DARI EIDO MENJADI GINOSKO

Ini adalah apa yang dialami perempuan Samaria itu. Dari sedikit pengetahuannya (eido) tentang Mesias dan tentang menyembah Allah, kepadanya dibukakan rahasia bagaimana kita bisa sampai kepada Bapa dalam roh dan kebenaran.






Perempuan itu telah berjumpa dengan KEBENARAN. Yesus, JALAN, KEBENARAN dan HIDUP itu harus melalui kota Samaria dan menjumpainya. Eido melalui KEBENARAN menjadi ginosko.
Natanael datang bersama Filipus  menemui Yesus, tetapi ia DITEMUKAN Yesus ketika berada di bawah pohon ara.

Yohanes 1:48-49 Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!"

Sekarang ia bukan hanya eido tentang Mesias tapi ginosko Mesias.

HANYA GINOSKO KEBENARAN YANG BENAR-BENAR MEMERDEKAKAN KITA
Yoh 8:32  dan kamu akan mengetahui (ginosko) kebenaran (YESUS), dan kebenaran (YESUS) itu akan memerdekakan kamu.

Ginosko tidak hanya membawa pengenalan yang lebih dalam, tetapi membawa kepada hubungan yang paling intim secara spiritual. Ginosko dapat dianalogikan menyatunya antara lelaki dan perempuan dalam daging pada hubungan pernikahan.

Dari Alkitab sendiri dapat kita sarikan apa yang Yesus katakan mengenai ginosko sebagai:
"Kamu akan menjadi bagian Hidup-Ku dalam hubungan intim yang dalam dan menyatu dengan Roh-Ku, di mana Aku (Kebenaran, Hidup dan Jalan) akan" menghabisi kedaginganmu "dan membebaskanmu dan menghancurkan segala sesuatu di dalam dirimu yang adalah bagian dari hidupmu, itu bukan bagian dari Aku dan HidupKu. "


BAHAYANYA SPIRIT AGAMAWI

SPIRIT AGAMAWI AKAN MENJAGA ENGKAU DEKAT DENGAN TUHAN, SELAMA KAU TIDAK MENJANGKAU HADIRATNYA.
Agama menekankan beberapa hal untuk selalu rutin beribadah, membaca Alkitab, menghadiri perayaan-perayaan agama, berdoa dan berpuasa. Agama mengajarkan apa yang telah dan biasa Tuhan perbuat, tapi tidak lagi berbuat apa-apa.
Orang-orang Yahudi yang kuat roh agamawinya berusaha menganiaya Yesus karena menyembuhkan orang lumpuh pada hari Sabat.
Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga." Yohanes 5:17

Rutinitas (dari kegiatan agama dan bukan aktivitas Roh Kudus) itu berusaha menganiaya bahkan membunuh Jalan dan Kebenaran dan Hidup - yang terus bekerja sampai SEKARANG di dalam ruang-ruang gereja.

Yoh 14:4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ." 14:5 Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?" 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

Walau pun Tomas sehari-hari bersama Yesus tapi ia belum berjumpa dengan KEBENARAN.



BAHAYANYA FAMIAR SPIRIT

Yohanes 14:8-9 Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."  Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?


GINOSKO YESUS AKAN MEMBAWA KITA KEPADA BAPA

Yoh 8:36  Jadi apabila ANAK itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka .


Ginosko akan hanya kita dapat ketika kita  dalam hadirat-Nya. Ginosko terkait dengan faktor passion kita terhadap YESUS yang adalah jalan dan kebenaran dan hidup.
Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. Ibrani 4:16

Ginosko juga terkait dengan faktor passion kita terhadap YESUS yang adalah Mempelai Laki-laki.  Dalam hadirat-Nya kita menerima minyak yang baru, persediaan yang kita butuhkan untuk mendapatkan pertolongan pada waktunya.

Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup.  Matius 25:10

Sepuluh gadis-gadis menanti-nantikan Tuhan dan bahkan semua tertidur karena hari sudah menjelang tengah malam (masa kesusahan karena iblis sudah tau waktunya hampir tiba).

Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan MEREKA YANG TELAH SIAP SEDIA masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup. Matius 25:10


HABIS-HABISAN

Tuhan telah mengerahkan semua daya dan segala kekayaan sorgawi yang Dia miliki dan telah berikan kepada kita yang ada di dalam rumah-Nya.

Tuhan sedang habis-habisan dengan kita sehingga IA terus bekerja sampai sekarang, bahkan mengambil kerja lembur dan kerja shift-malam. Bagaimana dengan kita sendiri? Musuh terbesar dalam rumah kita adalah diri sendiri dan familiar spirit, mirip apa yang pernah dialami Tomas dan Filipus.

Perempuan Samaria selalu menimba air tengah hari karena keruwetan hidupnya.  Dia merasakan kebutuhan akan KEBENARAN sejati, apa arti suami yang sebenarnya, karena semua laki-laki yang dijumpai termasuk yang terakhir ini bukanlah suami. Kelebihan yang dimilikinya  dengan eido-nya itu adalah PASSION akan KEBENARAN.

Kelebihan yang dimiliki  Natanael dengan eido-nya itu juga adalah PASSION akan KEBENARAN dan kemurnian hati yang Yesus lihat ketika ia ada di bawah pohon ara.
Adakah Tuhan melihat kelebihan dari eido kita sekarang?

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman