Berkat Kerajaan

Berkat yang terbesar yang bisa kita nikmati di bumi ini adalah berkat kerajaan, di mana kita bisa hidup di bawah sorga yang terbuka.
Joh 1:51  Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."
 
gbr: youtube.com


Ini berbicara mengenai perjalanan rohani dalam melakukan dan menggenapi rencana dan kehendak Bapa. Dia akan mengangkat gereja di atas segala bangsa. Gereja akan diberikan suatu posisi rohani yang luarbiasa. Ini adalah invasi iman dari sorga kepada gereja, sehingga gereja benar-benar menjadi alatnya Tuhan. Anak-anak Allah dinyatakan kepada seluruh makhluk.

Yoh 1:45-50
Joh 1:45  Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret."

Joh 1:46  Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?"

Joh 1:47  Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"

Joh 1:48  Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara."

Joh 1:49  Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!"

Joh 1:50  Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu."

Ay50. Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar....
Natanael bukan seseorang yang seperti pepesan kosong. Dia seorang yang menanti-nantikan Messias. Menurut Yesus: Dia orang Israel sejati.
Rabi Engkau Anak Allah! Engkau Raja orang Israel!
Orang Israel mengetahui Messias akan datang, tapi tidak semua orang memiliki iman yang menjadi benih. Natanael memiliki benih, sebab itu ia langsung percaya dan bisa menghubungkan semua hal-hal yang terkait dengan Messias seperti yang tertulis dalam kitab Musa dan kitab-kitab para nabi,  Yesus adalah Firman Allah yang menjadi manusia.  Natanael bisa menghubungkannya dengan Yesus!
Ay51. Natanael akan mengalami langit yang terbuka dan  melihat hal-hal yang lebih besar, melihat bagaimana malaikat-malaikat itu naik turun...
Itu bicara mengenai pengalaman rohani, berkat yang terbesar, berkat kerajaan.  Ada akses sorga dan bumi. Dan dia menjadi kunci. Dia bisa membuka sorga dan menutup pintu neraka. Itu juga yang harus menjadi passion dan kerinduan kita. Itu adalah kingdom blessing yang harus kita kejar.
Malaikat-malaikat naik turun.....itu karena sudah ada KerajaanNya di bumi ini.
Tuhan ingin saudara diberkati lebih dari keinginan kita. Tapi Dia bukan hanya menyediakan berkat-berkat picisan (materi), tapi Dia menyediakan hal-hal yang lebih besar. Dia memberikan akses atas KerajaanNya dan akses sorga.
Apa yang Tuhan ingin berikan dan rindukan kita nikmati dari Kingdom blessings ini:
Ul 28:1-3, 13-14,9-10
Deu 28:1  "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.

Deu 28:2  Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:

Deu 28:3  Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang.

Deu 28:13  TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,

Deu 28:14  dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."

Deu 28:9  TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.

Deu 28:10  Maka segala bangsa di bumi akan melihat, bahwa nama TUHAN telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu.

Selama ini kita mengejar berkat picisan.
Ay1. Dia akan mengangkat gereja di atas segala bangsa. Gereja akan diberikan suatu posisi rohani yang luarbiasa, ini skalanya bangsa-bangsa, bukan pribadi-pribadi. Ini adalah berkat kerajaan: engkau akan menjadi berkat, menjadi jawaban, menempatkan engkau di atas bukit.
Berkat-berkat kita adalah berkat-berkat rohani (Mat 6); berkat lainnya adalah bonus. Jika kita menerima berkat-berkat Kerajaan, berkat lainnya menyusul. Carilah dahulu KerajaanNya dan kebenaranNya....
Abraham, Ishak dan Yakub menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk memberkati generasi-generasi selanjutnya. Bapa-bapa rohani menjadi perpanjangan tangan Tuhan dan memberikannya kepada kita.
Tuhan berkata: Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar.....Tuhan akan mengangkat gereja di atas segala bangsa.
Yes 2:2-5
Isa 2:2  Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,

Isa 2:3  dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."

Isa 2:4  Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.

Isa 2:5  Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN!

Rumah Tuhan ada di atas bukit-bukit dan gunung-gunung. Bangsa-bangsa akan berduyun-duyun ke sana....ke rumah Tuhan, Allah Yakub. Mereka minta nasihat dan pertimbangan; minta jalan Tuhan dan rencana Tuhan. Apa yang harus mereka lakukan di bangsanya untuk mengatasi krisis... Mereka akan mencari pengajaran dan mereka akan mengangkat gereja menjadi hakim antara bangsa-bangsa.
Gereja akan menjadi juru damai, menjadi wasit di antara suku bangsa dan menjadi hakim di antara bangsa-bangsa. Kebangkitan gereja, gereja yang memerintah, gereja sebagai Sion. Gereja menjadi masa depan Rumah Tuhan. Inilah hal-hal besar yang Tuhan sediakan bagi kita. Jangan mengejar hal-hal picisan, bukan itu panggilan utama hidup kita. Inilah yang Tuhan janjikan dan harus terjadi dalam hidup kita: sorga terbuka, 
Bagaimana kita mengalami berkat kerajaan?
·        Hubungan anak-Bapa
Gereja menjadi kunci. Kita akan mengalami dulu perobahan-perobahan yang extra-ordinary. Kita harus menerima dulu kingdom blessing. Pastikan lebih dulu kita harus sudah ada dalam kerajaanNya.
Mat 7:21
Mat 7:21  Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Bukan setiap orang yang berseru Tuhan...Tuhan. Mereka hanya mengenal Tuhan,  hubungan antara Tuhan dan hamba. Mereka melakukan pekerjaan Tuhan, maka Tuhan akan berkata: Aku tidak kenal engkau.
.....melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku..
Ini bicara hubungan Bapa-anak. Hubungan yang sangat dekat. Relasi ini sudah terbangun. Kita harus membangun hubungan dengan Tuhan sebagai hubungan Bapa-anak, sehingga Tuhan tidak menolak kita. Jadi tidak jaminan pelayan Tuhan itu bisa masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Kehendak Bapa
Mat 5,6,7 menjelaskan tentang Kerajaan. Bagaimana prinsip hubungan Bapa-anak. Hanya dalam hubungan inilah kita bisa menerima berkat-berkat Kerajaan.
Mat 5:16 Bapa mu yang di sorga...
Mat 5:16  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Mat 5:45 anak-anak Bapa mu yang di sorga
Mat 5:45  Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

Mat 5:48 Bapa mu yang di sorga sempurna.
Mat 5:48  Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Mat 6:1 Bapa mu yang di sorga
Mat 6:1  "Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.

Mat 6:4  Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."
Mat 6:6  Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Mat 6:8  Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.

Mat 6:9  Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,

Mat 6:31  Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?

Mat 6:32  Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

Mat 6:33  Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Mat 7:11  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Saudara harus berlaku sebagai anak, sebagai putra, menjadi anak dari Bapa di sorga.
Bukan hanya menyebutnya sebagai Bapa membuat kita menjad anak, tapi melakukan kehendak Bapa yang di sorga.
Kalo Bapa temukan ada anak-anakNya di bumi, Ia akan membuka pintu sorga. Sorga menjadi terbuka; ada akses antara bumi dan sorga. Anak selalu melakukan kehendak Bapa-Nya.
Bumi tidak akan punya akses kepada sorga sebelum hubungan Bapa –anak ini terbangun.
Ketika Yesus hendak dibaptis; Yohanes semula menolak; tapi Yesus menjawab: Sepatutnya kita melakukan seluruh kehendak Bapa. Orang-orang dibaptis tidak terjadi apa-apa. Tapi setelah Yesus dibaptis sorga terbuka, karena Yesus melakukan kehendak Bapa.
Luk 12:32  Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

Lukas 12:32 Bapa memberikan Kerajaan kepada gereja. Bukan hanya berkat kerajaan, tapi seluruh Kerajaannya diberikan kepada gereja. Gereja akan menjadi hakim atas bangsa-bangsa karena tongkat Kerajaan itu diberikan kepada gereja.
Hubungan itu tidak dibangun dengan perasaan, bukan dengan pengalaman atau pikiran sendiri, tapi dengan jalan melakukan kehendak Bapa. Mungkin ada penderitaan, kesulitan, secara lahiriah kekurangan dan kesakitan.
Jadi hubungan itu harus terbangun terlebih dahulu. Ia yang memiliki Kerajaan, Kuasa, Kemuliaan; jadi kita harus taat, hormat dan gentar akan Dia. Ia adalah Raja segala raja. Tapi sebagai anak Bapa tau apa yang menjadi kebutuhanmu, yang memberikan KerajaanNya.
Luk 3:1  Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene,

Luk 3:2  pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.

Luk 3:3  Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu,

Luk 3:4  seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.

LUKAS 3:1-4
Hubungan Bapa-anak yang akan membuka akses kepada sorga.
Sorga tidak terbuka kepada Kaisar, kepada raja, kepada wali negeri, tidak juga kepada imam besar.
Firman itu mendatangi Yohanes di padang gurun.
·        Sorga terbuka karena siapa diri kita. Sorga terbuka bukan karena kita orang percaya. Luk 3:21-22. Sorga terbuka bagi Yesus; karena Ia adalah Putra Ketaatan (obedience); Putra Penggenap;
Yoh 14:21,23,6. Yesus menunjukkan patron dan jalannya
Joh 14:21  Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."
Joh 14:23  Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
Joh 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
·        Sorga terbuka karena ada orang yang membukanya buat kita dan orang itu adalah orang dalam rumah, bapa dalam rumah. Kita sebagai anak dalam rumah rohani. Sorga terbuka itu bisa diwariskan. Kornelius membuka sorga karena hidupnya saleh. Ia bisa membawa kaum kerabatnya. Ketika Petrus memberikan firman, mereka semua menerima Roh Kudus. Kej 28:16-17,12. Sorga terbuka bagi Abraham. sorga terbuka bagi Ishak karena ia adalah putra yang taat.
Kej 26. Tuhan memberikan berkat kerajaan, menggangkat Ishak di atas raja-raja negeri Filistin. Sorga tidak terbuka bagi Esau. Jangankan berkat, embun saja tidak diterimanya.
Bangun hidupmu sebagai putra ketaatan. Mulai dari rumah rohani.
Catatan Tambahan:

1. Di Medan pp JD memiliki kerinduan untuk mengimpartasikan apa yang dimilikinya supaya dapat diberikan kepada anak-anak rohaninya dan jemaatnya. Ini persis seperti yang Paulus lakukan kepada jemaat di Roma.

Roma 1:11  _Sebab aku ingin melihat kamu untuk *memberikan karunia rohani* kepadamu *guna menguatkan kamu*,_

Romans 1:11  _For I long to see you, that I may *impart to you some spiritual gift*, so that you may be established-–

Wow! Dahsyat! *Paulus hendak mengimpartasikan karunia rohani kepada mereka!*

Kita sering mempersempit pandangan kita mengenai karunia rohani ini menjadi kemampuan untuk mendapatkan penglihatan, menyembuhkan orang sakit, mengusir setan, bernubuat, etc.

Bukan kah kita akan jauh lebih lagi bersukacita jika *sorga selalu terbuka* bagi kita (open heaven), firman dan pewahyuan selalu mengalir, tidak ada lagi misteri atas rahasia Kerajaan Allah,  aliran-aliran air hidup itu dicurahkan, etc. dibandingkan dengan karunia-karunia yang kita sendiri inginkan?! Itu hidup yang _beyond the bless_! Inilah karunia-karunia rohani yang akan *membuat kita terus dikuatkan; naik dari satu level kepada level berikutnya; beralih dari kemenangan kepada kemenangan (bukan kalah menang); memperbesar kapasitas roh; makin dekat kepada tujuan Tuhan (destiny).*

2. Berkat Kerajaan dan warisan KerajaanNYa diberikan kepada gereja juga untuk maksud-maksud dan tujuan Tuhan, agar kita dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang mulia yang telah disediakan olehNya. Ini seperti yang dikatakan pp JD di Medan terkait dengan mandat kerajaan sbb:

Tuhan memberikan mandat Kerajaan kepada Gereja-Nya. Setiap jemaat yang rindu mengambil melihat perobahan atas bangsa kita, harus memiliki hati terbuka, hati yang bersih dan murni tidak memiliki motivasi dan agenda pribadi. Jemaat harus siap menjadi pribadi yang dipakai untuk membangun gereja-Nya. Mereka yang memberi dirinya untuk mandat Kerajaan adalah orang-orang yang terhormat. Orang-orang besar memikirkan hal-hal yang besar. Mereka tidak lagi berpikir pada dirinya sendiri. Tidak lagi punya keinginan mempromosikan dirinya sendiri, karena kita ada sebagaimana kita ada hanya oleh anugerahNya.

Kita tidak lagi mencari hal-hal yang kecil. Tuhan sedang menyiapkan bagi kita, hal-hal yang terbaik. Engkau akan mendapati langit yang terbuka atas hidupmu.

ps. Ir. Yappy Widjaya
27Agt2017_Berkat Kerajaan



AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman