CROSS OVER to TAKE OVER



Berkat Yang Penting Bagi Generasi Yang Menyeberang

By Ps. Tunde Bakare, Nigeria

Pengantar
Sejak Nov 2012 kita telah diberikan kebenaran itu, bahwa kita adalah generasi  yang harus menyeberang.  Berikut ini adalah firman yang disampaikan oleh Ps.Tunde Bakare; seorang nabi Tuhan yang mendapatkan suara Tuhan pada hari kedua di GLS 2013. Banyak hal yang disingkapkan Roh Kudus dan  juga peringatan bagi mereka yang tidak mau bergerak.

Firman Pada Musimnya
Selamat datang kepada perjamuan kudus di sini. Kau harus mengetahui apa yang kau bawa. Ketahui anugrahmu. Anugrah adalah mengenai firman yang berfungsi pada musimnya. Kita akan makan dari pohon kehidupan, kita akan mengubahkan bangsa. 

Yes 50:4-5
(Isa 50:4)  Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

(Isa 50:5)  Tuhan ALLAH telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang.

Lidah seorang murid tidak sempurna kecuali kau mempunyai telinga, karena kau harus mendeklarasikan apa yang kau dengar. Lidah saya seperti pena untuk menuliskan apa yang keluar dari hidupmu. Apa yang kau catat kau tidak akan lupa. Apabila kau bertemu Tuhan kau tidak akan lupa apa yang dikatakan Tuhan. Katakan pada saya: Pada musimnya!  Itu seperti perjamuan Tuhan yang dilakukan dihadapan musuhNya.

Amsal 25:11
 (Pro 25:11)  Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak.

Tuhan memberikan yang terbaik dari yang terakhir. Kau akan dapat makanan yang terbaik. Tuhan akan membuat provisi/penyediaan. Alkitab mengatakan, pada waktunya…
Ada banyak jenis apel. Pada waktu firman itu diperkatakan itu seperti apel emas di pinggan perak. Engkau menginginkannya untuk mengambilnya karena ditaruh seperti itu. Tuhan akan menggenapi firmanNya dan memberkatimu dan kau merasakan lapar dengan kebenaranNya. Katakan: Selamat datang dalam perjamuan Tuhan!  Saya bersyukur kau menunggu sampai sekarang. Tuhan ingin  memberikan yang terbaik. Kau akan dapat makanan untuk perjamuan ini. Kau tidak akan kekurangan apa-apa pada waktu kau pergi. Provisi itu datang kepadamu. Tuhan menyediakannya sebelum kau datang.

(Pro 15:23)  Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya!


Ini adalah waktunya, pagi ini kau terima firman, bukan  untuk nanti tapi untuk sekarang.  Ini bukan firman yang berlalu begitu saja. Tuhan akan menyelaraskan untuk menyetujui . Ada terobosan ada mujizat dalam hidupmu. Kau akan kembali dan memberitahukan bahwa ini adalah firman yang akan digenapi sekarang. Engkau  tidak akan ketinggalan tapi kau akan langsung menggenapkannya.  Katakan: Selamat datang dalam perjamuan Tuhan! Saya harap kau punya kapasitas untuk menerimanya. 

Firman yang kau terima hari ini lebih dari segalanya sehingga kau mau melakukan apa yang Tuhan katakan. Saya mengucapkan syukur dari hati yang paling dalam. Saya merasa seperti berada di rumah sendiri di sini.  Kita terlalu banyak makan dan terlalu banyak minum di sini.
Ini hadiah dari saya sebelum bertemu lagi tahun depan, karena saya punya asuransi di sorga. Tidak perlu bergumul untuk ini. Ini adalah hal untuk sekarang. Saya mendapatkan apa yang Tuhan katakan pada hari kedua duduk di sini. Tuhan memberikan firman itu: Berkat yang penting bagi generasi yang menyeberang. Kau akan dapatkan partner dan tidak akan kehilangan apa-apa.
Katakan: Generasi yang menyeberang! Saya berbicara tentang berkat  yang penting untuk generasi yang menyebrang.  Kau akan dapatkan dan tidak akan kehilangan apa-apa. Ini waktunya untuk menyeberang untuk mengambil alih! Kalo ada jeritan dari Roh di tengah kita di tempat ini dari tahun lalu. Hanya ada satu kata yang terus-menerus dikatakan: Ini waktunya untuk menyeberang! Roh Kudus telah mengambil pesannya dan mengatakannya. Tuhan mengatakannya dan memberikan kesaksian pada diri saya

Pada waktu tiang awan bergerak dan kau tidak bergerak, kau akan dipukul oleh udara dan matahari. Kau harus bergerak ketika tiang awan itu bergerak. Jika kau tidak bergerak kau akan kehilangan perlindungan, karena tiang awan itu seperti pengatur udara (AC).

Kalau kau melihat sejarah dalam Alkitab, menyeberang itu adalah DNA rohani. Itu bukan mulai dari kita. Pertama, pahlawan-pahlawan itu menyeberang tidak memakai perahu sama sekali. Menyeberang itu memakai Roh. Sangat luarbiasa untuk menyeberang dalam perahu bersama Yesus. 

Generasi sebelumnya mereka menyeberang di sungai Yordan yang meluap-luap tanpa perahu. Sungainya sangat lebar dan meluap-luap. Betapa bersikonya untuk menyeberang karena arusnya sangat deras.

Di Afrika banyak sungai seperti sungai Niger, Kongo, sungai  Poposan, Nabisi. Semua sungai itu bukan  untuk tempat berenang, karena kau akan dihanyutkan sampai Laut mati. Tapi ada satu sungai yang tenang dan dingin di mana tempat Tuhan dibaptis. Saya tidak tau dimana persisnya karena daerahnya berubah-rubah.

 Mereka bisa menyeberang sungai Yordan pada waktu mereka siap. Lihat DNA rohanimu. Jangan merasa takut menyeberang, karena kau mungkin tidak bisa berenang.  Ini adalah jam dan waktunya untuk menyeberang.

Menyeberang dimulai dengan pahlawan-pahlawan yang namanya Abraham

Bapa kita Abraham menyeberang atas nama kita untuk menunjukkan bahwa tanpa menyeberang kau tidak punya warisan di sini. Di mana kau sekarang? Jangan kau buang-buang waktu, kau harus siap, jangan menggerutu.

Bapa kita Abraham menyebrang. Kis 7:1
(Act 7:1)  Kata Imam Besar: "Benarkah demikian?"

(Act 7:2)  Jawab Stefanus: "Hai saudara-saudara dan bapa-bapa, dengarkanlah! Allah yang Mahamulia telah menampakkan diri-Nya kepada bapa leluhur kita Abraham, ketika ia masih di Mesopotamia, sebelum ia menetap di Haran,

(Act 7:3)  dan berfirman kepadanya: Keluarlah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan pergilah ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu.

(Act 7:4)  Maka keluarlah ia dari negeri orang Kasdim, lalu menetap di Haran. Dan setelah ayahnya meninggal, Allah menyuruh dia pindah dari situ ke tanah ini, tempat kamu diam sekarang;

(Act 7:5)  dan di situ Allah tidak memberikan milik pusaka kepadanya, bahkan setapak tanahpun tidak, tetapi Ia berjanji akan memberikan tanah itu kepadanya menjadi kepunyaannya dan kepunyaan keturunannya, walaupun pada waktu itu ia tidak mempunyai anak.

Bapa kita menyebrang kemana? Kenapa dia nyebrang? Tuhan memanggilnya pada waktu dia masih di Mesopotamia yang artinya lembah di tengah-tengah sungai.
Joshua 24 menjelaskan bahwa Abraham sudah menyebrang.
(Jos 24:1)  Kemudian Yosua mengumpulkan semua suku orang Israel di Sikhem. Dipanggilnya para tua-tua orang Israel, para kepalanya, para hakimnya dan para pengatur pasukannya, lalu mereka berdiri di hadapan Allah.

(Jos 24:2)  Berkatalah Yosua kepada seluruh bangsa itu: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Dahulu kala di seberang sungai Efrat, di situlah diam nenek moyangmu, yakni Terah, ayah Abraham dan ayah Nahor, dan mereka beribadah kepada allah lain.

(Jos 24:3)  Tetapi Aku mengambil Abraham, bapamu itu, dari seberang sungai Efrat, dan menyuruh dia menjelajahi seluruh tanah Kanaan. Aku membuat banyak keturunannya dan memberikan Ishak kepadanya.

Pada waktu Tuhan memanggil Abraham dan bapa-bapa leluhurnya tidak mengenal Tuhan. Kau juga harus menyebrang untuk meninggalkan berhala-berhalamu dengan segenap hatimu dan mengatakan tidak kepada yang disebrang sungai itu untuk melayani Allah.
Kalo kau diambil dari sebrang sungai artinya Abraham sudah menyebrang. Ada 3 generasi sudah menyeberang.  Abraham dan keluarganya. Musa dan orang Israel yang keluar dari Mesir menyebrang Laut Teberau (Yos 24:6). Mereka harus menyebrang. Dan Yoshua dengan orang Israel yang menyebrang sungai Yordan.
Tidak ada perahu dan tidak ada jembatan. Tuhan memerintah menyeberang pada satu tempat, mereka tidak dapat bergantung kepada siapa-siapa kecuali kepada Tuhan. Mereka menyebrangi Laut Teberau.  Kau punya tantangan saat ini. Musuh juga punya kerinduan. Aku berdoa supaya imanmu tidak gagal. Tuhan ijinkan semua pergumulan supaya kau bisa lewat api tanpa terbakar dan lewat air tanpa tenggelam.
 
Tuhan ijinkan semua pergumulan supaya kau bisa lewat api tanpa terbakar dan lewat air tanpa tenggelam.

Musuh ingin mengejar dan membunuhmu. Kel 15:9-10.
Pada waktu kita masuk ke sana musuh akan mengejar.
(Exo 15:9)  Kata musuh: Aku akan mengejar, akan mencapai mereka, akan membagi-bagi jarahan; nafsuku akan kulampiaskan kepada mereka, akan kuhunus pedangku; tanganku akan melenyapkan mereka!

(Exo 15:10)  Engkau meniup dengan taufan-Mu, lautpun menutupi mereka; sebagai timah mereka tenggelam dalam air yang hebat.

(Exo 15:11)  Siapakah yang seperti Engkau, di antara para allah, ya TUHAN; siapakah seperti Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, menakutkan karena perbuatan-Mu yang masyhur, Engkau pembuat keajaiban?

(Exo 15:12)  Engkau mengulurkan tangan kanan-Mu; bumipun menelan mereka.

Musuh punya ide dan musuh akan menghancurkan si gembala dan perahu it akan dihancurkan. Ini adalah waktu yang luarbiasa. Tidak ada yang dapat mengalahkanmu dalam nama Yesus. Kau akan jadi lebih kuat dan lebih kuat. Tuhan akan memberikan 2 poin doa: kuasa yang lebih besar dan urapan yang lebih besar, dalam nama Yesus. Musuh akan mengejar dan mengambil alih. Kau harus datang walau pun tidak ada jembatan dan tidak ada perahu.  Bagaimana caranya Tuhan menghancurkan musuh? Tuhan menghembuskan nafasNya.
(Exo 15:8)  Karena nafas hidung-Mu segala air naik bertimbun-timbun; segala aliran berdiri tegak seperti bendungan; air bah membeku di tengah-tengah laut.

(Exo 15:9)  Kata musuh: Aku akan mengejar, akan mencapai mereka, akan membagi-bagi jarahan; nafsuku akan kulampiaskan kepada mereka, akan kuhunus pedangku; tanganku akan melenyapkan mereka!

Kalau musuh pintar dia akan kabur. Tuhan hanya pakai hidung tidak pakai mulut, karena itu terlalu banyak. Kadang-kadang kita memakai energi terlalu banyak.
 Musa dan Israel juga menyebrang dengan tongkat yang diulurkan Tuhan. Generasi itu menyeberang tergantung dari  tongkatnya Tuhan.


Tapi generasi selanjutnya menyeberang membawa hadirat Tuhan. Tuhan berada dalam dirimu.


Yos 24:11 Setelah kamu menyeberangi sungai Yordan dan sampai ke Yerikho, berperanglah melawan kamu warga-warga kota Yerikho, orang Amori, orang Feris, orang Kanaan, orang Het, orang Girgasi, orang Hewi dan orang Yebus, tetapi mereka itu Kuserahkan ke dalam tanganmu.


Apa yang mereka terima setelah menyebrangi Yordan? Mereka terima warisan dan berkat dari generasi yang menyebrang. Kau akan terima tanah yang mereka tidak kerjakan.  Kau tidak akan bergumul,  menerima ladang-ladang karena itu adalah milikmu. Kau akan masuk dalam kemenangan. Musuhmu akan bergantung padamu dan memberikan kepadamu; akan datang mengatakan ambil ladang ini. Maaf kami tidak memberikan, karena ini milik bapamu ini. Bumi ini milik Bapamu dan semuanya milik Tuhan. Tidak ada  ladang yang tidak kau punya. Kau menyeberang untuk menerima ladang atau tanah itu. Tanah yang kau tidak perlu kejar.  Kota yang tidak kau bangun. Seluruh Kota akan meresponi. Dengan suara Tuhan, tanah itu akan meresponimu. Orang-orang akan mulai datang kepada pintu kota dan meresponi. Tidak peduli bahasa apa yang mereka bicara, Roh Kudus yang akan memberikan penjelasan dan pengertiannya. Kau akan mendengar dengan bahasamu sendiri. Tuhan akan memberikan pengertiannya, karena ada komunikasi.
 Kota akan datang di pintu gerbangmu dalam nama Yesus danakan memberikan kebun anggur dan kebun zaitun yang tidak kau tanami. Pergumulanmu harus berakhir! Kau harus mengakhiri pergumulanmu dan melakukannya.


Pergumulanmu harus berakhir

Peperangan itu bukan milikimu. Tuhan memberikan pengertian, waktu itu akan terjadi. Aku deklarasikan pagi ini. Ini adalah waktumu kesempatanmu untuk kau menyebrang mengambil alih. Kau akan menyebrang dan mengambil alih tanah yang tidak kau kerjakan: kebun anggur, kebun zaitun yang tidak kau tanami. Terima itu, terima, terima…dalam nama Yesus. Kenapa mereka memberikan semua berkat ini. Hanya satu alasan.

(Jos 24:12)  Kemudian Aku melepaskan tabuhan mendahului kamu dan binatang-binatang ini menghalau mereka dari depanmu, seperti kedua raja orang Amori itu. Sesungguhnya, bukan oleh pedangmu dan bukan pula oleh panahmu.

(Jos 24:13)  Demikianlah Kuberikan kepadamu negeri yang kamu peroleh tanpa bersusah-susah dan kota-kota yang tidak kamu dirikan, tetapi kamulah yang diam di dalamnya; juga kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun yang tidak kamu tanami, kamulah yang makan hasilnya.

 (Jos 24:14)  Oleh sebab itu, takutlah akan TUHAN dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada TUHAN.

Bagaimana kau beribadah kepada Tuhan. Dengan tulus dan setia. Karena kau takut akan Tuhan dan melayani dengan tulus-iklas dan setia. Tidak ada perpecahan tidak ada kemunafikan.
Abraham menyebrang. Kau pikir Ishak tidak? Dia juga. Kau tidak boleh ketinggalan, kalo tidak kau akan tetap dengan ilah-ilahmu disebrang sana, kau tidak keluar dari limitasi dan terhalang akan segala sesuatu. Jika Christopher Columbus tidak menyebrang tidak ada Amerika sekarang!  Seseorang harus bangkit,  ada lebih banyak di sebrang sana. Lebih dari uang dibankmu,lebih dari emas dan perak. Lebih dari jumlah jemaatmu. Lebih dari Muar.

Ishak menyebrang! Pelajari Kej 26. Pada waktu ada kelaparan dia sudah bikin paspor dan visanya. Tapi Tuhan menyetopnya . Kau bisa buat atmosfir sendiri, bukan karena kondisi ekonomi di negri ini.  Ishak taat karena Abraham taat. Kalau kau tidak akurat dengan hubunganmu, kau harus diselaraskan.

Tuhan memberkatinya dan Ishak menabur dan menuai 100x lipat. Dia menjadi bertambah-tambah kaya. Orang Filistin yang disana cemburu kepadanya. Raja Gerar datang dan  menyuruh dia keluar dari sana. Kau lebih kaya. Dia keluar dari lembah itu. Di mana dia setelah itu, di lembah Kirdon. Entah kau di atas atau di lembah kau akan berhasil. Kemana kau pergi, kau akan berhasil.
 Mereka mulai menggali sumur-sumur yang pernah digali oleh ayahnya, tapi ditutupi lumpur oleh orang musuhnya. Tiap kali menggali ada pertengkaran di sini. Ada peringatan di sini. Ishak tidak memanggil nama sumur itu dengan namanya, tapi dengan nama-nama yang diberikan ayahnya.Hentikan untuk memutar roda itu kembali. Percaya kepada Tuhan dan percaya  kepada firman yang kau terima.

Ishak menggali sumur yang lain dan tidak ada pertengkaran lagi. Dan ia memberi nama sumur itu Rehobot. Tuhan memberikan kelonggaran di negeri ini. Kau akan jadi kuat di negeri itu, mempunyai akar yang dalam dan memproduksikan buahnya.

Kemudian dia pergi ke Bersyeba.  Ini tempat untuk menyebrang. Jangan berdiam di situ seperti kebanyakan orang lakukan untuk istirahat setelah menemukan Rehobot. Masih ada banyak tanah-tanah yang harus kau ambil.

Dan dia pergi ke Bersyeba.  Ini adalah tempat untuk menyebrang. Kenapa tempat menyebrang itu Bersyeba? Itu dimana Abraham setelah dia datang setelah dia menyebrang.  Dia memanggil Abimelekh, Raja Gerar, orang Filistin dan menegurnya karena mereka mengambil sumur-sumur yang digalinya.

Di  Bersyeba, Abraham menanam satu pohon Tamariska dan pertama kalinya dalam sejarah Abraham dia memanggil nama Tuhan. (Kej 21:33)  Kau harus menanam pohon sehingga keturunanmu bisa datang dan meneduh di sana. Bukan kau cuma memakan buahnya tapi kau harus pikirkan anak-cucumu. Kau tau apa yang terjadi, ketika Ishak datang ke Bersyeba maka Tuhan muncul.  Bukan di lembah dan bukan di Rehobot karena Tuhan tidak bicara apa-apa. Karena bapa Abraham pernah di Bersyeba dan memanggil nama Tuhan semesta alam  di Bersyeba, maka Tuhan muncul.

Tuhan muncul kepada Ishak di Bersyeba dan mengatakan “Aku akan memberkati engkau dan membuat banyak keturunanmu karena Abraham, hamba-Ku itu."


Kau tidak punya apa-apa,dibandingkan dengan apa yang akan datang padamu.  Kau tidak tau  tapi kau akan mengambilnya dan melepaskannya karena bangsa-bangsa. Dalam nama Yesus. Tidak memikirkan kebutuhanmu sendiri, di mana saya tidur, apakah saya pakai mobil, baju apa,bagaimana uang sekolah, tidak, bukan itu. Tapi saya selalu memikirkan sumber untuk bangsa-bangsa.  Kita akan pergi ke bangsa-bangsa. Kau pikir Bill Gates itu kaya? Tunggu sampai gereja ini bangkit. Koq ga ada kelihatan apa-apa sampai sekarang? Tuhan memperlihatkan diriNya di Bersyeba. Kau harus  buka dirimu lebar-lebar, kapasitasmu diperbesar!  Pada waktu kau membangun kau akan diperlebar.
Musuh tidak akan datang kepadamu dan akan menemukan damaimu. Pada waktu kau menyeberang kau akan temukan Bersyeba dan akan melayani Tuhan. Saya tidak tau di mana Bersyeba itu. Bukan Ishak yang pergi ke Bersyeba. Pada waktu Yusuf memerintah di Mesir, Yakub masih hidup. Dia pergi ke Bersyeba. Kau harus tau batu-batu yang diletakkan bapamu atau nenek-moyangmu, kau harus deklarasikan firman itu.

(Gen 46:1)  Jadi berangkatlah Israel dengan segala miliknya dan ia tiba di Bersyeba, lalu dipersembahkannya korban sembelihan kepada Allah Ishak ayahnya.

Kenapa dia datang ke Bersyeba?

(Gen 46:28)  Yakub menyuruh Yehuda berjalan lebih dahulu mendapatkan Yusuf, supaya Yusuf datang ke Gosyen menemui ayahnya. Sementara itu sampailah mereka ke tanah Gosyen.

Yakub mengecek dengan Allah bapanya dan memanggil nama Allahnya di Bersyeba. Ini adalah tempat sorga terbuka kau terima firman. Ini adalah Bersyeba-mu di sini.
(Gen 46:2)  Berfirmanlah Allah kepada Israel dalam penglihatan waktu malam: "Yakub, Yakub!" Sahutnya: "Ya, Tuhan."

(Gen 46:3)  Lalu firman-Nya: "Akulah Allah, Allah ayahmu, janganlah takut pergi ke Mesir, sebab Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar di sana.

(Gen 46:4)  Aku sendiri akan menyertai engkau pergi ke Mesir dan tentulah Aku juga akan membawa engkau kembali; dan tangan Yusuflah yang akan mengatupkan kelopak matamu nanti."

Ini adalah porsi warisan untuk mereka yang menyebrang! Kau tidak tau. Percayakan dirimu kepada Tuhan. Katakan kita tidak mau emasmu atau kekayaanmu pada Mesir; tapi aku hanya menerima berkat dari bapaku di Bersyeba. Tangan Yusuflah yang akan mengatupkan kelopak matamu artinya kau akan mati di Mesir.
Gat, Dan, Ruben, semuanya mati di Mesir dan mereka membawa semuanya dari Mesir. Kis 7. Yusuf melakukannya tidak ada yang ketinggalan satupun di Mesir. Jadi apa hubungannya dengan Bersyeba.

1 raja 19 Izebel marah kepada Elia dan mau membunuhnya dan mengirim suruhan kepada Elia.
(1Ki 19:2)  maka Izebel menyuruh seorang suruhan mengatakan kepada Elia: "Beginilah kiranya para allah menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jika besok kira-kira pada waktu ini aku tidak membuat nyawamu sama seperti nyawa salah seorang dari mereka itu."

(1Ki 19:3)  Maka takutlah ia, lalu bangkit dan pergi menyelamatkan nyawanya; dan setelah sampai ke Bersyeba, yang termasuk wilayah Yehuda, ia meninggalkan bujangnya di sana.

Kenapa Bersyeba? Karena nenek moyangnya pertama memanggil nama Tuhan. Ini adalah warisanmu. Bersyeba milik Yehuda, warisanmu. Yesus berasal dari kaum Yehuda. Ia adalah kepala Gereja. Yakub dan pahlawan Israel harus menyebrang. Kenapa Yakub harus menyebrang? Karena Yakub itu menipu abangnya dan suka berhitung-hitung. Ia datang kepada Laban, pamannya. Tuhan harus memprosesnya sehingga ia bertemu Tuhan di sungai Yabok sehingga merobah sifat dasarnya.

Alasan kau menyebrang adalah supaya ia bertemu Tuhan. Kau harus menyebrang  supaya kau bertemu Tuhan.

Sekarang namanya bukan Yakub lagi tapi Israel. Pangerang. Kau harus menyebrang. Kau harus menyebrang. Namamu sekarang bukan lagi Yakub tapi namamu adalah  Mr.Crossover. Kuasa untuk bertahan dengan Tuhan dan manusia. Kuasa bertahan akan datang kepadamu. Kau harus bangkit dari sungai Yabok bangkit sebagai pangeran Tuhan memiliki kuasa bertahan dengan Tuhan dan manusa .  Abraham menyebrang, Ishak menyebrang, Yakub menyebrang, maka kau juga harus menyebrang.
Tuhan memang berkata-kata kepada saya dan saya akan dikutuk kalo Tuhan tidak mengatakannya. Saya akan memberikan yang terbaik.


Kau harus menyebrang  supaya kau bertemu Tuhan.
Abraham menyebrang, Ishak menyebrang, Yakub menyebrang, maka kau juga harus menyeberang.

Daud menyebrang. Bukan sekali tapi  2 kali. Pertama, Daud menyebrang waktu dia sangat susah. Raja harusnya berada di medan perang, tapi dia di rumah. Daud berzinah dengan Betsyeba.  Daud jatuh dalam dosa. Seorang pahlawan yang dahysat! Daud harus menyebrang bukan sungai Yordan, bukan laut Teberau. Dia harus menyebrang di lembah Kidron. Saya ingin Tuhan siapkan hari ini secara spesial untuk menyebrang.

Daud menyebrang lembah Kidron sambil menangis dan seluruh Israel juga menangis. Pada waktu dia menyebrang dibukakanlah ambisinya dan pemberontaknnya Absalom. Jika Tuhan ijinkan datang dengan pertobatan, maka anak-anak mulai bangkit dan membelanya untuk menguatkannya. Daud menyebrang pada waktu dia susah. Kenapa Kidron? Pada waktu Hizkia, ada seorang yang membawa kebangunan rohani di sana. Pergi kesana dan mengeluarkan semua sampah-sampah dan meletakkannya di situ. Dan Yoshia membuang sampah-sampah ke sana setelah membersihkan bait Allah. Daud menyeberang dan  membawa semua dosanya di lembah Kidron.

(2Sa 15:23)  Seluruh negeri menangis dengan suara keras, ketika seluruh rakyat berjalan lewat. Raja menyeberangi sungai Kidron dan seluruh rakyat berjalan ke arah padang gurun.

Pada waktu Daud menyebrang kedua kalinya, dia harus menyebrang sungai Yordan. Daud pergi ke medan perang.

Nafas Tuhan akan memberikanmu kekuatan

Kekuatan datang daripadamu. Ini belum selesai. Kau akan mulai yang baru. Kau akan lebih besar-lebih besar. Dunia memerlukan terangmu.

(2Sa 15:20)  Baru kemarin engkau datang, masakan pada hari ini aku akan membawa engkau mengembara bersama-sama kami, padahal aku harus pergi entah ke mana. Pulanglah dan bawalah juga saudara-saudaramu pulang; mudah-mudahan TUHAN menunjukkan kasih dan setia kepadamu!"

(2Sa 15:21)  Tetapi Itai menjawab raja: "Demi TUHAN yang hidup, dan demi hidup tuanku raja, di mana tuanku raja ada, baik hidup atau mati, di situ hambamu juga ada."

(2Sa 15:22)  Lalu berkatalah Daud kepada Itai: "Jika demikian, berjalanlah lewat." Kemudian lewatlah Itai, orang Gat itu, bersama-sama dengan semua orangnya dan semua anak yang menyertai dia.

Itai datang, dia bertekad; kemana kau pergi aku pergi; di mana aku mati di sana aku mati. Tuhan yang mempersiapkan pahlawan-pahlawan. Mereka akan datang.

(2Ch 29:16)  Sesudah itu masuklah para imam ke bagian dalam rumah TUHAN untuk mentahirkannya. Semua yang najis, yang didapati mereka di dalam bait TUHAN, dibawa ke pelataran rumah TUHAN; orang-orang Lewi menerimanya untuk diangkut ke luar, ke lembah Kidron.


(Psa 89:20)  (89-21) Aku telah mendapat Daud, hamba-Ku; Aku telah mengurapinya dengan minyak-Ku yang kudus,

(Psa 89:21)  (89-22) maka tangan-Ku tetap dengan dia, bahkan lengan-Ku meneguhkan dia.

(Psa 89:22)  (89-23) Musuh tidak akan menyergapnya, dan orang curang tidak akan menindasnya.

(Psa 89:23)  (89-24) Aku akan menghancurkan lawannya dari hadapannya, dan orang-orang yang membencinya akan Kubunuh.

Apa sebenarnya berkat yang penting dari orang-orang yang menyebrang?  Sesuatu yang kau harus pegang terus sebagai janji Tuhan. Pada waktu harinya Musa untuk menyebrang sungai Yordan, dia dilarang. Butuh anugrah untuk menyebrang. Setengah suku tidak boleh menyebrang. Ruben, Gat dan ½ suku Manasye menerima warisannya disebrang.

(Jos 22:1)  Lalu Yosua memanggil orang Ruben, orang Gad dan suku Manasye yang setengah itu,

(Jos 22:2)  dan berkata kepada mereka: "Kamu telah memelihara segala yang diperintahkan kepadamu oleh Musa, hamba TUHAN itu, dan telah mendengarkan perkataanku dalam segala yang kuperintahkan kepadamu.

(Jos 22:3)  Kamu tidak meninggalkan saudara-saudaramu selama waktu ini, sampai sekarang, tetapi kamu setia memelihara perintah TUHAN, Allahmu, kepadamu.

(Jos 22:4)  Tetapi sekarang TUHAN, Allahmu, telah mengaruniakan keamanan kepada saudara-saudaramu, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka. Oleh sebab itu, pulanglah ke kemahmu, ke tanah milikmu, yang telah diberikan kepadamu oleh Musa, hamba TUHAN itu, di seberang Yordan.

(Jos 22:5)  Hanya, lakukanlah dengan sangat setia perintah dan hukum, yang diperintahkan kepadamu oleh Musa, hamba TUHAN itu, yakni mengasihi TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, tetap mengikuti perintah-Nya, berpaut pada-Nya dan berbakti kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu."

(Jos 22:6)  Lalu Yosua memberkati mereka dan melepas mereka pergi. Maka pulanglah mereka ke kemah mereka.

Ke mana mereka? Ke kemah? Hanya untuk bertemu dikemahnya dan bertemu dengan istrinya dan anaknya?

(Jos 22:7)  Kepada suku Manasye yang setengah telah diberikan Musa bagian mereka di Basan; kepada suku yang setengah lagi telah diberikan Yosua bagian mereka di antara saudara-saudara mereka di sebelah barat sungai Yordan. Lagipun ketika Yosua melepas mereka pergi ke kemah mereka, setelah memberkati mereka,

(Jos 22:8)  maka ia berkata kepada mereka, demikian: "Pulanglah ke kemahmu dengan kekayaan yang banyak dan dengan sangat banyak ternak, dengan perak, emas, tembaga, besi dan dengan pakaian yang sangat banyak. Bagilah dengan saudara-saudaramu jarahan yang dari musuhmu itu."



AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman