MENGHANCURKAN SIKLUS KEMATIAN DAN KEKALAHAN

 

09052023 Upper Room


 - Dr Jonathan David

1Inilah perkataan-perkataan Yeremia bin Hilkia, dari keturunan imam yang ada di Anatot di tanah Benyamin. 2Dalam zaman Yosia bin Amon, raja Yehuda, dalam tahun yang ketiga belas dari pemerintahannya datanglah firman TUHAN kepada Yeremia. 3Firman itu datang juga dalam zaman Yoyakim bin Yosia, raja Yehuda, sampai akhir tahun yang kesebelas zaman Zedekia bin Yosia, raja Yehuda, hingga penduduk Yerusalem diangkut ke dalam pembuangan dalam bulan yang kelima. 4Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya: 5"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." – Yeremia 1:1-5 (ITB)

Firman Tuhan harus mendatangi kita dalam setiap musim. Firman Tuhan datang pada zaman Yoyakim, itu adalah zaman penawanan. Firman juga datang pada zaman Yosia, zaman kebangunan. Entah itu zaman kebangunan ataupun zaman penawanan, firman Tuhan harus mendatangi kita!

Firman Tuhan mendatangi Yeremia pada saat ia masih muda. Umur bukanlah menjadi faktor. Kondisimu bukanlah faktor. Orang lain mendengar itu suara guruh, tapi kita mendengar suara Tuhan..

Sangat penting firman Tuhan mendatangi kita di setiap musim. Setiap saat firman-Nya harus mendatangi kita. pada zaman Imam Eli, firman Tuhan itu jarang, penglihatan pun tidak sering sebab waktunya datang dimana imam mulai mengunci sorga atau membuka sorga. Cara kita beroperasi dalam gereja akan membuat kita dapat mengakses hal-hal dari sorga.

Dan kita juga dapat melihat, karena ia adalah keturunan imam, bukan hanya keturunan nabi, ia juga tahu cara mendekati Allah dengan benar, sehingga aksesnya menjadi lebih mudah baginya.

4Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya: 5"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." – Yeremia 1:4-5 (ITB)

 

Ini adalah kerinduan Tuhan. Tidak peduli seberapa banyak firman Tuhan yang datang melalui kita pada orang lain, firman itu harus datang untuk membentuk serta menyiapkan kita untuk semakin diperlengkapi untuk perjalanan yang ada. Ini adalah satu area kehidupan yang mana para gembala dan para pemimpin sering gagal. Sebab kita mendengar firman Tuhan selalu hanya untuk pesan khotbah, tapi kita tidak mau untuk menjadi pesan firman itu sendiri.

Kita mau mengaplikasikan firman pada hidup orang lain, namun kita sendiri tidak mau mencontohkannya. Yang menjadi bahaya adalah, Tuhan membentuk, menguduskan dan bekerja atas kita supaya Ia bisa menetapkan diri kita. Ia tempatkan kita dalam penugasan sehingga kita menjadi nabi bagi bangsa. Ini adalah satu level yang luar biasa, sebab yang kau harus lakukan adalah mencontohkan firman itu dan memperkatakan firman itu.

Mencotohkan firman dan memperkatakannya. Ini adalah satu level pelayanan. Tuhan memberikan kita pesan firman, kita menghidupi dan mempercayai firman itu, kita memikirkan dan mengembangkan firman itu, lalu kita memperkatakan firman itu pada orang lain. Ini adalah satu level. tapi ini bukan akhirnya. Namun kebanyakan orang berhenti di sana.

Kita berpergian ke sana-sini pada hari Minggu ke berbagai gereja dan berbagai mimbar untuk memperkatakan firman Tuhan pada jemaat. Itu bagus. Tapi itu baru satu level. Sebab ada level yang lain lagi dimana Tuhan sedang membawa kita dan membangun diri kita, yaitu untuk firman Tuhan bisa diproses dalam hidup kita. Sebab firman Tuhan akan dikonfrontasi dengan kata-kata yang muncul dari pikiran kita.

Firman Tuhan akan dikonfrontasi dengan suara-suara yang muncul dalam hati kita, dengan ketakutan yang muncul dalam hati kita. Jadi berapa banyak dari firman tersebut yang akan mengambil otoritas ke alam roh sangat bergantung pada bagaimana kita mengizinkan firman diproses dalam hidup kita.

4Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya: 5"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." 6Maka aku menjawab:....., – Yeremia 1:4-6 (ITB)

Ini adalah hal yang menghancukan apa yang Tuhan sudah katakan, yaitu "kita berkata". Suara-suara dari dalam diri kita, pikiran kita, dari masa lalu kita.. "kita berkata". Tuhan berkata, tapi kemudian apa yang kita katakan' ini akan mengurangi dan menghapus hidup kita dari penugasan dan ketetapan Tuhan. Itu sebabnya sekalipun Tuhan mengatakan hal yang luar biasa tentang masa depan kita, tapi kita menjadi semakin tidak mampu untuk mengukur penugasan itu.

Semakin Tuhan berkata pada kita, kita semakin merasa kecil dan bukannya merasa lebih besar. Setiap kali Tuhan berfirman kepada kita maka kita merasa semakin kecil, semakin lemah, kita merasa tidak mampu melakukannya, kita tidak bisa bangkit untuk menghadapi tantangan yang ada sebab ada begitu banyak suara dari dalam diri kita yang berlawanan dengan apa yang Tuhan sedang katakan.

Tuhan berkata pada Yeremia, memperingatkannya bahwa bila ia terus tersandung terhadap apa yang Tuhan katakan, maka ia akan jatuh di depan orang-orang yang ia layani. Kita akan menundukkan diri kita pada tekanan dari orang-orang".

6Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda." 7Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda,:....., – Yeremia 1:6-7 (ITB)

Tuhan tidak meminta kita berjalan dalam penyangkalan diri, tapi Ia mau kita bangkit mengatasi kekuatan diri kita. Ia juga tidak mau kita pergi dan berkata pada semua orang kalau kita sudah tua. Ia tidak izinkan kita berkata kita masih muda ataupun sudah tua. Ia mau kita berkata bahwa kita adalah pilihan yang sudah ditetapkan-Nya.

7Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. 8Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN." 9Lalu TUHAN mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataanKu ke dalam mulutmu. 10Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun dan menanam." –

Yeremia 1:7 - 10 (ITB)

Karena kemanapun Tuhan mengutus kita, kita akan pergi, dan semua yang Tuhan perintahkan untuk kita perkatakan, akan kita perkatakan. Jangan menjadi takut, karena Tuhan ada bersama dengan kita untuk membebaskan kita dari tekanan orang-orang dan dari diri kita sendiri.

Ini adalah transformasi total. Untuk "Memperkatakan firman" dengan "Menyerahkannya kepada keinginan mereka yang mendengar perkataan kita" itu berbeda. "Memperkatakan firman" dengan "meletakkan tangan kita untuk benar-benar melakukan apa yang Tuhan katakan dan untuk memiliki otoritas untuk bertindak seperti Allah di bumi ini", itu adalah level yang berbeda.

Untuk menubuatkan firman tentang Meksiko dan membiarkan firman Tuhan meneruskan" berbeda dengan "pergi dan membangun Meksiko. Untuk membangun setiap infrastuktur, menarik ke atas, menarik ke bawah, mendorong keluar, untuk membuat ruang, artinya kita benar-benar masuk dan menjadi bagian realita dari apa yang Tuhan katakan pada diri kita, sehingga kita jadi kaki tangan untuk firman-Nya bekerja. Ini level yang berbeda. Bukan hanya nabi bagi bangsa, tapi nabi atas bangsa.

Itu adalah posisi rohani yang akan Tuhan taruhkan atas hidup kita, saat kau izinkan transformasi pribadi terjadi, maka ketakutan kita akan dihancurkan, kecemasan kita akan dihancurkan, kita mampu untuk menangani diri kita sendiri, dalam masa muda kita. Kita akan mampu menangani masa lalu kita dan kelemahan hidup kita. kita mampu menangani ketakutan kita.

11Sesudah itu firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya: "Apakah yang kaulihat, hai Yeremia?" Jawabku: "Aku melihat sebatang dahan pohon badam." 12Lalu firman TUHAN kepadaku: "Baik penglihatanmu, sebab Aku siap sedia untuk melaksanakan firman-Ku." – Yeremia 1:11-12(ITB)

Kita mampu melihat sesuatu dan menjawab Tuhan sebagai seorang dewasa dan untuk mampu dibimbing oleh-Nya masuk ke level selanjutnya. Ini adalah perjalanan pribadi bersama-Nya yang memproses kuasa Tuhan atas hidup kita.

17Tetapi engkau ini, baiklah engkau bersiap, bangkitlah dan sampaikanlah kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadamu. Janganlah gentar terhadap mereka, supaya jangan Aku menggentarkan engkau di depan mereka! 18Mengenai Aku, sesungguhnya pada hari ini Aku membuat engkau menjadi kota yang berkubu, menjadi tiang besi dan menjadi tembok tembaga melawan seluruh negeri ini, menentang raja-raja Yehuda dan pemuka-pemukanya, menentang para imamnya dan rakyat negeri ini. 19Mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN." – Yeremia 1:17-19(ITB)

Kita hanya mau meletakkan fondasi mengapa sangat penting Tuhan berfirman pada diri kita. Jangan baca Alkitab untuk orang lain, Alkitab tidak ditujukan untuk orang lain, melainkan untuk diri kita. Firman diberikan pada mereka, mereka memakan / menghidupi firman itu dan menjadi pengambil bagian dari firman itu. Mereka "memakan / menghidupi" gulungan kitab itu, bukan hanya membacanya.

Ini sangat penting bagi kita.

Melawan semua strata sosial, raja-raja Yehuda, pemuka-pemuka, para imam, dan rakyat negeri itu, para nabi palsu (Ayat 18), "Aku akan membuatmu menjadi sebuah tembok, sebuah pilar, sebuah kota! Jika tentara yang sedang datang, maka Tuhan akan menjadikan kita kota yang berkubu! Jika orang-orang yang datang, Tuhan akan menjadikan kita tiang besi, Jika kelompok orang datang, Tuhan akan menjadikan kita sebuah tembok yang tidak bisa diseberangi."

Luar biasa! bagaimana Tuhan membuat kita siap untuk penugasan. Jadi jangan berkata dalam hati kita bahwa ini sulit. Jangan katakan penugasan yang Tuhan berikan pada kita itu sulit. "Itu tidak mungkin, itu tidak bisa dilakukan di keadaan seperti ini" Itu semua bisa dilakukan! Itu harus digenapi dan kita akan melakukannya.

Alasannya adalah: Karena Tuhan mempersiapkan kita. Ia membentuk dan mendandani kita. Itu semua menjadi tidak mudah karena kita melihat keberadaan diri kita, kita tidak bisa membawa diri kita pada siapa yang dapat menolong diri kita, tapi Ia yang mengutus kita adalah Pribadi yang akan menolong kita. Ia akan membangunnya ke dalam diri kita dan hidup kita, sehingga kita menjadi kota yang berkubu dan tiang besi, tembok tembaga, Ia akan membuat kita memadai bagi penugasan-Nya.

Tidak peduli kita tua atau muda. Entahkah kita tahu firman Tuhan dalam konteks penuh atau tidak, itu tidak masalah, sebab Tuhan sendiri yang akan mempersiapkan kita bagi penugasan-Nya. Itu sebabnya mengapa saya begitu bergairah sebab apa yang Tuhan akan kerjakan di sesi ini, sebab Ia akan mempersiapkan hidup kita untuk hari-hari kedepan.

Sebab Ia akan membimbing kita secara pribadi, Ia akan bertanya pada kita apa yang kita lihat, apa yang kita rasakan, Ia akan berkata kepada kita dan mengubahkan hidup kita, Ia memberikan kita akses pada hal-hal sorga sehingga kita menjadi semakin lebih baik, sehingga kita tidak akan pernah bergantung kepada manusia. kita tidak pernah bergantung pada manusia, karena kau kita memiliki koneksi langsung.

Tugas Papa adalah menghubungkan kita dengan Tuhan, sehingga kita mulai mendengar firman Tuhan dan mengkonfirmasi terus-menerus, itulah proses mendengar suara Tuhan. Tapi proses selain itu adalah kita harus memastikan semua suara yang dari dalam diri kita mati. Sehingga ketakutan berakhir. Suara kefrustasian berakhir. Suara kecemasan berakhir. Suara orang lain yang mendorong kita ke jurang dihentikan.

Saat semua itu terjadi maka kita memiliki 2 hal yang beroperasi bersama. Yang pertama yaitu firman Tuhan yang diperkatakan pada kita, dan yang kedua tidak ada suara yang lain di dalam diri kita, sehingga pesan firman yang kau dengar itu menjadi pesan kita.  Sekarang pesan firman yang kita dengar banyak alami percampuran. Ada pesan firman yang Tuhan berikan pada kita dan pesan lain yang muncul. Hal ini tidak boleh terjadi!

Mungkin kita harus mencoba yang lain. Muar bukan satu-satunya tempat, ini bukan Mekah rohani, kita haru pergi ke tempat lain, mungkin ke Amerika, ke Willow Creek, mungkin pergi dan melihat konferensi yang ada di Colorado, mungkin kita harus pergi ke Singapura, Amerika, Inggris, Eropa. Kau harus pergi ke tempat lain. Terus-menerus ada suara lain. Ini tidak memadai. Ini hanyalah baru satu level. Ada level yang lain.

Seseorang berkata pada salah satu gembala ISAAC: "Dr. Jonathan David adalah seorang nabi" "Kami adalah para rasul. Kalau kau ikut kami kau akan naik ke level selanjutnya.!” Maka orang ini mengikutinya dan kehilangan seluruh gereja. Kita terus melanjutkan karena kita berpikir selalu ada yang lebih baik di sisi seberang, tapi tidak menginginkan prosesnya. Tidak ada yang lebih baik kecuali firman yang Ia perkatakan padamu, itulah yang terbaik bagi hidupmu. Tuhan penuh kemurahan untuk berfirman pada kita sehingga segala sesuatu di dalam kita berakhir. 

Kuasa masa lalu harus dihancurkan

Kuasa yang mengendalikan dan membentuk kita di masa lalu yang membuat diri kita yang sekarang. kita menundukkan diri kita pada allah masa lalu, setiap peristiwa di masa lalu. Itulah kuasa yang harus kita hancurkan. Karena 99% hidup kita adalah bagian dari masa lalu.

Sampai pagi hari menyingsing, waktu yang sebelumnya disebut 'kemarin'. Dan kemarin adalah masa lalu. Meskipun kita belajar hal yang bagus, tapi beberapa pengalaman baik yang kita miliki membuat itu tidak cukup karena kita tidak mau mencoba sesuatu yang lebih baik lagi, karena kita telah mengalami pengalaman yang bagus. Karena kita telah alami pengalaman yang baik tentang sesuatu, maka kita tidak mau mencoba hal baru karena kita takut mungkin kita akan kehilangan hal yang bagus tadi dan malah mengalami hal yang buruk. Jadi pengalaman tidak selalu menjadi guru yang baik, karena pengalaman bisa membatasi kita, menakuti kita, dan membuat kita lebih waspada.

Tugasku adalah menghubungkanmu dengan Dia, sehingga kau mulai mendengar firman Tuhan dan mengkonfirmasi terus-menerus, itulah proses mendengar suara Tuhan. Tapi proses selain itu adalah kau harus memastikan semua suara yang dari dalam dirimu itu mati. Sehingga ketakutan harus berakhir. Suara kefrustasian harus berakhir. Suara kecemasan harus berakhir. Suara orang lain yang mendorongmu ke jurang harus dihentikan. 

Saat semua itu terjadi maka kita memiliki 2 hal yang beroperasi bersama, yang pertama yaitu firman Tuhan yang diperkatakan padamu, dan tidak ada suara yang lain, sehingga pesan firman yang kau dengar itu pesanmu.  Kalau sekarang banyaknya pesan firman itu dicampur. Ada pesan firman yang Tuhan berikan padamu dan pesan lain yang muncul. Tidak bisa hal itu terjadi.

Mungkin kau harus mencoba yang lain. Muar bukan satu-satunya tempat, ini bukan Mekah rohani, kau haru pergi ke tempat lain, mungkin ke Amerika, ke Willow Creek, mungkin pergi dan melihat konferensi yang ada di Colorado, mungkin kau harus pergi ke Singapura, Amerika, Inggris, Eropa. Kau harus pergi ke tempat lain." Terus-menerus ada suara lain. Ini tidak memadai. Apa yang miliki hanyalah baru satu level. Ada level yang lain.

Seseorang berkata pada salah satu gembala ISAAC: "Dr. Jonathan David adalah seorang nabi" "Kami adalah para rasul. Kalau kau ikut kami kau akan naik ke level selanjutnya." Maka orang ini mengikutinya dan kehilangan seluruh gereja. Saya tidak tahu mengapa kita terus melanjutkan karena kita berpikir selalu ada yang lebih baik di sisi seberang, tapi tidak menginginkan prosesnya. Tidak ada yang lebih baik kecuali firman yang Ia perkatakan padamu, itulah yang terbaik bagi hidupmu. Tuhan penuh kemurahan untuk berfirman pada kita sehingga segala sesuatu di dalam kita berakhir.

Segala sesuatu dalam hidup kita berakhir.

"Kuasa masa lalu harus dihancurkan. Kuasa yang mengendalikan dan membentukmu di masa lalu."

Kuasa masa lalu harus dihancurkan. Kuasa yang mengendalikan dan membentukmu di masa lalu dan menjadikan dirimu yang sekarang. Kau menundukkan dirimu padamu pada allah masa lalu, setiap peristiwa di masa lalu. Itulah kuasa yang harus kau hancurkan. Karena 99% hidup kita adalah bagian dari masa lalu. 

Sampai waktu di pagi hari, waktu yang sebelumnya disebut 'kemarin'. Dan kemarin adalah masa lalu. Meskipun kita belajar hal yang bagus, tapi beberapa pengalaman baik yang kita miliki membuat itu tidak cukup, karena kau tidak mau mencoba sesuatu yang lebih baik lagi.

Karena kau telah mengalami pengalaman yang bagus. Karena kau telah alami pengalaman yang baik tentang sesuatu, maka kau tidak mau mencoba hal baru karena kau takut mungkin kau akan kehilangan hal yang bagus tadi dan malah mengalami hal yang buruk. Jadi pengalaman tidak selalu menjadi guru yang baik, karena pengalaman bisa membatasimu, menakutimu, dan membuatmu lebih waspada.

Tapi kita harus menghancurkan kuasa masa lalu. Masa lalu tidak bisa menahan kita.  Apa yang Tuhan perkatakan kepada kita maka itulah yang harus membawa kita maju, membuat kita semakin dekat dengan-Nya. Terkadang kau berada dalam gereja untuk waktu yang lama dan semua pastor tidak lagi bersikap baik kepadamu, menyakitimu, membuatmu frustasi. Kau pergi ke gereja dimana Tuhan benar-benar ingin kau di sana, kau masih memiliki semua lonjakan dalam hidupmu, karena kau selalu memiliki sikap yang membela diri,

“Oh, mereka menyakitiku selama ini, gereja ini juga sama saja”.  Dan dengan itulah kau mengacaukan masa kini dengan masa lalumu.  Setiap orang memiliki pengalaman yang buruk dan mereka melihat sambil memastikan pengalaman buruk itu kepadamu.  “Sepertinya suatu hari ia akan jatuh, suatu hari ia pasti akan menjadi seperti mereka”. Masa lalu yang menahan mereka. Terkadang mereka takut untuk bergabung, mereka takut untuk terhubung oleh karena masa lalu mereka. Kau telah disakiti oleh sekian banyak jaringan, lalu kau ingin bergabung dengan ISAAC, maka kau akan beranggapan bahwa itu adalah sama.  “Itu hanya masalah waktu saja, mereka juga akan menunjukan warna asli mereka seperti apa nanti”. 

Hal seperti inilah yang harus kau hancurkan, kuasa masa lalu. Ada roh yang mengontrol masa lalu yang membentukmu, yang membawamu ke dalam cetakan dimana kau tidak bisa melarikan diri dari sana, sehingga masa depanmu menjadi sama. Masa lalu, masa kini dan masa depan menjadi sama. Iblis mengkondisikanmu, sehingga kau tidak bisa terbebas untuk melakukan apa yang Allah ingin kau lakukan.

Anggota keluargamu tidak ada yang kuliah, jadi kau juga tidak pergi kuliah. Maka anakmu pun tidak akan kuliah, karena itu telah dikondisikan oleh pikiranmu. Jadi pagi ini saya mau membantumu untuk menghancurkan siklus kekalahan. Siklus kekalahan itu harus dihancurkan di dalam setiap kita, apakah kau menyukainya atau tidak, tapi itu harus dihancurkan dalam setiap kita, hanya ukurannya saja yang berbeda. 

Dengan keluar dari masa lalu, maka kau sudah jadi pemenang. Jangan berbicara dulu tentang masa depan, tetapi dengan kau keluar dari masa lalu, maka kau sudah jadi pemenang. Untuk terbebas dari masa lalu, kau sudah jadi pemenang. Kau menyeberang, kau menyeberangi titik perubahan. Kau alami perubahan, kau alami transformasi, kau menjadi seusatu yang segar, sesuatu yang baru.

Kau berkembang. Roh familiar tidak bisa menahanmu, setiap batasan akan hancur dalam dirimu dengan seketika. Dimensi roh yang mengontrol dirimu akan hancur. Emosi yang ada itu tidak akan sama lagi. Emosimu secara tiba-tiba akan mulai memiliki ruang yang lebih luas. Kau memiliki kebebasan yang lebih besar lagi yang tidak pernah kau alami sebelumnya, karena itu tidak lagi menindasmu. 

Pikiranmu tidak akan tertindas. Kau bisa berpikir di area yang tidak pernah kau pikirkan sebelumnya. Tiba-tiba pola pikirmu akan menjadi lebih tajam, lebih cepat, dan itu juga akan mengangkat banyak tekanan dari tubuh fisikmu karena kondisimu, dalam pikiran, dalam emosi, dalam jalan-jalanmu, dalam pola perilakumu, dalam setiap area kau dihalangi, dihalangi dan dihalangi ke dalam jalan lurus dan sempit dimana iblis ingin membunuhmu.  

Itu sebabnya kebanyakan dari kita terlalu lurus-lurus saja, pikiran kita lurus-lurus saja, perilaku kita menjadi lurus-lurus saja sehingga akhirnya kita menjadi mudah diprediksi. Kita tidak lagi segar. Setelah beberapa saat, hubunganmu menjadi membosankan. Tidak ada yang mau berhubungan denganmu karena kau hanya seperti itu saja, selama-lamanya, amin. 

Ketika dikatakan: “Malaikat melihat Allah dan berseru „Kudus, Kuduslah Tuhan selamalamanya, amin”.  Setiap kali malaikat melihat Dia, mereka melihat aspek yang lebih lagi dari kekudusan-Nya. Tapi bagi kita, kita sangat mudah diprediksi. Kita tidak mau mencoba sesuatu dengan cara yang berbeda.  Kau menyediakan kopi, tetapi karena kau tidak menyediakan kopi tertentu yang mereka inginkan, maka mereka tidak akan meminumnya. Demi keramahtamahan, buatlah hidup lebih mudah bagi mereka, 

Jadi kau tahu bahwa perubahan pribadi sangatlah penting karena jika kau tidak pergi ke posisi rohani yang lain dari “nabi untuk bangsa-bangsa” menjadi “nabi atas bangsa-bangsa”, sampai perubahan pribadi terjadi dalam hati kita. Jadi sebelum melihat kepada orang lain, lihat dulu kepada dirimu sendiri. 

Saya secara pribadi mendalami catatan dari GLS dan ITIP. Saya secara pribadi mendalami setiap catatannya, karena saya takut dan gentar bahwa Tuhan berbicara melalui saya, tetapi saya malah tersingkir. Saya takut itu, karena saya mengenal Tuhan. Tuhan tidak selalu setiap saat menghargai kita, jika Ia berbicara melaluimu, maka Ia berharap bahwa kau adalah orang pertama yang melakukannya. Itu adalah dugaan dari Musa. Ia berpikir bahwa ia bisa berkhotbah, dan bebas berkhotbah kepada Israel tanpa menyunat anaknya. 

Lalu Tuhan datang suatu hari di malam hari untuk membunuhnya.  Istrinya datang dan untuk menolongnya, ia adalah seorang wanita Midian. Ia tahu dengan tepat apa yang harus dilakukan. Ia tahu jalan Tuhan pada ukuran tertentu. Ia berkata “Kenapa kau tidak melakukan sesuatu dengan benar, Musa? Kau ingin membebaskan bangsa Israel, tetapi kau bahkan tidak tahu bagaimana membebaskan anak kita?”. Dia pergi dari rumah. Ia tidak mengikut Musa ke Mesir. Zipora kembali ke rumah bapanya, Yitro. Apakah ia mengikuti Musa melakukan penugasan? Tidak, karena tidak ada jaminan bahwa Musa bisa menyelesaikannya. 

Kita harus memiliki sesuatu yang terbangun dalam hati kita sehingga kita bisa menjadi siap. 

Siklus Kekalahan

1Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. 2Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orangorang durhaka. 3Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain. - Efesus 2:1-3 (ITB)

1. Individual dengan sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa

Siklus kekalahan dimulai seperti ini. Ini adalah sifat dasar dari dosa dan kebiasaan dosa. Siklus kematian, siklus kekalahan dimulai dari hal seperti ini. Ini adalah pribadi manusia dengan memiliki sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa, dan oleh karena sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa, maka setiap kuasa setan bisa melewatinya.  

Segala sesuatu dari neraka dapat melewatinya, segala sesuatu dari sifat dosa dapat melewatinya, sistem dunia juga bisa melewatinya. Karena alasan ini maka orang ini menjadi mudah di serang di dunia ini. Ini adalah level pertama ya, sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa. Nanti saya akan menunjukkan kepadamu level kedua, ketiga, keempat sampai pada level ketujuh. Semuanya dari Alkitab. Sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa. Dan karena sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa hidupnya menjadi berantakan, hidupnya berada dalam kegelapan, kekalahan. Segala sesuatu yang Adam bawa ke dunia ini bisa menyerang orang ini.

Segala sesuatu yang terjadi pada orang ini, bisa terjadi juga kepadamu oleh karena sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa. Dan ini sangatlah berbahaya untuk kita hidup seperti itu. Itu sebabnya kita harus lahir kembali, terbebas, menjadi sembuh, menjadi terbebas sebagai suatu individu. Karena jika sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa mengontrolmu, dan kau tidak terbebas dari hal itu, maka yang terjadi adalah kau akan terjebak pada level yang kedua. 

2. Hirarki manusia dan Institusi

Ini  adalah hierarki yang didirikan di bumi ini. Hierarki yang berbeda dan perubahan pada struktur rantai kepemimpinan. Yang pertama tentang pribadi seseorang yang memiliki sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa. 

Dan level yang kedua adalah hierarki manusia dan institusi. Kau memiliki perbedaan rantai kepemimpinan dan macam-macam institusi dan struktur yang berbeda seperti rumah, pekerjaan, pabrik, karir. Jadi yang terjadi adalah orang ini yang memiliki sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa dalam hidupnya ditempatkan di bawah struktur seperti ini. Dan area kelemahan di dalam hidupnya dimanipulasi dalam pekerjaannya, keluarganya, rumahnya, sehingga ia secara terus-menerus diikat oleh sifat dasar dosa. Tapi kali ini ia berada di bawah otoritas institusi yang ada di atas dirinya. 

Kau melihat bagaimana orang hidup di dunia ini. Mereka hidup sebagai suatu individu tetapi mereka terjebak dalam pekerjaan mereka, dan segala sesuatu yang terjadi di pekerjaan mereka pada dasarnya mengekspos kebutuhan seperti ini dalam kehidupan mereka. Ketika saya telah menyelesaikan level ke-7, kau akan melihat bagaimana dengan infrastruktrur yang ada di dunia, orang-orang terkurung di dalamnya. Tidak mampu untuk terbebas. 

Meskipun mereka mau melayani Tuhan mereka tidak bisa karena mereka terjebak pada hierarki, mereka terjebak pada institusi. Bahkan dalam urusan rumah, mereka menikahi orang yang salah. Mereka menikah dengan orang yang salah, tinggal dalam rumah yang salah, dan memiliki ibu mertua di sana, saudara ipar di sana, bahkan saudara ipar yang baru keluar dari penjara juga tinggal di rumah yang sama. Ia yang kecanduan obat-obatan, atau menantu. Apapun yang ada pada pribadi ini menjadi lebih dan lebih lagi mudah diserang ketika mereka berada di bawah institusi. 

Itu sebabnya kau perlu memahami level ini. Jika kita terhenti hanya pada sifat dasar dosa, maka pekerjaan kita bisa menjadi alat selanjutnya yang musuh akan pakai untuk menahan kita. Pekerjaanmu, karirmu, institusi yang dimana kau terlibat di sana, klub dimana kau terlibat di sana. Jadi apapun yang ada dalam sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa akan menjadi instrumen di tangan level selanjutnya dari hierarki dan institusi. 

Jadi itu akan menahan orang ini dan orang itu akan tetap berada di bawah institusi ini, karena sebagai suatu individu ia memiliki kelemahan, dan sebagai suatu institusi mereka memiliki otoritas. Inilah titik permulaannya. Banyak orang berlari sebentar, berlari dengan bebas sampai ia menjadi bagian dari intitusi.  

Di dunia ini kau tidak memiliki pilihan yang lain, kau harus tetap bekerja, kau harus tetap bekerja keras. Kau tetap lahir di dalam rumah, kau tetap lahir dari keluargamu. Kau tidak bisa kabur dari hal ini. Jadi sekarang sifat dasar dosamu menjadi lebih rentan lagi, itu sekarang menjadi terekspos kepada orang-orang,  bukan hanya kepada orang-orang biasa saja, tetapi kepada orang-orang yang memiliki otoritas karena otoritas datang seperti dimensi Ilahi.

 

Jadi kau dapat melihat apa yang terjadi, kau memiliki pribadi yang terbebas sendirian tapi sifat dasar dosa menahan hidupnya. Dan karena alasan itulah ia terjebak dalam hierarki dan institusi. Ini sangat-sangat penting karena pada level ini pribadi ini telah terekspos, kelemahannya, dasar hidupnya dan area ini menjadi lebih dan lebih lagi, menahannya dengan lebih kuat dan lebih kuat lagi.

 

3. Jalan-jalan dari dunia ini.

 

Jalan-jalan dari dunia ini. Jadi ada “pribadi orang”, ”institusi”, dan “jalan-jalan dunia”. Semua hal pada institusi itu hidup pada jalan-jalan tertentu dari dunia, dan semua jalan-jalan dunia ini bekerja dengan basis dari sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa.

 

Saya ingin kau menangkap ini karena kau harus membebaskan orang-orangmu dengan menunjukkan kepada mereka jalan-jalan dunia, karena jalan-jalan dunia ini bisa mengontrol keluarga.

 

Semua keluarga yang ada di bumi ini menjalankan jalan-jalan tertentu dari dunia, mereka tertekan dengan jalan-jalan tertentu. Dan kebanyakan dari mereka tertekan pada jalan-jalan yang sama. Kecemasan yang sama mengenai mereka; ketakutan yang sama mengenai mereka. Masalah yang ada dalam rumahmu adalah masalah juga di rumah mereka.

Kau tidak terbebas dari hal itu. Kau memiliki uang sewa yang harus kau bayar, mereka juga memiliki uang sewa yang harus mereka bayar. Jika mereka tidak membayar uang sewa, maka artinya mereka membayar pinjaman bank mereka. Hanya namanya saja yang berbeda. Kau tetap membayar uang sewa. Tetapi uang sewa dan uang pinjaman bank tidak berbeda, itu sama. Bank memiliki rumahmu. Kau membayar uang sewa untuk rumahmu kepada bank dan kau menyebutnya sebagai uang pinjaman bank. Tetapi kau tetap terjebak dalam sistem tersebut. Kau punya kecemasan terhadap kesehatanmu, mereka punya kecemasan terhadap uang mereka.

 

Jalan-jalan dunia ini mengontrol institusi; Institusi ini mengontrol pribadi/individu. Semakin kuat institusi, semakin institusi ini menahan individu. Dan semakin kuat institusi tunduk pada jalan-jalan dunia, maka semakin ia akan menahan orang/individu. Semakin kuat institusi, semakin kuat ia menahan orangorang.

 

Semakin kuat kepemimpinan dalam institusi, semakin besar tipe kepemimpinan diktator di institusi kepada hidup orang-orang. Sehingga mereka akan menahan orang-orang dengan kuat, sehingga orang-orang akan tertekan dan tekanan pada diri individu ini akan semakin buruk. Semakin institusi ini menganut apa yang dari jalan-jalan dunia, maka jalan-jalan dunia semakin menuntut kepada individu.

 

Ini tak lama kemudian individu ini akan berada di bawah tekanan pekerjaan dan ini bukan hanya tekanan pekerjaan. Tapi tempatmu bekerja juga ada di bawah tekanan. Pabrikmu juga ada di bawah tekanan dari jalan-jalan dunia. Ada globalisasi, ada korupsi internasional, ada sindikat pencucian uang, ada kartel narkoba, ada perusahaan farmasi, mereka meletakkan tekanan pada para inventor dan juga pada banyak orang, maka tak lama kemudian institusi ini ada di bawah tekanan jalanjalan dunia yang beroperasi.

 

Krisis moneter terjadi, institusi ada di bawah tekanan dan perusahaan ini harus mengurangi karyawan dan memecat sisanya. Maka orang yang selama ini mereka tahan, mereka lepaskan. Mereka membayar kompensasinya, dan membiarkannya pergi. Setiap kali jalan-jalan dunia ini mulai mempengaruhi, maka institusi ini mulai terpengaruh, juga orang-orang akan terpengaruh. Pihak yang menderita di akhir adalah individunya.

 

Saat krisis moneter terjadi di Eropa, Amerika dan seluruh kejadian terjadi di dunia, krisis mata uang juga terjadi, maka apa yang terjadi? Institusi menderita, tapi siapa yang ada dalam institusi? Individu! Karena ada sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa, individu ini menjadi yang paling rentan. Perusahaan masih bisa merekrut orang lain, perusahaan masih bisa mempertahankan beberapa karyawan dan memecat sisanya.

 

Sehingga akan banyak masalah muncul yang terjadi dalam hidup dan keluarga individu ini sebab kehidupan orang-orang ini terpengaruhi oleh perubahan jalanjalan dunia ini. 

 

Jalan-jalan dunia ini mengendalikan institusi, hirarki, rantai kepemimpinan dan rantai kepemimpinan ini mulai menekan individu yang telah terpengaruhi oleh sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa. Individu ini adalah pihak yang paling rentan. 

 

Tetapi institusi ini tidak peduli. Mereka tidak memiliki keinginan untuk memeliharamu, membesarkanmu dan membawamu lebih tinggi. Mereka malah membawamu turun, karena jalan-jalan dunia ini akan semakin membawamu turun. Tapi saya akan tunjukkan padamu jalan-jalan kehidupan akan membawamu naik!

 

Setiap tekanan dari atas ini akan turun menyerang individu ini, sebab targetnya adalah individu yang berada di bawah sifat dasar dosa dan kebiasaan dosa. Itulah targetnya!  Di siklus kehidupan, objek penebusan Allah adalah individu. 

Jalan-jalan dunia semakin lebih berat, dan semakin berat. Jadi dunia berubah, institusi pun berubah; maka institusi akan memecat dan menekan individu. 

 

Jalan-jalan dunia memiliki ideologi yang mengatur jalan-jalan dunia, pola pikir, humanisme sekuler, pola pikir komunis, pola pikir sosial, ideologi politik, ideologi mental, dan segala jenis pola pikir membingkai jalan-jalan dunia ini. Jadi jalanjalan dunia ini bisa kesana-kemari, tapi semua pergerakan itu akan mempengaruhi bagaimana institusi berjalan, ini akan mempengaruhi cara institusi ini menpengaruhi individu.

 

Jalan-jalan dunia, filosofi dunia itu mendominasi, pemikiran-pemikiran dunia mendominasi.Orang-orang mulai memikirkan pemikiran baru untuk membentuk dunia ini, untuk menggerakkan dunia ke arah tertentu. Jadi jalan-jalan dunia ini adalah area yang sangat penting untuk kita hadapi! Kita mau terbebaskan!

 

 

4. Roh yang mempengaruhi

 

Roh yang mempengaruhi. Jalan-jalan dunia ini dipengaruhi oleh suatu roh. Jalanjalan dunia menyebar ke seluruh dunia, dan itu bisa menyebar bukan karena individu melainkan oleh roh yang mempengaruhi.

 

Ada roh yang mempengaruhi di jalan-jalan dunia, dan jalan-jalan dunia ini mempengaruhi rantai komando, otoritas, dan hierarki, dan hierarki ini mempengaruhi individu.

 

Jadi jalan-jalan dunia diatur oleh roh yang mempengaruhi. Itu sebabnya mereka mempengaruhi area yang lebih besar lagi, mempengaruhi seluruh kota. Sehingga seluruh kota memiliki pola pikir demikian. Seluruh bagian jalan-jalan dunia atau area di dunia ini, seperti halnya seluruh Los Angeles, seluruh Seattle, seluruh San Francisco, mereka punya pola pikir tertentu.Seluruh area itu terpengaruhi. Seluruh desa itu menjadi brutal. Seluruh desa berisi orang-orang jahat. Mereka terus menyerang. 

 

Dimensi roh ini adalah apa yang kita perlu pahami. Disinilah kita mulai hancurkan kekuatan. Kalau roh yang mempengaruhi ini tidak mempengaruhi jalan-jalan dunia, maka jalan-jalan dunia tidak akan mempengaruhi. Maka kuasa yang terus menjalar turun itu akan semakin berkurang! Disinilah kita terlibat dalam peperangan.

 

Di jalan-jalan dunia ini adalah dimana kita mengajarkan dan mengubahkan pemikiran-pemikiran. Mengubahkan pola pikir! Ini adalah hierarki yang kita muridkan dan bimbing dan membawa mereka di bawah otoritas sehingga mereka bisa diubahkan! Pada individu kita membawa keselamatan dan hubungan dengan

Allah. 

 

Roh yang mempengaruhi mengendalikan jalan-jalan dunia, jalan-jalan dunia mengendalikan hierarki, hierarki mengendalikan individu. Dimensi roh ini dimana kita terlibat dalam peperangan. Ini sudah datang di alam roh. Ini adalah alam roh yang mana kita harus terlibat dalam peperangan rohani untuk menarik turun penguasa angkasa.  Roh yang mempengaruhi diputuskan di sini.

 

Roh yang mempengaruhi mengkondisikan jalan-jalan dunia ini yang mengkondisikan institusi, yang mana institusi ini mengendalikan individu. Roh yang mempengaruhi mengkondisikan filosofi, filosofi mengkondisikan institusi, dan institusi ini mengendalikan orang-orang.

 

Di area inilah roh yang baru harus muncul! Selama kau sebagai orang percaya tidak mengizinkan Roh Kudus bekerja dalam hidupmu, kau tidak ada bedanya dengan pendosa. Kau seorang kristen yang sudah dibaptis Roh Kudus tapi tidak ada yang terjadi dalam hidupmu, kau akan tetap terjebak dalam institusi! Kau tetap menjalankan jalan-jalan dunia ini. 

Saat dikatakan: "Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya", artinya: "Keluarlah dari semuanya ini!" Jangan terus diam di sini dan berharap bisa bertahan! Kau tidak bisa terus diam di jalan-jalan dunia ini dan bertahan. Kau tidak akan bisa! Kau harus keluar dari semua itu, dan mulai terhubung pada Sorga dengan cara yang baru. 

 

Meskipun kau ada di dunia ini, kau bukanlah berasal dari dunia ini! Kau memang ada di dunia ini, tapi kau bukan dari dunia ini! Kau seorang individu di bawah institusi yang ada di dunia, tapi ada pemerintahan Allah dalam hidupmu! Pemerintahan Allah itulah yang mengontrol hidupmu, Kau ada di Babel, tapi kau bukanlah tawanan! Kau ada di Mesir, tapi kau seorang penguasa. Kau ada di penjara, tapi kau berhasil!

 

Kau ada di dunia, tapi kau bukanlah berasal dari dunia. Meskipun kau pergi dan bekerja di kantor yang sama, tapi kau tidak ada di bawah kekuasaan mereka! Kau bekerja di perusahaan yang sama, tapi kau tidak ada di bawah mereka, sebab pemerintahan Allah ada dalammu. Kau memang ada di dalamnya, tapi kau ada di luar dari kekuasaan mereka! Kau dibaptis air, kau masuk ke dalam air, tapi air itu tidak bisa masuk ke dalam dirimu!

 

Kau ada di dunia tapi roh yang mempengaruhi dunia tidak ada atas hidupmu. Sebab kau tidak mengikuti jalan-jalan dunia ini, kau mengikuti yang lain, kau mengikuti tujuan Allah, destiny yang Tuhan sudah tetapkan atas hidupmu. Sehingga seluruh kehidupanmu berubah!

 

Saya   mau   kau menangkap hal      ini, mempelajarinya, mencernanya, mengajarkannya, menunjukkannya, sebab jemaat di gereja kita harus tahu. Kita tidak sedang meminta mereka untuk berlari ke atas gunung. Kita bukanlah gnostics. Kita tidak mengatakan material dunia itu buruk dan jahat. Hanya yang spiritual yang baik. Tidak, Kita bisa ada di dunia ini tapi kita bangkit mengatasi itu semua!

 

Kita ada di Mesir, tapi kita memiliki tanah terbaik yang ada di Mesir. Kita ada di Mesir, kita belajar keahlian. Kita tidak sedang menandai waktu selama 430 tahun tapi kita mau menjadi semakin lebih baik. Kita akan keluar dari Mesir tanpa mengangkat satu jari pun melawan orang Mesir. Tuhan sendirilah yang akan memukul orang-orang Mesir saat kita keluar, semua upah selama 430 tahun akan dikembalikan ke tangan kita. Itu sebabnya kita tidak perlu takut akan sistem dunia ini karena sistem dunia ini tidak bisa mengendalikan kita!

 

Itu sebabnya ini sangat penting untuk kau bisa melihat roh yang mempengaruhi filosofi, filosofi mempengaruhi insititusi yang mengendalikan individu. Begitulah bagaimana itu semua menahan mereka. Kau bisa ada di dunia ini tapi kau bukanlah dari dunia ini!

 

Kita harus ditunjukkan setengahnya lagi yang disebut dengan siklus kehidupan maka kau bisa melihat selamanya. Kau bisa hidup di lingkungan situasi seperti ini tapi kau tidak akan bisa ditekan. Kau tidak perlu tunduk pada filosofi yang mengendalikan pola pikir. Kau tidak berpikir seperti jalan-jalan dunia ini. Tapi kau berpikir jalan-jalan Kerajaan dan tujuan Tuhan.

5. Penguasa kerajaan angkasa.

Jadi ada penguasa kerajaan angkasa, roh yang mempengaruhi, filosofi atau pola pikir, institusi dan individu. Ini adalah penguasa kerajaan angkasa. 

Penguasa kerajaan angkasa memakai roh yang mempengaruhi untuk mengendalikan filosofi yang mengendalikan institusi. Penguasa kerajaan angkasa memakai roh yang mempengaruhi untuk mempengaruhi filosofi dan pola pikir dunia yang mengendalikan institusi, dan yang akhirnya menekan orangorang.

Penguasa kerajaan angkasa ini mengambil tempatnya di kota. Mereka adalah 'penghuni'. ini adalah roh yang menghuni. Penguasa kerajaan angkasa adalah roh yang menghuni yang disebut dengan para penguasa, kekuatan eksekutif dari kerajaan iblis, mereka adalah penguasa kerajaan angkasa.

Sangat penting untuk kau memahaminya, sebab di setiap kota ada para penguasa. Dewan eksekutif, ada yang namanya legislatif dan ada yang namanya eksekutif.Ada yudisial, legislatif, dan ada dewan eksekutif. Ini adalah penguasa kerajaan angkasa. Mereka adalah memaksa, bagaimana mereka memaksa? Dengan memakai roh, yaitu roh-roh yang beroperasi dalam orang-orang durhaka.

Mereka memakai roh familiar. Ini adalah kata kunci yang harus kau ketahui. Roh yang familiar denganmu. Jadi yang terjadi adalah karena hidup dalam gaya hidup tertentu, dia sebenarnya diprogram, dan dia diprogram untuk kalah.Itu semua hanya masalah waktu saja.

Ia pikir ia sukses, sebab filosofi dunia yang mengatakan ia berhasil. Ini masalah cara pandang. "Aku diberkati, aku tidak butuh Tuhan, aku punya banyak uang." Itu akan datang segera. Aku tidak perlu ikut Yesus, aku tidak sakit dan lemah, aku kuat, aku berdoa dalam hatiku, semua tuhan itu sama." Jadi ia tidak akan merasa hidupnya rentan karena filosofi dunia "melindunginya", tapi sebenarnya itu menipunya! Itu sebabnya ia tidak tahu. Ia merasa baik-baik saja, ia tidak butuh Tuhan, sebab filosofi dunia mengacaukan pikirannya.

Kau dan saya tidak jamah pikirannya dan mengubahkan mereka. Kau tidak berbicara pada mereka, mereka tidak diterangi, sehingga mereka terus hidup dalam kegelapan. Ini disebut cara pandang, ini disebut caramu berpikir.  Ada banyak orang "dilindungi" dengan cara mereka berpikir. Mereka pikir mereka baik-baik saja, karena mereka berpikir mereka baik-baik saja. Tapi kalau mereka berpikir mereka tidak baik-baik saja, sekalipun mereka sedang baik-baik saja mereka akan ketakutan.

Sekalipun mereka "baik-baik saja", punya banyak uang, tapi mereka diserang oleh roh yang mempengaruhi yang disebut dengan roh kemiskinan. Mereka akan jadi gila, mereka terus bekerja keras. Sekalipun mereka punya uang mereka ketakutan sebab mereka diserang oleh roh kemiskinan.

Jadi roh yang mempengaruhi ini datang melalui ideologi tertentu yang mereka ambil yang mengatakan padanya bahwa ia kekurangan. Sebab mereka melihat institusi yang punya banyak uang tapi tiba-tiba menderita. Maka sekarang sebagai individu, ketakutan ini menyerangnya begitu hebat.

Itu sebabnya ia merasa berapapun yang ia dapatkan tidak akan pernah cukup. "Aku harus melindungi diriku, mempersiapkan untuk musm hujan, badai, tsunami." Sekarang mereka juga alami tsunami, bukan hanya hujan, tapi hujan badai.  

Tak lama individu terserang dan kacau, ia temukan hidupnya benar-benar rentan. Tak peduli apapun yang ia lakukan, ia akan menjadi korban dari seluruh lingkungan ini. Tak peduli apapun yang ia lakukan.Kelikir ada di rahangnya. Ia tidak bisa kabur. 

Ada penguasa yang mengendalikan roh, roh ini mempengaruhi jalan-jalan dunia, jalan-jalan dunia mempengaruhi institusi, dan institusi mempengaruhi individu. Kadang individu tidak sangat terhubung pada hirarki, mereka ada pekerjaan ini pekerjaan itu, tapi ada suatu filososfi yang membuat ia hidup dengan cara seperti ini. Mereka tidak mau jadi bagian apapun. 

Mereka tidak bertanggung jawab pada keluarga mereka, oleh sebab filosofi mereka hanya mau jadi pendonor sperma. Mereka tidak mau terhubung kepada keluarga atau rumah tangga dan sebagainya, sebab filosofi mengendalikan mereka. Tapi tetap saja ada roh yang mempengaruhi filosofi yang mengendalikan mereka.

Sekalipun mereka berkata: "Aku tidak mau ada di bawah otoritas, aku tidak mau bekerja bagi siapapun! Aku mau jadi pengangguran, terbebas, tidak bekerja bagi siapapun." Jadi mereka tidak mau ada di bawah institusi, tapi mereka tetap ada di bawah filosofi. Mereka pikir mereka tidak di bawah kendali, padahal mereka masih ada di bawah kendali. Jangan kelihatan depresi. Ini bukan tentangmu. Keadaan terakhir orang ini akan lebih buruk dari yang pertama. Selama waktu berlalu, keadaannya berubah dan kau akan terkejut dengan apa yang terjadi.

Jadi ada penguasa kerajaan angkasa yang mempengaruhi roh. Mereka mengambil tempat-tempat penduduk. Sifat dasar roh ini akan menjadi sifat dasar kota. Sifat dasar roh ini akan menjadi sifat dasar kota. Mereka menyebutnya dengan "orang-orang kuat". Tapi tidak ada yang dilakukan dengan gereja. Ini hanya mengatakan padamu bahwa mereka memperoleh kekuasaan karena mereka mengeset struktur ini begitu rupa. Ada roh, ada filosofi dari kota itu. 

Semua orang berpikiran yang sama, dalam area dan kawasan mereka, dalam desadesa tertentu. Setiap orang berpikir yang sama. Mereka bisa berkumpul, minum kopi, dan membicarakan hal yang sama terus-menerus. Setiap hari membicarakan hal yang sama, dan saling setuju satu sama lain. Lalu ada semakin banyak orang datang dan membicarakan yang sama. Mereka tidak pernah merasa bosan.  Iblis menahan mereka dalam filosofi ini, mengendalikan mereka sehingga seluruh struktur yang ada ini dipengaruhi.

Gereja juga sama. Kalau mereka tidak hati-hati, ada roh yang mempengaruhi yang membuat mereka diam dalam tradisi, membuat mereka melakukan kerutinan yang sama terus-menerus. Mereka tidak keluar dari itu semua, tetap melakukan seperti itu untuk selama-lamanya, amin! Institusi tetap sama. Tekanannya pun tetap sama. Orang-orang tidak akan pernah terbebas, sebab pola pikir tersebut. 

Demikianlah roh-roh yang beroperasi dalam denominasi. Dalam tradisi manusia, mengunci mereka. Filosofi menahan institusi, institusi menahan orang-orang. Tapi ada roh yang mempengaruhi, dan ada penguasa di atasnya. Kau bisa temukan gerejagereja tradisional, karena orang-orangnya tradisional, karena kuasa kegelapan membuat mereka tetap berada di sana. Mereka tidak akan izinkan orang-orang untuk berbalik. Tidak akan ada kemajuan. 

Maka orang-orang di Inggris akan tetap sama seperti zaman nenek moyang mereka. Nenek moyang mereka akan keluar dari kuburan pergi ke tempat tinggal mereka yang dulu dan tetap bisa cocok karena tidak ada perubahan. Tidak ada kemajuan ataupun perkembangan. Benar-benar sama. Nenek moyang mereka bisa beli roti, pergi kesanakemari, dan merasa mereka masih tinggal di zaman mereka. Zaman nenek moyang mereka adalah zaman mereka. Tetap sama. Karena roh kegelapan, penguasa angkasa, menetapkan posisinya dan otoritasnya. Tidak ada jalan keluar, karena orangorang ini ada di bawah struktur ini. 

Ada penguasa kerajaan angkasa. Dan ada yang namanya penguasa kegelapan. 

6. Penguasa Kegelapan.

Penguasa kegelapan. Kau harus ingat karena penguasa kegelapan, ia telah memilih para penguasa ini dengan baik. Tapi para gembala justru malah memilih para pemimpin dengan salah. Karena dalam pikiran mereka ini bukan hanya memberikan posisi, tapi untuk mentrasnferkan roh. 

Kalau kau tidak mempelajari apapun, setidaknya belajarlah dari iblis, sebab ia tidak pernah mengatur sesuatu dengan salah. Karena ia hanya punya sedikit untuk dipekerjakan, maka ia hanya memilih yang terbaik. Bukan 2/3 dari malaikat yang jatuh, hanya 1/3 yang jatuh. Jadi kalau ia mau membuat pilihan, ia harus membuatnya berhasil, dan ia bekerja lembur. 

Jadi penguasa kegelapan memilih para penguasa. Penguasa kegelapan memilih para penguasa, para penguasa mengtransfer roh. Jadi ada roh yang mempengaruhi dan roh yang mempengaruhi ini ada di dalam pengajaran/doktrin.

Jadi sebagai gembala senior, kau harus memilih pemimpin kuncimu, dan pemimpin kuncimu harus memiliki roh yang sama yang kau bawa untuk mentransferkan dimensi roh di dalam pengajaran-pengajaran yang kau berikan kepada mereka. Mereka akan bisa menolong dalam struktur gereja yang akan memberkati orang-orang. 

Jika kau tidak menyadari ini, kau memilih pemimpin mana saja. Kau memilih pemimpin mana saja, yang tidak bisa mentransferkan roh, seluruh struktur akan menjadi goyah. Itulah mengapa itu bukan tentang hanya pertumbuhan gereja, hanya memiliki pemimpin-pemimpin, pemimpin kelompok sel, melatih pemimpin kelompok sel memberikan mereka kelas 1,2,3,4 dan kemudian memberikan sertifikat kepada mereka. Gereja kita akan menjadi teratur, Tuhan memberkati kita!

Kau membangkitkan struktur pemimpin-pemimpin yang tidak bisa mentransferkan roh, tetapi kau hanya mereproduksi mereka seperti bahan pabrik. Yang lain terus diproduksi, pemimpin yang lain sedang diproduksi karena mereka pergi ke kelas, kelas lanjutan satu, kelas lanjutan dua, kelas lanjutan tiga, memakai kelas 1,2,3,4 kemudian kita memiliki para pemimpin kelas kelompok sel bahwa mereka telah mengikuti semuanya. Jadi mereka mendapatkan sertifikat, jadi kita berpikir kita memiliki para penguasa tetapi tidak ada roh.

Bukan hanya mereka tidak memiliki roh, tetapi mereka juga tidak memiliki doktrin, mereka tidak memiliki pengajaran, mereka tidak memiliki kebenaran untuk mempengaruhi pola pikir. Mereka tidak memiliki kapasitas. Jadi pemimpin seperti apa yang kau pilih? Yang kosong. 

Posisi tetapi tidak ada roh, posisi tetapi tidak ada kebenaran, posisi tetapi tidak ada kuasa untuk mentransfer roh. Dan sehingga apa yang kau dapatkan? Institusi yang lemah, mereka tidak bisa menuntun anggota gereja, jadi kau memiliki struktur 542 pemimpin kelompok sel. Minggu lalu kita mengumumkan mereka ada 500, sekarang bertambah lagi 62. Haleluya. Tuhan memberkatimu, kau tidak memegang apa-apa. Orang-orang bangga dalam hal ini karena mereka tidak tahu iblis menjalankan sistemnya sepanjang waktu. Itulah mengapa jika kau membawa dunia ke dalam gereja, tamatlah kau karena begitulah cara kerjanya!

Jadi, kita memiliki para penguasa di udara dan kau memiliki penguasa kegelapan. Penguasa kegelapan memilih dengan benar karena dia ingin segalanya berjalan sesuai, dan penguasa kegelapan ini tertarik kepada individu. Organisasi dapat datang, organisasi dapat runtuh, kerajaan dapat datang, kerajaan dapat runtuh, ia tidak memperdulikannya.

Filosofi dapat berubah, hari ini bisa menjadi sosialis, hari esok bisa menjadi republik, hari selanjutnya bisa menjadi demokrasi, ia tidak peduli. Ia tidak peduli siapa yang kau pilih. Itulah mengapa ia tidak tertarik dalam hal-hal seperti ini, ia tidak peduli siapa yang kau pilih, Karena hari ini akan menjadi pola pikir demokrasi, esok hari menjadi republik, hari ini menjadi sosialis, hari berikutnya menjadi komunis. Ia tidak peduli filosofi selama dia memiliki institusi untuk mengendalikan orang-orang, untuk membawa orang-orang ke jalan yang dia inginkan. 

Jadi filosofi berubah, bangsa-bangsa keluar dari komunis dan menjadi sosialis tetapi orang-orang masih tertindas. Kita bisa menjauh dari Monarki dan pergi untuk memiliki pemerintahan republik sendiri, kau masih menindas orang-orang, keluar dari satu ideologi kepada ideologi selanjutnya, institusi tetap sama. Mereka tidak berubah, mereka hanya mengubah papan nama tetapi mereka tidak mengubah tanda, mereka tetap berjalan dalam jalan-jalan neraka.

Jadi kita memiliki  penguasa di udara dan kita memiliki penguasa kegelapan, jadi dia tidak bisa beroperasi kecuali dia berada di alam tertentu, dia tidak bisa beroperasi kecuali dia berada di alam tertentu, dia perlu berada di tempat sorgawi.

7. Tempat sorgawi

Penguasa kegelapan dan semua hal ini seperti perlengkapan yang tidak bisa terpasang kecuali kau memiliki tempat sorgawi. Cara dia beroperasi dalam struktur ini adalah bahwa mereka perlu berada di dalam dimensi roh di dalam tempat sorgawi. Atau apapun yang telah mereka susun itu tidak akan terjadi, itu bukanlah organisasi lahiriah, itu adalah organisasi rohani.

Jadi penguasa di udara tunduk kepada penguasa kegelapan dan penguasa kegelapan beroperasi dari tempat sorgawi. Semua operasi bahkan bagi kita akan berada di tempat sorgawi juga, tetapi situasinya adalah bahwa kita didudukkan dengan Kristus di tempat Sorgawi jauh lebih tinggi daripada semua kerajaan dan kuasa.  

Jadi penguasa di udara dikontrol oleh penguasa kegelapan dan dinamika operasional adalah “titik stekernya”. Jadi kau memiliki semua perlengkapan, kau perlu memiliki “titik stekernya” untuk menyambungkannya, itu ada disana sehingga segala sesuatu menjadi berfungsi. 

Setan ada di Sorga sebelum dia dibuang, dia adalah lucifer, kemudian dia dibuang ke dalam bumi, tetapi dia tidak dapat bangkit ke dalam alam roh tetapi dia memenangkan peperangan di taman Eden, dia menjadi penguasa dunia ini, Penguasa dunia ini karena dia mencobai Adam, Adam saat itu adalah penguasa dunia ini, lalu ia kehilangan kekuasaannya pada “pemilu”.

Jadi ketika itu terjadi, dia menempatkan dirinya sendiri di bumi dan mulai merepresentasikan bumi. Jadi ketika semua ciptaan malaikat dan semua anggota parlemen bumi dan sorga naik ke Sorga, lucifer datang, setan datang sebagai perwakilan dari daerah pemilihannya yang disebut bumi.

Jadi Roh Kudus memberitahu kita dengan sangat jelas bahwa ketika Yesus mati di atas salib di Kalvari, semua hal ini dihapuskan, semua otoritas dan kuasa telah dikembalikan. Jadi bukannya memposisikan dirinya di bumi dan di dalam atmosfer roh, dia telah diusir dan dibuang dalam tempat sorgawi.

Jadi ketika Allah menata struktur daripada Anak-Nya, Dia membuat Anak-Nya duduk di tempat tinggi jauh melampaui segala penguasa-penguasa dan kuasakuasa. Jadi itu ada di tempat sorgawi yang telah dibatasi, kekuatan setan akan dibatasi disini dan mereka akan dihakimi ditempat ini. Jika kau berurusan dengan mereka di sini dan memenangkan peperangan ini, kemudian kau akan mengeksekusinya di bumi ini.

Alkitab mengatakan apapun yang telah terikat di Sorga, itu terikat di bumi. Ketika kau mengatasi di sini, semua dimensi ini akan dihancurkan. Satu persatu mereka akan dibongkar sehingga pada akhirnya kita membebaskan individu-individu. Jadi setan tidak bisa menempatkan kerajaannya dimana saja, 

inilah yang harus kau dan aku ketahui karena kita berpikir bahwa ketika Yesus mendirikan Kerajaan-Nya, setan sudah berkeliaran. Inilah masalah kita, kita mendengar kepada banyak pengkhotbah sehingga membuat kau merasa setan adalah agen bebas,  dia bisa pergi kemana saja yang dia ingin dan melakukan apapun yang dia inginkan.

Ketika Yesus duduk di sebelah kanan Allah, saya memberitahumu di dalam nama

Yesus bahwa ketika Dia duduk disebelah kanan Allah, Dia memastikan bahwa Yesus jauh melampaui segala penguasa dan kuasa! Jauh melampaui segala penguasa dan kuasa, dan penguasa kegelapan ada jauh dibawah di tempat sorgawi. Demikianlah struktur otoritas itu tersusun. Setan tepat ada di bawah kakimu! Tetapi kau tidak terlihat senang? Karena sekarang kau harus membakar bukubuku dan berhenti mendengarkan kepada beberapa pengkhotbah. Semua pelayanan pembebasan telah dibebaskan darimu.

Ketika Dia mendirikan otoritas Anak sebagai Raja segala raja dan Tuhan segala tuhan dan mendirikan Kerajaan-Nya maka ada suatu struktur. Jadi ketika Yesus mendirikannya, ada suatu struktur, kita didudukkan bersama-sama dengan Dia, kita didudukkan bersama-sama dengan Dia di tempat sorgawi dan jauh di bawah itu, itulah kerajaan setan. Jadi begitulah strukturnya. 

Tidak ada struktur otoritas pemerintahan yang mengecualikan siapapun dari masyarakat. Kau salah satu departemen, beberapa departemen, kau perlu berada di bawah sesuatu, kau tidak bisa menjadi agen bebas, tetapi ada banyak jemaat gereja yang menjadi agen bebas. Mereka tidak berada di bawah otoritas seseorang. Bahkan setan sekalipun ada dibawah otoritas!  

Kau harus hapus dari pikiranmu bahwa dia tidak bebas melakukan apa yang dia bisa, bebas melakukan apa yang dia inginkan! Dia tidak bebas, dia bukan agen bebas untuk melakukan apapun yang dia inginkan! Jika dia datang ke dalam hidup kita untuk menyerang hidup kita, itu karena Allah yang mengizinkannya atau kau yang mengizinkannya. Tidak ada alasan lain untuk itu terjadi, dia tidak begitu kuat, dia tidak memiliki kuasa, dia tidak bijak, dia tidak memiliki hikmat. Dia tidak maha hadir, dia bukanlah yang maha tahu. 

Dia diikat dibawah struktur ini dimana Yesus duduk sebagai Raja segala raja dan Tuhan segala tuhan, dia berada di paling bawah. Dia tidak bisa lepas dari itu tetapi terkadang kita bertindak di dalam peperangan roh seperti kita harus berurusan dengannya. Tidak, kita tidak perlu berurusan dengannya, dia telah berurusan dengan kita di tempat sorgawi, dia menemukan tempatnya di bawah dimana dia berasal. Itulah mengapa di dalam hari-hari ke depan, peperangan menjadi lebih sedikit, lebih sedikit, peperangan semakin sedikit, sedikit karena kita memposisikan diri kita bersama-sama dengan Kristus.

Dan jika kau hidup di sana dan tidak hidup di dalam daging, kemudian kau sebenarnya hidup di bawah rantai otoritas, itu adalah struktur yang benar, bukan struktur yang salah. Struktur yang salah adalah kita ada di bawah. Struktur yang benar itu kita ada jauh melampaui segala penguasa dan kuasa di tempat sorgawi. Jadi Yesus dan kita didudukkan di tempat sorgawi jauh melampaui setiap penguasa dan kuasa.

Penguasa kegelapan tidak ada di atas bersaing dengan kita, dia tidak berada di level yang sama dengan kita tetapi jauh di bawah. Tepat berada di paling  bawah, bukan berada di tengah, tepat dibawah, itulah struktur yang ditetapkan. Segala sesuatu bukanlah tunduk kepada kita tetapi tunduk kepada Dia, kita melihat Yesus.  Jadi itu sudah ditundukkan kepada Yesus. 

Itulah alasan mengapa kau perlu untuk menginvestigasi kembali pengertianmu pada peperangan rohani, pada doa dan semua aspek ini. Kau perlu untuk meninjau kembali hal-hal ini, karena posisi menyerangmu itu salah, itulah mengapa kau tidak bisa memenangkan peperangan, itulah mengapa kau bergumul dengan hal-hal dalam kehidupan. Kau bergumul dengan kekuatan roh jahat, kau bergumul dengan dosa, kau bergumul dengan sakit penyakit, kau bergumul dengan semua hal ini yang datang dari tangan musuh, karena kau berpikir dia bebas untuk berpergian ke manapun yang dia inginkan, dia bisa terbang ke manapun dia inginkan.

Tidak, dia telah dibatasi! Iinilah tempatnya, dia tidak bisa keluar dari itu, satusatunya alasan dia keluar dari itu karena kita membukakan kesempatan, membukakan pintu. Kita memberikannya keuntungan, tetapi ketika dia ditundukkan kepada Tuhan Yesus Kristus, ketika Yesus didudukkan sebagai Raja segala raja dan Tuhan segala tuhan.

Ketika Yesus mengatakan” Aku memiliki segala otoritas dan segala kuasa.” Apakah berarti setan bebas dari itu? Tidak! Bagus. Apa yang kau pikirkan ketika Dia mengatakan segala otoritas dan kuasa? Kau pikir: “Segala otoritas dan kuasa dari orang-orang diberikan kembali kepada Yesus, tetapi kuasa iblis tidak pernah dikembalikan.” Kau pasti bercanda! “Duduklah disebelah kananku sampai Ku buat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu.” Sekarang ia telah ditundukkan kepada Kristus, tapi ia tidak ditundukkan kepada kita pada di bumi ini karena kita tidak mengerti struktur kehidupan hidup kita sendiri!

Kita masih terjebak di dalam struktur institusi dunia ini, masih memerangi filosofi-filosofi dunia ini, kita masih terikat untuk berpikir, terkadang kita berpikir republik, “aku pikir  kita harus mendukung republik, atau karena kita kulit hitam, kita mendukung demokrasi,” Jadi kita tetap terikat dalam filosofi seperti ini dan roh penguasa di udara terus beroperasi karena kita masih terjebak dalam filosofi dunia bukan filosofi Kerajaan Allah. Jadi kita masih terikat, kita tidak membebaskan diri dengan cepat, jadi kuasa yang sama beroperasi karena kita berada dibawah struktur mereka.

Bayangkan jika kau berada di dalam struktur Kerajaan, kau tidak akan berada di bawah strukturnya. Dia adalah Raja segala raja dan Tuhan segala tuhan dan kita terhubung kepada Dia. Kita berada dibawah otoritas dan kuasa-Nya, bisakah kau ingat ini? Itulah mengapa siklus kekalahan dihancurkan ketika kau dan aku dilahirkan kembali.

Ketika kau dan aku dilahirkan kembali. Ketika kau dilahirkan kembali, kau bebas dari struktur ini dan kau datang di bawah struktur sorgawi disini. Kau melewati seluruh struktur ini, penguasa di udara tidak ada disana, tetapi kau berada di tempat sorgawi dimana semuanya harus dilakukan, semua hal ini ditundukkan kepada Kristus. Itulah mengapa ketika kau dan aku dilahirkan kembali, kau didudukkan bersama-sama dengan Kristus di tempat sorgawi. Dan kau berada di bawah siklus khusus ini, bisakah kau terbebas? Ya.

Akan ada pekerjaan supranatural Roh Kudus terjadi yang akan turun atas hidup kami, turun atas pkiran kami sehingga kami sepenuhnya terbebas dari seluruh kegelapan! kami bukanlah bagian daripada sistem dunia ini, kami bukanlah bagian daripada filosofi dunia ini, kami bukanlah bagian daripada roh kegelapan.

Kami bukanlah bagian dari wilayah kekuasaan setan.

Kami adalah bagian dari Kerajaan yang tak tergoncangkan, Kerajaan yang tidak bisa diambil, kami dilahirkan kembali, dibaptis di dalam Roh Kudus, kami terbebas dari siklus kematian, kami terbebas dari siklus kekalahan, kami bebas untuk menghidupi kehidupan yang berkemenangan. Terima kasih atas terobosan, terima kasih atas kebebasan 

Kita sekarang ada di dalam Kristus Yesus, dosa tidak bisa menahan kami, setan tidak bisa menahan kami, sakit penyakit tidak bisa menahan kami, kegelapan tidak bisa menahan kami, kuasa musuh tidak bisa menahan kami lagi. Karena kami bebas, bebas untuk hidup dibawah aturan-Mu, kami berada dibawah pemerintahan-Mu dan wilayah kekuasaan-Mu.

Kami tidak lagi diikat oleh dosa, setiap filosofi, setiap institusi dunia ini, setiap sifat dasar dosa, kebiasaan dosa dan penguasa di udara dan penguasa kegelapan dan roh kegelapan tidak bisa beroperasi atas hidup kami karena kami terbebas.

Sekarang kau adalah ciptaan yang baru!, Allah dapat bekerja atas kami dan bekerja di dalam kami sehingga Kerajaan Allah dapat ditegakkan. Terima kasih Tuhan, bebaskan hidup kami saat ini. Bebaskan kami di dalam pikiran kami, bebaskan kami dari filosofi-filosofi dunia ini, bebaskan kami sehingga kami tahu tidak ada yang dapat terjadi karena iblis telah di letakkan di dalam struktur otoritas! Dan dia jauh dibawah, kau telah membuat kami jauh lebih unggul, lebih tinggi dari segala penguasa dan kuasa melampaui segala wilayah kekuasaan, melampaui segala nama, melampaui segala kuasa, melampaui segala otoritas, kau telah menempatkan kami jauh di atas dan mereka jauh di bawah.

Kami bebas dari sistem dunia, bebas dari struktur dunia ini, bebas dari struktur filosofi dunia ini dan jalan-jalan dunia ini. Kami tidak akan mempelajari jalan-jalan bangsa-bangsa ini tetapi kami akan mempelajari jalan-jalan Allah. “Mari naiklah ke atas gunung Tuhan dan Dia akan mengajar kita akan jalan-jalan-Nya, kami akan berjalan di dalam jalan-jalanNya dan Tuhan Allah akan keluar dari Sion”. 

Kami bebas untuk melayaniNya, bebas untuk mengasihiNya, bebas untuk bergerak di dalam dimensi Allah, kami terbebas.   

 



AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman