ROH KEKUDUSAN - MASUK KE TEMPAT PERHENTIAN NYA

MENGENAL ROH KEKUDUSAN  

Roma 1:4  dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita.



Dalam musim kairos Tuhan yang baru ini (8 April 2020 – 31 Oktober 2020) kita harus lebih percaya kepada-Nya, tepatnya lebih PERCAYA DALAM NAMA YESUS KRISTUS -  supaya kehadiran-Nya meningkat dalam hidup kita. Iman kita juga harus meningkat daripada yang tidak pernah kita bayangkan. Sampai di mana iman kita bisa meningkat? Sampai iman kita setingkat dengan iman Allah. Bagaimana bisa? Mengapa harus demikian?

Allah menghendaki kita memiliki iman yang sama dengan-Nya. Apa maksudnya?

Yes 55:11  demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Iman Allah mengatakan setiap firman yang keluar dari mulut Nya pasti akan menjadi realita. 

Supaya iman kita bisa sama dengan iman Allah, atau setidaknya kita bisa memakai iman-Nya Allah; maka kita harus mengenal Roh Kekudusan. 

Roh kekudusan bekerja di luar tubuh kita. Dialah yang membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Oleh kesaksianNya Ia menyatakan bahwa Yesus tidak berdosa dan dengan kuasaNya, membawa Yesus dari neraka dan dari hades kembali kepada tubuhNya. 

Tujuannya daripada semua ini adalah supaya kita bisa masuk ke tempat perhentian-Nya oleh sebab nama Yesus Kristus itu telah dikaruniakan kepada orang percaya. Supaya di dalam nama Yesus kita beroleh hidup, dan mengalami hidup itu secara berkelimpahan dalam segala hal. 

Bagaimana kita bisa mengalami hal ini semua? Apa yang Yesus alami akan kita alami, hanya apabila ada keterhubungan antara kita dengan Yesus. 

 1. Secara pengakuan iman.  
Ketika kita dibaptis, ditenggelamkan di dalam air, kita sudah mengalami kematian bersama Yesus. Dan ketika kita dibangkitkan berarti kita dibangkitkan bersama Dia. Ini yang berarti kita memiliki iman di dalam nama Yesus.

2.  Secara fakta rohani. Ketika kita mengalami lahir baru, roh kita dibangkitkan dan juga kita menerima Penolong, Roh Kudus di dalam roh kita.   Fakta rohani harus menjadi realita dalam hidup kita. 

3. Secara pengalaman. 
Artinya, setelah lahir baru kita harus dibawa oleh Roh Kudus dalam perjalanan rohani menuju kepada kematian diri sendiri (self, kedagingan), supaya jika tubuh kita benar-benar mati, kita  dibangkitkan oleh Roh pengudusan dan diberikan tubuh yang baru. 


Mengenal Roh Kekudusan

Pekerjaan Roh kekudusan ini terhubung langsung dengan kebangkitan tubuh Yesus. Maka keterhubungan kita melalui Yesus akan membawa kita kepada kuasa kebangkitan. 

Kodrat manusia Yesus.

Roma 1:3 (TB)  tentang Anak-Nya, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud, 

Yesus Kristus dilahirkan menurut daging, menurut hakikatnya sebagai manusia, Ia 
diperanakan dari keturunan Daud. Dan Ia dibangkitkan pula oleh Roh kekudusan, oleh karena tidak ditemukan kecemaran di dalam-Nya baik kecemaran tubuh mau pun kecemaran spirit. Ia telah dibunuh dalam keadaannya sebagai manusia dan dibangkitkan menurut Roh. (1 Pet 3:18).

Kodrat ilahi-Nya Yesus sebagai Anak Allah. Dilahirkan sejak kekekalan.

Roma 1:4  dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita.


Jadi ada 2 macam kodrat pada Satu Pribadi, pada Nama-Nya Yang Kudus.

There is power in the name of Jesus. Saudara dan saya suka mendengarkan lagu itu bukan? Dan kita setuju dengan pernyataan: there is power in the name of Jesus.  Roh kita setuju. Hati kita setuju. Dan pikiran kita setuju. Semua setuju dengan there is power in the name of Jesus.   Tapi ada yang salah?  Apa yang ada dalam pikiran saudara sekarang, mungkin telah menipu saudara. Anda telah mengakui Yesus telah mati dan bangkit. Segala kuasa telah diserahkan kepadaNya. Kita percayai semua itu dengan iman dan dari hati yang paling dalam. Itu semuanya benar dan amin. Lantas, apa yang salah? Ada yang kurang.

Karena Anda memercayai kuasa nama itu hanya terbatas yaitu: hanya ketika Dia mati di kayu salib, bangkit dan naik ke sorga, untuk menerima kembali segala kuasa dan kemuliaan-Nya yang telah ada sejak semula. Ini adalah posisi kemuliaan-Nya sebagai Anak Manusia, yang telah ditinggikan.

Ini adalah saat dimana nama-Nya Yesus Kristus dikaruniakan kepada orang percaya.

Namun bahkan sebelum nama itu dikaruniakan kepada kita, nama-Nya berkuasa sejak semula oleh karena kodrat ilahi Nya. 


Lukas 1:30-32 (TB)  Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,

Kembali lagi ada 2 kodrat-Nya:
secara ilahi Ia adalah Anak Allah Yang Mahatinggi Secara manusiawi Ia adalah keturunan Daud..

Sebelum di dalam kandungan, Anak Allah itu diberi nama Yesus. Sudah ada nama-Nya.

1. Nama Yesus berkuasa ketika Ia masih dalam kandungan.

Lukas 1:41, 43-44 (TB)  Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus,
Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?
Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

2. Nama Yesus berkuasa atas setan-setan, sebelum Dia mati disalib dan bangkit. Iblis mengenal Yesus, karena Dia adalah Anak Allah Yang Mahatinggi.

Matius 8:28-29 (TB)  Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorang pun yang berani melalui jalan itu.
Dan mereka itu pun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"


3. Nama Yesus berkuasa sebagai Tuhan.

Matius 21:1-3 (TB)  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem dan tiba di Betfage yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku.
Dan jikalau ada orang menegor kamu, katakanlah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya."


4. Nama Yesus berkuasa di hadapan Bapa.

Yohanes 16:23 Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya 
kepadamu dalam nama-Ku.

Yohanes 16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,


5. Nama Yesus adalah karunia. Nama itu telah diberikan kepada orang yang percaya dalam nama-Yesus sebagai karunia. 

Artinya, walau pun iman kita hanya sebesar biji sesawi, tapi kuasa dalam nama Yesus tidak berkurang sedikit pun. 

Ibrani 1:4 (TB)  jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.


Nama Yesus Kristus TIDAK TERBATAS

Kisah Para Rasul 3:6 Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!"

Nama Yesus orang Nazaret itu berkuasa membuat kesembuhan dan pemulihan, walau pun fisik orang itu, Yesus Kristus itu, telah kembali ke sorga.

Mengapa Petrus tidak berkata: demi nama TUHAN Yesus Kristus? Melainkan dia katakan: demi nama Yesus Kristus, ORANG Nazaret itu…?

Karena Petrus tau pasti, kuasa Nama Yesus Kristus yang TIDAK TERBATAS; baik dalam keadaan-Nya sebagai Anak Allah mau pun sebagai Anak Manusia, karena Dia memiliki dua kodrat dalam satu PribadiNya.  Baik ketika Ia ada bersama-sama dengan mereka atau di mana pun Ia sekarang ada. Itu memperjelas, bahwa pikiran kita selama ini telah menipu kita.


Nama Yesus Kristus Telah Dikaruniakan Bagi Kesembuhan

Kis 3:16  Dan karena kepercayaan dalam Nama Yesus, maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini; dan kepercayaan itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.


Nama Yesus Kristus Telah Dikaruniakan Bagi Keselamatan

Kisah Para Rasul 4:12
Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Namanya menyelamatkan. Namanya mengeringkan laut. Ini adalah karakter ilahi dari nama-Nya.

Kisah Para Rasul 2:21 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.

Roma 10:13  Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. 

Itu sebabnya mengapa Anda dan saya jangan meragukan lagi nama Yesus yang berkuasa. Bahkan sebelum saudara dan saya mengenalNya!


Mazmur 106:8-9 (TB)  Namun diselamatkan-Nya mereka oleh karena nama-Nya, untuk memperkenalkan keperkasaan-Nya. Dihardik-Nya Laut Teberau, sehingga kering, dibawa-Nya mereka berjalan melalui samudera raya seperti melalui padang gurun.

Amsal 18:10
Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat.

Yoel 2:32
Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang-orang yang terlepas." 


Allah menjadikan alam semesta oleh karena Yesus. Namanya  berkuasa bahkan sebelum alam semesta dijadikan Allah.

Yoh 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 2  Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. 3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.


Nama Yesus Kristus Ditetapkan Allah Sebagai Yang Berhak Menerima Segala Yang Ada

Ibrani 1:2 (TB)  maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.


Kita akan diberikan nama yang baru – yang bersanding dengan nama-Nya.

Wahyu 2:17  Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, yang tidak diketahui oleh siapapun, selain oleh yang menerimanya."

Luk 10:20  Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga."


Percaya dalam Yesus Kristus Sebagai Jaminan Bagi Allah Untuk Masuk ke Tempat Perhentian

Ibr 4:4  Sebab tentang hari ketujuh pernah dikatakan di dalam suatu nas: "Dan Allah berhenti (rest) pada hari ketujuh dari segala pekerjaan-Nya."
5  Dan dalam nas itu kita baca: "Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku."
9  Jadi masih tersedia suatu hari perhentian, hari ketujuh, bagi umat Allah.
10  Sebab barangsiapa telah masuk ke tempat perhentian-Nya, ia sendiri telah berhenti dari segala pekerjaannya, sama seperti Allah berhenti dari pekerjaan-Nya.
11 Karena itu baiklah kita berusaha untuk masuk ke dalam perhentian itu, supaya jangan seorangpun jatuh karena mengikuti contoh ketidaktaatan itu juga.


Hanya bagi mereka yang MEMILIKI IKAT-JANJI (COVENANT) DENGAN TUHAN yang berhak masuk ke tempat perhentian-Nya (mengalami rest). Di tempat perhentian inilah terdapat iman-Nya Allah. Tempat perhentian ini terdapat persekutuan ketiga pribadi Allah yang Esa: Bapa, Anak dan Roh Kudus. Hanya mereka yang memiliki iman dalam Nama Yesus Kristus itu dapat masuk ke tempat perhentian Allah dan mengalami rest bersama-Nya dalam persekutuan abadi, di dalam kebenaran, damai sejahtera dan sukacita yang sesungguhnya.


Bukan atas dasar validasi (perkenanan) manusia dengan segala peraturannya kita masuki tempat perhentian ini. Hanya berdasarkan perkenanan dari Allah Yang Mahatinggi saja kita memasuki tempat perhentian-Nya. Itulah pekerjaan daripada Roh Pengudusan yang melayakkan kita memasuki tempat perhentian Allah. Tanpa kerja dan peranan aktif daripada Roh pengudusan tidak seorang pun masuk ke tempat perhentian Allah.

Hanya mereka yang namanya tercatat di sorga yang dapat masuk ke tempat perhentian-Nya.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman