YESUS INGATLAH AKAN AKU

KUASA DARI INGAT-INGATAN

Kejadian 8:1 *Maka Allah mengingat  Nuh* dan segala binatang liar dan segala ternak, yang bersama-sama dengan dia dalam bahtera itu, dan Allah membuat angin menghembus melalui bumi, sehingga air itu turun.

Ada hal yang aneh dari ayat 1 di atas: Allah mengingat Nuh…. Bagaimana mungkin Allah bisa melupakan dan mengingat Nuh kembali?  Mustahil Allah bisa lupa. Bagaimana mungkin Tuhan melupakan keberadaan Nuh dan keluarganya tengah terombang-ambing dalam bahtera setelah  150 hari lamanya?


Gbr: Trinity Lutheran Church


Tapi ayat ini memberitahukan kepada kita, bahwa Tuhan selalu mengingatkan diri-Nya sendiri. Tidak ada seorang pun bisa mengingatkan dan memberikan nasihat kepada Allah.

Kejadian 8:21 *Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya:* "Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan. 8:22 Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam."

Ayat 21, *Allah berfirman dalam hati-Nya…. Artinya IA mengingatkan diri-Nya sendiri*  ketika  Tuhan mencium persembahan yang harum itu.  Apa yang Tuhan ingat? IA ingat persembahan Habel. IA ingat bagaimana darah Habel berteriak dari tanah.  Tuhan ingat bagaimana IA turun ke bumi dan bercakap-cakap dengan Adam. IA ingat ketika berjalan-jalan di Taman Eden bersama-sama dengan Adam ketika hari petang.  IA ingat akan rencana kekekalan-Nya. Setelah mengingat-ingat akan hal-hal itu timbullah KASIH-NYA yang kekal kepada buatan tangan-Nya sendiri. Semua itu mengubahkan pikiran dan pandangan-Nya sendiri,  sehingga IA berkata:  : "Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya…”

Abraham belum mempersembahkan korban seperti yang diminta Tuhan... supaya mempersembahkan Ishak, anaknya yang tunggal.  Walau pun Ishak belum diapa-apakan….* Tuhan ingat….Anak-Nya yang tunggal*, sehingga Tuhan menerima persembahan Abraham sebagai kebenaran.
Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah,  dan *engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku*.  Kejadian 22:12

Salah seorang penyamun yang bersama-sama Yesus di atas kayu salib hanya minta Yesus untuk mengingatnya:"Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja." Lukas 23:42

Apa jawaban Yesus untuk merespon permintaannya untuk mengingat dia?

Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus Lukas 23:43

*Seolah-olah Yesus berkata, jangan takut, kamu tinggal terima beres saja!*

Jemaat Efesus adalah jemaat yang luarbiasa. Oleh mereka semua orang di Asia kecil telah mendengar Injil. Tapi di kitab Wahyu Tuhan mencela  mereka.

Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula. Wahyu 2:4

Tuhan sangat menghargai ingat-ingatan kita terhadap Dia, terhadap perjumpaan pertama dengan-Nya.



*Bagaimana kita bisa membuat Tuhan selalu mengingat-ingatkan diri-Nya dan mengingat keberadaan saudara dan saya? Kita harus dapat menjamah hati Tuhan. Kita harus memiliki gambar dan rupa Allah sesuai dengan tujuan dan rencana kekekalan Allah. *

Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia  menurut gambar dan rupa Kita…

Tuhan bermaksud menjadikan manusia menurut gambar dan rupa-Nya.  Tetapi iblis mengintervensi rencana Tuhan.

Kejadian 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, MENURUT GAMBAR ALLAH diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Di Kej 1:27 Allah menciptakan manusia menurut gambar-Nya…. Ini BARU SEPARUH JALAN dari rencana Allah.  Manusia belum dijadikan Tuhan menurut gambar dan rupa Kita…

Kejadian 9:6 Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia , *sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.*

*Gambar = likeness, image = kemiripan secara bentuk; Gambar Allah ini mengandung kesamaan secara: fisik ilahi (memiliki telinga, mata, mulut), roh, kemuliaan, kekekalan.*

*Rupa = likeness, manner  = kemiripan secara karakter dan sifat*

Iblis mengintervensi rencana Tuhan di Taman Edan dan menghilangkan kemuliaan dan kekekalan yang merupakan bagian dari gambar yang Tuhan berikan ketika Allah membuat manusia. 

Sebagai mahkluk ciptaan baru kita telah dilahirkan kembali menurut gambar-Nya, tapi kita belum selesai dijadikan oleh Roh Kudus supaya mengambil RUPA Yesus Kristus.

2 Korintus 3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan  dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka *kita diubah menjadi SERUPA DENGAN GAMBAR-NYA*, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Kemuliaan = doxa  =  makhluk sorgawi yang mulia

PANGGILAN KEPADA SETIAP ORANG PERCAYA ADALAH SUPAYA MENJADI SERUPA DENGAN ANAK-NYA.

Roma 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula *untuk menjadi SERUPA dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.* 

Bapa menginginkan SEKARANG supaya kita menjadi SERUPA dengan GAMBAR Anak-NYA. to be CONFORMED to the IMAGE of His Son. Rencana Allah boleh saja telah diintervensi oleh setan, tapi Firman Nya tidak akan gagal. Bapa melanjutkan kasih setiaNya, sehingga walaupun Adam pertama gagal, maka Yesus Kristus orang Nazareth itu berhasil melaksanakan kehendak Bapa! Itu karena Yesus Kristus adalah Firman yang menjadi manusia. Firman tidak pernah gagal! Yesus melanjutkan tujuan daripada penciptaan. Sekarang Roh Kudus melaksanakan apa yang Yesus Kristus mulai dan selesaikan yaitu menampilkan dan menyatakan RUPA ALLAH kepada mereka yang percaya kepada Nya. 


For those whom He FOREKNEW He also PREDESTINED to be CONFORMED to the image of His Son, so that He might be the FIRSTBORN among many brothers and sisters.
For those whom He predestined, He also called; and those whom He called, He also JUSTIFIED; and those whom He justified, HE ALSO GLORIFIED!

Kita tidak akan sanggup menjadi serupa tanpa pertolongan Roh Kudus.

Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi *kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu.*

Karya Yesus Kristus menyebabkan Roh Kudus turun ke atas kita dan kuasa Roh Kudus lah yang akan menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Tuhan.

*Kita harus mengijinkan dan memberikan ruang gerak yang sebebas-bebasnya buat Roh Kudus sehingga karyaNYA nyata atas hidup kita hingga kita diubahkan.*


Ketika Tuhan melihat orang-orang percaya sudah menjadi serupa dengan Anak-Nya, kita tinggal terima beres saja. Tuhan akan mengingat kita yang sedang diombang-ambingkan  oleh keadaan pada akhir zaman ini. Bersyukurlah kita ada di dalam bahtera Nuh, yaitu di dalam rencana kekekalan Tuhan.  

Dia akan segera mengeksekusi bagian terakhir dari rencana-Nya. 



"Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia.”  Matius 24:7


Semua itu bukan karena kita yang berusaha dengan kekuatan kita, tapi Tuhan dengan segala kedaulatan dan kekuasaan-Nya sendiri akan bertindak menurut rencana-Nya, keputusan-Nya, menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya! Dia akan memulihkan segala sesuatu sebelum kedatangan Anak Manusia untuk kedua kalinya.



Kita harus selalu hadir di dalam hadirat Tuhan, menghampiri tahta-Nya, jika kita ingin Dia selalu mengingat-ingat keberadaan kita dan mendapatkan pertolongan kita pada waktu kesesakan. Mungkin kita sedang terombang-ambing, dalam kebingungan, dalam kesakitan, dalam penderitaan, dalam ujian dan pencobaan, dalam kelemahan, dalam keputus-asaan.  Dia sanggup mengubahkan keadaan, memulihkan dan menyembuhkan kita menjadi sesuai dengan gambar dan rupa-Nya.



Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. Ibrani 4:16


Amin.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman