JIWA YANG RENTAN: MANIFESTASI DARI KEHENDAK BEBAS

Ps.Djonny Tambunan 29Mar2020 Live @home2 lanjutan point 6 Dia Membawa Kita kepada terang-Nya yang ajaib.

Kebanyakan kita melihat kerjanya virus, bencana di luar sana. Yang menjamin supaya tidak terjangkit adalah gaya hidup yang membuat imun saudara tinggi. Imun yang rendah bukan karena kurang gizi. Ketika ada kepanikan dan ketakutan imun saudara rendah.

Ini saat terbaik, Allah mau mengimpartasikan kebaikanNya. Semua takut kematian. Tidak perlu khawatir. Kita pernah alami ketakutan itu ketika kita sakit. Akibatnya kita tergantung obat. Sebenarnya obat tidak menyembuhkan, tapi daya imun saudara. Karena apa takut, oleh karena kekhawatiran saudara, takut, panik. Tidak perlu ragu dan takut.

Baca 1 Pet 2:9


Musuh menyerang kita dari berbagai sudut. Ketika saudara berhasil dalam hidup saudara, pengenalan akan Allah jadi gelap. Ketika Adam  jatuh dalam dosa dia sembunyi, dia tidak tau Allah mengampuni.

Allah tidak bertanggung-jawab atas Corona, itu tanggung jawab paramedic dan saudara. Dia menanggung hidup saudara, oleh karenanya Dia bekerja dalam hidup kita.

Ay9. Tapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang kudus…

Dia memanggil kita dan bersuara, Dia memberikan terang, memberikan firman-Nya. Roh yang bekerja membawa firman ke telinga dan pikiran kita. Mungkin kehendak saudara telah dipengaruhi kuat oleh iblis, bukan berarti anda tidak merdeka. Kehendak dikuasai bukan berarti saudara dikuasai iblis. Kau mengikuti kuasa-kuasa… bukan berarti dikuasai iblis, tapi dia memaksa dikuasai iblis.

Ef 2:2  Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Banyak orang mencara firman Tuhan tapi tidak dia dapatkan. Bukan kehendak Tuhan,  bukan pimpinan Allah. Allah yang tau bagaimana membawa firman yang tepat dan menjadi realita kehidupan.
Gelap dan terang dipisahkan Allah ketika menciptakan bumi. Point 6, Allah berbicara kerja Allah membawa kita dari kegelapan kepada terang. Jangan pikir saudara membutuhkan lagi terang, masih ada sisi-sisi kegelapan dalam hidup saudara. Dia membawa kita kepada pribadi-Nya salah satunya terang, melalui firman. Dengan adanya terang dalam firman, manusia bisa mengaksesnya, hingga pribadi kita menjadi terang.

Jangan ragu lagi Allah itu terang. Sekali Allah menaruh firman-Nya itu terang dalam hidup saudara.
Kualitas jiwa saudara menentukan kepribadian saudara. Jiwa bukan ciptaan Tuhan.  Jiwa bukan berasal dari Tuhan. Allah membentuk manusia dari debu tanah. Tapi masih mati dalam kehidupanNya. Dia hembuskan RohNya supaya kita hidup. Roh itu jembatan penghubung tubuh dengan roh. Jiwa kita perlu diselamatkan. Mudah Dia jadikan rohmu jadi terang. Tapi jiwamu menghadang.

Ef6:
Saudara tidak menyadari, tiap hari saudara diserang dari berbagai sudut. Ada pemberitahuan tentang covid19. Dia, iblis tidak menyerang saudara dengan covid19, tapi dari berbagai sudut.

Daud telah diangkat sebagai raja, tapi tidak seluruh Israel mengakuinya. Saul dipilih Allah. Itu adalah anugerah. Daud mendapatkan perkenanan. Dia perhatikan Daud sejak kecil, bagaimana dia ada di dalam keluarga. Saul berbuat dosa dan dia ditolak Allah. Daud telah diurapi tapi dia tidak mengerti arti urapan. Daud membantu terus Saul. Daud memenggal kepada Goliath. Orang filistin menjadi benci kepada Israel. Para imam, seorang dari Edom, memberitahukan Daud di kota Nob. Abyatar diselamatkan dari Nob oleh Daud. Serangan dari berbagai sudut. Kau lengah, tidak tau serangan datang dari dalam dirimu. Ketakutan itu buah pekerjaan iblis. Covid19 bukan pekerjaan paramedic, karena tidak ada penangkalnya. Tapi virus itu bisa ditangkal air sabun. Karena virus itu terdiri dari DNA dan dibungkus lapisan lemak.

Ef 6:10  Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.

Ay10. Akhirnya hendaklah engkau kuat dalam…

Orang tidak mengerti peperangan rohani, menganggap serangan dari luar, tapi sebenarnya serangan itu dari dalam.

Ef 2: 4,5,6 Allah ingin membangun keagungan gereja. Kau merasa kau sudah dibangun, dibangun dan terus dibangun. Tapi ay10 mengatakan akhirnya: jadilah kuat dalam Tuhan (dalam firman-Nya) dan dalam kekuatan kuasa-Nya (bermitra dengan Tuhan).

Kenakanlah seluruh kekuatan melawan tipu muslihat iblis…. Siapa pun bisa tertipu. Sebab kau sering menipu dirimu sendiri. Tantangan saudara pikir dari luar, masalah ekonomi dan moneter, pekerjaan dan karir; tapi perlengkapan senjata itu untuk melawan serangan dari dalam.

Ef 2:2  . Kau dulu sudah mati dan hidup di dalam dosa. Itu karena rohmu terputus komunikasi terhadap Tuhan. Karena kau taati kerajaan angkasa… yang sekarang menguasai orang durhaka.

Saudara bisa merasa tidak berdosa, karena tipu muslihat iblis. Kau ikuti jalan dunia ini, mengapa? Logis dan ril. Itu yang mematikan iman saudara, sedang iman tidak kelihatan.

Pertama kau hidup di dalamnya, selama ini kau tidak tau itu dosa. Kau ikuti menurut lazimnya ukuran dunia. Kesimpulan Paulus, kamu dulu mentaati penguasa… yang bekerja untuk orang durhaka.

Ef 2:10. Kuatlah dalam Tuhan, dalam kekuatan kuasanya.

MENGOPERASIKAN ROH
Mana kehidupan saudara yang berasal dari Allah: hanya roh saja. Tubuh diciptakan. Yang berasal dari Allah hanya roh. Supaya kamu dapat berdiri, dari tipuan iblis. Saudara merasa sudah menyembah Dia, tapi harus menyembah… mengoperasikan roh saudara, bukan jiwa saudara.

Firman Allah seperti pedang bermata dua memisahkan roh dan jiwa (Ibr 4:2). Firman itu menjadi kebenaran, sehingga bisa menyembah dengan kebenaran. Tidak benar ada sekolah memuji dan menyembah, tapi harus dipraktekkan menyembah dengan roh dan kebenaran.

Ibr 11. Ada sekelompok orang yang disebut gereja-Nya. Yang istimewa yang menjadi pengharapan. Allah senantiasa memiliki pikiran memikirkan gereja-Nya. Saudara sudah separuh jalan. Allah akan melanjutkan terus.

Yesus berjalan bersama 2 murid ke Emaus. Lalu kebenaran dibukakan. Mata mereka dibukakan. PIkiran mereka dibuka. Yesus mengubah perjalanan mereka dari menjauhi Tuhan dan kembali ke Yerusalem. Jadi tindakan kita harus sesuai dengan apa yang disebut gereja.

Gereja adalah karakter yang dibangun sama dengan karakter di dalam Allah.
Roh Kudus memimpin Yesus. Dapat dikatakan Yesus itu kuat di dalam Tuhan dan di dalam kekuatan kuasa-Nya. Pada akhir-nya perbuatan dan tindakan saudara itu harus selalu sama dengan kehendak saudara. Iblis tau ketetapan ini dan juga keteraturan ilahi. Iblis tau, tindakan yang sesuai dengan kehendak, dari kehendak bebas, dari jiwa. Jadi dia pengaruhi jiwa. Iblis tau anatomi jiwa saudara dan kelemahannya. Dia ajari bagaimana hidup dalam dosa, mentaati penguasa di udara, bagaimana dia pengaruhi jiwa sehingga tindakan saudara mengikuti kehendaknya.

Mat 6:23 Jika matamu jahat… gelaplah seluruh tubuhmu. Tapi ada terang yang ada pada kita di roh mu.
Mata memberikan kontribusi pada pikiran. Tapi jika dalam keputusan tidak mengikuti terang Tuhan, ada yang diambil dalam hidupmu.

Siapakah yang memberitahukan kepada mu kau telanjang? Perempuan yang Kau tempatkan. Dia menuding Allah. Kenapa? Karena dosa. Dia biarkan kehendaknya melakukan dosa.

Ef4:17. Jangan hidup lagi seperti orang tidak mengenal Allah dengan kehidupan yang sia-sia. Jauh dari persekutuan dengan Allah. Hai Adam di mana kau?

Dia pakai tipu muslihat. Jadi iblis menang hanya dari yang bodoh. Yesus katakan cerdiklah seperti ular. Atasi ular itu dengan lebih cerdik dari ular itu.

Karena kedegilan hati mereka, “blindness”, kegelapan. Allah ingin membawa saudara kepada terang-Nya yang ajaib.


Allah  mengunci Nuh terhadap bencana di luar. Sekarang bencana sedang meninggi, terutama di USA. Lebih dari Itali dan China. Kita tidak perlu minta ini cepat-cepat berlalu. Kita harus tau apa yang Tuhan kehendaki. Apa yang terjadi sesudah ini.

Wah 19:8  Mempelai wanita memakai lenan halus…. Perbuatan dari orang-orang kudus.

Wah 4- tentang bencana, materai.
Sekarang di Wah19, gereja-Nya harus memakai lenan halus.

Allah bukan pengecut. Di lock down Nuh. Dia kunci, karena Allah tau bencana naik, Nuh harus makin naik. Akhirnya bahtera itu terdampar di gunung Ararat. Nuh menghukum bumi. Siapa yang berhak menghukum bumi? Gereja-Nya harus benar.
Salah melihat orang-orang benar, sahabat saya meninggal karena covid19. Saya berdoa tidak minta kesembuhan, tapi saya bilang, mereka belum selesai.

Perbuatan orang benar didasarkan iman. Iman timbul dari rhema bukan logos. Iman terlihat dari orang lain. Mereka melihat gereja memakai lenan halus.

Yak2:17 Iman itu jika tidak disertai perbuatan, iman itu mati. Tidak punya hubungannya dengan Allah. Tunjukkan imanmu? Hanya lewat perbuatan dan keyakinan saudara, saudara tidak takut mati. Kalau belum selesai jangan mati. Yesus sudah selesai.

Ef6:10  Pada akhirnya kau harus tetap kuat dalam Tuhan dan dalam kekuatan kuasa-Nya.

Harus kuat sampai akhirnya bukan hanya di awal.

Bagaimana bisa kuat dalam Tuhan dan dalam kekuatan kuasanya, kalau dari dalam saudara digerogoti dari keyakinan dan iman saudara.

DAMAI SEJAHTERA YESUS
Yesus tertidur dalam perahu. Gelombang di danau makin besar. Yesus tidak ada gelombang yang mengancam hidupnya. Murid-murid ketakutan akan tenggelam. Mengapa Yesus, manusia itu masih tertidur? Yesus hidup dalam ketenangan. Dia mengalami rest, damai yang luarbiasa. Murid-murid membangunkan Dia. Guru, tidak pedulikah kita akan tenggelam? Itu ketakutan mereka. Kalo murid tenggelam guru juga tenggelam.
Saudara bisa mati dengan covid19. Tapi kenapa Dia tetap tenang? Gelombang di dalam lebih berbahaya dari yang di luar. Yesus bilang mereka kurang percaya.

Mengapa saudara tidak sejahtera, tidak damai?

Bagaimana miliki kekuatan kalau saudara diserang dari dalam.

Ef2:2 sistem dunia ini dipakai si jahat supaya saudara “conform” sesuai dengan dunia ini.

PERSEMBAHAN YANG SEMPURNA
Roma 12:1 Persembahkan tubuh, jiwa dan roh…

Persembahkan menurut kehendak Allah yang baik, kudus dan sempurna. Artinya kau tidak punya pilihan. Kau harus punya kapasitas menemukan kehendak Allah, tidak ada yang jahat, tapi  yang baik dan sempurna.
Sistem dunia ini disusupi dan dicemari dengan azaz kemanusiaan. Itu dikemas secara manusia, sehingga orang yang tidak mengetahui, termasuk oleh orang percaya dan oleh orang benar. Karena apa? Azaznya humanism. Mengarahkan saudara tidak bergantung kepada Allah? Supaya berani berpikir sendiri. Dia transfer system dunia, data dari dunia berdasarkan azaz humanism. Ga manusiawi perpuluhan 1, 2 dan 3? Itu ga logis. Mengapa? Allah ingin mengeluarkan saudara dari system dunia ini, dari system kemanusiaan.

Bagaimana iblis menang dari taman eden? Dia tetap lakukan hal-hal yang sama. Itu kebodohannya. Kenapa orang masih tertipu? Karena dia bodoh. Saudara dibuat Allah cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

MEMBUAT KEPUTUSAN YANG TEPAT
Tujuan akhirnya adalah saudara bisa mengambil keputusan yang tepat. Ps.Cyrus membawa pesan pp Jonathan; jangan biarkan gereja berhenti dari kewajiban.  Kewajiban itu harus terus naik dan naik, sampai dia menemukan Allah menginginkan seluruh hidupnya.

Paulus menuliskan, jangan berpikir masih ada kesempatan, saya mau berubah nanti. Menurut keimamatan Harun memang. Tapi ada ganti rugi 2x. Allah mengubah Abram menjadi Abraham. Dia berikan kesempatan 1x.
Manusia harus membuat keputusan yang tepat. Iblis juga tau bagaimana cara manusia mengambil keputusan. Dia ambil posisi, sehingga bagaimana manusia meningkatkan dirinya, sampai semuanya dicapai. Dia memaksa saudara memakai seluruh data yang ada di dunia ini. Saudara memacu diri saudara, karena melihat ancaman di depan sana. Saudara dibuat percaya, system dunia ini akan mengangkat hidup saudara. Jiwa saudara membuat kalkulasi, dia memacu semangat untuk itu. Semua yang manusiawi untuk kehidupannya. Apa yang mati? Iman saudara akan mati.

Ibr 11:1 Iman adalah dasar dari segala yang kita harapan….. semua hal yang ada di depan. Ini yang ingin dimatikan iblis. Lawanlah dia dengan iman teguh. Iblis tapi, berusaha memutus itu. Menggagalkan iman saudara. Maka dia bangun benteng dan kubu. Benteng itu dibangun. Yerikho dibangun 40 tahun. Iblis tidak membangun dalam 1 malam, 1 peristiwa atau berkali-kali peristiwa; tapi lama dan makin lama dia bangun lebih tinggi lagi. Bukan lagi supaya babi dan anjing tidak masuk, tapi dia bangun terus dan terus.

Iblis berupaya saudara mengakses semua data dari system dunia. Hanya 2 hal yang dia targetkan: semua menjadi 1)nyata/real dan 2) menjadi logis.

Siapa orang-orang hebat di dunia ini? bukan orang real, tapi berkarakter. Bill Gates berbicara tentang virus 4 tahun sebelumnya. Dia sekarang memiliki yayasan yang bergerak dalam bidang kesehatan. Sekarang ada damai di dunia. Amerika minta bantuan China. Iran melalui perantara minta bantuan Israel. System dunia memberikan hal yang real dan logis menurut nalar.
Real atau nyata diolah oleh hanya pikiran dan bukan perasaan. Iblis sejak taman eden berupaya mematikan pengharapan orang kepada Tuhan di hari-hari mendatang.

Firman yang dimaksud adalah rhema, bukan logos. JIka pikiranmu menyala-nyala itu sebenarnya iman.
Terang itu harus jadi kehidupan saudara. Saudara dibuat dari debu tanah. Saudara mati akan dibangkitkan lagi. Bukan di sorga, tapi di bumi. Tubuh yang baru masih tubuh alamiah. Tubuh Yesus dibangkitkan dengan tubuh yang baru. Dia makan roti. Dia minum air.

Tubuh diciptakan dari debu tanah, kemudian Allah memberikan nafas hidup. Kenapa mati kalo tenggelam? Karena tidak bisa menghirup udara.

Jiwa bukan ciptaan. Roh saja yang berasal dari Allah. Manusia menjadi hidup: mahluk jiwani. Living soul. Jiwa saudara.

Jiwa bisa memuji tapi tidak bisa menyembah. Mengucapkan pujian dari mulut. Jiwa muncul untuk menjembatani hal-hal yang rohani. Kehidupan itu tampil dari semua yang ada dalam jiwa dan ditampilkan oleh tubuh. Sumber jiwa itu datang dari mana? Dari roh. Ini tatanan yang benar. Jiwa itu sama seperti asap, karena saya memiliki api (roh). Jadi harus api (roh) yang membangkitkan asap (jiwa/pikiran).

KELEMAHAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Iblis pelajari ini. Dia tau di mana semua kelemahan itu, sebelum dia ke taman eden, mencobai Hawa. Dia buat jiwa-nya terangkat. Hanya satu yang bisa mengangkat jiwa, yaitu pikiran. Dengan meninggikan pikiran, dia coba meninggikan jiwa melampaui roh.

Perumapamaannya listrik dalam rumah. Arus listrik itu ibaratnya roh. Kabel-kabel seperti tubuh. Dia harusnya memanifestasikan apa yang dari roh. Bola lampu, mixer, tv, oven, kulkas itu adalah jiwa saudara. Jiwa saudara dapatkan aliran listrik/yang berasal dari roh. Jiwa saudara bersuka cita. Listrik itu terang. Warna itu dialirkan. Ada sukacita. Itu tatanan yang diinginkan Allah.

Jika ada masalah. Saudara mencari firman Tuhan, tapi belum tentu tepat. Amos menubuatkan, orang mencari firman Tuhan, menemukannya tapi dia tetap letih lesu, sebab bukan firman yang berasal dari Allah. Iblis juga mengutip firman dari Mazmur. Itu salah tempat. Bukan waktu yang tepat. Bukan yang diperlukan pada masa sekarang ini.

Manusia itu bukan hanya insan roh, tapi insan jiwani dan roh.  Iblis menemukan, pikiran manusia itu rentan, karena iblis menemukan di Kej2, Allah menyingkapkannya dalam dunia roh dan dunia nyata. Allah menempatkan pohon kehidupan dan pohon pengetahuan yang baik dan jahat.

Ay16. Allah memberikan perintah. Memberikan kehendak bebas. Manusia sebagai pribadi yang merdeka.

Iblis mendengarkan perintah ini.

Ams 23:7 seperti apa yang dipikirkannya, demikianlah orang itu
Iblis terus menerus mengingatkan supaya bekerja menurut nalar/logika, yang real, dan humanis.

Iblis ingin terus anda mengambil seluruh data dengan patokan-patokannya.
Iblis mendengar: jangan kamu makan….
Allah mencari Adam, di mana kamu? Mengapa sembunyi di balik pohon, di gelapan? Siapa yang memberitahu bahwa kau telanjang? Apa kau mulai mendengar dari sumber yang lain?
Adam dan Hawa menjawab dari apa yang ada dalam pikirannya. Iblis berupaya membangun saudara sejak dari kecil dengan pikiran dunia.
Maka firman mengatakan: berubahlah dalam pikiranmu.
Iblis tau pikiran yang akan mengubah iman saudara. Yang rentan pertama adalah pikiran. Yang kedua adalah perasaan. Orang-orang akhirnya menyadari dia telah menguasai dunia ini dengan menggunakan tipu muslihatnya. Iblis membelenggu pikiran.

2 Tim 2:25  dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran, 26  dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat Iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya.

Kenapa suka menentang Allah? Karena mengikat kehendakmu. Dia berikan kerusakan pada input, tanpa kau ketahui. Keputusan saudara masih dari pikiran. Keputusan dari emosi dengan menekan roh. Pikiran harus diperbarui.

As one man:
Membangun kebersamaan
Membangun Self-control

MERUMUSKAN CARA KERJA IBLIS
Rupanya cara kerja iblis bisa kita rumuskan. Dia bekerja dari luar ke dalam untuk membelenggu hidup saudara. Cara kerja Allah tidak pernah berubah: Dia bekerja dari dalam, menyelamatkan sampai keluar.
Iblis sudah menjerat. Bukan berarti menguasai sepenuhnya. Tapi kodrat KEHENDAK BEBAS itu tidak bisa diambil siapa pun. Kehendak bebas itu karunia Allah. Tapi iblis berusaha merebut karunia itu.

Jadi saudara harus meletakkannya dengan tepat. Di mana kehendak bebas itu? 70% kontribusi dari jiwa? 30% dari roh?

Ketika Daud sakit, jiwanya sulit memuji Tuhan. Hai jiwaku pujilah Tuhan. Roh-nya menyala-nyala. Rohnya termanifestasi ke dalam jiwanya dan dia menari-nari. Dia merendahkan dirinya dengan menari-nari di jalan.

Buah pohon pengetahuan itu bagi iblis untuk meninggikan jiwa. Tapi bagi Allah itu adalah kehendak bebas. Apa kah saudara mau menyerahkan kehendak bebas saudara?
Jangan makan dari buah pengetahuan. Pasti kau mati. Bukan akan, kalo akan, lambat laun baru terjadi; tapi pasti.

Yang disebut kematian adalah kematian roh. Yang tidak bisa lagi memberikan respon kepada Allah. Dan roh mereka tidak bisa bereaksi lagi. Mereka miliki cara pandang yang salah tentang Allah.
[Simon Petrus telanjang waktu di perahu, tapi pakai baju waktu mau terjun ke air. Salah tingkah. Salah posisi. Salah respon.]
Di mana engkau? Aku ada di taman, tapi sekarang aku takut. Kenapa kau takut?  Sekarang aku telanjang. Mulai mereka memiliki pandangan yang berbeda tentang Allah. Manifestasi dosa membuat kita berbeda pandangannya dari pikiran Allah, dari firman-Nya.

Pengetahuan tujuannya supaya kau mampu sehingga engkau tidak lagi butuh Allah. Yesus tidak pernah minta bantuan dari Allah Bapa. Kau selalu minta tolong ketika kau tidak mampu. Pengetahuan yang baik itu bisa berbuah jahat. Bagaimana pengetahuan yang jahat? Jahat kuardrat. Pengetahuan dari intelektual jiwa manusia. Dia pelajari dan temukan.

Iman adalah organ yang tercipta dari firman. Itu organ satu-satunya di dalam kita. Karena iman, Abraham mengorbankan Ishak (Kej 22). Pernahkan Allah sebelumnya membangkitkan orang mati. Itu tidak ada dasar bagi Abraham untuk percaya dan beriman.

Pengetahuan baik dan jahat itu tempatnya di jiwa kita; intelektual kita. Jiwa jadi membangkang terhadap roh. Ada pohon-pohon yang BOLEH kau makan buahnya. Ada pohon kehidupan di tengah-tengah taman. Pohon kehidupan ini simbul kehidupan yang memberikan kehidupan Allah. Ada pohon-pohon lain supaya kau bisa jadi mitra berimbang dengan menggunakan kehendak bebas yang Allah karuniakan. Pohon pengetahuan ditunjukkan saja.

Pohon kehidupan berarti kebergantungan kepada Allah. Dengan makan pohon kehidupan, roh mu mengandalkan Allah, yang utama. Barangsiapa percaya dari dalam dirinya akan mengalir aliran kehidupan. Pohon kehidupan mutlak menjadi sandaran kepada Allah.
Pohon pengetahuan itu kemerdekaan, ambil keputusan yang baik dan jahat. Kau ambil itu kata iblis. Kau pasti bisa!

Kej 3:1.  Jika tidak puas dengan apa yang Allah berikan, kau akan makan pengetahuan baik dan jahat. Banyak orang yang ingin mencari tau sebelum Allah mengaruniakannya. Allah telah mengaruniakan semuanya.

Pengetahuan itu ketrampilan untuk membedakan mana yang jahat dan mana yang baik. Padahal Allah berfirman hanya satu: jangan kamu makan. Apa firman itu sulit? Kau merasa sudah bisa membedakan mana yang baik dan jahat, punya keahlian, punya nalar dan makanya tidak memakai firman.

ORANG BEBAL DALAM GEREJA
Gal 5:13 13   Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah (dulos) seorang akan yang lain oleh kasih (agape).

Banyak orang percaya (orang Kristen) yang menggunakan kemerdekaannya untuk melakukan dosa (orang bebal).

Bil 16:22  Tetapi sujudlah mereka berdua dan berkata: "Ya Allah, Allah dari roh segala makhluk! Satu orang saja berdosa, masakan Engkau murka terhadap segenap perkumpulan ini?"

HAWA MENJAWAB BUKAN DENGAN FIRMAN – BAPA MENJAWAB IBLIS DENGAN FIRMAN
Kejadian 3:2  Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
Pertanyaan iblis itu error. Salahnya Hawa menjawab pertanyaan iblis. Yesus telah berpuasa dan Yesus tidak menjawab. Yesus tidak menjawab, tapi Dia berkata…. Allah yang menjawab. Jangan coba-coba kalian dialog dengan iblis. Biarkan Allah yang berdialog. Jangan berdialog soal perpuluhan. Biarkan Allah yang berdialog. Hawa menggunakan pikirannya menjawab iblis. Pikirannya mengangkat jiwanya (ay2).
Hawa menyahut: jangan makan pohon yang di tengah-tengah…
Yang di tengah-tengah itu pohon kehidupan. Hawa error.
Jangan raba atau makan pohon yang di tengah-tengah…. Hawa menambahkan kata meraba pada firman Allah.
Nanti kau pasti mati….. Allah mengatakan kamu pasti mati. Bukan nanti…mati…. tapi pasti mati.
Iblis mempertajam pikiran Hawa….

4  Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati….
5  tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."
6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.

Dia pertajam pikiran hawa

Dia yakinkan hawa: matamu akan terbuka…. Ini pengetahuan, aktivitas dari jiwa bukan roh, bukan dari Allah. Orang farisi melakukan firman dari pengetahuan dan konsekuensinya, tapi bukan dari Allah.

2 Tim 3:16
16  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.
17  Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

1 Kor 2:9
9  Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."
10  Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

Ini yang menyerang roh saudara.

Hal yang menarik hati soal keinginan daging, keinginan hati dan keangkuhan hidup.
Kau tidak akan mati, tapi sama seperti Allah….
Bagaimana mungkin hanya makan saja bisa jadi seperti penciptamu. Ini salah. Itu sebabnya ini yang mau iblis bangun.

1 Tim 2:11

11  Seharusnyalah perempuan berdiam diri dan menerima ajaran dengan patuh.
12  Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri.
13  Karena Adam yang pertama dijadikan, kemudian barulah Hawa.
14  Lagipula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan

Jangan dialog dengan iblis. Tapi jadilah tanah yang baik. Hawa telah dibuat kacau pikiran-Nya. Saya berdoa buat saudara supaya Allah melindungi pikiran saudara.

Fil 4:6
6  Janganlah hendaknya kamu kuatir  (jangan ada konflik dalam batin dan nurani) tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
7  Damai sejahtera Allah (ambil porsi Allah), yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus (Allah yang menjawabmu).

Allah menjawab segala kegaduhan dan keadaan. Yang penting damai sejahtera Allah yang melampaui segala pengertian.

Allah akan bekerja dalam hidupmu sampai tuntas, sampai dengan jiwa-jiwamu hadir dalam hadirat Allah. Imanuel.

Amin.

APA YANG SAYA DAPATKAN:

BAHAYANYA PIKIRAN DARI KEHENDAK BEBAS
Kejatuhan manusia dalam dosa terjadi pada Kej 3:2; karena Hawa menjawab ular dengan pikirannya; bukan dengan firman-Nya yang sudah dilepaskan – yaitu pesan Allah mengenai a) pohon semua pohon buah-buahan yang boleh di makan; b) pohon kehidupan yang ada di tengah-tengah taman; c) pohon pengetahuan baik dan jahat yang buahnya tidak boleh di makan.

Dalam keadaan manusia belum berdosa atau roh yang murni yang berasal dari Allah, memakai pikiran tidak pada tempatnya sudah merupakan awal dari kejatuhan dosa.

Tetapi mengapa demikian berbahayanya pikiran itu? Kalo sebuah produk kendaraan hasil dari line produksi pabrikan,  jadi pertanyaan: Apakah ini cacat bawaan dari pabrik? Karena ternyata ada kecelakaan yang disebabkan sistem rem-nya (mulut Hawa seperti tidak ada remnya). Dan terbukti kendaraan lain (dalam hal Adam-Hawa dengan manusia generasi sesudahnya) juga mengalami hal yang sama. Bahkan generasi kedua terjadi lagi “kecelakaan” yang parah yang menyebabkan 2 korban: 1 korban pembunuhan fisik, Habil. 1 korban  jiwa/roh, Kain.


TENTANG TATANAN ANATOMI MANUSIA:
Tatanan urutan: 1) roh, 2) jiwa dan 3) tubuh tidak bisa diganggu-gugat.

Kesalahan pabrik kendaraan itu diperkirakan sistem rem tidak mempertimbangkan
Berat kendaraan (tubuh)
 berat beban yang ditanggung oleh jiwa (padahal belum ada beban kehidupan manusia sepertii saat ini yang ditanggung/dirasakan jiwa Hawa pada saat di taman Eden)
Dalam keadaan belum berdosa, berarti roh yang  murni, yang berasal dari Allah. Lalu kenapa terjadi Kej 3:2?  Kendaraan belum dipakai menempuh jarak jauh, kenapa terjadi kecelakaan? Bagaimana dengan sistem yang lain? Bagaimana dengan kualitas ketahanannya? Sistem yang lain yang dominan dan yang pasti berasal dari Allah adalah roh. Bagaimana kualitas sistem yang lain itu seperti tidak memiliki daya dukung (sensor-sensor kecepatan, suhu, bensin, rem dll yang  memadai? Bagaimana kualitas roh itu seperti tidak memiliki daya dukung dalam artian: hati nurani yang terpaut pada Allah, pada pesan firman-Nya dan seterusnya.

Apakah kita harus menyalahkan pabrik itu? Apakah kita menuding Allah?


TENTANG KEHENDAK BEBAS (FREE WILL)

Di taman Eden, hanya ada SATU PESAN FIRMAN
Pesan itu adalah: SEMUA BOLEH,  SATU PILIHAN (optional), dan hanya SATU: JANGAN

Pesan itu secara dapat diartikan bahwa Allah memberikan kehendak bebas kepada manusia.

Tujuan pesan itu adalah sebagai perlindungan atau PROTEKSI atas manusia dengan kehendak bebas itu
.
Kehendak bebas itu terdapat dan dinyatakan pada pesan pertama, perintah pertama, yang utama dan satu-satunya ini.

JIWA ADALAH TEMPAT DARI MANIFESTASI KEHENDAK BEBAS.


TENTANG CACAT BAWAAN

Setelah ditelaah dan diselidiki secara menyeluruh, masalahnya bukan cacat bawaan dari pabrik, tetapi cara mengemudinya tidak benar, karena pengemudinya seorang perempuan yang baru belajar mengemudikan mobil. Dia tidak memahami sistem kendaraan, dia tidak mengerem pada waktunya, sehingga menyebabkan kecelakaan dan korban. Semua daya dukung yang ditanamkan pada sensor-sensor dan processor sudah sangat baik. Semua dibuat dengan kualitas terbaik di dunia. Dan semua sudah TERPROTEKSI untuk melindungi keselamatan penumpang.

Hawa tidak memahami:
Maksud pesan firman Allah (yang hanya 1 ayat itu);
Kekuasaan dan pemerintahan ALLAH atau Kerajaan Allah;
Pemerintahan Allah belum ada di dalamnya.
Jadi tantanan pemerintah (chain of command) itu juga belum ada: roh, jiwa, tubuh.

Jadi, sebenarnya, ALLAH SUDAH MEMBERIKAN PROTEKSI ATAS HIDUP ADAM DAN HAWA.


TENTANG ALLAH MENGHORMATI KEHENDAK BEBAS

Apakah Allah tidak tau apa yang akan terjadi? Apakah Allah tidak tau apa yang sedang terjadi? TIDAK MUNGKIN. Mata Allah bisa melihat seluruh bumi, tidak mungkin baru 2 manusia di taman Eden luput dari pengamatan-Nya. Tapi kenapa tidak ada interupsi Allah supaya manusia tidak jatuh dalam dosa?

Dari  peristiwa di taman Eden berarti ALLAH MENGHORMATI KEHENDAK BEBAS MANUSIA YANG
DICIPTAKAN / DIBUAT-NYA.

Namun bukan saja Allah memberikan PROTEKSI;  Allah juga memberikan GARANSI atau JAMINAN KESELAMATAN MANUSIA menurut RENCANA KEKEKALAN-NYA sebelum bumi ini dijadikan, sebelum manusia diciptakan. Di sini, pada JAMINAN KESELAMATAN, S&K berlaku.


TENTANG MENGHORMATI KEHENDAK BEBAS ORANG LAIN

Dengan demikian  setiap orang harus menghormati KEHENDAK BEBAS seseorang – karena ALLAH MENGHORMATI KEHENDAK BEBAS MANUSIA YANG DICIPTAKAN / DIBUAT-NYA.

Berarti: Jangan biarkan roh penghakiman bekerja untuk menghakimi saudaramu atau orang lain.
Yusuf hendak dibunuh saudara-saudaranya oleh karena dia menyampaikan mimpinya.

Apa yang saya dan orang lain dapatkan (tentang pendapat saya atau pendapat orang): TIDAK BISA orang  lain tau apakah dari saya menyatakan pikiran yang berasal dari jiwa saya; atau dari roh saya. Orang HANYA bisa menilainya dari “buahnya”; dari “buah pikiran” itu sendiri.

Nilai seseorang dari buahnya. Kalo seseorang menilai orang lain bukan dari “buahnya” maka tidak ada pernyataan yang benar dari semua orang – siapa pun dia. Yang dinilai adalah mana yang lebih besar kontribusinya “buah pikiran” atau “buah Roh”? Bukan secara cepat menghakimi.

“Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.” (Yesaya 11:3)
Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung! (Roma 14:13).

Tentang Pernyataan “Jiwa bukan ciptaan Tuhan”.

Pendapat saya: walau pun jiwa bukan ciptaan langsung dari Tuhan. Tapi “jiwa” adalah akibat perbuatan yang dilakukan Allah sendiri. Tidak mungkin Allah mengingkari apa yang sudah dilakukan-Nya.

Hakekat menghormati kehendak bebas termasuk bebas menyatakan pendapat itu termanifestasi dalam jiwa manusia.

Amsal 27:17  Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.

JIWA  ADALAH WADAH DARI KEHENDAK BEBAS.


Hakekat KEMANUSIAAN itu adalah KEHENDAK BEBAS.

Ini adalah KEMANUSIAAN (HUMANITY) YANG TERUS DIANGKAT-ANGKAT OLEH IBLIS sejak kemenangannya di taman Eden.

Kehendak bebas BUKAN BERARTI KEBEBASAN.


Allah menyediakan PROTEKSI dan YESUS Mendemonstrasikannya.

Allah sudah menyediakan proteksi sejak dari taman Eden sampai sekarang ini, yaitu FIRMAN-NYA.

ADAM-HAWA TELAH MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGGUNAKAN KEHENDAK BEBAS ITU DENGAN CARA YANG SALAH (ABUSE OF POWER) di TAMAN EDEN.

Akibat penyalah-gunaan kekuasaan (ABUSE OF POWER of FREE WILL), kehendak bebas, yang diberikan Allah kepada manusia, timbullah reaksi kejatuhan berantai: CORRUPTION atau perbudakan kebinasaan dan kesia-siaan sampai hari ini.

Roma 8:21  tetapi dalam pengharapan, karena makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan (bondage of corruption) dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah.


TETAPI YESUS TELAH MENDEMONSTASIKAN BAGAIMANA KITA BISA MENGENDALIKAN KEHENDAK BEBAS ITU DI TAMAN GETSEMANI:

Matius 26:39  Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki."


MEMPERSEMBAHKAN KEHENDAK BEBAS KITA KEPADA ALLAH

Penyerahan total hidup kita artinya menyerahkan kehendak bebas kita kembali kepada Allah, sehingga kita rela hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus. Itu sama juga artinya dengan mempersembahkan jiwa kita.

Penyerahan kehendak bebas adalah bentuk dari berjalan dalam penyangkalan ini (walk in self-denying). Ini lebih dari berjalan dalam iman (walk in faith).

Matius 16:24  Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus MENYANGKAL DIRINYA, memikul salibnya dan mengikut Aku.


Jiwa yang DISELAMATKAN dan yang DIMENANGKAN.

Pada titik penyerahan total ini berarti jiwa kita dimenangkan bagi Allah oleh Yesus Kristus. Ketika kita mendengarkan Injil jiwa kita diselamatkan dari neraka, karena kuasa darah Yesus berbicara kepada Allah, memohonkan anugera keselamatan dan Allah menyucikan dosa kita dan kita dibawa kepada terang-Nya yang ajaib.


Allah terus bekerja dalam hidup kita sampai jiwa kita dimenangkan.

Tetapi saat kita menyerahkan hidup kita secara total kepada Yesus, berarti jiwa kita dimenangkan bagi Allah oleh karena kuasa Firman dan Roh Kudus yang bekerja di dalam hidup kita.

 Pekerjaan utama Allah bertujuan untuk menghancurkan benteng-benteng dan kubu-kubu yang pernah dibangun iblis sebelum kita bertobat dan menerima Yesus. Itu hasil pekerjaan iblis di dalam kita.


Pola Pikir Lama Dan Pembaruan Pikiran.

Benteng-benteng itu adalah pola pikir lama dan dibangun berdasarkan filosofi dan ajaran dunia yang  logis dan lazim dengan menitik-beratkan kepada kemanusiaan / humanisme (baca: kehendak bebas). 

Kubu-kubu itu adalah kecenderungan hati yang membesarkan/meninggikan jiwa dan menyenangkan perasaan seseorang. Hal ini yang disajikan adalah hal-hal yang lumrah dan lazim serta logis dan tidak bertentangan dengan hukum dan azaz kemanusiaan. Dinamakan kubu-kubu oleh karena kecenderangan hati manusia itu menjauhkan manusia dari Allah.  Mungkin orang itu masih beribadah dan taat, atau bahkan melayani di gereja, tapi tidak sepenuhnya bergantung kepada Allah; roh masih belum sepenuhnya dipimpin oleh Roh Kudus. Tatanan pemerintahan  dah hukum-hukum di dalam orang itu belum sesuai dengan kodratnya sebagaimana tujuan awal penciptaan: roh, jiwa, tubuh.

Mempersembahkan kehendak bebas berarti roh kita harus berbicara lebih keras daripada jiwa kita (our spirit speaks louder than our soul). Roh kita harus terbukti menguasai pikiran (jiwa, adalah manifestasi dari pikiran/kehendak bebas) dan kehendak daging / tubuh (tubuh, sebab tubuh adalah manifestasi dari kehendak).
KEHENDAK BAPA yang dinyatakan dalam FIRMAN, HARUS  DIMENANGKAN daripada kehendak jiwa sendiri.



Manusia dengan kehendak bebasnya adalah PEMBANDING bagi para malaikat.

Allah menciptakan manusia dengan kehendak bebas. Allah juga sebelumnya telah menciptakan malaikat dengan kehendak bebas.

Lucifer menggunakan kehendak bebasnya dengan memberontak ingin menyamai Allah Yang Maha Tinggi (El-Yon).  Lucifer menjadi iblis.

Hawa dipengaruhi oleh iblis dengan licik, dengan tipu-daya, supaya menyamai Allah Yang Maha Tinggi. Kejatuhan iblis oleh karena diri-nya sendiri. Kejatuhan manusia karena dicobai oleh iblis.

Iblis TIDAK MENDAPATKAN KESEMPATAN KEDUA (SECOND CHANCE).

Manusia MENDAPATKAN KESEMPATAN KEDUA oleh karena KEJATUHAN MANUSIA BUKAN DISEBABKAN DIRI-NYA (kehendak bebas-nya) secara langsung, tapi oleh karena ditipu oleh iblis.

ITU ADIL.

Jadi MANUSIA dipakai oleh Allah sebagai pembanding buat seluruh makhluk.


PEMBANDING adalah SAKSI.

Yesus membawa kesaksian tentang diri-Nya dan tentang Bapa.

Yohanes 5:36  Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.

YESUS adalah PEMBANDING buat gereja.
Yesus datang ke dunia untuk menghakimi.

Mereka yang memiliki KESAKSIAN YESUS DIPAKAI ALLAH SEBAGAI PEMBANDING.
KESAKSIAN YESUS adalah Firman.
Firman memberikan kesaksian tentang Yesus.

MANUSIA FIRMAN

Mereka yang memiliki kesaksian Yesus adalah MANUSIA FIRMAN.

Firman itu telah menjadi MANUSIA YESUS dan diam di antara kita.
Oleh Firman dan Roh, manusia percaya Yesus itu dijadikan MANUSIA YESUS.
Yesus menjadi yang SULUNG di antara banyak saudara.

Manusia yang telah diselamatkan jiwanya ditempatkan di sorga.
Manusia yang telah dimenangkan jiwanya menjadi manusia Yesus.
Manusia Yesus akan tetap eksis di bumi, maka ada kebangkitan pertama.

YESUS MENJADI HAKIM BUAT IBLIS.
MANUSIA YESUS AKAN MENJADI SAKSI.

Manusia tidak percaya Yesus akan dihakimi melalui kesaksian Yesus.
Manusia Yesus akan menjadi saksi.

Iblis dan pengikutnya telah dibuang ke bumi.
Manusia ada di bumi.
Tahta pengadilan Allah ada di bumi.

Yoh 5:22  Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,


TENTANG TUBUH YANG DIBANGKITKAN

Tubuh manusia terdiri dari darah dan daging. Tubuh adalah wadah dari manifestasi kehendak bebas. Tapi karakter kedagingan di dalam daging itu seperti virus kanker. Karakter kedagingan adalah kondisi manusia di mana tubuh manusia dikuasai oleh berbagai kehendak oleh karena pengaruh dosa yang berasal dari iblis, pada peristiwa taman Eden. Kedagingan itu ingin membunuh kita perlahan-lahan dan tanpa terasa, malahan seperti menyenangkan.

Dan Allah dengan hikmat-Nya telah membuat manusia itu terdiri dari daging dan darah, supaya “dia”, yang berada atau yang bersembunyi dalam kedagingan di dalam daging dan darah itu menjadi fana.  Demikian, tidak ada yang tersembunyi bagi Dia.

Artinya:  walau pun manusia dalam keberadaan berdosa seumur hidupnya, Allah tetap memegang kontrol.  Karena itu Ia tidak membiarkan Adam dan Hawa memakan buah dari Pohon Kehidupan itu, setelah jatuh dalam dosa sehinga tubuhnya tidak dapat mati (Kej 3:22).


Si jahat dapat memperdayai hati orang dan merasuki jiwa yang lemah.  Tapi tidak akan ada “tanah” lagi bagi si jahat untuk berpijak ketika tubuh yang fana itu berlalu.
Juga, ketika seseorang telah dimenangkan jiwanya dan mengenakan tubuh manusia yang baru dengan kehendak Allah dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya (Efesus 4:24), maka tidak ada lagi pijakan bagi si jahat dalam tubuh itu.

Ketika jiwa-jiwa itu sudah DIMENANGKAN seluruhnya – kemuliaan Allah  akan memenuhi bumi; dan  manusia fana yang tadinya fana itu telah diubahkan dan mengenakan tubuh manusia baru; setan tidak akan mendapat tempat lagi di bumi. Dosa dan maut tidak berkuasa lagi. Hai maut di manakah sengatmu (1 Korintus 15:55)? Itulah bumi yang baru yang hanya berisi manusia baru yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat berdosa lagi.

1 Korintus 15:54-55 Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan, yang tertulis: “Maut telah ditelan dalam kemenangan. Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?”

1 Korintus 15:42  Demikianlah pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.
43  Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan.
44  Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah.

Mengapa Allah membuat manusia terdiri dari darah dan daging, demikian lemah? Allah ingin menunjukkan dan membukti kuasa-Nya bekerja SEMPURNA pada makhluk yang lemah.

2 Korintus 12:9  Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Wahyu 2:7  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: BARANGSIAPA MENANG, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

Menang berarti jiwanya telah dimenangkan oleh Yesus Kristus dipersembahkan bagi Bapa.

AKHIRNYA YANG TERBESAR DARI SEMUANYA ADALAH KASIH (AGAPE)

1 Kor 13

2  Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.
8  Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.
9  Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.
10  Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.
13  Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Kasih Allah dinyatakan dengan kebaikan-Nya. Dia nyatakan kasih itu dengan mengorbankan Anak-Nya yang tunggal. Dia berikan dan sediakan semua lewat anugerah, kasih setia-Nya dan kasih karunia-Nya. Itu adalah hal yang nyata dari kerelaan hati Allah oleh karena KASIH YANG SEMPURNA (AGAPE).

In His Love, Grace and Mercy

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman