GUNUNG RUMAH TUHAN ALLAH YAKUB

SESI 7 – TLC 2017 – Ps. Djonny Tambunan – 23-26 Des 2017

I. SEMUA DIMULAI DARI RUMAH TUHAN

Mikha 4

gbr:youtube.com
Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung rumah TUHAN akan berdiri tegak mengatasi gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; bangsa-bangsa akan berduyun-duyun ke sana,  Mic 4:1

dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan firman TUHAN dari Yerusalem."  Mic 4:2

<<<< PEKERJAAN DAHSYAT OLEH ROH KUDUS DIMULAI DARI RUMAH TUHAN >>>>

SION = sunny = bright = cerah.

Ketika SION dimunculkan kita tidak lagi memerlukan matahari natural. Semua kehidupan akan diterangi baik pada waktu malam mau pun pada waktu siang. Yang akan meneranginya adalah Sion.

Yes 2:1
Yesaya menjelaskan lagi siapa yang dimaksud dalam kitab Mikha (bukan berarti Yesaya membaca kitab Mikha). Ternyata tidak semua orang dipenuhi oleh Roh Kudus, karena tidak semua orang percaya kepada Yesus Kristus. Saudara dipenuhi oleh Roh Kudus dengan maksud ini. Tetapi banyak orang memakai Roh Kudus hanya untuk kepentingannya sendiri, untuk pelayanannya, untuk gerejanya. Itu semua hal-hal yang terlalu picisan, sehingga kita sendiri menganggap bahwa pekerjaan Roh Kudus itu terlalu kecil. 
Kepada kita telah dibukakan bahwa Roh Kudus itu sangat dahsyat sekali. Roh Kudus itu adalah Allah sendiri. Dia adalah Roh Allah itu sendiri. Dia bekerja sangat dahsyat sekali dalam hidup kita. Itu sebabnya sangat penting untuk mengetahui pekerjaan Roh Kudus.  Apa yang dikerjakan-Nya di luar sana dan apa yang dikerjakan-Nya dalam hidup saudara?

Roh Kudus lebih bebas bekerja di luar, karena di dalam banyak orang Kristen banyak hal yang dipertahankan.  Setiap Roh Kudus mendatangi sekelompok orang setan minggat. Memang setan tidak ada, tapi banyak yang mempertahankan benih yang dari setan. Bahkan benih itu telah menjadi pohon dan Roh Kudus harus mencabut pohon itu terlebih dulu supaya Dia dapat bekerja bebas (dalam hal ini saudara harus bekerja sama dengan Roh Kudus untuk tidak mempertahankannya lagi, dengan demikian anda memperoleh kemenangan, menang terhadap Tuhan dan menang terhadap manusia). Saudara tidak boleh keberatan terhadap hal yang demikian.

<<<< PATRON RUMAH UNTUK MENINGGIKAN MANUSIA? SUATU KONFLIK BATIN >>>>

Kita sudah mempelajari tentang patron kehidupan Ishak-Yakub. Pasti banyak orang yang keberatan tentang hal ini, karena seolah-olah patron ini akan meninggikan manusia (Yakub lebih meninggikan Ishak daripada Allah, karena ketaatannya kepada Ishak. Yakub memberikan syarat kepada Tuhan untuk menjadi Tuhannya Yakub). Patron ini bukan untuk meninggikan manusia sebab patron ini adalah patron dari Tuhan sendiri bertujuan untuk meninggikan Allah (di hadapan Tuhan dan manusia). Allah memberikan cara seolah-olah meninggikan manusia. Ishak tidak menginginkan dirinya dipuji. Ishak tidak pada posisi Allah, demikian juga Abraham.
Itu sebabnya Allah mengatakan diri-Nya adalah Allah Abraham. Abraham adalah Abraham, tapi Aku adalah Allah Abraham. Artinya, Aku adalah Allah yang hidup dalam dirinya Abraham. Aku mendapatkan tempat dalam diri Abraham. Seluas apa yang Abraham terima dari kehidupan yang Aku salurkan, maka Aku patut disebut Allahnya Abraham. Jika kau ingin mengetahui ukuran-ukuran Allah dan bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupanmu, temui itu dalam diri Abraham.  Semua ukuran itu seperti dimensi (firman dan Roh) yang telah hidup dalam diri Abraham. (Dan kita bisa melihat firman itu, dimensinya dan ukurannya dalam diri Abraham). Dan apakah itu artinya kita meninggikan manusia?
Saudara harus bebas dari konflik batin ini dengan memahami hal yang demikian.

<<<< BEDANYA YAKUB DENGAN SAUDARA >>>>
Itu sebabnya hanya perkataan Ishak yang didengar oleh Yakub (sebab ia telah melihat dimensi itu hidup dalam diri ayahnya). Ishak telah melatih Yakub, bahwa suatu hari kau akan mendengar suara Tuhan. Dan Yakub mendengar suara Tuhan melalui satu mimpi di Betel. Walau pun Yakub mengatakan: Sungguh tempat ini sangat dahsyat…..sungguh ini adalah pintu gerbang sorga. Tapi buat Yakub, dia tidak begitu tertarik (dibandingkan dengan panggilan / tugasnya dari Ishak). Mungkin kau tertarik dengan hal-hal yang rohani (seperti penglihatan dan mujizat), tapi kau tidak hidup dalam pola Tuhan.  Itu bedanya hidupmu dengan Yakub. Yakub tidak tertarik kepada hal-hal yang supranatural. Yakub lebih tertarik kepada kehidupannya Ishak. Dia lihat hal-hal yang bernilai, dia lihat hal-hal yang ilahi, dia lihat pola itu. Itu yang menarik bagi hidupnya.

<<<< PERINTAH ISHAK KEPADA YAKUB >>>> 

Ishak memberikan perintah kepada Yakub untuk pergi ke Padan-Aram untuk mengambil seorang istri. Yakub merasa senang, dia bebas untuk memilih sendiri, sebab Ishak matanya sudah lamur (karena kebanyakan makan daging buruan Esau). Dia bersemangat untuk mentaati perintah bapanya sambil dia kontaminasi perintah bapanya itu dengan keinginannya dia, pilihannya dia. Selama 20 tahun Yakub bekerja di rumah Laban. Dan tentu saja setelah sekian  lama, dia bersemangat sekali pulang untuk menunjukkan kepada ayahnya apa yang ia dapatkan. Tetapi siapa yang akhirnya dia tunjukkan kepada Ishak? Rahel mati di jalan dan dikuburkan di Efrata, Bethlehem. Apa yang menjadi keinginannya (Dia ingin membanggakan apa yang dia dapatkan)  dihancurkan Tuhan dalam hidupnya Yakub. Coba pikirkan, hanya dalam rumah proses itu bisa terjadi. Itu sebabnya kau sakit hati ketika apa yang diberikan dalam hidupmu tidak sesuai dengan keinginanmu. Jadi itu merupakan proses yang normal di dalam rumah. Itu yang menunjukkan bahwa kau tetap ada dalam rumah. Kalau kau selalu bahagia di dalam rumah (rohani) itu bukan rumah, itu tempat rekreasi. 

<<<< RUMAH ADALAH TEMPAT SATU-SATUNYA >>>>
Rumah adalah satu-satunya tempat di mana Tuhan mengangkat dirimu, hidupmu sesuai dengan selera dan standar-NYA. Tuhan adalah sutradara yang membuat saudara hebat. Tidak mungkin tanpa seseorang dan tanpa komunitas, saudara bisa dibentuk.

Allah melihat Yakub itu seperti mutiara, tapi di sekelilingnya masih dipenuhi lumpur. Itu sebabnya Allah tertarik pada hidupnya Yakub. Dia hidup seperti mutiara. Allah akan mengambil peranannya, prosesnya. Rumah rohani mengikis lumpur-lumpur dari mutiara. Tuhan mengkonfirmasinya di Lus, ternyata Yakub benar-benar mutiara. Kenapa? Karena Yakub berkata: Kalau kau menyertai aku untuk melaksanakan perintah ayahku, membawa aku kembali ke rumah ayahku dan juga memberikan aku roti dan pakaian. Yakub berbicara memakai gaya bahasa Tuhan: Kalau Kau sertaiku untuk melaksanakan tugas dari ayahku, dan Kau memberikan aku roti dan pakaian….maka Kau akan menjadi Tuhanku.

Roti bukanlah roti lahiriah, di rumah Laban dia boleh makan sepuasnya. Yakub bisa menggunakan bahasa Tuhan karena dia sudah terbiasa memakai bahasa Tuhan bersama Ishak di rumah rohaninya.

Ketika Ishak memerintahkannya ke Betuel untuk mengambil seorang istri, Yakub tidak memahaminya hanya berdasarkan kalimat-kalimat yang disampaikan, tapi memahami tujuan daripada perintah itu.
Esau hanya menangkap bahasa Ishak secara harfiah tanpa mengetahui maksud dari kalimat perkataan Ishak kepada Yakub; hal yang lahiriah; sehingga ia malahan mengambil istri dari keturunan Ismael. Itu sebabnya keturunan Esau yang disebut Edom menjadi musuh Tuhan. Saudara harus pahami hal ini.

Tuhan sangat menyukai Yakub karena hidup dalam pola rumah, pola ketaatan. Itu sebabnya hidup saudara harus dibangun menurut pola ini. Ada banyak orang yang tidak mengerti tentang patron. Ada banyak orang yang tidak bisa hidup dalam rumah. Mengapa? Karena dia selalu membawa dirinya semaunya. Saudara harus mengerti tujuan Tuhan. Semuanya itu dimulai dari rumah.

II. GUNUNG TEMPAT RUMAH TUHAN SUDAH TUHAN SEDIAKAN TEMPATNYA.

Apa yang sudah Dia bangun dan saudara bangun selama ini tempatnya di puncak, bukan di lereng. Mengapa di puncak? Allah selalu mengundang untuk naik ke atas gunung. Dia meminta Abraham, Musa, Elia ke puncak. Selalu Allah menunggu di tempat yang tertinggi. Bisa kau bayangkan apa yang sudah kau bangun selama ini Allah sudah menyediakan tempatnya di sana!  Di atas batu karang Aku akan membangun jemaatKu. Dia lepaskan Firman itu berarti yang membangun adalah Yesus Kristus. Dan Dia lepaskan Roh Kudus bekerja dalam hidup saudara, sehingga kita bisa bekerjasama dengan Roh Kudus untuk membangun dan Dia sudah menunggu di sana.  Dia percaya akan ada gereja-Nya sampai kepada titik Dia! Itu sebabnya Alkitab mengatakan: Kita sudah sampai ke bukit Sion, kepada kumpulan jutaan malaikat!

Ini yang membuat saya dan Anda bergairah dan bersemangat, sehingga merelakan apa pun yang saya dan Anda bangun tidak akan pernah sia-sia!

Dia sudah menunggunya lama. Kita tidak membangun sendirian, Roh Kudus ada bersama-sama kita, kita pasti akan sampai di titik itu. Itu adalah tempat kedambaan. Amin.

Bayangkan bahwa Allah sedang menanti di gunung sama seperti Dia katakan kepada Musa: Musa hambaKu naik!

Yesus menginginkan di mana di tempat Aku berada di situ pun kamu berada.

Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.  Rev 3:21

<<<< Hanya ada SATU takhta di sorga! >>>>

Di Wah 22 tidak lagi bisa dibedakan antara Putra dengan gereja-Nya. (Yesus yang sulung di antara banyak saudara). Semua sama. Bagaimana itu bisa terjadi? Karena Yesus Kristus yang membangunnya dengan Roh dan Firman. Hanya kau perlu izinkan Yesus membangunnya, maka kau akan sampai ke titik itu. Bapa menanti-nantikannya, tapi ada batasan waktu. Itu sebabnya dikatakan pada hari-hari yang terakhir, pasti ada yang berhasil sebab Putra-Ku yang mengerjakannya, Putra-Ku yang membangunnya. Kita harus memiliki keyakinan, sebab Roh ada, Firman ada, pasti kau berhasil.

Tempat yang tinggi artinya tempat-Nya Tuhan di alam roh. Bangun secara roh.

Bagaimana bisa menang terhadap Tuhan dan manusia?
Allah adalah roh. Lihat apa yang dibangun oleh Yakub dalam hidupnya, rohnya. Kemenangan Tuhan anugerahkan; ternyata apa yang Allah pertahankan dan tidak bisa Tuhan anugerahkan pada dirimu, ternyata itu bisa kau ambil menjadi milikimu, sehingga itu dikatakan kau menang terhadap Allah dan manusia.
Di tempat yang tinggi itulah Tuhan tempatkan gereja. Gereja kita tidak akan menjadi gereja lokal untuk selama-lamanya. Bahkan di gereja kami orang-orang sudah yakin, bahwa ini bukan lagi gereja, tapi ini adalah rumah (rohani). Mereka sudah sampai seperti itu. Mereka sudah bisa mengabaikan kepentingan-kepentingan lahiriah mereka. Mereka ingin lebih lagi. Misalkan mereka bersedia ikut GLS, dan konferensi lainnya ke Muar. Mereka sekarang memiliki sifat rela berkorban. Mau membayar harganya. Saya ingin menggeser mereka dari gereja lokal kepada rumah. Siapa yang sanggup membangun itu?

<<<< YEHUDA MENJADI PUTRA SEJATI >>>>
Hanya Yesus, Roh Kudus dan Firman-Nya. Jika kau izinkan Yesus, Firman dan Roh Kudus bekerja di gereja mu, maka gerejamu tidak lagi menjadi gereja melainkan menjadi rumah.

Yehuda tau betapa pentingnya Yakub, walau pun masih Yakub masih membuat masalah. Yehuda menyelamatkan hidup Yakub dihari tuanya, pada saat-saat terakhir dari sebuah bencana spiritual. Apa itu?

Karena sikapnya terhadap Benyamin. Dia masih mempertahankan dan mengistimewakan Benyamin, oleh sebab Yusuf dan Benyamin itu lahir dari istri yang paling dicintainya, Rahel. Dia masih memakai hubungan yang natural. Padahal Tuhan sudah memprosesnya, sehingga Rahel mati di jalan di Efrata setelah melahirkan Benyamin. Tapi Yakub terus saja membangun hubungan lahiriah. Allah melihat itu berbahaya buat generasi berikutnya. Siapa yang menyelamatkan Yakub? Yehuda.

Yehuda menjadi putra sejati yang luarbiasa sekali.

Lalu berkatalah Yehuda kepada Israel, ayahnya: "Biarkanlah anak itu pergi bersama-sama dengan aku; maka kami akan bersiap dan pergi, supaya kita tetap hidup dan jangan mati, baik kami maupun engkau dan anak-anak kami.  Gen 43:8

Akulah yang menanggung dia; engkau boleh menuntut dia dari padaku; jika aku tidak membawa dia kepadamu dan menempatkan dia di depanmu, maka akulah yang berdosa terhadap engkau untuk selama-lamanya.  Gen 43:9

Jika kita tidak berlambat-lambat, maka tentulah kami sekarang sudah dua kali pulang."  Gen 43:10

Setelah perundingan yang alot berminggu-minggu lamanya itu dan dengan perkatan Yehuda itu maka Yakub akhirnya setuju.

Bawalah juga adikmu itu, bersiaplah dan kembalilah pula kepada orang itu.  Allah Yang Mahakuasa kiranya membuat orang itu menaruh belas kasihan kepadamu, supaya ia membiarkan saudaramu yang lain itu beserta Benyamin kembali. Mengenai aku ini, jika terpaksa aku kehilangan anak-anakku, biarlah juga kehilangan!"  Gen 43:13-14

Tuhan bekerja sama dengan Yehuda memutus faktor Benyamin dari Yakub, sehingga Yakub selamat (dihabiskan kedagingannya) dan menjadi akurat (dalam menubuatkan warisan rohani bagi anak-anaknya). Setelah itu, setelah Yakub sendiri pergi ke Mesir, dia tidak pernah lagi membanggakan Benyamin.

Yehuda menjadi putra sejati. Dan suatu hari, Putra Bapa di sorga menjadi disebutkan menjadi Singa dari Yehuda. Itulah spirit / DNA yang dialirkan oleh Yehuda.

Itulah sebabnya setelah kedagingan Yakub berakhir, di Kej 49, Yakub menjadi sangat akurat menubuatkan tentang masa depan anak-anak Israel. Selama ini Yakub ada di lereng, tetapi Yehuda menyelamatkan dia. Spirit daripada Ishak,
dan spirit daripada Yesus ada pada Yehuda.

Abraham diminta Tuhan untuk mengorbankan anaknya yang tunggal. Siapa yang membuat itu sukses? Ishak. Ini putra sejati. Di mana tempat produksi putra sejati? Di rumah. Tapi mengapa kau tidak mentaati rumah? Alkitab mengatakan Yakub betah di rumah dan menjadi putra sejati. Jika kau betah di rumah maka kedaginganmu akan dimatikan dan diputus sehingga kau menjadi putra sejati. Ini hanya bisa dilakukan oleh kuasa dan jalan-jalan Tuhan.

<<<< TUHAN SUDAH MEMILIH SION >>>>>>

Sion ada di alam roh. Tempat Tuhan, tempat perlindungan ada di alam roh. Gereja yang dibangun naik lebih tinggi, iblis malah diturunkan, sehingga kau aman dan tidak terjangkau oleh iblis. Itulah sebabnya kau bisa berkata Allah itu perlindunganku. Jangan berdoa minta perlindungan malaikat menjagaimu atau rumahmu, tapi bangun dirimu sehingga kau mencapai titik itu dan tidak lagi bisa kau bisa dijangkau oleh iblis. Hidup Ayub dipagari oleh Tuhan, sehingga iblis protes. Dicobai dalam segala hal, termasuk dicaci oleh istrinya untuk mengutuki Allah, integritas Ayub tidak goyah dan Ayub dikatakan tidak berdosa dengan bibirnya (Ayub 2:9,10).

Ijinkan Allah bekerja membangun hidupmu sehingga Ia terbukti sebagai Allah perlindungan, membentengi hidupmu dan membentengi karaktermu dan integritasmu seperti Ayub. Gunung Tuhan menjadi fondasi, gunung-batumu, fondasi yang kokoh.

Yehuda diberikan untuk melindungi Yakub sehingga dunia tidak bisa menjamah Yakub, sehingga Yakub menjadi akurat. Dia bisa menggunakan kuasa daripada dimensi profetik berdoa bagi anak-anak Israel. Dan apa yang dinubuatkan oleh Yakub lewat perkataannya itu terjadi, bukan hanya sampai pada zaman Yesus, tapi juga terjadi sampai selama-lamanya! (sebab tongkat pemerintah kerajaan tidak akan beralih dari Yehuda.)



III. YEHUDA DAN YERUSALEM.

Yerusalem berbicara tentang gereja. Yerusalem yang turun dari sorga.
Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.  Rev 21:2

Berarti Yerusalem diproduksi di sorga.  Tidak ada kontribusi manusia, pemikiran manusia atau pun rancangan manusia. Semua berasal dari Tuhan. Yerusalem itu berbicara tentang kota, tentang komunitas, sebagai komunitas yang membangun bersama-sama.

Biasanya orang menginginkan di mana tempat kita berada harus sesuai dengan hati kita. Itu sebabnya banyak yang mencari kecocokan-kecocokan (gereja yang cocok, firman yang cocok, pendeta yang cocok, teman yang cocok, dst.) Dia tidak mau mencari teman yang bisa menegurnya.

Zak 2 / Wah 21.

Ukuran Yerusalem sebenarnya adalah ukuran bersama. Bagaimana kau memiliki kesatuan, memiliki destiny yang sama, jalan yang sama. Tidak ada perbedaan antara saudara yang satu dengan yang lainnya di dalam rumah.

Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak seorang yang memegang tali pengukur.  Zec 2:1

Lalu aku bertanya: "Ke manakah engkau ini pergi?" Maka ia menjawab aku: "Ke Yerusalem, untuk mengukurnya, untuk melihat berapa lebarnya dan panjangnya."  Zec 2:2

Dan sementara malaikat yang berbicara dengan aku itu maju ke depan, majulah seorang malaikat lain mendekatinya,  Zec 2:3

yang diberi perintah: "Berlarilah, katakanlah kepada orang muda yang di sana itu (Zakaria sendiri waktu masih muda), demikian: Yerusalem akan tetap tinggal seperti padang terbuka oleh karena banyaknya manusia dan hewan di dalamnya.  Zec 2:4

Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok berapi baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya."  Zec 2:5

Dikatakan, Yerusalem seperti padang yang terbuka (city without walls). Kota itu sudah sesuai dengan ukuran Tuhan, maka tidak perlu ditemboki lagi. Inilah yang dimaksud dengan Yerusalem yang turun dari sorga. Saudara akan diberitahukan apa yang menjadi ukuran hidup saudara bersama. Engkau boleh membangun hidupmu sendiri dan beroperasi, sama seperti Yehuda. Tetapi ketika engkau diukur bersama-sama dengan yang lain, engkau harus memiliki ukuran yang tepat. Jadi bukan hanya ukuran pribadi saja dengan Tuhan, tapi juga ukuran dengan yang lainnya. Ada banyak orang memiliki kemampuan menunjukkan hal-hal yang bagus, hal-hal yang benar tapi terbatas untuk pribadi (dan keluarganya saja), tapi untuk hidup bersama (dalam komunitas) dia sulit sekali. Yang tertampil adalah keegoisan hidupnya (seperti Lot).


<<<< SEMUA AKAN DIUKUR >>>>>
Kau tidak bisa sesukamu, memakai ukuranmu, tapi semua akan diukur. Dikatakan Yerusalem memiliki 12 pintu. Angka 12 adalah angka pemerintahan Tuhan, angka 12 rasul. Bagaimana kau ijinkan pemerintahan Allah beroperasi dalam hidupmu? Hanya bisa jika kau memiliki dimensi rasuli. Pemerintahan Allah harus nyata dalam hidupmu. Dimensi rasuli adalah apa yang kau dengar, engkau bangun dengan ukuran Tuhan. Itu yang disebut dengan pemerintahan Allah. 

Wah 21 Yerusalem memiliki tembok.
Zak 2    Yerusalem terbuka / tidak memiliki tembok.

Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua belas malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel.  Rev 21:12
Yerusalem akan tetap tinggal seperti padang terbuka oleh karena banyaknya manusia dan hewan di dalamnya.  Zec 2:4

Yerusalem = fondasi damai = dasar damai
Orang yang masuk ke dalamnya harus memiliki damai.
Damai dengan Allah, damai dengan diri sendiri, damai dengan orang lain, damai dengan musuh.

Saya ingatkan berkali-kali, kau harus berdamai dengan saudara-saudaramu.

Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,  Mat 5:23

tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.  Mat 5:24

Kau harus berdamai terlebih dulu sehingga kau dapat mengijinkan Roh Kudus membangun apa yang Dia sudah rancangkan. Berdamai lebih penting daripada mempersembahkan korban. Apakah kau sudah masuk kepada Yerusalem (yang temboknya adalah api Tuhan sendiri)? Buktikan  bahwa kau berdamai dengan semua orang. Kau damai dengan Allah, damai dengan kebenaran, damai dirimu, damai dengan musuhmu, damai dengan semua orang. Itu merupakan ciri penduduk kota Yerusalem. Tidak sembarang orang bisa memasuki Yerusalem.

<<<< TEMBOK API YERUSALEM >>>>

Jadi apa bedanya Wah 21 dan Zak 2?

Dijelaskan di Ibrani 12:29  Dia adalah api yang menghanguskan. Tuhan sendiri yang memagari Yerusalem dengan api-Nya, sehingga tidak semua orang bisa masuk. Dia menjagai Yerusalem, dia menjagai semua orang di dalamnya, buatan tangan-Nya. Ketika saudara mengupgrade dan naik, akan terlihat bahwa saudara terlindungi oleh Allah. Mengapa? Karena saudara berada di tempatnya Allah. Sama seperti Ayub yang dipagari oleh Allah. Jika orang melihat Ayub, maka mereka akan melihat temboknya terlebih dulu. Sampai saudara-saudara ke titik ini, setiap kali orang melihatnya, mereka akan melihat Allah terlebih dulu. Allah yang seperti api.

Di Kis 5 dikatakan tidak banyak orang yang berani bergabung dengan mereka, tetapi mereka disukai dan dihormati. Kenapa orang-orang luar tidak berani bergabung? Karena ada api, karena ada standard (tembok). Untuk masuk bergabung kepada kehidupan mereka harus dimurnikan dulu oleh Tuhan, karena ada standarnya. Tidak semua orang bisa masuk ke tempat ini, karena ini adalah tempat fondasi damai. Ini Yerusalem. Kumpulan orang-orang seperti inilah yang terus dibangun oleh Tuhan.

Akan terjadi pada hari-hari terakhir…. Di mana terjadinya? Di gunung Tuhan. Allah akan membentengi hidup saudara. Orang akan bisa melihat Allah melalui kumpulan saudara, sebagai tempat fondasi damai dan takut akan Tuhan (integritas). 


<<<< API TUHAN MEMURNIKAN DAN MENGUBAH JATIDIRI >>>>

Ul 4:24
Sebab TUHAN, Allahmu, adalah api yang menghanguskan, Allah yang cemburu.  Deu 4:24

Api selain untuk memurnikan juga untuk mengubah jatidiri seseorang. Jika ada campuran logam, juga bercampur dengan tanah, orang gunakan api untuk memisah-misahkan logam dari kotoran. Mulai dari 400 derajat,  maka logam demi logam, juga dipisahkan, dimurnikan masing-masing menurut jenisnya, karena tiap logam mempunyai titik cair yang berbeda-beda. Semua kotoran dan kontaminasi atau campuran itu akan dipisahkan sehingga kau akan dapat emasnya. Emas adalah hidup-Nya, perak adalah keselamatan, dan tembaga adalah hukuman. Setelah dipisahkan mereka siap untuk dicetak. Jatidirinya diubah, bukan hanya bongkahan, tapi sekarang jatidirinya menjadi cincin. Dia menjadi lebih berharga, lebih bernilai. Begitulah cara Tuhan membentuk hidup saudara dan saya.

Api itu memurnikan dan mengubahkan jatidiri seperti Yakub diproses dan diubahkan jatidirinya oleh Allah. Dan dia dimurnikan melalui Yehuda, karena masih ada hal yang melekat pada dirinya.

<<<< PERBUATAN YAKUB >>>>
Di Hosea dikatakan Allah membalas perbuatan Yakub setimpal, sebab ia mencoba untuk menggenapkan firman Tuhan dengan kekuatannya sendiri. Itu bukan jalan Tuhan.

TUHAN mempunyai perbantahan dengan Yehuda, Ia akan menghukum Yakub sesuai dengan tingkah lakunya, dan akan memberi balasan kepadanya sesuai dengan perbuatan-perbuatannya.  Di dalam kandungan ia menipu saudaranya, dan dalam kegagahannya ia bergumul dengan Allah. Ia bergumul dengan Malaikat dan menang; ia menangis dan memohon belas kasihan kepada-Nya. Di Betel ia bertemu dengan Dia, dan di sanalah Dia berfirman kepadanya:  Hos 12:2-4

Yakub orang yang tenang, orang yang betah dalam rumah dan sejak dari kandungan ia mendengarkan apa yang dikatakan Tuhan kepada mami Ribka.

Tetapi anak-anaknya bertolak-tolakan di dalam rahimnya dan ia berkata: "Jika demikian halnya, mengapa aku hidup?" Dan ia pergi meminta petunjuk kepada TUHAN.  Firman TUHAN kepadanya: "Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda."  Gen 25:22-23

 Yakub bergulat di dalam kandungan dengan Esau dan karena ia licin, ia tidak bisa ditangkap; tapi ia bisa menangkap dan memegang tumit Esau, karena Esau berbulu. Karenanya kepala Esau menghadap mulut rahim dan keluar lebih dulu.
(lihat ilustrasi videonya, the battle in the womb di link ini: https://youtu.be/HJFco_Sos3g

Setelah genap harinya untuk bersalin, memang anak kembar yang di dalam kandungannya.  Keluarlah yang pertama, warnanya merah, seluruh tubuhnya seperti jubah berbulu; sebab itu ia dinamai Esau.  Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir.  Gen 25:24-26

Yakub menggunakan kedagingannya untuk menggenapkan Firman Tuhan. Allah tidak mau dengan cara demikian, maka Yakub harus dimurnikan. Allah bertanggung-jawab untuk memurnikan hatinya. Kalian juga harus menghadapi tembok api.  Ingat ke pergi ke Yerusalem bukan untuk berdamai, tetapi berdamai dulu baru kembali masuk ke Yerusalem. Harus ada pemurnian oleh api, harus ada perubahan jatidiri dulu.

Sebab TUHAN, Allahmu, adalah api yang menghanguskan, Allah yang cemburu.  Deu 4:24

Allah cemburu karena ada hubungan, tanpa hubungan Allah tidak akan cemburu. Dia tidak akan menjadi nyata sebagai api. Firmannya juga sebagai tembok api.


<<<< KERAJAAN YANG TIDAK TERGONCANGKAN >>>>

Jagalah supaya kamu jangan menolak Dia, yang berfirman. Sebab jikalau mereka, yang menolak Dia yang menyampaikan firman Allah di bumi, tidak luput, apa lagi kita, jika kita berpaling dari Dia yang berbicara dari sorga?  Heb 12:25

Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: "Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga."  Heb 12:26

Dia memberikan kita kerajaan yang tidak tergoncangkan, pemerintahan yang tidak tergoncangkan. Yerusalem baru itu menggambarkan pemerintahan Allah. Apa pun tidak bisa menggoncangkan kita. Sering orang tergoncangkan oleh alam, oleh musuh, oleh keadaan atau oleh dirinya sendiri; tapi dia akan membangunnya dan menyelesaikannya dalam hidupmu, sehingga kau disebut Yerusalem yang turun dari sorga. Setelah semuanya selesai, kau akan menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan. FirmanNya seperti tembok api untuk menjagaimu. Yerusalem baru dijagai oleh pancaran kemuliaan-Nya. Saudara adalah pancaran kemuliaan Tuhan. Yerusalem baru diletakkan Tuhan di puncak gunung Tuhan. Dia sudah menantikan saatnya. Dia akan menjadi tembok api, untuk menjadi kemuliaan yang nyata dalam hidup kita. Itulah posisi Allah kita terhadap gereja-Nya. Yerusalem baru akan terletak di puncak gunung Tuhan. Karakter yang Kristus bangun akan menjaga kemuliaan Allah dalam hidup saudara. Karakter Kristus itu akan tertampil dalam setiap pribadi. Bagaimana bisa? Biarkan Dia beroperasi melanjutkan pekerjaanNya dalam hidup saudara sehingga setiap karakter yang lama akan diubahkan menjadi karakter-Nya. Dia sedang bekerja dan tetap akan melakukannya sampai itu selesai. 

Hubungan Mikha 4, Zak 2, Yes 2 adalah semua digenapi di dalam Wah 21. Itulah sebabnya dikatakan di Wah 11, ukurlah Bait Suci, ukurlah mezbah dan orang-orang yang beribadah di dalamnya. Orang-orang yang beribadah di dalamnya itu bicara mengenai pribadi-pribadi. Mezbah berbicara mengenai keluarga. Bait Suci berbicara tentang kumpulan yang lebih besar, korporat. Semua harus diukur. Hidup pribadi saudara diukur. Hidup saudara dalam rumah rohani diukur. Di Wah 21:22, Allah sudah menjadi Bait Sucinya.

<<<< TUHAN SENDIRI MENJADI BAIT SUCINYA >>>>

Dan aku tidak melihat Bait Suci di dalamnya; sebab Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, adalah Bait Sucinya, demikian juga Anak Domba itu.  Rev 21:22

Orang di luar sana tidak akan bisa melihat kau lagi. Kau sendiri adalah api. Seperti Nebukadnezar melihat ada 4 orang yang berjalan-jalan di tengah-tengah api. Dan yang ke4 itu seperti anak dewa.


Katanya: "Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api itu; mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!"  Dan 3:25

Orang yang ke4 itu seperti anak dewa, seperti Anak Allah, seperti Allah sendiri.

Di tempat seperti itu orang tidak akan lagi bisa membedakan antara Allah dan Bait Sucinya, antara Allah dan gereja-Nya; karena Allah sudah menjadi Bait Sucinya. Kota itu tidak lagi memerlukan matahari dan bulan, sebab kemuliaan Tuhan meneranginya, kemuliaan Tuhan ada memancar dari penduduknya. 

Sion = sun = sunny = bercahaya seperti matahari

<<< MENJADI TERANG >>>

Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.  Isa 60:1

Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.  Isa 60:2

Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.  Isa 60:3

Hari itu adalah hari yang dinanti-nantikan. Semua makhluk menanti-nantikan hari itu. Allah sudah menetapkan harinya. Bangsa-bangsa menantikan hari itu. Bangsa-bangsa akan dikembalikan kepada destinynya. Destinynya akan menjadi jelas.

Dan bangsa-bangsa akan berjalan di dalam cahayanya dan raja-raja di bumi membawa kekayaan mereka kepadanya;  Rev 21:24

Saya mau deklarasikan bahwa kegerakan Roh dan Firman sekarang itu berbeda dengan zaman terdahulu, zaman yang sudah-sudah. Kegerakan Roh dan Firman itu sekarang dahsyat sekali, oleh karena Roh Allah menantikan saatnya hari itu. Dia melakukan pekerjaan yang lebih lagi di luar sana, di gereja-Nya, di dalam hidup saudara untuk kita bersama-sama menggenapi hari yang dinanti-nantikan itu. Terimalah anugerah ini: Kita semua terpanggil untuk hari itu. Sambutlah panggilan-Nya. Amin.



Bapa kami bersyukur untuk hari yang baru. Kami bersyukur boleh memiliki rumah dan seorang bapa rohani dalam rumah. Kami telah kami memiliki BENIH sejak kami dilahirkan kembali, Ialah ROH KRISTUS. ROH KRISTUS DI DALAM KAMI ADALAH PENGHARAPAN AKAN KEMULIAAN YANG AKAN KAU NYATAKAN KELAK. Biarlah DNA Kristus tertanam dengan kuat oleh FirmanMU, sehingga KARAKTER KRISTUS TERBANGUN SESUAI DENGAN RUPA DAN GAMBAR-MU. FIRMAN-MU TERTULIS PADA DNA KAMI. DNA KRISTUS MENJADI JATIDIRI KAMI YANG HAKIKI.  Itu saja yang kami butuhkan dalam menghadapi dan memenangkan hari-hari akhir ini, sehingga tidak sedikit pun kami akan goyah – di luar dan di dalam. KAMI MENJADI GENERASI PENGGENAP FIRMAN-MU. Dalam nama YESUS KRISTUS kami berdoa kepada Bapa, Amin.



AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman