketidakpuasan, kemarahan ... jiwa berbicara. Masalah kita adalah kemampuan dan / atau keinginan untuk mendengarkan.

Saat kita membuka diri terhadap pekerjaan Tuhan di dalam jiwa kita, kita membuka hati kita lebih lebar daripada sebelumnya. Pembukaan semacam itu sangat penting bagi pemulihan jiwa kita.

Dan sama seperti saya membencinya, rasa sakit dan penderitaan digunakan (tidak disebabkan) oleh Tuhan untuk membuka jiwa kita, membiarkan rasa sakit tumpah keluar, membawa kita ke akhir rencana kita yang rapi, membawa kita pada kegagalan cara berfungsi kita, membawa kebenaran kepada kerusakan di jiwa kita ke permukaan sehingga kita bisa melihatnya, menyebutkannya, dan masuk ke proses restorasi atau pemulihan.

Lembah-lembah dengan bayang-bayang kematian, kehadiran kejahatan, gada dan tongkat Tuhan, meja di hadapan musuh-musuhku ... ini bukan gambaran yang jinak. Mereka membangkitkan teriakan di dalam diriku, "TIDAK! Saya tidak menginginkan jalan ini! "Saya merasa ingin mengatakan kepada Tuhan bahwa jiwa saya baik-baik saja seperti apa adanya, terima kasih banyak.

Tapi Dia mengajak saya untuk berjalan melalui tempat-tempat ini karena di tempat-tempat yang membingungkan dan gelap, saya menemukan kebenaran tentang diri saya dan siapa yang Tuhan inginkan saya jadinya. Di tempat-tempat yang hebat ini, saya diundang untuk menemukan kebenaran kondisi jiwaku dan membiarkan Tuhan membawa tingkat pemulihan baru ke dalam jiwaku.



AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman