Upper Room 49 – DR. Jonathan David

Bagaimana memiliki kuasa mengakhiri dengan kuat?(bagian 2)

Kita sedang dipersiapkan di Upper Room untuk menerima pencurahan Roh Kudus terakhir. Israel akan tau Dia adalah Tuhan dan Kristus. Ketika Dia ditinggikan adalah permulaan Kerajaan yang rohani. Kita sedang berjalan untuk menyelesaikan garis akhir. RK akan membawa kita ke level yang baru.

1.     Siapa kau?

Ini bicara tentang identitas kita dalam Kristus. Kita dari Allah. Kita mengalahkan dunia. Tuhan akan tunjukkan siapa kau dalam Kristus. ini pondasi untuk masa depan. Izinkan Tuhan bicara ke dalam hatimu dan ke dalam emosimu. Roh Kristus

2.     Di mana kau?

Ini posisi rohani, bukan status.

3.     Ke mana kau pergi?

Mat 16:... Siapa Aku? Kau Kristus Anak Allah yang hidup? Aku akan mendirikan.. Kepadamu kuberikan kunci. Apa yang kau ikat dan lepaskan. Ini tentang pewahyuan dari Bapa. Lebih baik miliki hubungan dengan RK supaya kita jadi pemenang. Harus ada Roh pewahyuan. Elisa memanggil hambanya, Gehazi. Kemana kau? Saya tidak ke mana-mana. Ada banyak orang yang seperti Gehazi (hamba). Kau harus percaya dan punya tujuan yang memanggil kita. Destiny is calling us. Kita harus mengikuti kehidupan yang ditunjukkan RK, supaya kita bebas dari dosa dan kematian.

4.     mengetahui keadaan dan situasi.

Ini kepekaan rohani dan tentang teritorial kita. Apa yang jadi keadaan kita. Yer 3:15-17.  Nehemia harus tau keadaan yang terjadi dan dia mendapatkan strategi yang berhasil. Kita tidak bisa dikalahkan. Itu bukan rencana Tuhan. Jadi kau harus tau situasi dan keadaan dengan kepekaan roh. Kau harus tau teritorialmu. Ada pemilik, ada penyewa. Tapi kita adalah anak-anak dari Allah yang hidup. Orang jahat akan semakin jahat dan orang benar semakin benar.

5.     ketahui apa penyediaan Tuhan.

Ada penyediaan melimpah dan tidak terbatas. Itulah tempat menghasilkan uang di tengah-tengah kekacauan. Kau harus tau penyediaan Tuhan.

6.     mengetahui perkenanan Tuhan dalam hidupmu.

Ketahui rahasia hadirat-Nya. Kita harus tau dimensi ini sebelum kita alami masa depan. Di mana banyak orang mencintai diri sendiri. Roh kita ditetapkan untuk Tuhan dan kita akan lihat perkenanan Tuhan  Neh 1:11.

Neh 1:11 Ya, Tuhan, berilah telinga kepada doa hamba-Mu ini dan kepada doa hamba-hamba-Mu yang rela takut akan nama-Mu, dan biarlah hamba-Mu berhasil hari ini dan mendapat belas kasihan dari orang ini." Ketika itu aku ini juru minuman raja.

Roh Tuhan ada atas hidupmu dan perkenanan Tuhan ada dalam hidupmu. Kau akan jadi perhatian orang-orang dan raja. Setan tidak berkuasa atas hidupmu. Kau tidak tersembunyi, tapi dilindungi Tuhan dengan sayap-Nya.

Mat 6:9  Berdoalah demikian, ‘Bapa kami yang di surga, Dikuduskanlah nama-Mu.  10  Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga. 11  Berikanlah kami, pada hari ini, makanan kami yang secukupnya. 12  Dan, ampunilah kesalahan-kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang-orang yang bersalah kepada kami. 13  Dan, janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat. Karena Engkaulah Sang Pemilik Kerajaan, dan kuasa, dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.’* {Karena … Amin — Diambil dari beberapa salinan Yunani. }  14  Karena jika kamu mengampuni kesalahan-kesalahan orang lain, Bapa surgawimu juga akan mengampunimu.

Hadirat Tuhan melindungi kita. Yang pertama adalah hubungan dengan Bapa, supaya cara pandang kita bersih seperti Yesus. Dia tidak mengambil kemuliaan Tuhan. Faktor hubungan itu harus mengubah hidup, sampai Bapa nyatakan diri-Nya kepada kita.

Yoh 1:14 AYT Firman itu telah menjadi daging* {menjadi daging — artinya menjadi manusia.} dan tinggal di antara kita. Kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan Anak Tunggal Bapa, penuh dengan anugerah dan kebenaran. 15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dengan berseru, "Inilah Dia yang kumaksudkan saat aku berkata, ‘Sesudah aku, akan datang Dia yang mendahului aku karena Dia ada sebelum aku.’"  16  Dari kepenuhan-Nya, kita semua menerima anugerah demi anugerah.  17  Sebab, Hukum Taurat diberikan melalui Musa; tetapi anugerah dan kebenaran datang melalui Yesus Kristus. 18  Tak seorang pun pernah melihat Allah, tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, menyatakan-Nya.

Yesus menerangkan dan menjelaskan Bapa. Kita bukan ciptaan-Nya saja, tapi menjadi anak. Firman menjadi daging dan kemuliaan-Nya. Banyak hal yang kita tau, bagaimana hal ini terjadi. Oleh karena anugerah. Kita terima banyak impartasi yang supra-natural dan kita bisa lakukan terus.

7.     mengetahui siapa mitra dan teman sekutumu.

Ini mitra mencapai destiny. Kau harus tau siapa mereka, jika tidak kau akan kehilangan destinymu. Siapa temanmu, siapa musuhmu? Siapa musuh salib? Destinymu dipengaruhi oleh orang-orang itu. Orang-orang benar harus membawa kita kepada tujuan yang jalan. Banyak orang yang kehilangan jalannya dalam kemitraan yang salah dan keluar (aborsi) dari destiny.

Kej 13: 6  Akan tetapi, tanah itu tidak lagi cukup menampung mereka untuk hidup bersama-sama; harta mereka sangat banyak sehingga mereka tidak lagi dapat bersama. 7  Saat itu juga ada perselisihan di antara gembala-gembala yang menjaga kawanan ternak Abram dan para gembala yang menjaga ternak milik Lot. Pada masa itu, bangsa Kanaan dan bangsa Feris juga tinggal di tanah itu. 8  Maka, Abram berkata kepada Lot, "Sebaiknya, jangan ada pertengkaran antara kamu dan aku, atau antara gembala-gembalamu dan gembala-gembalaku sebab kita adalah keluarga.

Terjadi perpisahan. Sekali pun Lot kerabatnya.  Mereka tidak akan mencapai destiny bersama. Hidup dan destiny kita ada di tangan Tuhan, tapi Dia yang memilihkan siapa sekutu kita. Serahkan hidup kita kepada Kristus dan kepada masyarakat supaya kita alami hari-hari sorga di bumi. Dan mereka akan melihat kemuliaan Tuhan. Jadi kau tidak perlu takut.

Ketika kau berpisah, kau akan ikuti hatimu. Apa yang ada di hati Lot lebih jelas. Ketika Lot dan Abraham ke Mesir apa yang terjadi? Mereka sudah melihat negeri yang penuh susu dan madu, tapi Lot melihat pengalaman ke Mesir. Kau tidak bisa bersama orang itu, karena motivasi dan hati orang berubah. Mulai terjadi perkelahian. Lot memilih sendiri. Orang yang bersamamu harus membawa ke hal yang luarbiasa.

Ay12. Sodom dan gomora di mata Lot itu seperti Mesir.

Ay14. Tuhan memperjelas penglihatan Abraham dan mengokohkan janji-Nya. Lot di sisi lain, dia tercuri.

1Taw 12:1 Inilah orang-orang yang menghadap Daud di Ziklag selagi ia menyingkir dari hadapan Saul anak Kish. Orang-orang itu adalah pahlawan-pahlawan yang membantunya dalam peperangan.  Daud memiliki orang-orang yang membantunya. Sebelumnya orang-orang bermasalah bergabung dengannya, mereka menjadi pahlawan-pahlawan.

Orang-orang yang bergabung dengan Saul juga orang baik, tapi mereka disedot kehidupannya.

Jemaatmu harus mendengar suaramu. Hari demi hari orang datang kepada Daud membawa kerajaan Tuhan.

1 Taw 11:21  Mereka ini membantu Daud melawan gerombolan, sebab mereka semua adalah pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa dan kepala dalam tentara. 22  Dari hari ke hari orang datang kepada Daud untuk membantu dia sehingga mereka menjadi tentara yang besar, seperti bala tentara Allah. 23  Inilah jumlah pasukan bersenjata untuk berperang yang datang kepada Daud di Hebron untuk menyerahkan jabatan raja dari pada Saul kepada Daud, sesuai dengan titah TUHAN.

Kenapa tujuan kita terhilang? Karena salah memilih sekutu. Gereja berhasil jika pemimpinnya benar. Mereka akan melihat Tuhan. Allah adalah Allah yang menghanguskan. Hebron artinya tempat persekutuan. Ada urapan. Hubungan yang intim. Semua datang mengurapi Daud. Perkataan profetik itu membuat kau tetap dalam destiny. Itu membuat orang-orang benar bergabung. Tuhan mengutus mereka. Yesus berdoa, berterimakasih kepada Bapa, orang-orang yang diberikan Bapa kepada-Nya.

1 Taw 3:10  Inilah kepala-kepala para pahlawan yang mengiringi Daud, yang telah memberi dukungan yang kuat kepadanya, bersama-sama seluruh Israel, dalam mencapai kedudukan raja dan yang mengangkat dia sebagai raja, seperti yang difirmankan TUHAN mengenai Israel.

Mereka datang kepada Daud. Tentara datang. Kerajaan datang. Ada berkat yang luarbiasa dari orang-orang yang bersekutu, yang menolong kita.

8.     Ketahui siapa musuhmu.

Ini peperangan rohani. Membangun tembok2. Peperangan itu di alam sorga meruntuhkan benteng2, menghancurkan peninggian diri dan tidak mengakui Tuhan.

Ef 6:10 Akhirnya, jadilah kuat dalam Tuhan dan dalam kuat kuasa-Nya.

Untuk kuat dalam Tuhan kita terima otoritas. Kita tinggal dalam kekuatan roh-Nya. Dalam roh kehidupan. Kau dikuatkan manusia batinmu.

Ef 3:16  Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, 17  sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. 18  Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus,

Jangan biarkan hidupmu menjadi rentan. Apa tentang uang, pernikahan, pelayanan atau apa pun yang kau lalui. Jagai area hidupmu jangan terekspose musuh.

Ef 6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; 12  karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. 13  Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

 

Ef 1:19 dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, 20  yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga,

Inilah kekuatan kuasa-Nya, tentang perlengkapan dari RK. Di dalam Kristus dan oleh Kristus.

Ef 1:21 jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang.

Kita dilahirkan untuk menang dan bangkit. Kita akan lebih mudah, karena setan diekspose dan mengekpose dirinya. Kau akan meningkat dalam pengaruh teritori. Tuhan akan lebih lagi bekerja dalam hidup kita.  Kerajaan penguasa. Musuh itu jauh di bawah, kita jauh di atas.

9.     bagaimana membawa beban Tuhan di hati kita.

Ini tentang misi dan prioritas dari tujuan.

Neh 1:4 Ketika kudengar berita ini, duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit,

Tuhan berikan kapasitas untuk membawa beban dari Tuhan. Ada seruan hati Tuhan bagi orang yang tidak punya gembala di luar sana yang sedang menuju neraka. Tuhan tidak pernah merencanakan neraka bagi mereka. Tuhan akan tunjukkan kau tangan-Nya, kuasa-Nya. Apa yang tidak mungkin, jadi mungkin bagi yang percaya. Kau harus bawa beban Tuhan di hatimu.

Rom 8:26-28

26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. 27  Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. 28  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Mujizat akan jadi hal yang biasa di setiap area. Dia bawa kuasa kebangkitan itu, bahwa Dia hidup selamanya.

Allah membawa kita untuk tujuan. Bukan hanya kita mengeluh / mengerang. Kita dan mereka ditahlukan, diperbudak.

Tapi: Ada pola untuk mendatangkan mujizat. Roh kudus menolong kelemahan kita, bukan dosa kita. Dia tolong kau berdoa dan apa yang di doakan. Ada dimensi roh masuk dalam hidupmu dan melatih kita berdoa dalam roh. Kau belajar melahirkan yang segar dalam hidupmu. Kau akan dapat konfirmasi dan melihat benih itu sesuai kehendak Allah. Bahasa roh kita semakin kuat dan kau akan lihat jawaban Tuhan. (dia bawa kita ke sungainya Allah, menerima impartasi dengan cara yang segar, dst.)

Hari-hari sorga itu akan dimulai. Kau akan masuk UR, tahta dan ruang maha kudus. Kau akan miliki pintu masuk ke orang maha kudus. Pintu itu terbuka untukmu. Tuhan berikan pintu masuk ke ruang maha kudus. Rk akan berikan pada waktunya. Apa yang diperlukan untuk kita ke sana. Tidak akan jadi natural lagi. Keintiman dengan RK akan jadi kekuatan kita. Kita akan seperti singa, tidak bisa diintimidasi lagi. Kau akan berjalan melewati semua. Kalau Tuhan bersama kita siapa lawan kita? Di hari mendatang kita lebih kuat dan lebih lagi dengan sumber2 yang luarbiasa. Hal kecil yang kita lakukan, tapi banyak hal terjadi. Kau akan naik ke level berikutnya. Jangan tinggal di domainmu saja, pengaruhi domain yang lain. Ada urapan yang geografis. Samuel berdoa, Tuhan bicara seperti petir. Batu belerang menghancurkan musuh. Orang israel menyuruh samuel terus berdoa, karena mereka tau ada perlindungan Tuhan ketika Samuel berdoa.

Amin.

 

Impresi dan pesan-pesan yang saya dapatkan:

 

Saya bukanlah sekedar menjadi mahluk hidup (Kej 2:7), tapi menjalani hidup oleh karena  Roh Tuhan ada pada saya dan nafas Yang Mahakuasa menjadi alasan saya menjalani hidup ini.

Ayb 33:4 Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.

Tuhan tidak pernah takut dan khawatir tentang hidup saya yang sekarang, jadi mengapa saya harus takut dan khawatir? Mengapa saya teralihkan dengan keadaan saya dan keluarga saya? Mengapa hanya sejauh itu pikiran saya? Hanya takut dan khawatir? Hanya tentang keluarga sendiri? Kalau saya tetap begitu saya tetap hidup dalam kebodohan dan belum bisa keluar dari sistem dunia ini.

Apa maksud teralihkan? Bahwa jika saya tidak fokus lagi dari Firman dan penyembahan saya itu artinya saya teralihkan. Teralihkan dari tujuan Tuhan untuk menjadikan saya seperti kehendak-Nya. Kehendak-Nya supaya saya bisa mengekspresikan karakter Kristus yang ada di dalam saya (Gal 2:20).  Hidup saya tersembunyi di dalam Dia yang dapat menanggung segala kelemahan saya menjadi kekuatan oleh karena Dia membangun manusia batiniah saya terus menerus.

Saya harus menyelaraskan akal-budi saya dengan kehendak-Nya, supaya saya hidup bukan dengan kuat gagah saya tapi hanya oleh karena Firman dan Roh. Kesadaran ini yang harus saya jagai dalam hati nurani saya. Saya tidak membiarkan celah Mesir pada Lot atau celah apa pun yang Salomo buat untuk mengalihkan rencana dan kehendak Tuhan. Saya melihat Yesus melatih diri-Nya setiap hari untuk taat kepada kehendak Bapa, sehingga itu menjadi makanan-Nya sehari-hari.

Tuhan sudah membuktikan kepada saya kasih-setia-Nya dan pertolongan-Nya tidak pernah terlambat. Walau pun ketika saya dalam keadaan berdosa, Ia mengangkat saya dan sampai sekarang bertambah usia saya, Ia menggendong saya. Ia menopang saya ketika saya jatuh dan tidak sampai tergeletak.  Saya sadari kasih setia Tuhan terus mengiringi hidup saya sampai kapan pun. Dan kasih karunia-Nya mengalirkan air hidup dan FT membangun seluruh dimensi kehidupan di dalam manusia batiniah saya, supaya saya menjadi seperti Yesus Kristus.

Tanpa saya terbangun, sulit memahami perspektif ini dan tidak mungkin merangkul beban Tuhan kalau saya masih dikuasai pikiran dan kehendak sendiri. Tuhan mengizinkan iblis mendobrak kehidupan Ayub yang hanya memikirkan keluarganya saja. Abraham dibentuk hidupnya oleh Allah keluar dari sanak keluarganya, sehingga Abraham menjadi sumber anugerah bagi semua orang yang bersama-sama dengan dia, bukan hanya bagi Ishak.  Abraham menjadi bapa bagi banyak bangsa. Setiap anak Tuhan diberikan tanggung-jawab untuk teritori yang Dia anugerahkan dan dominion yang kita kerjakan. Kita harus melangkah seperti yang ditunjukkan-Nya kepada Yoshua (Yos 1:2-5).

Saya tidak boleh tersesat oleh pemikiran dan kehendak saya sendiri di dalam jiwa saya sendiri, tetapi membebaskan pewahyuan FT dan pekerjaan Roh Kudus membentuk pola pikir saya. Iman saya harus bertumbuh ke arah iman-Nya Allah. Kasih saya harus bertumbuh ke arah kasih Yesus. Saya harus secara sadar merespon pengharapan Tuhan dalam perjalanan rohani ini terwujud kehendak-Nya di dalam dan melalui hidup saya.

Amin.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman