MISTERI ALKITAB DAN RAHASIA KERAJAAN ALLAH

Kebanyakan dari orang Kristen berpikir, Alkitab secara keseluruhan masih merupakan misteri baginya. Hei berhenti berpikir demikian. Hari ini dan seterusnya mari ubah mindset seperti itu. Sebab Yesus sendiri mengatakan, misteri itu telah dibukakan.

_Mar 4:11  Jawab-Nya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi *kepada orang-orang luar* segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan_

Kita bukan orang luar, tapi kita dilahirkan di dalam KerajaanNya.

Itu juga anugerah Tuhan:
_Luk 8:10  Lalu Ia menjawab: "*Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah*, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti._

Ketika kita sudah masuk sebagai anggota Kerajaan Allah, tidak perlu lagi dengan iman berdoa untuk mendapatkan karunia mengetahui rahasia Kerajaan Allah, sebab karunia itu sudah melekat pada kita. Mengapa? Karena kita telah dipindahkan kepada kebenaran, kepada terangNya yang ajaib. Hanya kita perlu mengubah pikiran kita. Kepada yang mempunyai (yang percaya) akan diberikan berlipat-ganda sehingga berkelimpahan…..

_Mat 13:11-12  Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.  *Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.*_

*Jadi mindset itu harus kita ubahkan. Bukan Alkitab itu tertutup.*

*Bukan Tuhan yang menutup rahasia Kerajaan Sorga, tetapi prinsip Mat 13:12 di atas berlaku kepada setiap orang percaya.* Alkitab itu sudah terbuka dan tidak lagi termaterai.

_Rev 22:10  Lalu ia berkata kepadaku:  *Jangan memeteraikan perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini, sebab waktunya sudah dekat._*

*Tetapi Mengapa Masih Sulit Bagi Saya Untuk Mengerti Ketika Membaca Alkitab?*

Hilangnya Roh Pengertian (spirit of understanding)

Gen 11:1  Adapun seluruh bumi, satu bahasanya dan satu logatnya.

Gen 11:7  Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka *tidak mengerti* lagi bahasa masing-masing."

Karena peristiwa menara Babel ini, Tuhan mengambil Roh Pengertian dari umat manusia.

*Selubung Yang Menutupi Hati*

2Co 3:14-16  Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena *hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya*.

*Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka.* Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.


Pulihnya Roh Pengertian (spirit of understanding)

Act 2:7-11  Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea? Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,
Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."

Roh Kudus membawa kembali Roh Pengertian. Yang menerima Roh Kudus menerima Roh Pengertian, orang percaya yang mendengarkannya akan bisa menerima pengertiannya itu seperti dikatakan Alkitab, *besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya (Amsal 27:27)*.

Roh Pengertian bukan hanya untuk membukakan pengertian ketika kita membaca Alkitab, tetapi terutama untuk:
1. Untuk mengerti jalan-jalan Tuhan
2. Untuk mengenal Tuhan lebih lagi
3. Untuk membangun hidup kita
4. untuk dapat menerima impartasi divine nature
5. untuk dapat menyenangkan hati Tuhan

1 Korintus 15:10  Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

Sebab *kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan*, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.
Kekurangan hikmat merupakan salah satu kendala dalam memahami Firman Tuhan.

Jas 1:5  Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya.

MASALAH UTAMA

Yang menjadi kendala terhalangnya kerja dari Roh Pengertian *karena seringkali kau bergumul dengan Roh Kudus.* Itu yang menghalangi perobahan cara berpikirmu dan caramu membaca dan memahami firman. *Roh Pengertian secara luarbiasa bisa membawa engkau dan saya ke garis depan dalam peperangan rohani.* Yesus telah membayar engkau dan saya lunas dengan harga yang mahal. 

ROH PENGERTIAN

*Pengertian artinya pikiranmu, jalan berpikirmu, tindakan-tindakan, keyakinan yang kau miliki menyatu dan selalu engkau dilingkupi damai sejahtera-Nya. Itulah Roh Pengertian.*

*Kalo kau mendapatkan pewahyuan ketika membaca Alkitab, kau akan mendapatkan interpretasi dan arti yang tepat.* Tidak akan kehilangan apa pun dari terjemahan-terjemahan yang ada.

*Dengan Roh Pengertian maka kita akan mendapatkan:*
1.   Clarity – kejelasan, tidak akan ada kebingungan lagi; menjelaskan apa yang selama ini tidak kau ketahui, akhirnya kau menangkap pengertiannya. Ada banyak hal yang tidak bisa diajarkan, tapi harus ditangkap dalam roh. Ada keterhubungan dengan saudara.
2.   Accuracy – menerima dengan akurat, detail, segala sesuatunya cocok. Jika kita menerima dengan akurat maka akan kena sasaran, sehingga kita akan menerima kelimpahan.
3.   Insight –  Roh pengertian akan memberikan kita pandangan yang mendalam.

4.   Revelation knowledge – pewahyuan dari pengetahuan firmanNYa. Bukan sekedar pengetahuan. Ini akan menghantam roh saudara dan langsung masuk ke dalam roh. Roh manusia bisa menjamah roh manusia lain (besi menajamkan besi); itu karena frekuensi dari aliran Roh pewahyuan.

5.   Inspiration – roh saudara akan melompat-lompat, meletup-letup seperti jagung pop corn. Kadang-kadang dalam membaca Alkitab, kita mentok, dipikir-pikir, tapi tidak ke mana-mana. Seperti ada gunung. Tuhanlah yang harus menolong saudara. Ini adalah domain-Nya, sehingga Ia menyebut dirinya Firman. Dengan cara kita menghandel firman dengan keliru, maka Dia tidak akan menyatakan dirinya. Selama 400 tahun lamanya setelah kitab Malaekhi, Tuhan tidak berfirman lagi. Harus ada kunci-kunci yang membukanya, sehingga saudara bisa terinspirasi dan menghubungkannya satu dengan yang lainnya dan dengan yang lainnya lagi. Dari kitab Kejadian dan Wahyu saudara bisa mendapati ada satu keterkaitan antara satu dengan lainnya. Roh Kudus lah yang menggerakkan dan menginspirasikan manusia untuk menulis Alkitab. Roh Kudus yang sama menggerakkan hati manusia untuk membuka rahasia yang ada. Percaya saja, Alkitab bukanlah lagi kitab yang termaterai. Bukan lagi misteri. Tapi Alkitab adalah kunci untuk membuka setiap pintu dalam kehidupanmu. Firman ini hidup dan kehidupan firman ini adalah terang bagi manusia. Manusia membutuhkan terang ini. Firman ini adalah pedang bermata dua yang lebih tajam dari pedang mana pun.
Firman ini seperti tempat yang disediakan bagimu. Masuk ke tempat itu. Dengar dan imajinasikan. Imajinasi memiliki keluasan, kedalaman dan kehebatan yang sama seperti ketika kau membangun sebuah struktur. Infrastruktur yang real akan membangun sebuah bangsa. Kalo kita tidak bisa melihatnya dengan jelas, maka kita tidak bisa merealisasikan firman itu. Apa yang kau bisa lihat, akan dibantu oleh Tuhan, dibangun dalam hidupmu. Kau akan bisa melihatnya dalam pikiranmu dan menjadi real. Impian-impian akan menjadi kenyataan.

6.   Foresight – Roh pengertian akan memberikan pengertian sebelum segala sesuatu terjadi. Anugerah profetis akan turun dalam hidupmu.

7.   Vocabulary – Akan memberikan kata-kata. Kau bisa ambil satu pasal Alkitab, memikirkannya, mendoakan ayat-ayatnya, memperkatakannya, memeditasikannya, jadikan kehidupan sehari-hari dan akan bisa membuatmu berinteraksi dengan firman.

ROH PENGERTIAN MEMBUAT KETERBUKAAN

_Luk 24:45  Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci._

Segala sesuatu menjadi terbuka: segala sesuatu akan menjadi jelas, bangsa-bangsa terbuka, sorga akan terbuka.

Setelah mendapatkan pengertian itu mereka dapat diutus kepada bangsa-bangsa.

Luk 24:47  dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Dan mereka akan melihat sorga yang terbuka.
Luk 24:51  Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.

Fenomena sorga yang terbuka adalah:

Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."
Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 1Co 2:9-10 

Tuhan akan membuka pikiranmu dan pikiran saya. *Sorga terbuka sehingga kita akan berfungsi dengan cara yang berbeda. Jika tidak demikian, maka kita akan terus bergumul dan bergumul.*

Kita harus dan membuka sorga bagi Indonesia dan terus menjagainya tetap terbuka, sehingga terjadi hati-hati yang terbuka, keintiman yang terbuka, rumah-rumah yang terbuka, perkenanan Tuhan yang terbuka, kesempatan-kesempatan yang terbuka.

Mari kita berdoa, Tuhan akan membukakan pikiran kita, membuat respon kita menjadi terbuka, membuka mata kita. Mata kita tidak lagi terselubung. Tuhan akan membukakan dan menyatakan diri-Nya, tidak lagi tertutup. Hati kita tidak lagi terselubungi.  Terjadi perjumpaan pribadi. Kehidupan yang terbuka sehingga orang-orang bisa membaca kehidupan kita seperti sebuah buku yang terbuka.

Biarlah Roh Pengertian dicurahkan dan tinggal dalam kehidupan kami di dalam nama Yesus. Semua dari firman yang kami baca akan dibukakan pengertian, sehingga kami memahami apa yang dimaksudkan dalam firman itu. Engkau berkata, pikiranmu bukanlah pikiranKu. Tapi hari ini kami berkata, biarlah pikiran-Mu menjadi pikiran kami. Berikan kepada kami pikiran Kristus, sehingga kami memahami pikiran-pikiran yang dari sorga. Terimakasih untuk pikiran yang diperbaharui. Terimakasih untuk pikiran yang mengalami perobahan dan mencari pemikiran-pemikiran Roh. Kita set pemikiran Roh dan tertuju kepada Roh. Pikiran yang tertuju kepada firman adalah kehidupan dan damai. Ketika pikiran ini tertuju kepada hal-hal yang dari Roh, maka kemampuan mencipta akn termanifestasi. Biar firman Tuhan menjadi kehidupan kami. Engkaulah yang memberikan hidup dan hidup yang  berkelimpahan. Biarlah pikiran kita dimerdekakan. Biarlah hikmat dan pengertian memberikan stabilitas dalam hidup kita. Bagi Dia yang sanggup melakukan segala sesuatu, jauh melebihi apa yang bisa kita doakan dan pikiran, sesuai dengan Roh yang bekerja kuat dalam diri kita.

Amin.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman