Rangkuman tentang “Terpilih Allah”

Undangan Raja

Perumpamaan di Mat 22:1-14 berbicara tentang undangan dari Raja segala raja.  Undangan Raja segala raja itu dalam bentuk firman.  Dalam perjalanan rohani orang percaya yang telah disiapkan Allah suatu PESTA di mana Allah dan manusia berjumpa di suatu tempat.  Hanya Allah dan Allah saja yang dapat menyediakan pesta ini. Allah menyayangi kita untuk kita bergabung dalam kebahagiaan kekal sebagai keluarga Allah untuk selamanya.  Dan itu yang digambarkan Yesus sebagai suatu pesta  perjamuan kawin yang diselenggarakan seorang raja untuk puteranya.

Undangan ini bicara tentang panggilan Allah, panggilan Raja dan mereka yang diundang tidak merespon, menolak dan merespon undangan dengan berbagai alasan. Mereka menolak dan tidak merespon karena tidak menganggap undangan itu sebagai suatu kehormatan. Mereka sibuk dengan kegiatannya, pekerjaannya dan keluarganya.

Undangan ini adalah hal yang vital dalam perjalanan rohani setelah orang dilahirkan kembali, lahir baru sebagai ciptaan baru. Hal ini yang harus dimengerti, supaya kita termasuk dari mereka yang sedikit terpilih dari sekian banyak mereka yang dipanggil.  Banyak orang gagal mencapai takdir dan kehendak Allah oleh sebab meremehkan panggilan dan undangan Allah ini.

Rencana Allah dimulai jauh sebelumnya kehidupan ini ada, bukan sejak kita lahir.  Kita harus di posisi membuka hati dan pikiran terhadap Firman. Jangan memblok Firman Tuhan ini supaya tercapai rencana dan kehendak, takdir dalam hidup kita.

Kapan waktunya? Waktunya ditentukan Allah setelah mempelai siap, perlengkapan siap dan penyelenggaraan itu siap. Waktu tidak ditentukan mereka yang terpanggil, tapi ditentukan Allah sendiri.

Mat 22:1-14

1 Lalu Yesus berbicara pula dalam perumpamaan kepada mereka:

2  "Hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja, yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya. 3  Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang. 4  Ia menyuruh pula hamba-hamba lain, pesannya: Katakanlah kepada orang-orang yang diundang itu: Sesungguhnya hidangan, telah kusediakan, lembu-lembu jantan dan ternak piaraanku telah disembelih; semuanya telah tersedia, datanglah ke perjamuan kawin ini.5  Tetapi orang-orang yang diundang itu tidak mengindahkannya; ada yang pergi ke ladangnya, ada yang pergi mengurus usahanya, 6  dan yang lain menangkap hamba-hambanya itu, menyiksanya dan membunuhnya. 7  Maka murkalah raja itu, lalu menyuruh pasukannya ke sana untuk membinasakan pembunuh-pembunuh itu dan membakar kota mereka.

8  Sesudah itu ia berkata kepada hamba-hambanya: Perjamuan kawin telah tersedia, tetapi orang-orang yang diundang tadi tidak layak untuk itu.

9  Sebab itu pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu. 10  Maka pergilah hamba-hamba itu dan mereka mengumpulkan semua orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu.

11  Ketika raja itu masuk untuk bertemu dengan tamu-tamu itu, ia melihat seorang yang tidak berpakaian pesta.  12  Ia berkata kepadanya: Hai saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta? Tetapi orang itu diam saja. 13  Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: Ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.

14  Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

 

Jenis-jenis Respon

Pertama

Mereka menolak, karena tidak mau FT itu jadi realita. Ini yang berbahaya. Mereka tidak sadar, Firman Tuhan itu istimewa. Karena apa yang bernilai menurut Allah berbeda dengan apa yang di benak mereka. Ini yang biasanya terjadi.

Orang2 yang keluar dari rumah rohani tidak menganggap FT yang mendatangi itu hal yang berharga. Mereka tidak menganggap mereka itu istimewa, sehingga ditempati Allah di rumah di mana ada bapa rohani dan sdr2.

Kedua,

Mereka sibuk mengurusi pekerjaan, usaha, ternak. Jadi tidak tertarik apa yang disediakan Allah dan hanya Allah yang dapat menyediakan, yakni perjamuan kawin Anak Domba. Mereka menolak sukacita dari Allah, karena sibuk mengurusi lembu2, pekerjaan dan tidak tertarik apa yang Allah sediakan. Ini yang banyak terjadi. Setuju?

 Ini juga yang banyak terjadi pada kalian. Apa salah mengurusi bisnis? Tapi mereka lebih tertarik. Itu patung lembu emas, lebih mempersona mereka. Kalo menyangkut pekerjaan, walau sakit dipaksakan karena menyangkut income, apa pun diupayakan. Betul?  Kalo untuk hal2 rohani, banyak alasan. Sakit sedikit, sibuk sedikit beralasan. Ini kan ciri menyembah patung lembu emas.

Kalian itu istimewa. Kalian ingin dijadikan prototype. Didesain sedemikian rupa, kekuatan, warna, dimensi, efisiensi dan proses lain yang panjang sebelum diluncurkan sebagai produk yang the best of the best. Itu protype. Itu sebabnya orang2 tertentu harus menjadi model. Menjadi pola. Jadi kalian tidak boleh komplain, tapi bersyukur. Itu tidak gampang, prosesnya panjang. Ada Quality Control (QC). Jadi saya ingatkan, patung lembu emas menyebabkan Allah murka dan hampir memusnahkan seluruh Israel. Itu bisa jadi kendala buat hidup kalian. Jadi mengurusi ladang2, itu yang memesona mereka. Mereka tidak menyadari apa yang Allah sediakan:  Kasih karunia, damai sejahtera, destiny, rencana, karakternya, Roh Kudus, pohon kehidupan / hidup yang kekal, firmanya, pribadinya, otoritasnya, kuasanya. Tapi patung lembu itu lebih menarik. Karena yang disediakan Allah itu spiritual. Israel memilih sesuatu yang mereka bisa lihat, yang bisa membuat mereka sujud menyembah.  Mereka lebih tertarik bisnis, teman, hobi, keluarga. Bukan salah, bukan tidak boleh bekerja, tapi jangan jadikan itu lebih berharga dari semua yang Allah sediakan. Itu akan jadi akar kalian tidak pernah terpilih. Mereka tidak

Rm 8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

Jadi yang dibagikan itu relevan sekali dengan hidup kalian.  Dari pp Djonny, dari pp Jonathan, semua tentang lovers of money, of self. Ini gambaran orang2 gereja, bukan hanya orang dunia. Ini orang2 yang sudah lahir baru.

Di hari2 mendatang: hari yang sukar. Sukar apa? Sukar dekat dengan Allah. Tidak tertarik pada yang  Tuhan berikan. Ingin hidup nyaman.  Kerja matian2. Pinjaman online. Cinta kesenangan. Cinta kekerasan. Sombong, membual, gosip. Cinta agama,  bukan FT, bukan pribadi Tuhan. Tapi semua yang berbau agama. Fanatis agama.

Apin: patung lembu ~ ilah zaman ini 2 Kor 4:4

2Kor 4:4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

PP: Ilah zaman ini artinya kontemporer:  gamenya, movienya, komputernya, hpnya. Itu alat2 yang dipakai oleh iblis. Makan bareng tapi sibuk main hp.  Main saham, forex, itu ilah zaman.  Mereka menganggap lembu emas itu yang akan mengangkat mereka dari perbudakan, memenuhi kebutuhan mereka.

Ketiga,

Yang ketiga, kenapa mereka gagal?

Mereka terjebak kesibukan dan menikmati hasil jerih payah mereka. Mereka tidak mau menjadikan FT itu menjadi realita dalam hidup mereka: karakternya, panggilannya. Jadi mereka sudah terjebak dengan kesibukan, menikmati yang dari dunia, hasil jerih payah.

Keempat,

Mereka tidak menyiapkan diri dengan jubah. Tidak mau menyiapkan, membenahi dan membangun diri. Pentingnya menjaga hati nurani bersih dan murni. Itu kunci untuk kita menjadi terpilih. Karena hati nurani tidak bisa berbohong, pasti bicara. Walau pun orang lain  tidak lihat dan kalian lakukan ditempat tersembunyi. Hati nurani pasti bicara. Segera bertobat, perbaiki dan benahi diri. Datang pada Tuhan dan bereskan. Apa yang membuat kau tidak bisa datang ke hadapan Tuhan dengan penuh keberanian.

Kelima,

Mereka sudah dipanggil, diundang lahir baru, tapi mereka tidak peduli apa yang jadi kehendak Allah dan  hanya mau menikmati apa yang disediakan Allah. Ini tentang motivasi. Jagai hatimu dengan kewaspadaan. Jangan sampai hanya ingin menikmati berkat2 dantidak peduli rencana / kehendak Allah:  hidupnya, kesehatan, keuangan, bisnis.

Keenam,

Mereka tidak menghormati dengan pantas. Siapa yang mengundang itu? Raja segala raja. Tidak menghormati apa yang Tuhan sediakan danberikan, yakni FT yang mendatangi hidupmu. Jangan asal bikin note. Jangan asal tidak ditegur. Hormati itu berarti taati segala arahan, taat sepenuhnya. Jangan ngedumel di belakang. Karena ketika kalian tidak percayai sepenuhnya apa yang jadi arahan / disampaikan bapa rohani. kalian berargumen. Undangan itu untuk masuk kepada kebahagian Allah. Yang berkata2 itu adalah Allah, yang mahakuasa. Tentu bapa rohani tidak mengatakan hal yang main2. Jangan kalian kurang mengasihi Allah, tapi lebih dari mengasihi diri sendiri, tubuhmu, males2an, merasa nyaman, keluargamu. Ingat perpuluhan itu untuk menghormati Allah. Jangan lalai. Jangan pakai uang pplh. Jangan punya motivasi terselubung. Itu gambaran sikap tidak menghormati. Ingat pplh diberikan Abram ke Melkisedek sebelum bertobat.

Terakhir,

mereka yang memiliki kebenaran sendiri.

Yang luarbiasa dari suku Lewi. Allah memilih suku lewi bukan karena kasus lembu emas. Bukan pada saat mereka berdiri di samping musa berpihak kepada Tuhan. Jauh sebelum itu Allah sudah tau kecenderungan hati mereka, ketetapan hati mereka. Ia sudah perhatikan sejak lama. Mereka merespon dengan luarbiasa.

Dua hal yang dimiliki Lewi: kualitas pengenalan akan Tuhan  dan memiliki ketetapan hati. Karena lewi sudah lama mendengar panggilan Allah.  Mereka konsisten memegang ketetapan dan percaya kepada Tuhan, terus mengasihi Tuhan dan bukan karena sehat, diberkati, ketika bisnis lancar dan semua baik2. Keluarga baik2 lalu kita sukacita dan bergairah. Tapi dalam keadaan apa pun harus konsisten, tetap percaya Tuhan, perkataan Tuhan, hidupi FT, mencintai Tuhan. Itu ketetapan hati.

Hati2 ketika miliki uang banyak. O itu pencobaan. Kalian merasa bisa gunakan uang itu, merasa hebat. Orangtua harus miliki perkataan konsisten pada anak2.  Kalian waktu tertentu disiplin mereka, tapi dilain waktu kalian biarkan. Kalian tidak konsisten. Itu berbahaya. Belajar konsistensi. Dalam keadaan apa pun tidak boleh kompromi. Itu suku Lewi. Condong hatinya kepada Tuhan, walau pun mereka tidak memperoleh janji Allah yang Allah ucapkan kepada Abraham, bahwa keturunanmu akan memperoleh tanah perjanjian. Mereka tidak peroleh properti/kepemilikan tanah. Jadi mereka menumpang pada suku2 lain. Tapi mereka konsisten untuk jadikan Tuhan warisan mereka, menjadi pusaka mereka. jadi hanya Lewi yang boleh masuk ruang kudus. Mereka boleh makan manna yang tersembunyi. Itu hak2 istimewa yang diberikan Tuhan.

 

Tujuan Dipanggil

 

Mereka yang dipanggil dan diseleksi oleh hukum dan pemerintahan menurut standar Firman Tuhan. Allah memanggil yang di jalan-jalan, apakah orang baik atau pun orang jahat - yaitu mereka semua  yang tidak punya tujuan dan tidak mengerti tujuan hidupnya. Orang itu menjadi jahat dan sekedar menjadi baik, karena tidak punya tujuan hidup yang jelas dan pasti.

Hos 4:6 Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

Hati-hati dengan menolak undangan berarti menolak pengenalan akan Allah. Seberapa pun hasil, perjuangan, prestasi, kekayaan hidup kita itu tidak dapat dibandingkan dengan pengenalan akan Allah. Satu-satunya orang yang paling berbahagia, paling berhasil dan paling kaya di bumi ini sampai hari ini tidak lain adalah Salomo. Namun karena tidak sepenuh hatinya mengikuti Tuhan dan karena tidak mengenal Allah seperti Daud, ayahnya,maka Solomo gagal.

 

Suku Lewi

Pada waktu Musa berdiri di pintu kemah pertemuan (ia menghakimi seluruh Israel). Ay26.

Kel 32:26  maka berdirilah Musa di pintu gerbang perkemahan itu serta berkata: "Siapa yang memihak kepada TUHAN datanglah kepadaku!" Lalu berkumpullah kepadanya seluruh bani Lewi.

Pada mulanya Allah memanggil seluruh Israel menjadi kesayangannya, imam kerajaan dan kepunyaan. Tapi kemudian hanya suku Lewi terpilih. Kel 32:26

Hal2 apa yang membuat suku Lewi menjadi terpilih? Mengapa seolah mudah bagi Lewi menjadi mudah berdiri dipihak Allah bersama Musa. Apa itu sikap yang spontan atau bukan?

Suku lewi tau ada perkataan Tuhan. Menghargai perkataan Tuhan. Mereka menjadi lebih peka terhadap suara Tuhan. Terlebih lagi mereka percaya perkataan Tuhan, sehingga mereka punya ketetapan hati. Mereka tidak banyak beralasan, mereka sudah punya ketetapan hati yang kuat. Ketika terjadi ujian pada peristiwa lembu emas mereka tidak ragu lagi  untuk berdiri di pihak Tuhan. Mereka berharap kepada Tuhan saja. Mereka tau karunia apa yang Tuhan berikan.

Karena suku Lewi dikatakan berpihak pada Allah. Ada pengenalan akan Tuhan yang akurat. Kita harus mengenal siapa yang berfirman, yang berkata-kata. Kelebihan suku Lewi selalu dengar dan responi apa yang dikatakan Tuhan. Mereka melakukan firman. Sebab itu mereka selalu berpihak pada Tuhan. Dikatakan mereka hidup menurut apa yang Tuhan katakan, sehingga tidak mengharapkan warisan, tapi mereka mengejar apa yang dari Allah. Membangun hidup dari  karakter Allah, kasih Allah dan berkat-berkat Allah. Itu sebabnya mereka terpilih.

Mereka memiliki ketetapan hati yang terbentuk, karena firman yang mereka hidupi menjadi dasar kekuatan baginya. Maka dari itu Lewi terpilih menjadi imam yang melayani Tuhan.

 

PROSESI BAGI YANG DIUNDANG

Prosesi yang dialami suku Lewi sama dengan yang dikatakan di Rom 8:28-30

Allah bekerja pada orang yang merespon. Mendatangkan kebaikan bagi yang mengasihi Dia. Yang mengasihi artinya memegang firman dan melakukan. Lewi paham dan memosisikan dirinya, apa yang dari Allah itu sangat berharga bagi mereka. Itu juga satu-satunya harapan dari Allah,  sehingga Allah bekerja atas respon itu. Mereka jadi terpanggil dan terpilih.

Kel 32:26  maka berdirilah Musa di pintu gerbang perkemahan itu serta berkata: "Siapa yang memihak kepada TUHAN datanglah kepadaku!" Lalu berkumpullah kepadanya seluruh bani Lewi.

Mereka merespon perkataan Musa bukan karena kekuatannya, tapi Allah yang sudah bekerja dalam hidup mereka.   Banyak orang yang Yesus sembuhkan karena mereka merespon Firman dan Firman itulah yang bekerja di dalam mereka. Maka dalam berbagai kesempatan Yesus berkata: Imanmu telah menyembuhkan engkau atau imanmu telah menyelamatkan engkau!

Mrk 5:34 Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!"

Itulah kekuatan pada suku Lewi yang selalu merespon Firman yang mereka dengar dan menganggap serius ketetapan Tuhan seperti yang dikatakan Firman. Hidupnya hanya untuk Allah, memberikan keleluasaan bagi Allah bekerja, sehingga mereka memiliki ketetapan hati yang tidak tergoyahkan.

Rm 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi (Yoh 14:21) Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil (kleptos: lahir baru) sesuai dengan rencana Allah [menjadi yang terpilih]. Rm 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya [diketahui-Nya] dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Rm 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.

Dengan demikian Allah bekerja agar kita bisa mencapai hidup yang sesuai kehendak-Nya. Mereka yang merespon ditakdirkan menjadi serupa, sampai kemuliaan yang sama pada yesus, menjadi nyata, menjadi jubah pesta. Allah turut bekerja bersama-sama dalam hidup saudara.

 

Faktor Kehendak Bebas

Ada banyak yang sudah lahir baru, tapi tidak mencapai takdir itu. Apa sebabnya? Karena orang sangat ditentukan oleh kehendak bebasnya. Allah tidak bisa melampaui itu, tapi Dia tetap bekerja dan bekerja.

Kehendak bebas ini adalah ciri spesifik manusia, teritori kehidupan dan kekuasaan, kemandirian, kemerdekaan dari blok Allah, blok iblis, dan manusia lainnya.

Menurut mat 22:3, orang yang diundang tidak mau datang / tidak merespon. Ini bicara tentang kehendak bebas, menurut pemikiran sendiri. Orang2 itu tidak layak.

Jangan hanya merasakan Allah bekerja, tapi Dia nantikan saudara masuk ke hari kebahagiaan itu. Pesta yang besar dan meriah. Dia akan membawa huios2, mengenakan baju kemuliaan, yang menyenangkan hati bapa di sorga, dengan perbuatan2 benar dari orang2 kudus. Itu sebabnya Allah bekerja keras. Mengapa banyak orang2 yang tidak terpilih? Bukan hanya karena tidak merespon. Bukan hanya karena penggunaan kehendak bebas. Allah menyayangi kita untuk kita bergabung dalam kebahagiaan kekal.

Kesetiaan Lewi pada panggilan Allah, membangun ketetapan hati, tidak berubah setia. Tetap berpihak kepada Tuhan. Sebelum peristiwa lembu emas, Tuhan telah berkata di Kel 19,20 untuk menjadikan SELURUH ISRAEL sebagai kerajaan imam, tapi Lewi yang membangun kesetiaan.

Mereka tau menempatkan kehendak bebas untuk membangun ketetapan hati, berpihak pada Tuhan.

Yeh 11:19 Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat, 20 supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Kita harus sampai pada posisi dipilih, bukan hanya dipanggil.

Tuhan yang memilih suku Lewi, Dia sudah tau isi hati Lewi; bukan karena peristiwa lembu emas. Lewi sangat peka dan telah tau memilih Israel menjadi bangsa imam dan bangsa yang kudus. Peristiwa lembu emas adalah waktunya ujian bagi Israel. Akan ada waktunya kapan setiap orang akan diuji.

Kel 19:5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.

Kel 19:10 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah kepada bangsa itu; suruhlah mereka menguduskan diri pada hari ini dan besok, dan mereka harus mencuci pakaiannya.

Lewi tau dan memegang ketetapan Allah di Kel 19:5,10 ini. Dia tau bagaimana menjadi dipilih dari yang terpanggil.

2  "Akulah TUHAN Allahmu. Aku telah membawamu keluar dari perbudakan di Mesir. Inilah perintah-perintah yang Kuberikan kepadamu: 3  Jangan menyembah allah lain kecuali Aku.Kel 20:2-3

Lewi dipilih supaya bisa masuk  ke kemah pertemuan, melayani Tuhan.  Mereka memiliki ketetapan hati untuk selalu berpihak kepada Tuhan, meski Musa masih di gunung / tidak ada.

Spirit Lembu Emas

Peristiwa lembu emas. Musa naik ke gunung Sinai lama dan tidak turun2 sehingga mereka ingin memiliki Allah yang dapat dilihat berupa patung lembu emas. Spirit apa yang menyebabkan peristiwa patung lembu emas ini muncul?

Orang Israel ingin mempunyai Allah yang dapat dilihat, seperti Allah bangsa-bangsa lain. Ini spirit berhala. Memberhalakan allah yang mereka buat yang berbentuk dan dapat dilihat. Mindsetnya natural. Tidak memiliki kepekaan hati. Mereka ingin  melihat dengan mata bukan hati.  Beda dengan Lewi. Yang memiliki ketetapan hati dan ingin membayar harganya.

3000 orang tereliminasi karena peristiwa ini. Mereka inginkan pemerintahan yang nyata, karena itu mereka meminta Harun untuk membuatkan patung lembu dari emas.  Pada akhirnya Allah menilai bangsa israel itu tegar tengkuk dan tidak mau diatur. Ingin hidup berjalan sesuai keinginan sendiri. Walau pun melihat mujizat, mereka hanya ingin penolong dan inginkan allah-allah yang seperti di Mesir.

Juga, Israel mudah berubah ketika pemimpinnya tidak ada. Kehilangan arah langsung berubah, sehingga bersandar pada kebenarannya sendiri.

Hak 17:6 Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri.

Ketika musa / pemimpin tidak ada bersama mereka, mereka berjalan menurut pandangannya sendiri. Itu tuhan izinkan.  Selama pandemi kita diuji. Apakah kita tetap sama dalam hal ketaatan, dalam gairah ketika tidak ada pemimpin bersama kita. Banyak yang tereliminasi ketika covid ini. Seolah pemimpin itu kurang perhatian, tidak peduli.  Itu yang terjadi pada Israel. Berbeda halnya denga Lewi. Mereka tidak lagi melihat pemerintahan lahiriah, sehingga ketika Musa tidak ada, mereka tidak tergoyahkan dan hanya menyembah Allah saja.

Bayar Harga

 

Mat 10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.

Luk 14:26 "Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Ia yang dilakukan LEWI Mat 10:37, Luk 14:26. Mereka memiliki ketetapan hati untuk berpihak kepada Allah, sehingga ketika mereka disuruh membunuh saudara2nya, mereka kerjakan tanpa rasa bersalah.

Ul 10:8,9  Pada waktu itu TUHAN menunjuk suku Lewi untuk mengangkut tabut perjanjian TUHAN, untuk bertugas melayani TUHAN dan untuk memberi berkat demi nama-Nya, sampai sekarang. 9  Sebab itu suku Lewi tidak mempunyai bagian milik pusaka bersama-sama dengan saudara-saudaranya; Tuhanlah milik pusakanya, seperti yang difirmankan kepadanya oleh TUHAN, Allahmu.

Ketika jadi pilihan Allah, Lewi tidak memiliki pusaka secara lahiriah atau natural. Padahal Israel dijanjikan tanah Kanaan bagi keturunan Abraham, Israel. Tapi Lewi tidak mendapatkannya. Lewi tanpa keberatan menerima ketetapan Tuhan itu.

Tuhanlah milik pusakanya.  Tuhan sendiri warisan bagi Lewi. Ul 10:9

Ini tidak  mudah.  Allah berjanji tapi Lewi tidak memperolehnya. Inilah kesanggupan yang disebut kasih karunia. Ini yang dianugerahkan Allah kepada Lewi: kesanggupan ilahi.

 

Anak Lembu Emas Masa Kini

Menurut kalian dimasa sekarang ini anak lembu emas itu disamakan seperti apa? Dosa bangsa israel membuat patung tuangan anak lembu emas itu mirip seperti apa pada masa ini. Kenapa mesti lembu? Tidak kuda? Atau harimau/singa?

Lembu itu juga binatang yang dikorbankan untuk Tuhan.  Lembu jantan tidak bernoda. Lembu itu juga gambaran mimpi Firaun: lembu gemuk / kurus. Lembu erat dengan pekerjaan / nafkah/ kehidupan mereka. Lembu emas menggambarkan pengharapan mereka, tentang kemakmuran, berkat-berkat natural dan itu mereka sembah dan itu mereka jadikan sebagai pembebas.

Ini spirit yang berbahaya, mereka pikir bisa menjalani hidup tanpa bapa rohani. bisa dapatkan kecukupan/kehidupan tanpa pertolongan Tuhan. Merasa bisa mandiri, menghidupi keluarga dengan usaha/bisnis, gelarnya, kepintarannya. Saat itu mereka merasa hebat, bisa mengandalkan kekuatan sendiri tanpa arahan  dan nasihat pemimpin. Kenapa harus bertanya, minta nasihat. Dan itu berkaitan dengan pekerjaan/nafkah. Itu kenapa pp bagikan 2 sesi tentang pekerjaan/workplace / marketplace.

Ini berbahaya sekali buat anak2 kita.  Apa boleh bekerja? Apa dia sudah siap masuk ke marketplace? Terkait dengan ketetapan hati, untuk tidak menajiskan diri dengan yang ditawarkan dunia. Seperti Daniel. Marketplace bukan tempat untuk anak2. Tapi bagaimana dia menghidupi kehidupan Tuhan. Karena sekali masuk market dan belum siap, misalnya dengan gaji besar sekian, maka muncul kasus seperti Israel dengan patung lembu emas. Dia tidak lagi menghormati pemimpin: ini kerja saya, uang saya, hasil jerihpayah saya. Bisa begitu. Orangtua pun berpikir dia harus mandiri. Karena biaya menyekolahkan dan membesarkan anak itu besar. Tidak boleh orangtua mengorbankan anak dalam konteks ini. Lembu itu erat kaitannya dengan binatang yang dipakai menolong mencari nafkah, membajak sawah, ditanami dan panen. Lembu menjadi korban persembahan. Hanya orang2 kaya yang bisa persembahkan lembu: hanya orang2 tertentu.  Jadi ini melibatkan martabat, status, dsb.

Mereka statusnya  tidak punya rumah, tidak punya tanah, dsb. Bukan berarti kalian sujud menyembah patung.  Ingat, apa yang membuat orang tidak terpilih.

Mat 22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

Orang2 yang diundang raja. Orang2 itu pertama layak mendapat undangan perjamuan kawin putra raja, tapi mereka tidak peduli.  Padahal mereka tau itu undangan raja.

Siapa orang-orang  Lewi Perjanjian Baru itu?

Ciri suku Lewi adalah memiliki ketetapan hati dan konsisten mengasihi Tuhan.  Orang Lewi PB itu bukan pendeta yang terima persembahan / pplh dari jemaat. Bukan itu yang mereka hargai. Mereka berkata milik mereka Allah sendiri. Mereka responi FT dan tidak fokus pada hal2 lahiriah. Mereka rela tidak menerima janji / milik pusaka. Konsisten memihak Tuhan, apa pun yang terjadi.

Musa menyuruh mereka membunuh saudara2nya setelah orang2 yang terlibat / menyembah patung itu setelah minum air pahit. Mereka taat tanpa keberatan. Karena mereka sudah membawa ketetapan hati apa pun perintah Tuhan lewat bapa rohani mereka / Musa. Mereka tidak ragu. Tidak berargumen membunuh 3000 orang tanpa belas kasihan. Apa relevansinya? Mat 10:37

Mat 10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. 38  Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Mereka melaksanakan perintah Musa. Mereka adalah orang2 yang terpilih. Patung lembu itu hanya pembuktian / konfirmasi dari apa yang ada di hati mereka.

Kalian harus hati2 dengan sdr satu destiny. Tapi bukan berarti membenci mereka. mereka yang sudah keluar, jangan benci, mereka sudah beda jalan / beda prinsip. Jangan berurusan dengan mereka.  Ketika bapa rohani memberikan pilihan di situ kalian alami ujian. Apa yang kalian pilih. Apa kalian konsisten mengikut Tuhan? Mau ada uang / tidak ada uang, lagi senang / susah, tetap taati FT.

Suku Lewi adalah orang yang di hatinya selalu inginkan Tuhan saja. Memiliki ketetapan hati. Pendeta banyak, hamba Allah banyak, pemimpin banyak, tapi mereka menjaga STATUS. Lewi tidak ada hubungannya dengan uang persembahan dan perpuluhan. Mereka tidak hidup dalam sistem ajaran palsu yang marak dalam gereja, hanya karena dianggap pantas untuk kehidupan gereja.

Di Wahyu: ada doktrin dari neraka yang ada dalamkehidupan gereja: pengajaran Nikolaus, Bileam dan Isebel.

Wah 2:6,15 ajaran Nikolaus bicara tentang hirarki. Sifatnya menaklukkan manusia. tapi itu dibenci Kristus. Mereka memuluskan immoralitas, mengakui peranan RK, tapi bukan untuk bermitra.

Bileam: pengajarannya bahwa seseorang berbuat dosa supaya Allah menghukumnya. Bileam mencintai upah atas ketidakbenaran. Mencampu rkehidupan duniawi, jadi gereja tidak alami perubahan. menjadi murka Tuhan.

Isebel:  

Why 2:20 Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.

Izebel berbicara tentang pemerintahan yang mengutamakan otoritas manusia. Isebel membuat Ahab dan orang Israel berzinah, menyembah allah lain. Suatu kehidupan liberal, percabulan dan ramalan.

 

Teladan Musa

Ibr 11:24 Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun, 25  karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa. 26 Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah.

Sikap musa ini lah yang menjadi teladan buat bani Lewi. Musa menolak Mesir / pemimpin dunia, kerajaan dunia yang berkuasa, paling mewah / megah. Tapi Musa menolak, dan lebih suka menderita dengan umat Allah. Musa sudah mendapatkan pewahyuan tentang Mesias dan Kristus. Ia tau Mesias datang melalui bangsa Yahudi. Dia sudah melihat hal2 yang tidak kelihatan. Ia sudah melihat: takdirnya, panggilannya, FT, karakter-Nya. Semuanya lebih berharga. Lebih berharga dan mulia dari pada menjadi penerus Firaun dan kerajaan Mesir. Ini jadi teladan buat Lewi. Musa menjadi sumber anugerah yang Allah berikan pada lewi. Mereka bisa memilih bapa rohani? Tidak bisa memilih.

Maria dan Marta

 

Luk 10:38 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. 39  Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, 40  sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku." 41  Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, 42  tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

Maria dan Marta sama-sama ada di hadapan Tuhan. Tapi Marta melihat Yesus secara natural, walau pun akhirnya ia percaya akan Mesias dan Kristus seperti juga Maria (Yoh 11:27).  Oleh sebab itu Marta tidak dapat melihat apa yang Tuhan bawa bagi dia dan bagi Maria. Dan siapa Yesus itu baginya, sehingga ia memilih yang terbaik menurut pikirannya. Anggapannya Yesus senang dilayani.  Tapi Maria mengambil yang terbaik menurut cara dan pikiran Tuhan. Ada saat2 tepat menangguhkan pekerjaan lahiriah, pada alam pikiran (rest).  Apa yang dilakukan Marta memang patut, tapi ingat ada waktu2 dan musimnya. Jangan ikuti jalan-jalan dunia, tapi harus ikuti instruksi Tuhan (Firman) daripada terlibat dan terjebak urusan dunia. 

Apa yang terbangun dari Firman Tuhan itu kekal. Yesus menyampaikan perkataan yang keluar dari mulut Bapa kepada Maria. Jadi ia banyak belajar mendengar perkataan Tuhan, tapi Marta tidak mendapatkan apa yang Tuhan sediakan.  Kesalehan dan manusia batiniah adalah perhiasan utama seorang wanita / gereja.

1Ptr 3:4 tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.

Pentingnya memperhatikan perkara-perkara Tuhan itu jangan sampai hilang pada kesempatan yang ada, maka itu akan terhilang seterusnya. Itu terjadi pada Marta.

 

Perbuatan baik Maria pada Yesus Sang Mesias

1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. 2  Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus. 3  Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. Yoh 12:1

Marta kembali lagi melayani dan melayani. Dia tidak pernah berubah. Jika perhatian saudara itu hilang, menganggap itu bukan yang utama: kesalehan, hal2 ilahi adalah hal utama: yang lain segera binasa. Tanpa FT tidak akan tumbuh hal2 yang saleh dan ilahi dan kekal.

Mat 26:6 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, 7  datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan. 8  Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: "Untuk apa pemborosan ini? 9  Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." 10  Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.

Mat 26:12 Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku.

Yesus tau rencana Allah, tentang Dia harus mati dan wanita ini juga tau.

Menjadi seorang yang meminyaki kepala Yesus dengan minyak mahal dan kaki Yesus dengan mur dan narwastu adalah bukti kau terpilih.

Urutan dan tindakan maria yang berulang dan mirip, sebab Dia memiliki pemahaman tentang Yesus secara berbeda:

Luk 7:36 Seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan. 37  Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi. 38  Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.

Wanita ini di kota yang sama di Bitinia. Ia berdiri di belakang Yesus.

39  Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: "Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa."

Orang Farisi itu mengetes Yesus, apa Dia tau ia orang berdosa.

40  Lalu Yesus berkata kepadanya: "Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu." Sahut Simon: "Katakanlah, Guru." 41  "Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh. 42  Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?" 43  Jawab Simon: "Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya." Kata Yesus kepadanya: "Betul pendapatmu itu."  44  Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: "Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu (orang Farisi: Simon), namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku (tidak menghormati Yesu), tetapi dia (perempuan itu) membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya.

45  Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku. 46  Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.  47  Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."

48  Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni."

49  Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: "Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?" 50  Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: "Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!"

Kita tau sekarang ini di rumah Simon, orang Farisi itu.

Mrk 14:3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.

Maria terpanggil dan menjadi yang terpilih.

Maria diampuni dosanya bukan saat di rumah Simon.

Luk 7:47 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."

Bukan karena perbuatannya menghamburkan minyak / kasih, tapi dosanya diampuni dulu, sehingga ia bisa berbuat kasih.  Itu terbukti dosanya sudah diampuni.

Ef 2:8  Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, 9  itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Bukan karena berbuat baik dan mengumbar kasih. Karena iman, iman itu anugerah Allah. Berarti Maria sebelum Luk 7 telah mengalami secara pribadi pelayanan Yesus, yakni pengampunan dan dia menunggu saat Yesus datang kembali ke Betania. Ke rumah Simon si kusta. Dia sudah bertobat, walau pun sekota masih menganggap ia orang berdosa.

Luk 7:50 Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: "Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat (dengan damai, peace) !"

Banyak yang sudah diampuni tapi tidak mengerti rencana dan kehendak Allah.

Marta sibuk dan cemas dengan banyak hal, tapi maria tau yang utama, yang terpenting. Dia duduk dekat kaki Yesus, menerima pengajaran. Itu menunjukkan penundukan diri dan menunjukkan iman, murid, menunjukan kasihnya.

Melayani Yesus tidak boleh kehilangan duduk di kaki yesus. Revival di betania terjadi karena Maria, karena dia duduk di kaki Yesus. Di mana Injil diberitakan, apa yang dilakukan Maria ini disebut.

Itu pilihan terbaik, yang tidak diambil daripadamu.

Ada yang ditentukan bagi orang kudus, kekuatan bagimu, karena duduk bersama Yesus dan makan bersama-Nya. Kekuatan, sukacita dan hikmat untuk berpegang pada Anak Allah. Ada semangat ilahi yang menyala dan berkobar karena mengasihi dan kasih Kristus.

Jadi itulah arti dipilih oleh Allah.

Miliki kualitas pengenalan akan Tuhan. Miliki ketetapan hati ketika memberikan pilihan, apa yang terpenting dalam hidupmu. Jangan mudah cemas, gelisah apa yang belum kau lakukan di gereja/dalam pelayanan. Miliki kerendahan hati, sehingga memiliki kekuatan dari Tuhan sendiri. Minta anugerah kelepasan yang jelas, merdeka, sehingga hatimu tidak digerus kecemasan, kekuatiran. Bersyukurlah dengan jalan yang Tuhan tunjukkan. Jadilah orang pilihan, yang menyebabkan kota dikunjungi karena ada narwastu orang datang, karena indikasi raja.  Ada pengharapan dan mujizat terjadi, kepastian itu terjadi karena menjadi orang pilihan.

 

Posisi Kemenangan

Ketika mendengarkan di situlah posisi kemenangan saudara. Marta berbeda dengan Maria. Marta mendengarkan sambil sibuk melayani. Itu sebabnya ia tidak pernah berubah. Ia tidak tau apa yang terbaik dari Tuhan.

“Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.Mat 7:24

Orang yang mendengarkan, melakukan, mendapatkan dan ia adalah orang bijakasan. G5429 phronimos – kemampuan berpikir dan mewujudkan. Hikmat datang dari mendengar FT. Maria memiliki banyak hikmat. Pelayanan lahiriah itu bukan hal yang utama. Pelayanan yang dilakukan Marta itu berasal dari hikmat dunia. Hikmat dari sorga itu mengalir pada hidup Maria, sehingga ia tau apa yang harus diperbuat. Itulah hikmat ilahi. Simon si kusta tidak menyambut Yesus. Tapi Maria selalu datang dan mengurapi Yesus dengan minyak narwastu. Hikmat dunia itu gagal dan  menuju kehancuran dan kebinasaan. Hikmat dunia itu membuat iblis menyalibkan Yesus.

Bagian terbaik,mendengar, maka kita bisa melihat apa yang terjadi di alam roh dan segera terjadi di dunia nyata. Inilah yang berharga yang disediakan Allah:  Kemenangan, hikmat ilahi, iman, kemampuan melihat duniamu, teritorimu, destinymu dan berjalan oleh iman menuju kepada destiny.  Kita akan mendapatkan impartasi dari pribadi dan karakter Tuhan, bukan hanya berkat-berkatnya. Kita dapatkan kekuatan dari nafas-Nya Tuhan yang  terimpartasi dan kita bisa memanifestasikannya.

Bagian terbaik adalah mendengar,sebab kau akan mewarisi Allah, bukan mewarisi berkat2. Berkat2 tidak membuat sukacita, tapi hanya Allah yang membuat sukacita. ini yang dialami bani Lewi, tidak pernah bersungut2.  

Mzm 16:5 Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.

Mewarisi Allah itu beda dengan Allah adalah bagianku. Lewi menjadi pusaka. Targetmu bukan hanya menjadi pilihan, tapi menerima semua yang disediakan Allah kepada kita ketika kita lahir baru.

 

Mengapa Maria Meminyaki Kepala Yesus?

Mat 26:1 Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya: 2 "Kamu tahu bahwa dua hari lagi Paskah* tiba, dan Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."

Yesus mengatakan kepada murid-murid tentang kematian-Nya, namun mereka tidak percaya. Jadi bagaimana Maria bisa tau dan percaya? Maria percaya sungguh-sungguh, karena itu ia meminyaki kepala Yesus.

Yoh 11:1-3 Maria adalah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan mur dan menyekanya dengan rambutnya.

Pelayanan membasuh kaki adalah karakter seorang budak, kasih karunia itu seorang budak. Tidak dinilai dengan apa membasuh kaki. Tapi Maria menunjukkan tingkat penghormatan kepada siapa ia mengabdi dan melayani. Pertama dengan air mata, kemudian dicampur dengan minyak, kemudian dengan mur, dan ketiga dengan minyak narwastu. Dengan konsisten akhirnya Maria menjadi pendukung supaya Yesus dapat melakukan tugas Bapa.  Sikap seorang hamba / budak.

Mat 26:6  Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, 7  datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan.

Sekarang bukan kaki tapi kepala Yesus yang dicurahkan minyak oleh Maria, setelah ia mengenal Yesus sebagai Raja. Kalau kau tidak bertambah2 dalam pengenalan, maka kau akan gagal menjadi yang dipilih Allah. Maria konsisten menunjukkan diri-Nya sebagai hamba, ia mengenal Yesus sebagai Raja.

Jadi 2 hari sebelum Yesus mati, sesuatu berkata dan bergerak dalam dirinya. Kalo Ia Raja, apa yang mau Ia selesaikan?  Mendengar Yesus datang, segera ia bergerak dan datang. Lalu ia mengurapi kepala Yesus dengan minyak Narwastu.  Mar 14:3. Apa artinya ini? Engkau Tuhan sebagai Raja, selesaikan tugas-Mu.

Maria mengungkapkan kepada Yesus dengan minyak narwastu sebagai penegasan bahwa Yesus masih ada tugas yang menjadi kehendak Bapa di sorga. Tugas itu harus bersama Roh Kudus karena Engkau adalah Raja segala raja.

Mrk 14:8 Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku.

Aku diteguhkan bekerja sama dengan Roh Kudus. Yesus melakukan tugas kematian-Nya dengan bermitra dengan Roh Kudus. Yesus tidak akan bangkit kalo tidak bersama RK.

Rm 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia [seperti Maria], yaitu bagi mereka yang terpanggil  (kleptos) sesuai dengan rencana Allah.

AMPC 28 We are assured and know that [[a]God being a partner in their labor] all things work together and are [fitting into a plan] for good to and for those who love God and are called according to [His] design and purpose.

28 Kami diyakinkan dan mengetahui bahwa [[a]Allah menjadi mitra dalam pekerjaan mereka] segala sesuatu bekerja bersama dan [sesuai dengan rencana] untuk kebaikan bagi dan bagi mereka yang mengasihi Allah dan dipanggil menurut rancangan dan rencana[Nya]. tujuan.

Proses awal dipanggil menjadi orang kudus adalah lahir baru. Ini bukan akhir. segala sesuatu bekerja bersama dan [sesuai dengan rencana].  Maria  mampu melakukan tugas mulia sesuai rancangan Allah.

Why 17:14 Mereka akan berperang melawan Anak Domba, tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka karena Ia adalah Tuhan atas segala tuhan dan Raja atas segala raja dan mereka yang bersama-Nya adalah yang dipanggil, dipilih, dan yang setia."

Maria telah mengatakan dan memperlakukan Yesus adalah Raja segala raja.  Yang mengalahkan mereka adalah mereka yang bersama-Nya adalah yang dipanggil[kleptos], dipilih [ekleptos], dan yang setia."

 

APA YANG SAYA DAPATKAN?

Penting sekali menangkap dan peka akan hadirat Tuhan. Bagaimana memaknai arti kehadiran Tuhan itu lebih berharga dari segala keuntungan apa pun yang kita peroleh. Kehadiran Tuhan tidak hanya ada pada saat kita berdoa dan menyembah, tapi bagaimana kita menangkap tanda-tanda kehadiran Tuhan di dalam setiap langkah dan bagaimana Tuhan menyertai.  Jangan tegar tengkuk seperti bangsa Israel. Bagaimana mungkin mereka mengalami penyertaan Tuhan yang menuntun mereka keluar dari Mesir dengan tanda-tanda ajaib dan mengalami mujizat-mujizat besar dan semua itu seolah-olah tidak ada artinya? Padahal Allah mengingatkan mereka berkali-kali:  Akulah Tuhan yang telah menuntun kamu keluar dari tanah Mesir. Jadi, sebenarnya tidaklah perlu terlalu rohani untuk bisa merasakan penyertaan Tuhan di dalam hidup kita. Bukan melulu soal-soal lahirian dan berkat-berkat, tapi lihat kebaikan Tuhan melalui kasih karunia-Nya yang terus membuat kita dipenuhi oleh kebenaran, kasih, damai sejahtera dan sukacita dari Roh Kudus.

 

1.      Maria Mengambil Posisi Yang Tepat Saat Yang Terbaik.

Maria selalu mengambil tempat yang terbaik setelah dia bertobat dan lahir baru. Di mana tempat yang terbaik? Di mana ada kehadiran Tuhan dan ketika Dia sedang berkata-kata. Itulah saat dan tempat perjumpaan yang terbaik.

Marta mencoba berbuat yang terbaik bagi Tuhan, hendak menyiapkan minuman dan hidangan terbaik bagi Yesus. Dia mencoba membuat impresi yang terbaik buat Tuhan, tapi Marta tidak melihat makanan yang terbaik itu dibawa oleh Yesus dari Bapa sendiri.

Sementara Maria duduk  tenang dan mengambil jarak yang sangat dekat dengan Yesus.  Dia sedang makan dan minum sehidangan dengan Yesus, sementara Marta masih menyibukkan dirinya.

Mzm 23:5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

Daud mengerti bahwa Al lah lah yang menyediakan hidangan dan semua hal yang terbaik: makanan dan pengurapan serta penyediaan. Yesus sedang melakukan pekerjaan Bapa dan Dia membawa hidangan itu bersama-Nya.

 

2.      Apa Yang Terbaik yang Dari Allah?

Yang terbaik Bapa sampaikan melalui Yesus adalah Firman-Nya. Karena Firman Tuhan bisa membuka segalanya yang terbaik dan tidak dapat manusia sediakan dan lakukan.

Dari sorga Bapa memberikan impartasi. Dia membuka jatidiri-Nya dan Yesus menyatakan kepenuhan keallahan-Nya kepada Maria (dan seharusnya Marta juga), sehingga Maria menerima PENGURAPAN dan PERSEDIAAN ALLAH: karakter ilahi, kekuatan ilahi, terbuka roh dan pikirannya, menerima posisi berkemenangan, hikmat dan iman.  Maria sekarang memiliki kemampuan melihat dunianya, teritorinya, kotanya,  destiny-nya.

 

3.      MARIA telah MENERIMA YANG TERBAIK, karena itu dia dapat juga MEMBERIKAN YANG TERBAIK BAGI TUHAN DAN ORANG LAIN.

Kita tidak dapat memberikan yang terbaik yang berasal dari diri kita sendiri. Persembahan yang terbaik, yang berkenan dan yang sempurna berasal dari Allah sendiri. Karena itu, ketika kita mempersembahkan diri kita sebagai persembahan yang hidup, itu bisa menjadi persembahan yang kudus  (khusus, istimewa), yang berkenan dan yang sempurna. Bukan kuat dan gagah kita, tapi Roh yang bekerja di dalam kita.

Yoh 12:1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati.  2  Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus.  3  Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.

Maria meminyaki kaki Yesus dengan minyak narwastu yang sangat mahal, yang biasanya diperuntukan bagi raja-raja.  Maria sekarang mengerti agenda Sang Mesias. Maria mengerti apa yang harus dilakukannya dan membedakan prioritasnya.

Yoh 12:7 Maka kata Yesus: "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku. 8  Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu."

                   

4.      Kualitas Dan Posisi Rohani Maria Sangat Tinggi.

Maria bukan hanya sekedar terpilih dan menjadi orang pilihan Allah.  Juga Allah telah menaikkan posisi rohani Maria di seputar tahta Anak Domba di antara 24 tua-tua.  Mengapa demikian?

Why 4:1 Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini. 2  Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, sebuah takhta terdiri di sorga, dan di takhta itu duduk Seorang. 3  Dan Dia yang duduk di takhta itu nampaknya bagaikan permata yaspis dan permata sardis; dan suatu pelangi melingkungi takhta itu gilang-gemilang bagaikan zamrud rupanya. 4  Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka.

Why 4:10 maka tersungkurlah kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Dia yang duduk di atas takhta itu, dan mereka menyembah Dia yang hidup sampai selama-lamanya. Dan mereka melemparkan mahkotanya di hadapan takhta itu, sambil berkata:

Pada zaman Yesus, perempuan itu rata-rata berambut panjang. Alkitab tidak menyebutkan rambut Maria sangat panjang, tapi paling tidak sampai sebahunya. Itu sebabnya untuk menyeka kaki Yesus dengan rambutnya Maria harus menunduk dalam. Rambut bagi seorang wanita adalah lambang keindahan, kecantikan, keanggunan, martabat, kebanggaan, kehormatan dan selayaknya mahkota perempuan.  Dan Maria memberikan mahkota itu untuk menyeka kaki Yesus. 

Apa yang Maria lakukan kepada Yesus, Putra Tunggal Allah itu sama seperti yang dilakukan para tua-tua yang melemparkan mahkotanya sambil tersungkur memberikan penghormatan dan penyembahan kepada Anak Domba Allah.

 

5.      Tidak Sembarang Orang Dapat Mengurapi Kepala Yesus.

Mrk 14:1 Hari raya Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi akan mulai dua hari lagi. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mencari jalan untuk menangkap dan membunuh Yesus dengan tipu muslihat,

Dua hari sebelum Paskah, Yesus datang lagi ke Betania. Dan Maria yang mengetahui agenda Yesus, tanpa diundang dia datang lagi menjumpai Yesus.

Mrk 14:3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus.

Yesus sedang duduk makan di rumah Simon, si kusta. Berarti Yesus sedang melakukan pekerjaan Bapa kepada Simon. Ketika itulah Maria menjumpai Yesus, tapi dia tidak ikut makan.

Jika Maria tidak memiliki POSISI ROHANI yang tinggi, tidak mungkin Allah membiarkan  Maria menjamah kepala Yesus. Malaikat akan bertindak dan mencegah seorang  pun yang mencoba menjamah Yesus apalagi kepala Yesus, sebab Yesus adalah Pohon Kehidupan.

 

6.      Maria  Telah Mengambil Yang Terbaik Yang Disediakan Allah: Buah Pohon Kehidupan.

Kej 3:22  Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kej 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

Orang-orang yang ada di sekitar Yesus menjadi gusar dan memarahi Maria.

Mrk 14:6 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. Mrk 14:8 Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku. Mrk 14:9 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."

Apa yang dilakukan Maria tidak akan dapat dilakukan SATU ORANG PUN termasuk murid-murid-Nya, kecuali ia menjadi utusan Bapa. Dan Bapa telah mengutus Maria dari tahta-Nya.

Yesus mengatakan Maria telah melakukan perbuatan yang baik pada-Ku, apa yang dapat dilakukannya. Sebab Maria telah melakukan perbuatan yang benar, sehingga ia sekarang tau melakukan perbuatan yang baik.

Tidak seorang pun dapat melakukannya, kecuali dia diutus Bapa, tapi Maria dapat melakukannya. Ia mengurapi TUBUH Yesus dengan minyak baru. Minyak seberapa mahal pun mungkin masih bisa kita usahakan, tapi tanpa OTORITAS satu hal tidak mungkin dapat dilakukan TANPA SEIZIN ALLAH: Mengambil BUAH POHON KEHIDUPAN.

SESEORANG HARUS MENGAMBIL BUAH POHON KEHIDUPAN ITU SEBELUM IA GUGUR KE TANAH.

Itu yang disediakan Allah. Ia tidak pernah mengambil kembali apa yang telah diberikan-Nya. Kepada MANUSIA IA TELAH MENYEDIAKAN  POHON KEHIDUPAN selain POHON PENGETAHUAN.

ADAM pertama telah GAGAL MELIHAT YANG TERBAIK YANG DIBERIKAN OLEH ALLAH, padahal Pohon Kehidupan ada di tengah-tengah Taman.

ALLAH MENYIAPKAN MARIA untuk MELIHAT DAN MENGETAHUI YANG TERBAIK YANG DAPAT DILAKUKANNYA: MEMETIK BUAH POHON KEHIDUPAN, supaya KEHIDUPAN MANUSIA BISA BERKELANJUTAN.

Hal inilah yang Yesus katakan:  Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."

 

7.      Buah Pohon Kehidupan Itu TERBUKTI TELAH TERBUKA AKSESNYA Oleh ALLAH, Pertama-Tama Melalui MARIA, Sehingga YESUS BISA DIJAMAH Oleh Semua MANUSIA PEMBERONTAK Dan MANUSIA GAGAL.

Yoh 8:20 Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorangpun yang menangkap Dia, karena saat-Nya belum tiba.

Apa yang dilakukan Maria itu 2 hari menjelang PASKAH menandakan SAAT-NYA TELAH TIBA.

“The Last Supper” Yesus dengan murid-murid dan penangkapan Yesus terjadi pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, di mana pada waktunya orang menyembelih domba Paskah. Pada waktu Maria meminyaki kepala Yesus, Hari raya Paskah dan hari raya Roti Tidak Beragi akan mulai dua hari lagi. Jadi hanyaberjarak 2 hari.

Tanpa Allah membuka akses kepada Pohon Kehidupan melalui Maria, para prajurit Romawi tidak akan bisa menangkap Yesus di Taman Getsemani.  Yesus tidak bisa dijamah oleh satu kuasa pun, termasuk sakit penyakit dan kematian, tapi Maria dipakai Allah untuk menyiapkan kematian Yesus dan penguburan-Nya.  Minyak itu tetap bertahan sampai di salib. Bau harum seorang Raja tercium oleh salah seorang penjahat yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus.

 

8.      YANG TERBAIK DARI ALLAH adalah: MENDENGARKAN APA YANG DIKATAKAN OLEH ROH.

Why 2:7 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

Dari kitab Kejadian sampai dengan kitab Wahyu kita harus dapat menangkap, melihat dan mengerti, bahwa: Mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat adalah hal yang terbaik yang hanya Allah dapat sediakan.  Inilah hal yang terbaik yang dapat saya dan sdr lakukan, karena kita akan memperoleh akses kepada Pohon Kehidupan.

9.      Faktor Keberanian

Apa yang terjadi dengan orang Israel yang gagal TERPILIH danDITOLAK ALLAH masuk ke Tanah Perjanjian?

Hilangnya KEBERANIAN untuk PERCAYA KEPADA JANJI TUHAN menjadi penyebab utama semua orang Israel yang keluar dari Mesir gagal masuk ke Tanah Perjanjian yang berlimpah susu dan madunya.

Saya tidak bisa membayangkan di manakah keberanian dari para pemimpin pasukan 1000 dan pasukan 100? Mengapa nyali mereka menjadi ciut seketika hanya dari mendengar laporan 10 orang? Kita tidak usah bicara secara rohani, tapi harusnya mereka adalah orang-orang yang gagah perkasa.

Allah selalu memuji-muji KALEB dan Yosua karena apa?  Karena mereka adalah para pemberani. Mereka adalah orang-orang yang tidak mudah kecut dan tawar hatinya.

Yosua telah ditolong oleh perkataan yang keluar dari mulut Allah untuk menjadi BERANI, jangan takut dan jangan gentar:

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau." Ul 31:6

Kaleb mewarisi spirit keberanian dan gagah perkasa sama seperti Yehuda. Demikian pula Daud, demikian pula Yesus, Singa dari Yehuda.

Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa (SPIRIT) yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya. Bil 14:24

Numbers 14:24 The Message

24 “But my servant Caleb—this is a different story. He has a different spirit; he follows me passionately. I’ll bring him into the land that he scouted and his children will inherit it.

Apa yang terjadi pada Kaleb oleh karena KEBERANIANnya, maka ceritanya menjadi berbeda.

Ul 1:28 Ke manakah pula kita maju? Saudara-saudara kita telah membuat hati kita tawar dengan mengatakan: Orang-orang itu lebih besar dan lebih tinggi dari pada kita, kota-kota di sana besar dan kubu-kubunya sampai ke langit, lagipula kami melihat orang-orang Enak di sana.

Ul 1:28 AYT Ke mana kita akan pergi sekarang?’ Orang yang kita utus telah membuat kita ketakutan dengan laporannya. Mereka berkata, "Orang itu lebih besar dan lebih tinggi daripada kita, kota-kotanya besar dan memiliki benteng dengan tembok-tembok setinggi langit. Kami juga melihat orang Enak di sana."’

Kaleb memberikan laporan yang berbeda (different story that created History).

Yang terhilang sejak dari tragedi Taman Eden sampai sekarang adalah KEBERANIAN

Kej 3:10 Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi."

Adam secara sadar dari hati nuraninya bahwa ia takut, oleh sebab itu dengan nalurinya ia lari menjauh dari Allah dan sembunyi. Itulah yang terjadi, ketika hati nurani menuduh seseorang.

Allah harus memulihkan KEBERANIAN Gideon.

Hak 6:12 Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani."

Raksasa pertama yang dikalahkan dan dibunuh Daud adalah Goliat. Tidak ada keraguan dan ketakutan sedikit pun pada Daud, karena Tuhan telah melatih KEBERANIAN Daud di padang penggembalaan  menghadapi singa dan beruang dan membunuh singa dan beruang itu.

1Sam 17:34 Tetapi Daud berkata kepada Saul: "Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya, 35  maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya. 36  Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup."

Setelah Goliat semua raksasa itu mati ditangan Daud dan orang-orangnya Daud.

Keberanian Pada Gereja Mula-mula

Ketika sidang itu melihat KEBERANIAN PETRUS DAN YOHANES dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus. Kis 4:13

Dunia pertama-tama tidak melihat iman atau nilai-nilai apa pun yang dibawa orang Kristen, tapi mereka melihat keberanian. Itu yang mereka lihat pada Petrus dan Yohanes, sebagai pengikut Yesus.

Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu. Kis 4:29

Murid-murid dan jemaat tidak meminta supaya Tuhan memperbesar iman mereka, melainkan meminta KEBERANIAN yang lebih untuk memberitakan firman.

Inilah yang dirasakan KURANG, demikian juga pada masa kini. Orang Kristen kurang berani menyatakan kebenaran dan apa yang mereka percaya atau pun tidak berani menyatakan kekurangan mereka. Sikap setengah-setengah ini digambarkan sebagai orang yang suam-suam atau munafik.

Why 3:15 Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! 16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Ini adalah orang Kristen hanya ingin mencari aman dan memikirkan diri sendiri saja dan keluarganya. Baginya itu sudah lebih dari cukup. Mereka selalu berada di posisi nyaman, posisi bertahan dan tidak pernah mau pada posisi menyerang. Saya tidak pernah merugikan orang lain dan saya juga tidak mau dirugikan. Inilah ciri pedagang yang hanya berpikir soal untung rugi. Mereka merasa selalu benar sendiri.

Why 3:17 Karena kamu berkata, ‘Aku kaya, berkelimpahan, dan tidak kekurangan apa-apa,’ dan tidak tahu bahwa sesungguhnya kamu sengsara, malang, miskin, buta, dan telanjang. Why 3:18 Aku menasihatimu untuk membeli dari-Ku emas, yang dimurnikan dengan api supaya kamu menjadi kaya, dan pakaian-pakaian putih supaya kamu dapat memakainya sehingga rasa malu karena ketelanjanganmu tidak akan terlihat, dan mengoles salep pada matamu supaya kamu dapat melihat.

PEPERANGAN dan KEBERANIAN

Ef 6:19 juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil, 20  yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan. Berdoalah supaya dengan KEBERANIAN aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara.

Paulus tidak kekurangan iman, tidak kekurangan firman dan tidak kekurangan kasih karunia. Namun SATU hal yang disadarinya bisa menjadi kekurangannya adalah KEBERANIAN. Banyak orang yang berani memberitakan Injil, tapi sedikit orang yang bicara sebagaimana seharusnya ia bicara ketika ada di hadapan sedikit mau pun banyak orang.

Yesus di hadapan Pontius Pilatus berani menyatakan rahasia Injil tentang Kerajaan Allah dan Dia katakan, bahwa untuk itulah Ia lahir, supaya Ia memberikan kesaksian tentang kebenaran.

Yoh 18:36 Jawab Yesus: "Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini." Yoh 18:37 Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku."

Sejak lahir sampai mati-Nya, bahkan sebelum dan sesudahnya; Yesus selalu membawa kesaksian tentang kebenaran dan membuka tabir dari rahasia Kerajaan Allah dan dan rencana agung Allah yang menyatakan kemuliaan Bapa. Itulah sebabnya Yesus memiliki KEBERANIAN yang luarbiasa. Dan ini sejalan dengan apa yang dikatakan Petrus, Yohanes dan jemaat pada hari Pentakosta:

Kis 4:25 Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan hamba-Mu Daud, bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia? 26  Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar berkumpul untuk melawan Tuhan dan Yang Diurapi-Nya. 27  Sebab sesungguhnya telah berkumpul di dalam kota ini Herodes dan Pontius Pilatus beserta bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa Israel melawan Yesus, Hamba-Mu yang kudus, yang Engkau urapi, 28  untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan dari semula oleh kuasa dan kehendak-Mu.

29  Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu KEBERANIAN untuk memberitakan firman-Mu.

Jemaat mula-mula telah meminta KEBERANIAN yang sama yang Yesus miliki ketika menghadapi semua musuh Tuhan yang dipakai iblis untuk melawan dan membunuh Dia yang diurapi.

Setiap orang percaya harus mengenakan KEBERANIAN sebagai JUBAH KEBENARAN. Harus memahami dan menyadari kenapa kita dilahirkan kembali oleh pengorbanan darah Yesus, tidak lain untuk memulihkan KEBERANIAN BERADA DI SISI TUHAN. TANPA KEBERANIAN SEORANG PRAJURIT YANG SUDAH MENGENAKAN SELURUH PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH MALAH AKAN MERASA KEBERATAN DENGAN PERLENGKAPAN ITU.

Bagaimana Allah memulihkan keberanian?

Ibr 10:19  Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus

Keberanian yang Allah restorasi adalah keberanian yang kudus. Keberanian seperti terang mengalahkan gelap. Kekudusan Tuhan tidak ada bayangan. Keberanian yang membawa kita ke tempat kudus,karena darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.  Darah Yesus yang telah menyucikan kita membuat hati nurani kita tidak menuduh lagi. Ini yang membuat hati kita terintegrasi di dalam kesatuan iman dan tujuan panggilan-Nya dalam hidup kita untuk melakukan kehendak Bapa demi kemuliaan-Nya. Untuk itulah kita dilahirkan kembali sebagai ciptaan baru.

KESEMPURNAAN KASIH ALLAH DI DALAM KITA KALAU KITA MEMPUNYAI KEBERANIAN PERCAYA

1Yoh 4:17 Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini.

Percaya dan iman itu memerlukan keberanian. Berperang dan berkorban membutuhkan keberanian. Menyatakan kebenaran membutuhkan keberanian. Memberitakan rahasia Kerajaan membutuhkan keberanian. Yesus dilahirkan untuk menyatakan kebenaran dan rahasia Kerajaan Allah demi kemuliaan Bapa sampai mati. Yesus dilahirkan dan hadir ke dunia ini, karena keberanian Bapa. Kasih menimbulkan keberanian. Itu sebabnya Bapa sangat mengasihi dan berkenan kepada Yesus. Bukan hanya karena Ia adalah Putra Allah.

 

Amin

  

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman