WAHYU YESUS KRISTUS PASAL 2 (bag 1)

  Jemaat Efesus

gambar: awakenchurchflorida.com
INTRODUKSI

Pesan kepada Gereja - Ketika Anda membaca Wahyu pasal 2 dan 3, penting untuk melihat ada empat aplikasi pesan.
Masing-masing pesan diberikan kepada tujuh jemaat sebagaimana tujuan awalnya. Dan gereja-gereja ini berada di Asia pada saat wahyu diberikan. Banyak gereja lainnya ada di Asia pada saat yang sama, tetapi inilah gereja-gereja yang dipilih mewakili kondisi spiritual yang ada pada waktu itu.
Pesan tersebut juga dapat diterapkan secara historis. Menurut sejarah, Gereja telah melalui era mirip dengan yang dijelaskan di masing-masing tujuh gereja.

Pesan-pesan ini dapat diterapkan untuk gereja-gereja saat ini. Pesan-pesan khusus ditulis untuk gereja-gereja tertentu di Asia tetapi kekuatan dan kelemahan yang sama dapat ditemukan dalam Tubuh Kristus hari ini. (Gereja hari ini).
Pesan ini masing-masing juga dapat diterapkan secara individual. Lihatlah pesan untuk setiap gereja selama waktu itu dan bertanya pada diri sendiri bagaimana Anda mengukur pribadi Anda hari ini.
Pesan ini ditulis oleh Yohanes di 95 AD ketika Gereja Yesus Kristus berusia sekitar 66 tahun. Gereja telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa meskipun mengalami penganiayaan berat. Di bawah kekuasaan Roma, catatan sejarah  menunjukkan lebih dari 45.000 orang Kristen dibunuh dengan cara disalib, dibakar sampai mati dan dilempar ke binatang buas. Selain itu, korupsi bermunculan di Gereja. Ketika Yohanes menulis pesan kepada ketujuh jemaat, banyak orang percaya takut tentang masa depan yang tidak pasti. Mereka ragu apakah cukup kuat untuk berdiri menghadapi kemalangan dan ragu jika mereka bisa bertahan menghadapi penganiayaan.
Kepada orang-orang Kristen pertama-tama ini Yesus memberi rencana-Nya mengenai akhir-jaman melalui pesan-pesan ini.

Yohanes diberitahu untuk menuliskan apa yang dilihatnya di buku dan mengirimkan buku tersebut kepada ketujuh gereja di Asia. (Wahyu 1 v.11) Seluruh Kitab Wahyu yang juga meliputi pesan khusus kepada 7 gereja, dikirim ke gereja-gereja tersebut dan berkat diumumkan kepada semua yang akan membaca, mendengar dan mengikuti kata-kata yang terkandung dalam nubuat ini. Yesus ingin orang percaya tahu bahwa Dia tahu persis di mana mereka berada (posisi spiritual). Dia melihat perbuatan baik mereka, kesetiaan dan kesabaran dalam menghadapi penganiayaan. Dia juga melihat keburukan mereka yang meliputi kompromi, murtad, ketidakpedulian, dan suam-suam kuku.

Ia ingin mereka tahu bahwa meskipun penganiayaan dari luar dan korupsi dari dalam, Ia berdiri di tengah-tengah mereka dengan perkasa dan bahwa melalui Dia mereka juga bisa diatasi.

Tujuan Kristus dalam mengirimkan pesan tersebut kepada ketujuh jemaat adalah untuk memberdayakan orang percaya untuk mengatasi musuh. Tujuannya adalah untuk membangkitkan umat-Nya dalam kemenangan, untuk membuat mereka kuat. Ketika kita melepaskan topeng, kita melihat Gereja yang saat ini dalam kondisi sekarang tidak siap untuk kedatangan Kristus. Itu sebabnya Kristus berjalan lagi di tengah-tengah umat-Nya mempersiapkan Mempelai-Nya bagi kedatangan-Nya. Oleh Roh-Nya, Dia membawa kita keluar dari zona nyaman kita. Dia mengungkapkan dan menegur dosa, memanggil kita untuk bertobat, membawa kami ke level yang baru, kepada posisi dedikasi dan komitmen yang lebih kuat , dan melepaskan sebuah urapan Roh-Nya atas kita.
Seperti Yesus berjalan di tengah-tengah kita, Dia tahu kekuatan dan kelemahan baik individu atau secara korporat. Pesan-Nya kepada kita hari ini adalah sama seperti itu kepada ketujuh jemaat di Asia. "Dia yang memiliki telinga, biarkan dia mendengar apa yang Roh itu kepada gereja-gereja."

Seperti kita mempelajari pesan yang diberikan kepada masing-masing gereja-gereja ini, membuka semangat Anda untuk mendengar apa yang Roh Allah katakan kepada Anda. Mintalah Tuhan untuk mengungkapkan masalah yang perlu ditangani dalam hidup Anda. Menyerahkan diri sepenuhnya kepada Roh Kudus dan mengijinkan Dia untuk membersihkan sesuatu dari hidup Anda yang tidak berkenan di hadapanNya.

(Wahyu 2:1)  "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.
(Wahyu 2:2)  Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta.
(Wahyu 2:3)  Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah.

Ada banyak hal yang harus kita perhatikan tentang ayat-ayat ini.
Pertama, ayat-ayat itu dicetak dengan tinta merah, jadi ini adalah Tuhan Yesus berbicara. Secara harfiah hanya ada seperti sebuah gereja enam puluh mil timur utara dari pulau Patmos. Jadi ada sebuah gereja literal dari Efesus. Banyak yang percaya bahwa gereja khusus ini adalah simbolis dari usia apostolik dari sekitar 30 AD sampai 100 AD - gereja ini disebut Gereja Apostolik. Saya percaya setelah melihat dengan hati-hati, kita bisa melihat beberapa gereja di hari kita menjadi termasuk hanya dalam kategori ini. Di sini sekali lagi, pesan ini dikirim ke semangat pelayanan para gereja ini.
 
Kedua, kita diingatkan lagi di sini bahwa Yesus memegang bintang-bintang ini di tangan kanan-Nya. Yesus berjalan di tengah-tengah gereja ini; jadi kita tahu cepat, itu jatuh ke dalam kategori kekristenan. 
Perhatikan Yesus selalu dimulai dengan mengatakan sesuatu yang baik. Segera Dia memuji mereka karena kerja keras mereka, dan kesabaran. Bersabar tentu saja merupakan kebajikan, dan salah satu yang kebanyakan dari kita tidak memiliki. Pemimpin ini gereja ini dan orang-orang, tampaknya bekerja untuk Tuhan.
 
Pemimpin spiritual membenci kejahatan. Perhatikan bahwa pemimpin ini tampaknya melakukan sebagaimana Kitab Suci sarankan, dan mencoba menguji roh-roh untuk melihat apakah mereka berasal dari Allah atau bukan. Gereja tidak begitu saja menerima orang yang mengatakan dia adalah seorang rasul. Mereka menilai pesan mereka sebelum mereka menerima rasul. Tampaknya bahwa gereja ini juga didasarkan pada Firman. Gereja ini (gereja fisik) adalah salah satu gereja tua yang didirikan oleh rasul Paulus dan dipelihara oleh Timotius. Fisik Gereja Efesus ini terletak di sebuah kota yang ramai.
 
Dari sudut pandang spiritual gereja hari ini, kita akan melihat gereja ini terletak di tengah-tengah lingkungan sangat duniawi, tetapi menjadi sebuah gereja yang memegang standar terhadap lingkungan yang jahat. Gereja ini adalah gereja spiritual dipandu dan diajarkan melalui Roh Kudus Allah. Gereja seperti ini akan ditemukan sedang giat bekerja ketika Tuhan datang kembali. Mereka telah dipenuhi oleh kehadiran dan kekuatan Allah. Yesus pertama-tama memberitahu hal-hal  yang baik, kemudian memberitahu mereka kelemahan mereka, seperti yang kita lihat dalam ayat berikutnya. Meskipun gereja ini telah bekerja keras dan tidak menyerah, kita akan lihat di sini bahwa mereka memiliki beberapa kelemahan.
 
(Wahyu 2:4)  Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.

Cinta pertama kita, jika kita percaya , adalah menempatkan Yesus di depan segala sesuatu yang lain . Masalah rohani ini, dapat dilihat di sebagian besar gereja-gereja kita hari ini. Allah tidak akan membiarkan kompromi,  tetapi kita melihat hal itu dari setiap sisi.
 
Dalam II Timotius 3 : 5 : Dikatakan , " Memiliki bentuk kesalehan , tapi hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya . Dari seperti berpaling " Mungkin gereja ini sudah terlalu canggih untuk penyembuhan dan pembebasan . Mungkin beberapa dari musik dunia telah merayap di menyadari . Mungkin gereja ini sudah mulai untuk menghibur lebih dari mengajar . Gereja ini lebih menarik bagi dunia daripada Allah .
 
Seperti kita melihat semua gereja-gereja ini , kita harus memeriksa diri kita sendiri dan gereja kami dan melihat pada kategori apa kita jatuh ke dalamnya.
 
(Wahyu 2:5)  Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.
 
Tidak ada pengganti untuk kesatuan, kesungguhan, dan cinta abadi bagi Yesus Kristus. Yesus memperingatkan jemaat di Efesus untuk "bertobat, dan melakukan pekerjaan pertama, atau jika tidak, Aku akan datang kepadamu dengan cepat, dan akan menghapus kaki dian, keluar dari tempatnya, kecuali engkau bertobat". Dia memperingatkan bahwa jika mereka tidak bertobat, penghakiman akan jatuh. Mereka tidak lagi menjadi terang benar dan saksi kepada dunia.
 
Berapa banyak dari gereja-gereja kita saat ini seperti tak bernyawa, kusam, dan kaku? Berapa banyak kekurangan cahaya dan saksi Kristus dan kuasa-Nya? Kondisi di gereja ini, dan gereja-gereja secara korporat dan dalam kehidupan individu, tidak terjadi dalam semalam. Itu adalah proses bertahap dimana orang percaya meninggalkan mereka "cinta pertama", “gairah pengantin"; cinta mereka bagi Kristus. The "cinta pertama" yang Kristus sebut di gereja Efesus untuk kembali bisa dengan cinta "pengantin" dalam hubungan pernikahan.
Seorang pengantin baru begitu cinta dengan suaminya bahwa ia adalah fokus utama dari hidupnya. Ketika ia mengambil sumpah pernikahannya, dia berjanji untuk meninggalkan semua orang lain dan memberikan dirinya semata-mata untuk dia. Dia penuh semangat mengantisipasi keinginan dan penuh cinta mencoba untuk memenuhi semua kebutuhannya. Dia sebisa mungkin menghabiskan setiap saat dengan dia. Dalam hubungan ini "cinta pengantin", ada keintiman khusus yang berkembang antara pengantin dan mempelai nya. Dia rindu untuk mengetahui segala sesuatu mungkin tentang dia. Dia membuka hatinya kepadanya, mengungkapkan rahasia terdalam dan keinginan. Sementara mereka terpisah satu sama lain, dia rindu untuk dia dan penuh semangat mengantisipasi ketika ia akan bertemu dengannya sekali lagi. Karena cintanya, pengantin wanita menempatkan mempelainya di tempat pertama, sebelum semua yang lain, termasuk kebutuhan sendiri, keinginan, dan ambisi.
 
Ini adalah jenis cinta yang murni, kuat, mengorbankan diri "cinta pengantin" untuk Kristus yang membuat para murid bersedia menyerahkan diri 100% untuk kepentingan Kristus. Itu jenis cinta yang membakar keinginan egois mereka sendiri, memotivasi mereka untuk melayani Kristus dengan pengabdian hati segenapnya, dan membuat mereka rela menyerahkan nyawa mereka apa pun untuk Kristus. Ini adalah jenis cinta membara yang harus  kita memiliki  dalam diri kita untuk memungkinkan kita dapat memenuhi tujuan Allah di saat-saat akhir waktu sebelum kedatangan Kristus. Sama seperti Kristus yang disebut jemaat di Efesus untuk kembali ke cinta pertama mereka, Ia berjalan di antara kita hari ini, memanggil kita untuk bertobat dan kembali ke cinta pertama kita.
 
Berikut adalah tujuh tanda-tanda peringatan yang menandakan bahwa gereja atau individu telah meninggalkan cinta pertama mereka:
 
1.   Kristus tidak lagi fokus utama dalam hidup Anda.
2.   Anda mengabaikan hubungan Anda dengan Tuhan dan menghabiskan lebih sedikit waktu dalam doa , penyembahan dan Firman .
3.   Anda mengizinkan keluarga, teman , pekerjaan dan keinginan Anda sendiri untuk berada antara Anda dan hubungan Anda dengan Tuhan.
4.   Ada kehilangan keintiman dalam hubungan Anda dengan Tuhan .
5.   Anda terjebak dalam kerja siklus kematian (membiarkan diri terbawa arus, merasa  tidak berdaya, dikuasai roh Babel)
6.   Anda lebih toleran terhadap dosa
7.   Anda tidak akan lagi memiliki gairah membara karena terhilang
Kerja Anda haruslah termotivasi oleh kasih dan pengabdian kepada Tuhan. Lalu bandingkan cinta Anda bagi Tuhan hari ini dengan yang sebelumnya. Apakah cinta Anda telah tumbuh lebih dalam atau telah kehilangan gereget-nya ? Apakah karya Anda termotivasi oleh cinta yang penuh gairah untuk Tuhan atau yang Anda lakukan mereka hanya karena timbul dari rasa kewajiban? Mintalah Tuhan untuk mengampuni Anda karena meninggalkan cinta pertama Anda . Mulai melakukan pekerjaan pertama Anda lagi. Buatlah komitmen baru kembali kepada doa, penyembahan, dan Firman . Hembuskan nyala bara-api cinta pertama Anda yang sudah sekarat melalui persekutuan baru dengan Tuhan. Cinta yang sungguh-sungguh ini diperlukan dari semua orang yang milik Tuhan . Yesus menyebut ini yang terutama dan yang terbesar :
(Matthew 22:37-38)  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

(Wahyu 2:6)  Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci.

Perhatikan di sini bahwa Yesus, sebagai gereja ini, membenci dosa dan bukan pendosa. Perbuatan yang dibenci, bukan pelakunya. Tampaknya ada ada catatan dari Nikolaus kecuali yang disebutkan di sini. Adalah hal yang mungkin untuk membenci kejahatan, namun juga memiliki hidup yang menyenangkan hati Tuhan. Keduniawian adalah sesuatu yang kita harus hindari sepenuhnya.
 
Nikolaus dan Baalam berada dalam kategori yang sama. Mungkin kejahatan tanpa akar tertentu. Doktrin Baalam, Nikolaus, dan gereja Izebel berpikir bahwa menjadi orang Kristen membebaskan mereka dari hukum moral. Mereka percaya penyembahan berhala itu dan hal-hal kedagingan masih bisa ditoleransi terhadap mereka, karena mereka telah dibebaskan oleh Kristus. Beberapa teori gereja liberalisme kita lihat di gereja-gereja saat ini berasal dekat dengan keyakinan ini.
 
Jadi banyak yang mencoba untuk membawa Yesus turun ke tingkat di mana kita ada atau untuk mengangkat kita ke tingkat Nya. Ini adalah doktrin yang sangat berbahaya untuk membuat diri kita menjadi dewa. Itulah sebabnya Lucifer diusir dari surga. Keduniawian (spirit Babel) tidak boleh bercampur dengan penyembahan Allah. Kita tidak hanya tidak boleh berpartisipasi dalam hal ini, tapi benar-benar membenci praktek ini.

(Wahyu 2:7)  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

Kita semua memiliki telinga, tapi ini berbicara tentang bahwa telinga hati nurani yang menerima kebenaran. Perhatikan bahwa Roh ditulis kapital berarti Roh Allah. Ini bukan sembarang roh, tetapi Roh Kudus Allah. Kami juga melihat di sini, bahwa Ia sedang berbicara kepada gereja-gereja, dan tiba-tiba melompat kepada individu-individu dalam gereja ketika Dia mengatakan, "kepada dia yang menang".
 
Kita tidak diselamatkan secara kolektif tapi sebagai individu. Kita sebagai individu harus memutuskan siapa yang akan kita ikuti. Kami melihat di sini juga bahwa ada sesuatu untuk dimenangkan. Kita harus mengatasi godaan nafsu daging.
 
Semua orang percaya dalam Yesus akan makan dari pohon kehidupan. Yesus adalah Pohon Kehidupan. Hades (paradise) adalah surga, bukan neraka, sebagaimana banyak yang percaya hari ini. Ketika Yesus mengatakan pencuri di kayu salib, "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, Hari ini juga engkau akan bersamaku di surga." Lukas 23:43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Banyak mencoba untuk menyamakannya dengan tubuh Yesus yang berada di kubur. Roh Yesus pergi ke surga langsung dari salib, sebagai roh kita akan meninggalkan tubuh kita seketika itu juga (instant) ketika kita mati.

(Luke 23:46)  Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

Roh Yesus segera pergi ke Allah. Roh-Nya kembali bergabung dengan Tubuhnya pada hari yang ketiga. Empat puluh hari kemudian tubuh dan Roh Yesus dibawa ke surga di awan.
 
Allah adalah Roh; Yesus adalah Roh yang tinggal dalam tubuh untuk-Nya untuk tinggal di bumi. Kita adalah roh juga, bertempat di dalam tubuh. Jika kita percaya, roh kita akan segera pergi ke surga ketika ia meninggalkan tubuh kita. Tubuh akan  di bangkitan dan bergabung kembali dengan roh kita. Roh Yesus dan roh pencuri di kayu salib segera berada di surga. Pohon kehidupan ada di sorga. Hades (paradise) adalah taman di surga. Ini adalah pemulihan surgawi dari Taman Eden. Surgawi, yang bahkan lebih indah.

(Wahyu 2:8)  "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:
(Wahyu 2:9)  Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu--namun engkau kaya--dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.


source:  www.discoverrevelation.com

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman