MEMASUKI HARI YANG BARU

Bagaimana Kita Bisa Siap Masuk Hari Yang Baru

By ps.Djonny Tambunan Jan31 2016


Ibrani 13:8 Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.
Yesus yang menjadi Kristus. Yesus Putra Allah. Ini berbicara mengenai masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang.


Dia bukan putra Allah yg menyesali masa lampau. Dia tidak menyesali apa yang kau lakukan di masa lampau. Kau terus mengingat masa lampau, hal-hal yang buruk dan kau menjadi kecewa. Tapi Dia sudah ada di masa yang akan datang; Dia sudah ada di sana. Dia tidak pernah berubah, dulu, sekarang dan selamanya. Tidak oleh kelakuanmu, tidak oleh pemberontakanmu. Dia tetap sama, tujuanNya tetap sama, Dia tetap memberkati dirimu. Dia tetap memiliki berkat yang sama buat hidup kita. Tidak perlu kuatir akan masa yang akan datang. Yang sudah terjadi, yang sedang terjadi dan yang akan terjadi Dia sudah ada di sana. Bapa ada di sana, Roh Kudus di sana, Firman sudah di sana. Saudara harus membuang ketakutan saudara.

Jangan ikuti filosofi dunia yang mengatakan pengalaman adalah guru yang baik.  Bukan. Tapi pengalaman adalah indikasi untuk memperbaiki hidup saudara. Dia berkata jangan kuatir. Dia memegang hari esok. Dia sudah ada di sana. Jangan percaya berita-berita di koran. Dia yang mengontrol segala sesuatunya. Jika ada kerusakan dan musim kering, Dia juga yang mengijinkannya. Tidak perlu panik seperti kebakaran jenggot. Dia sudah ada di hari esok dan mengontrol semuanya.
Yakobus 4:13 Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: "Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung", 14 sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok.

Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.
Jika kita tidak tau apa yang terjadi hari esok, apa artinya hidup? Dia tidak memiliki arti hidup. Saudara harus memiliki arti hidup. Tidak perlu kumpul uang, tapi juga dibarengi konsumtif. Kumpul uang baik, tapi jangan dibarengi ketakutan. Yang terpenting adalah saudara harus tau hari esok. Hari esok memiliki destiny, tujuan, takdir.


Bagaimana memasuki hari esok?

Kej 32:22-32 Yakub menyeberang sungai Yabok.
Ketika itu Yakub baru keluar dari rumah Laban dan membawa keluarganya. Laban itu paman yang licik. Misi Yakub adalah mencari seorang teman hidup. Abraham menggunakan prinsip monogamy. Dia taati dan dia setuju untuk mengambil istri berdasarkan pilihan bapanya. Semua arahan datang dari bapanya. Ini faktor bapa rohani. Hanya orang yang mengikuti bapa rohani yang hidupnya terlindung. Ketika terjadi bencana dan tekanan besar hidupnya terlindung. Ternyata Laban menipunya dan diberikan Lea, bukan Rahel pilihannya. Jadi Yakub harus bekerja 2x7tahun untuk mendapatkan Rahel.

Prinsip2 apa yang dialami Yakub.

Dia bergulat dengan malaikat / Tuhan. Jadi Yakub bergulat dengan Tuhan dan berhadapan muka dengan muka. Ay25.  Fajar akan menyingsing, hari yang baru akan mulai. Sebelumnya dia bersama ibunya, Ribka, telah menipu untuk mendapatkan berkat. Sekarang Yakub ngotot untuk mendapatkan berkat yang baru untuk hari  yang baru. Kita harus ‘ngotot’ memiliki sikap ‘ngotot’ yang benar. Ini adalah sesuatu yang spiritual. Yakub menyadarinya, dia gunakan kekuatan roh, arahan dari roh. Jangan gunakan arahan dari hal-hal lahiriah. Malaikat itu berkata: kau telah menang melawan Allah dan manusia. Yakub telah mengalahkan dirinya sendiri. Selalu ingin no1. Padahal dia no2. Tuhan bisa membalikannya. Sikap kedagingan Yakub telah diobok-obok selama 20 tahun di rumah Laban. Pangkal paha (hip) Yakub dipukul. Lambang kekuatan manusia Yakub, dihancurkan oleh Tuhan. Barulah dia mengerti hari yang akan datang. Hari yang akan datang tidak bisa dimengerti oleh kekuatanmu. Kalo kau pakai kekuatanmu kau akan gagal dan kecewa.  Setelah pangkal pahanya dipukul, jalannya berubah. Yakub memasuki hari esok dengan langkah yang berbeda, karena Tuhan telah menyentuh hidupnya. 

Jangan memakai cara yang lama untuk hari esok. Jangan pakai kekuatan manusia. Kau sudah lemah. Hari yang baru adalah langkah yang baru, di mana kehidupan kita telah di sentuh/dipukul oleh Tuhan. Kau harus hidup benar sebagai anak dalam rumah rohani. Bukan dalam gereja. Tapi hidup benar dalam rumah rohani, sebagai anak rohani.

Kej28:1-10. Esau mengambil wanita Het, yang tidak sesuai dengan selera bapanya. 

Urusan pernikahan adalah urusan bapa rohani. Esau menyadari bahwa pilihannya itu menyakiti ayahnya. Yakub berangkat ke Haran dengan mentaati bapanya.

A. Dengar-dengar suara bapa 

B. Ketahui apa yang Tuhan letakkan dan bangun dalam rumah;

C. Pahami teman sekutu / pasangan adalah teman ikat-janji. 

D. Hidup degan arahan kepada masa yang akan datang / focus kepada masa yang akan datang.
E. Kej 28:10-23. Kita harus menjamah rumah Tuhan (Betel). Kita masuk dalam rumah rohani, rumah Tuhan. Jangan hanya hidup dalam gereja, tapi jalani kehidupan dalam rumah rohani.
Bagaimana menjamah rumah Tuhan dan membuktikan kau sudah ada di dalamnya.
 F. Bergeser dari kepentingan diri pribadi kepada kepentingan Tuhan. Tuhan akan memberikan tanah perjanjian kepada keturunannya.  (Kej31:13; Kej28:13) Yakub telah melakukan bagiannya untuk mencari istri dan mendapatkan keturunan. Dia tidak ingin kawin, tapi bapanya yang menyuruhnya. Dia melakukannya untuk kepentingan Tuhan. Itu artinya menjamah rumah Tuhan.

Kau akan mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Jumpai Tuhan di rumahNya. Bisa melalui firmanNya, bisa melalui Roh Kudus.
G. Memberikan perpuluhan.  (Ay22 Kej28. Kej 29-31. Kej 30:27). Kekuatan karena penyertaan Dia. Laban mengakui dia diberkati karena ada Yakub di rumahnya.

  • Kita diberi kekuatan / kuasa:
 Kita diberi kekuatan karena penyertaan Dia untuk melakukan misiNya. Itu yang disebut hari yang baru. Kekuatan untuk beroleh keturunan Kej30:26. Yakub telah mempercepat misi untuk Tuhan, karena sekarang dia sudah punya 4 istri. Sekarang sudah punya 13 anak.

  • Perlindungan; \
Dia berikan kekuatan perlindungan karena penyertaan Tuhan. Kej31:41-42.
  •  Berkat spiritual untuk hari yang baru Kej 32:26.
Namanya dari Yakub menjadi Israel. Dia menjadi cikal-bakal bangsa. Israel sudah ada dikantong Tuhan. Arahkan dirimu untuk mengutamakan berkat spiritual. Apa yang terjadi di alam roh akan terjadi di alam dunia. Persoalannya kau harus menyiapkan dirimu dengan mentalitas baru, mentalitas Israel, bukan mentalitas Yakub.
Berkat yang terpenting adalah berkat rohani. Berkat jasmani/materi pasti menyusul;
Miliki spirit, roh, semangat dan passion untuk mendesak Tuhan untuk berkat rohani;
Terima berkat dari apa yang telah ditakdirkan Tuhan.
  

New day / hari yang baru ~ Langkah hidup berbeda

Langkah hidup menggunakan tongkat / otoritas dan kekuatan Tuhan
Didamaikan dengan Esau Kej33: musuh-musuhmu akan dibuat damai.
Berjumpa dengan El Betel; Allah pemilik rumah; Allah Yang Mahakuasa Kej35. El=Tuhan/Elohim. Dalam perjalanan setiap kota diteror oleh Tuhan
Kej32:27-28. Kita akan menjadi pribadi yang berbeda; memiliki jati-diri yang baru: yang tidak mudah kalah, tidak menggunakan kedagingan, yang disebut Pangeran. Menunggu waktunya Raja. Kita akan hidup dalam KerajaanNya; menjadi ahli warisnya dan berjalan dengan otoritas.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman