PERJALANAN MENUJU SION (1)

Sion itu bukan khayalan atau symbol, tapi suatu kehidupan dan posisi rohani.

Ibrani 12:22  Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah,

Sion itu bukan kota lahiriah, tetapi umatNya yang memiliki kapasitas yang mampu menggenapi semua yang harus tergenapi. Tidak perlu melakukan hal yang sudah digenapi atau Tuhan tidak inginkan. Ada porsi Tuhan. Allah yang memberi saudara makan, bukan karena gaji dan uangmu. Ada orang yang sangat kaya dan memiliki ribuan trilyun, tapi dia tidak bisa makan makanan tertentu, karena penyakitnya. Semua karena anugerahNya.

Mereka yang menjadi Sion memiliki kapasitas yang menggenapi, sehingga iblis tidak lagi mempunyai ruang.

Yeh 11 Janji tentang pembaruan Israel.
Yehezkiel 11:19-20  Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat,  supaya mereka hidup menurut segala ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku dengan setia; maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Banyak hal dalam hidup saudara harus dipulihkan, sehingga seorang bapa rohani harus berperang. Musuhmu misalnya kekhawatiran hidup. Pergi ke Muar bukan masalah uang, tapi tidak punya ke Muar juga masalah. Kau harus bisa menanggulangi semua itu. Tuhan harus bisa melihat musuh dalam dirimu. Kemalasan juga musuhmu. Bapa bisa melihat itu. Di kepala saudara banyak sekali musuh. Seorang bapa harus bisa memberikan damai. Dia tidak akan berkompromi. Dia seakan memiliki kuasa lebih dari Tuhan. Bukan untuk digunakan untuk membuat saya kaya atau terkenal. Sama seperti Yesus memberikan kuasa kepada 70 muridnya. Papa diberi kuasa untuk menanggulangi musuh saudara. Beberapa orang di antara saudara memiliki latar belakang mengerikan kalau diceritakan.  Iblis saja berkata dia tidak seperti ini. Tapi saya bersyukur, sekarang saudara menjadi pesona bagi Tuhan.
Hati-hati tentang pemulihan saudara. Bukan ekonomi saudara yang dipulihkan. Dia menginginkan pemulihan fondasinya. Daud selalu menghargai Saul. Kita tidak pernah menghargai Daud. Belajarlah dari Daud. Orang-orang di Sion mempunyai kapasitas memulihkan apa saja, memulihkan hubungan, kota, bangsa dan apa saja.

Ibrani 12:14  Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.
Ay.14. Memulihkan….semua yang terhubung dengan saudara.
Dosa di taman Eden, rusak hubungan keluarga, saling menuding. Manusia tidak diberikan kuasa menuding. Masih ada wilayah yang belum dimiliki Israel, yaitu kota orang Yebus.
Mereka melakukan penyembahan; dengan percaya dengan system ini dan itu.

Yeh 11:19 Aku akan memberikan hati yang baru, taat supaya mereka hidup menurut ketetapan, menjadi umatKu.
Tuhan berbicara dan membereskan hati saudara dulu. Ketika pikiran saudara bisa menerima firman, berarti hati saudara terbuka.
Yang pertama kali Allah lihat dan lakukan adalah memberikan hati yang baru; tanah yang terbaik yang bisa memberikan hasil 30, 60, 100 x lipat. Masalahnya saudara tidak mau menerimanya. Hati yang baru akan mudah merespon.

Yehezkiel 36:26  Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
Yeh 36:26 Aku akan memberikan hati dan roh yang baru. Cara pandang dan cara berpikir yang baru…
Hati yang bisa taat. Hati yang bisa cepat mengikuti, yang tidak berpikir menurut cara sendiri… tapi menurut ketetapanKu, hukum-hukumKu…
Yang diberikan bukan roh saudara…tapi RohNya. Roh Tuhan akan hadir kembali di tengah-tengah mereka. Mereka akan tetap berpegang pada perintah-perintah dan ketetapanKu.

Merebut Sion, artinya untuk menerima seluruh tanah; itu hati yang baru. Hati yang menggenapi. Setelah hati yang baru, Dia berikan RohNya. Saudara jadi Bait SuciNya, Bait KudusNya.

Beda orang percaya dengan Bait Allah, karena belum tentu Roh Allah ada pada dirinya.
Yeh 11… hati yang lain dan roh yang baru… Aku akan jauhkan kamu dari  Hati yang keras, hati berbatu. Tanah berbatu tidak bertumbuh. Hati yang bersemak-duri tidak berbuah. Saudara harus memiliki ketetapan hati dijauhkan dari hati yang berbatu.. hati yang keras.
Kalo saudara sudah punya uang….saudara tidak mau bertanya kepada Tuhan. Saudara merasa itu adalah hak saudara. Di situlah terbentuk hati yang keras. Apakah uangmu akan diinvestasikan untuk hal yang kekal atau sementara? Banyak orang gagal karena hati yang berbatu. Bisakah kau menyingkirkan hidup saudara dari hati yang berbatu.

Ada orang yang uangnya kurang, juga tidak bertanya kepada Tuhan, bagaimana mengaturnya. Uang itu adalah milikmu, tapi yang saudara tidak sadari adalah bagaimana statusmu.  Kau harus belajar menginvestasikan uangmu untuk hal-hal yang kekal. Ajarkan anak-anakmu juga demikian. Saya bersyukur beberapa anak telah melakukan hal seperti itu, memakai uang bukan untuk makanan dan baju, tapi menabung untuk hal-hal yang kekal.

Sion adalah tempat di mana Allah akan berada untuk selama-lamanya. Iblis tidak akan bisa lagi menjamah hidup saudara, meski saudara masih di bumi ini. Tempat kedudukan Allah ada di bumi ini. Bukan ketika kau sudah mati. Bagaimana buktinya saudara ada di Sion?

Bukti saudara sampai di Sion.

1) Ay1-4.  Yesus (anak manusia) selalu menjadi acuan hidup saudara. Menjadi acuan langkah, acuan semangat, acuan kekuatan saudara, acuan perbuatan saudara. Dengan berfokus dan mengingat Yesus kau akan menghilangkan keraguan. Jangan menilai diri sendiri. Di Wah 14 Yesus berdiri di bukit Sion. Yesus anak domba. Dia di poisisi itu.  Dengan melihat Yesus akan memimpin langkah kita. Yesus mengalami kehinaan, memikul salib. Ingat apa yang Yesus lakukan lebih dulu, sehingga saudara memiliki hati yang tangguh. Jangan melihat Yesus Tuhan.  Yesus juga mengatakan aku lapar, letih,….sebab dia juga manusia. Itu yang menjadi ketekunan dan kegigihan Dia.

2) Ay5-11. Saudara terbukti sudah menjadi putra sejati dibentuk dalam rumah. Jadilah anak penghiburan, maka kau akan menjadi calon paling kuat menjadi putra sejati. Anak penghiburan itu menghibur hati sumber anugerah.  Apa yang Allah sampaikan kepada bapa, engkau taat, sehingga menjadi penghiburan. Putra sejati: 1) hidup dalam rumah dan memiliki seorang sumber anugerah. Kau harus bisa membuktikan apakah betul perkataan seorang sumber anugerah berasal dari Allah.2) memiliki patron/pola seperti Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego.  3) terbangunnya gambar dan rupa Anak.  4) terbangunnya ukuran-ukuran, prinsip-prinsip dan dasar yang teguh.

3) Ay12-15 adalah hasil dari rumah. Tangan yang kuat. Dia bisa tetap kuat, dia rela berkorban. Berkorban bukan soal uang. Itu kepicikan. Kaki yang kuat. Tidak gemetar. Tidak mencla-mencle. Perjalanan saudara menjadi teguh. Damai dengan semua orang. Termasuk dengan kelompok teroris. Hatinya memiliki damai. Ciri utamanya adalah memiliki passionuntuk mengejar kekudusan (Mat 5). Kau akan memiliki kasih-karunia Allah, terus menjadi baru, nyata dan termaterai dalam hidup saudara.

Kau tidak seperti Esau, mengerti nilai-nilai ilahi. Tidak melampiaskan nafsu (cabul) untuk tujuan sempit. Ini spirit Esau. Menghargai ikat-janji Allah. Esau tidak menghargai ikat-janji Tuhan dengan Abraham. Baginya itu tidak penting. Pikirannya selalu di luar rumah. Dia tidak menghargai hak kesulungan.

4) Ibr 12:22 Perjalanan hidup saudara harus sampai ke kota Allah yang hidup. Pribadi Allah itu menjadi nyata pada hidup saudara. Ibr 11:8 …ia menanti-nantikan kita yang mempunyai dasar… dirancang dan dibuat….. tata ruangnya Allah yang menentukan. Dibuat oleh Allah..mewujudkannya. Posisi rohani itu yang merancangnya, membuat dan mengerjakan segala-sesuatu menurut kehendakNya. Tahapan yang dialami Abraham adalah berbicara tentang kehidupan di kota itu…Sion. Dia menantikan dan berharap…wujud dari kota Allah yang hidup. Kepribadian Allah nyata di kota itu. Perhatikan baik-baik kota di mana saudara tinggal, lambat-laun akan diubahkan. Allah tidak mengirimkan para malaikat ke kota itu, tapi mewujudkannya lewat hidup saudara.

Mat 5:13 Kamu adalah garam dunia… terang dunia…kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Terang….kota…gunung…. Jika kau ada di posisi Sion…. Akan ada terang, yang merubahkan kota. Yerusalem sorgawi.

5) Yerusalem sorgawi – Way 21. Yang turun dari sorga. Diproduksi di sorga. Standard dan ukuran Allah. Kau dibangun sebagai tempat ibadah menurut ukuran Allah. Kau harus ditemukan ada pola Allah berdiam dalam hidup saudara. Ada aliran air….menjadi mata air.. menjadi bait suci Allah. Batu permata dipakai sebagai pondasi. Bukan untuk dipamerkan. Itu cara Allah. Kau  menyembah dalam Roh dan kebenaran. Apa artinya turun ke bumi? Menjadi realita yang ada di bumi. Saudara adalah produk sorga tapi realita nya ada di bumi. Orang akan melihat kau seperti Yerusalem yang turun dari sorga.

6) Kepada beribu-ribu malaikat… artinya kita akan sampai pada posisi rohani yang bisa berinteraksi dengan malaikat. Yesus punya akses kepada malaikat. Itu yang disebut Sion. Malaikat hanya melayani orang pada posisi yang taat kepada Allah.

Daniel bisa berinteraksi dengan malaikat..karena Allah mengasihinya. Jika Bapa mengasihimu kau akan jadi seperti Daniel.

Lukas 15:10 …. Yang berdosa bertobat….malaikat punya akses ke bumi. Tapi kita yang  memblok para malaikat… Malaikat dalam kemeriahannya.. sama seperti ketika Yesus lahir. Yesus adalah pioneer. Dia punya akses. Tapi jangan saudara membuat Tuhan cemburu.

Satu malaikat dapat membunuh 150,000 orang di jaman Yehezkiel.
Wah 20-21. Hanya seorang malaikat biasa membelenggu iblis. Ketika kau upgrade terus hidupmu

7) Gereja yang sulung. Bangun hidup saudara serupa dan segambar Kristus. Pakai acuan saudara… Saudara akan memiliki hak kesulungan.  nama saudara terdaftar …artinya meng-copy kehidupan  yang di sorga. Yesus memberikan kehidupanNya kepada Sion. Persoalan Esau bukan soal kawin… tapi kehilangan apa yang berharga. Tidak membangun kehidupan dari hal-hal yang ilahi. Rom 8:18  kemuliaan yang akan dinyatakan…yang sekarang dikerjakan di dalam diri kita. Kepribadian Allah adalah kemuliaan Allah. Kemuliaan itu akan mengubahkan kota ini.
Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan…. Kota ini jelek karena degrasi, tapi menantikan saudara. Mereka akan mengikuti hidup saudara.  Mereka menerima karunia sulung…. Pengharapan bagi orang lain. Perobahan saudara akan merobah mereka.

8) Kepada …. Kau harus mencapai posisi tidak takut di hukum…. Menghampiri Allah sebagai hakim. Dia akan menyatakan …not guilty.. ini posisi yang tidak main-main. Kau tidak datang kepada Dia sebagai Allah sumber kasih-karunia… tapi sebagai Allah sebagai Hakim.  Orang Israel pergi jauh-jauh di Sinai karena takut akan hadirat Allah. Petrus..mendapat ikan sampai jalanya robek… Tuhan menjauhlah dari padaku, aku sangat berdosa. Tapi ketika di upgrade hidupnya…

Kita harus berani datang ke hadapan Allah oleh karena firman…. Bagaimana kita sampai ke posisi Sion..berhadapan hakim

Masuk ke perhentianNya. Tempat perhentianNYa itu tempat Allah ada. Ruang Maha Kudus.

Ay.12. Firmannya seperti pedang bermata-dua. Dia tau motivasi saudara. Mana yang keluar dari hati dan mana yang dari pikiran.

Imam besar agung itu berada di ruang maha kudus. Imam besar kita bisa merasakan kelemahan-kelemahan kita. Dia telah dicobai hanya tidak berbuat dosa.

Kita akan bisa menghampiri tahta…setelah firman membedah hidup saudara.


9) Kita sampai ada posisi roh yang disempurnakan. Ibr 11:39-40 para saksi iman tidak memperoleh apa yang dijanjikan….  Ini berbicara kebangkitan. Roh yang disempurnakan. Melayakkan kau terdaftar. Menjadi saksi iman karena kau layak….sebab itu penting untuk menabur dalam roh. Kau akan menuai kebangkitan. Rohmu akan kuat dan bangkit. Ketika tubuhmu lepas, maka rohmu dinilai layak untuk dibangkitkan. Kau harus sempurna seperti Bapamu di sorga. Yesus sempurna. Kita bisa menjadi sempurna, menjadi orang-orang yang sampai kepada Sion. Yesus telah sampai ke Sion dengan 144.000. kita harus sampai kepada orang-orang yang rohnya sudah disempurnakan. Mereka ditemukan memiliki standard  dan ukuran yang ditentukan Allah.


10) Ay23. Kepada Yesus pengantara perjanjian baru…. Kita sampai ke posisi rohani kepada ikat janji yang baru. Kalimat apa pertama di kayu salib: Bapa ampunilah mereka….

Ini adalah gambaran dia menjadi perantara antara ikat-janji Allah dengan kita. Dia sudah menggenapi ikat-janji Allah kepada manusia…Dia genapi. Kau harus sampai pada posisi ikat-janji kedua pihak…di mana kau bisa ikut menggenapi ikat-janji itu…memiliki kapasitas roh yang mampu menggenapi dari pihak manusia….. Yesus menggenapi ikat-janji, karena dia memiliki kapasitas yang sama dengan Allah. Kita bukan memiliki kemampuan untuk menciptakan bumi yang baru…tapi Yesus tunjukkan kemampuan sampai kepada posisi rohani untuk menggenapi janji Allah.

11) Kepada darah….

Darah habel minta keadilan, pembalasan… darah Yesus tercurah meminta pengampunan.

Kita harus sampai pada posisi pengorbanan, pengampunan….. Pemercikan darah yang lebih kuat…. Hidup saudara akan lebih kuat daripada menuntut…. Menuntut mengapa saya hidup dalam kebenaran tapi tetap miskin?

12) Setiap firman itu mengkonfirmasi. Jagalah supaya kamu jangan menolak Dia yang berfirman….. Apa buktinya? Firmannya bukan menggoncangkan saudara, tapi mengkonfirmasi.
Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.
Semua yang saudara bangun akan diuji dengan api. Apabila saudara membangun dari material yang tidak terbakar…. Saudara dibangun bukan dari kata-kata manusia… tapi dari firman. Yesus firman yang jadi manusia. Setiap firman yang menggoncangkan, tapi kau mendapatkan konfirmasi… itu menjadi bukti saudara sudah sampai Sion. Sion adalah kumpuran orang di mana firman itu menjadi manusia.

Saudara percaya itu? Saudara bisa sampai Sion? Lihat Dia. Yesus adalah firman yang menjadi manusia. Konstruksi firman itu. Bukan untuk diketahui. Bukan menjadi pohon pengetahuan.


Ps. Djonny Tambunan; 16-Nov-2019



















AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman