Cikal Bakal Sistem Babel


Spirit Kain adalah embrio Babel  (Anti Kristus)

Ada agenda dari Bapa di surga, bahwa iblis akan dihukum untuk selama - lamanya demi gereja. Takdir dari gereja adalah kemenangan. Yang bisa membatalkan takdir itu adalah diri kita sendiri. Setan menebar roh Kain yang ditambah dengan manusia. Roh Kain banyak beroperasi di dalam gereja. Habel hanya mengalami kematian pertama & imannya tidak mati.

gbr: liputan6.com



Kejadian 4 : 1 – 4
4:1 Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN." 4:2 Selanjutnya dilahirkannyalah Habel, adik Kain; dan Habel menjadi gembala kambing domba, Kain menjadi petani. 4:3 Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan; 4:4 Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu.
Tuhan memiliki pengharapan kepada Kain untuk menggenapi Kejadian 3 : 15, itu sebabnya Tuhan berbicara kepada Kain. Kain sebenarnya dipersiapkan oleh Tuhan.
Kain memiliki hak kesulungan, dan Kain adalah harapan pertama Tuhan.
Ada ukuran waktu tertentu. Dalam kurun waktu tertentu itu, Kain & Habel mempelajari hal - hal tentang Tuhan. Kain & Habel memiliki pemahaman tentang Tuhan. Kain & Habel sama - sama memberi persembahan dari profesi mereka. Dan Habel memberikan anak sulung domba sebagai persembahan. Kita tidak bisa memberi secara sembarangan kepada Tuhan.
Kain & Habel hidup di dalam gereja yang sama. Jika kita tidak bisa menghandle roh Kain di dalam hidup kita, maka kita akan masuk ke dalam Babel.
Ketika Kain menolak pengharapan Tuhan, Tuhan memulainya dengan Set. Skenario Tuhan tidak pernah mengalami kegagalan.
Spirit Kain memberi menurut ukuran hatinya.
Yeremia 17 : 9 - 10
17:9 Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya? 17:10 Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya."
Hati selalu dikaitkan dengan perbuatan. Kain memberi menurut hatinya. Habel memulai dari hati Tuhan. Jangan coba - coba memulai sesuatu dengan ukuran dari hati.

A. Roh Kain adalah embrio (cikal bakal dari sistem Babel / anti Kristus).
Kejadian 11 : 1 – 7
11:1 Adapun seluruh bumi, satu bahasanya dan satu logatnya. 11:2 Maka berangkatlah mereka ke sebelah timur dan menjumpai tanah datar di tanah Sinear, lalu menetaplah mereka di sana. 11:3 Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita membuat batu bata dan membakarnya baik-baik." Lalu bata itulah dipakai mereka sebagai batu dan ter gala-gala sebagai tanah liat. 11:4 Juga kata mereka: "Marilah kita dirikan bagi kita sebuah kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit, dan marilah kita cari nama, supaya kita jangan terserak ke seluruh bumi." 11:5 Lalu turunlah TUHAN untuk melihat kota dan menara yang didirikan oleh anak-anak manusia itu, 11:6 dan Ia berfirman: "Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apapun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana. 11:7 Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing."
Roh Babel memiliki sifat melawan Tuhan. Babel membangun menara untuk mempersiapkan diri menghadapi air bah yang kedua, mereka tidak percaya kepada janji Tuhan. Tuhan menentang Roh Babel.

Kejadian 4 : 6 – 7
4:6 Firman TUHAN kepada Kain: "Mengapa hatimu panas dan mukamu muram? 4:7 Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."
Kita harus berhati - hati di dalam menggunakan hati kita.

Kejadian 4 : 16 – 17
4:16 Lalu Kain pergi dari hadapan TUHAN dan ia menetap di tanah Nod, di sebelah timur Eden. 4:17 Kain bersetubuh dengan isterinya dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Henokh; kemudian Kain mendirikan suatu kota dan dinamainya kota itu Henokh, menurut nama anaknya
Kain meminta perlindungan, berkat, & Tuhan bekerja atas dirinya. Kain membangun kota untuk anaknya (bersifat eksklusif). Babel adalah jelmaan dari roh Kain.

Kejadian 4 : 13 - 14, 
4:13 Kata Kain kepada TUHAN: "Hukumanku itu lebih besar dari pada yang dapat kutanggung. 4:14 Engkau menghalau aku sekarang dari tanah ini dan aku akan tersembunyi dari hadapan-Mu, seorang pelarian dan pengembara di bumi; maka barangsiapa yang akan bertemu dengan aku, tentulah akan membunuh aku."
Gelisah muncul karena kita mempercayai doktrin roh Kain.

B. Roh Kain adalah pembunuh iman.
Iman yang pertama dibunuh adalah iman Kain. Karena Tuhan berbicara kepada Kain, tetapi Kain tidak menjadikan perkataan Tuhan sebagai iman. Firman Tuhan akan membuat kita mengalami upgrade. Kita harus meresponi Firman Tuhan.

C. Roh Kain memberikan penyembahan palsu (apa yang menarik menurut hati manusia). Penyembah yang benar adalah penyembah yang menyembah di dalam roh & kebenaran.

Kejadian 4 : 18 – 24
4:18 Bagi Henokh lahirlah Irad, dan Irad itu memperanakkan Mehuyael dan Mehuyael memperanakkan Metusael, dan Metusael memperanakkan Lamekh. 4:19 Lamekh mengambil isteri dua orang; yang satu namanya Ada, yang lain Zila. 4:20 Ada itu melahirkan Yabal; dialah yang menjadi bapa orang yang diam dalam kemah dan memelihara ternak. 4:21 Nama adiknya ialah Yubal; dialah yang menjadi bapa semua orang yang memainkan kecapi dan suling. 4:22 Zila juga melahirkan anak, yakni Tubal-Kain, bapa semua tukang tembaga dan tukang besi. Adik perempuan Tubal-Kain ialah Naama. 4:23 Berkatalah Lamekh kepada kedua isterinya itu: "Ada dan Zila, dengarkanlah suaraku: hai isteri-isteri Lamekh, pasanglah telingamu kepada perkataanku ini: Aku telah membunuh seorang laki-laki karena ia melukai aku, membunuh seorang muda karena ia memukul aku sampai bengkak; 4:24 sebab jika Kain harus dibalaskan tujuh kali lipat, maka Lamekh tujuh puluh tujuh kali lipat."
Roh Kain merusak pola Tuhan.
Selama kita mendengarkan firman Tuhan, tetapi tidak menjadikannya sebagai  kebenaran, maka roh Kain ada di dalam diri kita.

D. Roh Kain berkorban semau gue. Ukurannya adalah hati dan apa yang baik menurut dunia. Bukan apa yg baik bagi Tuhan.
Kain selalu merasa guilty feelings. Sikap hati & perasaan tidak enak bukanlah kebenaran.

Yeremia 17 : 5, Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!
Ayat ini berbicara tentang Kain. Kain takut kepada manusia, sehingga Kain berusaha mensejahterakan manusia.

E. Tujuan akhir dari Roh Kain adalah agar kita hidup hanya dari faktor lahiriah & meniadakan faktor Roh. Yang berbahaya adalah ketika ukuran kita adalah hal - hal lahiriah.

F. Roh Kain akan membuat hati berpusat kepada 'aku' (egosentris)

G. Roh Kain takut & melarikan diri dari hal - hal rohani yang datang dari Tuhan. Roh Kain takut kepada segala sesuatu yang berasal dari Tuhan. Orang - orang seperti ini, percaya kepada Tuhan, tetapi tdk menghidupi nya & menentang jalan Tuhan.

Kejadian 6 : 1 - 3 ; 5 – 6
6:1 Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan, 6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka. 6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja." 6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, 6:6 maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya.
Kecenderungan hati. Dosa terbesar dimulai dari kehendak/keinginan

Yesaya 14 : 12 – 14
14:12 "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa! 14:13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara. 14:14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!
Ada 6 keinginan. 6 adalah angka spiritual dari manusia. Iblis hanya bisa memanifestasikan kuasanya lewat manusia.

Yakobus 1 : 13 – 14
1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
Kita tidak boleh memulai dari keinginan hati. Yang berbahaya adalah keinginan yang tumbuh. Kita harus belajar membatalkan keinginan kita. Keinginan adalah manifestasi dari iblis.

Pesan : renungkanlah hal ini, karena roh kain paling banyak beroperasi di gereja, jangan-jangan apa yg kita bangun selama ini dlm gereja adalah roh kain bukan apa yg diinginkan Tuhan.

*Ps. Djhonny Tambunan. Cilegon, 07 April 2017

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman