DARI SALIB KEPADA TAHTA



  • Melalui KEHIDUPAN-NYA di muka bumi ini, IA telah membinasakan SEMUA PERBUATAN IBLIS
  • Melalui KEMATIAN-NYA, IA telah membinasakan SEMUA KUASA IBLIS
  • Melalui KEBANGKITAN-NYA, IA MENGHANCURKAN MAUT DAN MEMBUAT MAUT KEHILANGAN KUASANYA
  • Melalui KEHIDUPAN-NYA di DALAM KITA, IA memusnahkan SEMUA BENIH IBLIS
  • Melalui PENGAGUNGAN-NYA di sebelah kanan Allah, IA TELAH MENGHAPUSKAN SEMUA "WILAYAH KEKUASAAN IBLIS"
  • Melalui PEMERINTAHAN KERAJAAN-NYA di dalam kehidupan GEREJA-NYA, IA MEMBUAT SEMUA MUSUH KRISTUS MENJADI TUMPUAN KAKINYA


Melalui KEHIDUPAN-NYA di muka bumi ini, IA telah membinasakan SEMUA PERBUATAN IBLIS
Ketika Yesus datang ke dunia ini Ia mengambil rupa manusia dan mengosongkan diriNya dari ke-allah-an-Nya. Ia mengambil tubuh yang terdiri dari daging dan darah, tetapi bukan tubuh yang tercemari oleh dosa.

Heb 5:8-9  Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya, dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya,

Ia menguduskan kehidupan-Nya di dalam ketaatan penuh, doa dan hubungan dengan Tuhan memungkian-Nya untuk menjadi sempurna di dalam daging. Sekali pun Ia dicobai dan digoda dalam segala hal sama seperti kita, Ia tetap tidak berbuat dosa.

Melalui KEMATIAN-NYA, IA telah membinasakan SEMUA KUASA IBLIS


Heb 2:14  Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;

Yesus telah mengalami kematian bagi semua orang oleh karena kasih-Nya dan pengorbananNya. Roh-Nya turun ke Firdaus (hadesh) pada saat tubuh-Nya yang tidak berdosa terbaring dalam goa kubur. Dan Ia menampakkan diri-Nya kepda semua orang kudus Perjanjian Lama.

Yesus juga turun ke jurang maut untuk merebut segala kunci maut dan kerajaan maut dan menghancurkan kepala si ular naga itu (Kej 3:15, Wah13,3)

Selama tiga hari tiga malam Ia berada di dalam dunia orang mati sampai kemuliaan Bapa datang membebaskan-Nya.

Rom 6:4  Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Rom 6:8-10  Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia.
Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia. Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah.

Melalui KEBANGKITAN-NYA, IA MENGHANCURKAN MAUT DAN MEMBUAT MAUT KEHILANGAN KUASANYA

Rev 1:17-18  Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Kuasa iblis yang mencengkram umat manusia telah dihancurkan Yesus. Setan memegang kunci maut sampai Yesus mengalahkan setan dan maut itu dan Yesus bangkit kembali.

Ibr 4:1416  Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Yesus hidup selama-lamanya sesuai dengan kuasa dari kehidupan yang tidak dapat binasa dan tidak dapat dihentikan. Sekarang Ia menawarkan keimanan dan keimamatan di mana manusia dapat dilindungi dan mendapatkan kasih karunia dan pertolongan di saat ia membutuhkannya.

Heb 7:1617  yang menjadi imam bukan berdasarkan peraturan-peraturan manusia, tetapi berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa. Sebab tentang Dia diberi kesaksian: "Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek."

Yesus lah Imam besar agung bagi semua orang yang percaya kepada-Nya. Dia telah menjadi jaminan dari sebuah ikat-janji yang lebih kuat, karena Ia adalah pengantara antara manusia dengan Allah. Ia telah menetapkan suatu perjanjian yang lebih mulia; yang menempatkan kita jauh mengatasi pemerintahan dan kuasa iblis.

Heb 7:22  demikian pula Yesus adalah jaminan dari suatu perjanjian yang lebih kuat.

Heb 8:6  Tetapi sekarang Ia telah mendapat suatu pelayanan yang jauh lebih agung, karena Ia menjadi Pengantara dari perjanjian yang lebih mulia, yang didasarkan atas janji yang lebih tinggi.

    Melalui KEHIDUPAN-NYA di DALAM KITA, IA memusnahkan SEMUA BENIH IBLIS

Jika kita mengambil bagian dalam kodrat-ilahi-Nya dan kehidupan-Nya yang tidak dapat binasa, maka kita akan bertumbuh menjadi serupa dengan Dia dan luput dari hawa nafsu duniawi dan keangkuhan hidup yang membinasakan.

2Pe 1:3-4  Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Apabila kita mengijinkan kehidupan-Nya bermanifestasi di dalam hidup kita, maka setan tidak akan dapat melakukan aktivitas dan tipuannya kepada kita. Jangan berikan kesempatan kepada si jahat.

Rom 6:12-14  Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.

Gal 5:16, 24-25  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.  Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Sifat dasar (watak) dosa tidak ada lagi karena Tuhan telah menciptakan ulang roh (new recreation) kita melalui kelahiran baru (new born). Walau pun kebiasaan-kebiasaan dosa masih ada di dalam jiwa dan tubuh kita, sekarang kita dapat memilih untuk mentaati KRISTUS dan hidup menuruti Jalan Tuhan. Kehidupan Yesus yang tidak dapat binasa ini akan menelan kehidupan yang dapat binasa (2 Kor 4:11b).

Melalui PENGAGUNGAN-NYA di sebelah kanan Allah, IA TELAH MENGHAPUSKAN SEMUA "WILAYAH KEKUASAAN IBLIS"

Kis 2:34-35  Sebab bukan Daud yang naik ke sorga, malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu.

Inilah keputusan dan ketetapan Bapa kepada KRISTUS, Anak-Nya yang  ditinggikan, bahwa BAPA akan membuat semua musuh Kristus menjadi tumpuan kaki Yesus. Bapa akan melaksanakan apa yang sudah diselesaikan Yesus. Bapa mengutus Roh Kudus dan membangkitkan GEREJA untuk menjadi MITRA  YANG SEPADAN DAN SEJAJAR (seperti Abraham yang diajak memutuskan untuk penghakiman bagi Sodom-Gomora). Bapa-Gereja-Roh Kudus akan menundukkan semua pemerintahan dan penguasa untuk membuat mereka tunduk secara penuh terhadap otoritas TUHAN YESUS KRISTUS. Dan roh-roh di udara pun tunduk kepada Nama-Nya. Setiap kuasa kegelapan datang menyongsong Dia dari kerumunan dan meninggalkan wilayah mereka, mengakui bahwa masa penghukuman semakin mendekat.

Mat 8:29  Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"

Melalui PEMERINTAHAN KERAJAAN-NYA di dalam kehidupan GEREJA-NYA, IA MEMBUAT SEMUA MUSUH KRISTUS MENJADI TUMPUAN KAKINYA

Tuhan telah memanggil generasi baru orang percaya yang mengenal kuasa dan otoritas melalui karya Kristus yang sudah selesai di atas kayu salib. Jemaat harus dapat melakukan fungsinya dari tempat di mana sekarang Kristus berada, di POSISI ROHANI DITINGGIKAN dan NAMA-NYA DIMULIAKAN lebih tinggi dari semua kuasa dan segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dari tiap-tiap nama dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang.

Gereja secara korporat adalah tubuh-NYA,yaitu kepenuhan DIA yang memenuhi semua dan segala sesuatu (Ef 1:20-23). Tuhan membangkitkan GEREJA untuk memanifestasikan PEMERINTAHAN KERAJAAN-NYA dengan hikmat-NYA yang tersembunyi kepada segala pemerintahan dan penguasa. Hal  ini sesuai dengan TUJUAN SEMULA yang telah dilaksanakan-NYA di dalam KRISTUS YESUS, TUHAN kita (Ef 3:10-11).

Apa yang telah dimulai-NYA melalui YESUS KRISTUS akan disempurnakan oleh GEREJA dan oleh bala tentaranya yang dimunculkan dari tiap-tiap bangsa pada hari yang telah ditetapkanNYA. Mereka adalah orang-orang yang bertindak dengan berani di atas kebenaran. Ini sama sekali jauh dari konsep agama yang dipahami pada umumnya selama ini dan sekarang sedang dibukakan.

Psa 110:3  Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun.

"Tentara bangsamu" dibangkitkan dari bangsa kita sendiri. Mereka adalah orang-orang benar yang dibangkitkan Tuhan untuk melaksakan tujuan-NYA bagi KerajaanNya. Mereka bukan dari golongan eksklusive agama tertentu. Agama mereka bisa apa saja; tetapi mereka bertindak di atas dasar kebenaran. Agenda Tuhan sepertinya jauh dari konsep agama yang kebanyakan kita pahami selama ini. Dia bisa memakai Koresh, orang Persia. Dia juga bisa memakai Kornelius, seorang perwira Romawi.Siapa pun bisa Ia pakai bagi tergenapi rencana-NYA.  Kita melihat di bangsa kita sudah dibangkitkan orang-orang benar seperti Jokowi, Ahok, Djarot, ibu Risma, Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi dll. Mereka merelakan dirinya mempetaruhkan apa pun, bahkan nyawanya seperti orang-orang KPK (komisi pemberantasan korupsi). Mereka adalah orang-orang strategisnya Tuhan.

Kandungan fajar berarti hari yang baru. Sekaranglah hari yang baru itu! Sekarang waktunya, musimnya untuk bergerak bersama Tuhan!

Kita telah menerima Kerajaan yang tidak dapat digoncangkan. Kita harus menerima amanat Kerajaan untuk menaklukkan semua kerajaan di bumi dan membawa mereka kepada ketaaatan kepada Kristus. Gereja harus terus dibangun di atas landasan KRISTUS YESUS dan dari apa yang sudah diselesaikan-NYA. Gereja harus berangkat dari posisi di mana KRISTUS sekarang berada. Dia sudah tidak di palungan lagi, tidak ada di kayu salib lagi, dan tidak ada di goa kubur; tapi sekarang DIA SUDAH DITINGGIKAN DI TAHTA.

SEKARANG, GEREJA dipanggil untuk menyelesaikan yang belum digenapi. Tuhan tidak memanggil jemaat secara individu. Keputusan Bapa ini berlaku sejak 2000 tahun yang lalu. Dan banyak individu-individu yang meresponi panggilan ini pada musimnya; tetapi kemudian kegerakan itu tenggelam kembali. Ini disebabkan tidak lain; bahwa Bapa menghendaki respon yang akurat dari GEREJA secara KORPORAT; bukan sebagai individu-individu. Gereja secara korporat tidak lain adalah KESATUAN GEREJA  DENGAN sebagai TUBUH KRISTUS YANG BERMITRA SEJAJAR DENGAN BAPA DAN ROH KUDUS.
Gereja bukan asisten; bukan pembantu. Gereja menjadi pengganti KRISTUS di bumi ini. Kemitraan KRISTUS dengan BAPA dan ROH KUDUS SELALU MERUPAKAN KEMITRAAN YANG SEPADAN.

Heb 12:28-29  Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.


Psa 110:2  Tongkat kekuatanmu akan diulurkan TUHAN dari Sion: memerintahlah di antara musuhmu!

GEREJA harus melaraskan rohnya, pikirannya, visinya dan agendanya menurut agenda dan kehendak Bapa, sebab Tuhan sedang menggerakkan GEREJA-NYA untuk bersiap-siap melaksanakan KEPUTUSAN BAPA (di Maz110:1). Sion adalah tempat yang dipilihan-NYA sebagai KEDIAMAN-NYA DAN TEMPAT PEMERINTAHAN-NYA untuk selama-lamanya. 

Di sarikan dari khotbah Ps. Jonathan David & ps. Djonny Tambunan

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman