RESTORASI JIWA MELALUI YESUS

*HE RESTORES MY SOUL*

Jika kita menanggapi dengan benar pesan nabi Allah, berkat-berkat dari Tuhan dan restorasi di segala bidang kehidupan akan mengikuti.

Maz23. Daud mengumpakan dirinya sebagai domba dan Tuhan sebagai gembala. *Tidak pernah domba memberontak kepada gembalanya.* Apa yang salah dengan gereja yang setelah bertahun-tahun lamanya dituntun dan diberikan makan oleh gembala lalu tiba-tiba memberontak dan lari meninggalkan sang gembala begitu saja tanpa alasan yang jelas?

gbr. pinterest.com

Yang saya renungkan dari Maz 23 intinya adalah soal pemulihan jiwa. 
Tanpa melalui proses pemulihan jiwa yang tepat dan terus-menerus sampai terbentuk jiwa yang utuh, Maz 23 ini tidak akan ditulis oleh Daud. Setiap orang percaya harus melalui proses ini.

Daud telah mendapatkan keutuhan jiwanya. Daud sendiri mungkin seorang anak haram (Mazmur 51:5 Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.)
Masa kecilnya dan masa remajanya dia dipisahkan dari saudara-saudaranya. Daud memiliki perawakan yang kecil dibandingkan saudara-saudaranya. Melalui perjalanan rohani dengan Tuhan, Gembala Agung itu, jiwa Daud dipulihkan utuh dan  sempurna. Tuhan menaruhkan pula kekekalan di dalam hatinya sehingga Daud dapat memenuhi semua kehendak Tuhan dalam hidupnya.

HE restores my soul. Hanya Tuhan yang bisa memulihkan jiwa kita menjadi utuh kembali. Hanyalah jiwa-jiwa yang sesuai dengan desain asli Tuhan yang dapat melaksanakan rencana agung Tuhan.
Karya Gembala Agung itu menakjubkan. ia mengembalikan jiwa kita. Berapa banyak dari kita ingin Tuhan untuk mengembalikan jiwa kita, pikiran, keinginan yang murni, kecerdasan dan kepribadian dll?

_Mazmur 23:3a  Ia menyegarkan jiwaku._
*Inti dari Mazmur23 adalah pemulihan jiwa  Daud dan jiwa kita (HE RESTORES our SOUL).*
Tanpa jiwa kita dipulihkan tidak bisa kita mengatakan: _Takkan kekurangan aku! (I shall not want)._
Takkan kita bisa merasa aman dan tentram: _Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang_ (ay2).

Tidak juga kita akan memiliki keberanian: _Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya (4a)._

Tidak akan jiwa kita merasakan perlindungan dan penyertaan-Nya: _sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku (4b)._

Tanpa pemulihan Nya tidak mungkin jiwa kita merasa aman. Terlebih di hadapan musuh-musuh kita: _Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku (ay5a)._

Tanpa jiwa kita dipulihkan terlebih dulu tidak mungkin kita menjadi percaya diri (confident), mampu mengatasi segala keadaan (prevail), mengambil keputusan yang terbaik (berotoritas): _Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah._

Tanpa jiwa yang sudah dipulihkan takkan bisa kita mengalami: _Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku_

Pemulihan jiwa ini membawa kita kepada kerinduan akan Rumah Tuhan: _dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa._

"Aku lemah lembut dan rendah hati". Kita BISA memiliki karakter lemah lembut (meek) dan rendah hati (lowly in heart) itu dengan belajar dari Tuhan Yesus. Bukan berusaha sendiri, mencoba bicara lemah lembut, memelankan suara. Bukan meniru, tapi memiliki karakter asli. Dasarnya adalah jiwa yang telah dipulihkan, mengikuti perintah Tuhan, mendapatkan REST.

Lihat betapa pentingnya IA menyegarkan dan memulihkan jiwamu dan jiwaku. (HE RESTORES our SOUL).



*RESTORASI JIWA KITA (bagian 2)*

Kita sudah melihat betapa pentingnya jiwa kita dipulihkan. *Jika tidak kita tidak akan dapat menerima, memahami dan menikmati apa yang Tuhan sudah sediakan buat hidup kita sekarang ini: keselamatan, keamanan, ketrentaman, kebenaran, damai sejahtera dan sukacita dari Roh Kudus. Kita tidak bisa menikmati apa yang dikatakan Daud dalam Mazmur32.*

*Seluruh Mazmur memberikan tiga prinsip untuk "memulihkan jiwaku." Ini termasuk rest, reflection dan replenishment.*

"Rest" - masuk ke tempat perhentianNya, selalu mendatangi Tuhan di tempat kudus Nya.
"Reflection" -  refleksi, menilai dirinya menurut sudut padang Tuhan.
"Replenishment" - pengisian ulang dengan firman kebenaran yang segar, murni; dengan rahmat-Nya yang selalu baru. Ini merupakan antisipasi untuk selalu bersama Tuhan selamanya.

*Prinsip-prinsip di atas sudah kita ketahui, namun pelaksanaannya adalah hal yang berbeda, walaupun berkaitan erat.*

Mari kita ulas lagi bagaimana kita bisa melakukan prinsip-prinsip Daud itu sehingga ia mengalami dan memiliki jiwa yang pulih seutuhnya. Jangan ragu untuk mengulang proses yang mungkin pernah Anda dan saya pernah lalui. Mungkin saja ada yang terlewat, ada yang terlupakan. Sementara itu saya percaya, ketika kita menjalaninya kita akan mengingat lagi kasih Tuhan yang mula-mula itu. Ini dia.

Allah mengundang kita ke dalam proses pemulihan itu. *Memulihkan apa yang telah hilang dari desain aslinya* untuk semua umat manusia, secara umum, dan apa yang telah hilang di dalam hati kita, khususnya.

*Ya, Tuhan menginginkan jiwamu dipulihkan, tapi Dia tidak pernah memaksakan kehendak-Nya.* 

Pada jaman Nuh, semua orang sudah tidak bisa lagi menguasai dan mengontrol dirinya. Pada saat itu orang mulai merusak dirinya sendiri dengan alkohol, obat bius, keinginan sex yang tidak terkendali, hedonisme, dst. Pada kondisi itulah mereka dihancurkan Tuhan. Pada jaman ini kondisi sebagian orang serupa dan terlebih parah dan Tuhan menyerahkan mereka kepada iblis untuk dibinasakan.
*Kita tidaklah separah itu.* Kita telah diadopsi olehNya untuk tidak menjadi serupa dengan dunia, namun kadang-kadang kita masih suka memberontak.

Hanya kita sendiri yang dapat menyelamatkan diri. Saatnya membuat keputusan, memiliki ketetapan hati. *Akan ada satu kesadaran untuk keluar dari perbudakan dosa dan pemberontakan, bukan orang lain.* Bukan pasangan mu, bukan anak-anak mu, bukan orangtuanya, bukan pastor atau siapa pun.  Tuhan hanya memberikan jalan dan fasilitas dan pertolongan lewat mereka. Demikianpun orang lain hanya memberikan nasehat dan saran. *Kesadaran itu adalah sudah ada di dalam diri setiap orang. Itu adalah hak azasi (birth-right) yang harus kita pergunakan terus. Tidak ada satu kuasa apapun atau keadaan apa pun dapat menghalangi kita untuk sampai pada kesadaran diri.* Jangan berharap diperhatikan orang. Jangan berharap gembala dan tim besuk gereja menjengukmu.

Putra yang bungsu itu (prodigal son) sampai pada kesadarannya, menjadi sadar SENDIRI. *He came to his sense. He came to himself.* 

*Kesadaran itu (sense) harus kita pakai untuk memerangi kemalasan, keraguan, ketakutan dan/atau apa pun itu yang menghalangi kita untuk melakukan prinsip-prinsip Maz23.*

Kita sering belajar menggunakan mekanisme untuk menolak atau mempertahankan diri seperti menyangkal atau lari dari persoalan, mengecilkan masalah, merasa baik-baik saja. Jenis lainnya adalah dengan membuat alasan yang membenarkan diri atau rasionalisasi atau mencari-cari alasan logis. Dan cara-cara lain untuk mengatasi, untuk menghindari kebenaran kerusakan di dalam jiwa kita sendiri. Jika kita terus demikian maka Anda dan saya tidak akan sampai pada kesadaran, tidak bisa menjumpai (melihat) dirinya sendiri. Setelah berkaca, dia sudah lupa wajahnya sendiri.

Yakobus 1:24 Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya. 

Kerusakan yang dimaksud di sini bisa jadi adalah istilah yang pas untuk menggambarkan keadaan anda dan saya karena selalu saja mencari-cari alasan. Jadi masih banyak istilah yang mungkin terdengar tajam atau bahkan tidak tepat menggambarkan keadaan kita sebenarnya. Tapi baiklah kita jangan mempermasalahkan nya di sini.

Dua orang tidak bisa berjalan bersama jika tidak sepakat. Jika Anda ingin jiwa anda dipulihkan, maka anda harus mampu mulai memberikan perhatian terhadap apa yang terjadi di dalam jiwa anda. Jiwa kita berbicara kepada kita melalui reaksi mereka. Depresi, kecemasan, penyesalan, rendah diri, putus asa, kecanduan, ketidakpuasan, kemarahan ... jiwa berbicara. Masalah kita adalah kemampuan dan / atau keinginan untuk mendengarkan.

Dan sebanyak yang Anda dan saya benci, rasa sakit dan penderitaan yang digunakan (bukan disebabkan) oleh Allah untuk membuka jiwa kita, yang memungkinkan rasa sakit tumpah keluar, mengakhiri kekeliruan yang tersembunyi rapih, mengakhiri kegagalan, dan membawa kerusakan di dalam jiwa kita ke permukaan sehingga kita bisa melihatnya, apa pun itu, dan masuk ke dalam pemulihan.

Ketika kita membuka diri untuk pekerjaan Allah dalam jiwa kita, kita membuka hati kita lebih lebar dari mereka yang pernah sebelumnya. Pembukaan tersebut sangat penting untuk pemulihan jiwa kita.

Apa pun kondisi jiwa kita sekarang, itu dapat dikategorikan.

1. Jiwa yatim-piatu - The Orphan Soul – Not in relationship with it’s Creator. Jiwa yang terputus hubungan nya denga sang Pencipta.

2. Dua Hambatan Jiwa -  Two Soul Barriers – Prideful Soul, Weary Soul.  Jiwa yang sombong, Jiwa yang khawatir.

Kita tidak akan menjadi sempurna dalam hidup ini, tapi kita akan menjadi lebih seperti Kristus, jika kita bertahan karena itu hidup-Nya kita sekarang tergantung pada untuk membantu kita hidup setiap hari dan membantu dengan setiap keputusan yang kita buat.

3. Jiwa yang utuh - the whole some soul - apa yang Tuhan lakukan melalui Yesus.

Bagian kita dalam proses pemulihan jiwa adalah: Connect – Engage – Follow.

Connect - Terhubung (bagi orphan soul)

Kis 3:19-20  Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,
agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus.

Matius 11:28-30  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

Mazmur 51:12  (51-14) Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari pada-Mu, dan lengkapilah aku dengan roh yang rela!

Engage - relasi yang lebih intens dan intim dengan Tuhan melalui Firman dan Roh-Nya.

Yeremia 30:17  Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu (restore health to you), Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorang pun menanyakannya.

Kerjakan keselamatan mu dengan takut dan gentar akan Tuhan. Miliki rasa hormat dan takut akan Tuhan, kejujuran, kesalehan dan jauhi kejahatan sepert Ayub. Sebab itu adalah nilai-nilai kehidupan yang luhur yang menarik perhatianNya.

Ayub 42:10  Lalu TUHAN memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu.

Job 42:10 ESV / 427 helpful votes
And the Lord restored the fortunes of Job, when he had prayed for his friends. And the Lord gave Job twice as much as he had before. 

Follow - menjadi pengikut.

Jangan hanya menjadi pendengar / penonton (spectator). Dia mencari pengikut (follower).

Seringkali kita mengganti jiwa kita dengan "aku". We have replaced Our Soul with self.

Lukas 9:23-24  Kemudian Yesus berkata kepada semua orang yang ada di situ, "Orang yang mau mengikuti Aku, harus *melupakan kepentingannya sendiri (selfish ways)*, memikul salibnya *tiap-tiap hari(every day)*, dan terus mengikuti Aku.

Sebab orang yang mau mempertahankan hidupnya (hang on to your life), akan kehilangan hidupnya. Tetapi orang yang mengorbankan hidupnya untuk kepentingan-Ku, akan menyelamatkannya.

Yesus mengatakan bahwa setiap hari kita harus membiarkan Dia berkuasa, bukan kita. Jangan mengandalkan hidup kita tapi menggunakan kehidupan Nya.

Lukas 9:26  Kalau orang *malu mengakui Aku dan pengajaran-Ku*, Anak Manusia juga akan malu mengakui orang itu pada waktu Ia datang nanti dengan kuasa-Nya, dan dengan kuasa Bapa serta kuasa malaikat-malaikat yang suci!

Juga Yesus mengajarkan untuk kita mengakuiNya - bukan hanya dengan mulut - dalam kehidupan kita sehari-hari. Mengakui Pribadi-Nya dan mengakui pengajaran-Nya supaya diterapkan dalam keseharian kita.

Demikianlah prinsip-prinsip dan jalan-jalan Tuhan untuk memulihkan jiwa kita. Ingat Roh Tuhan terus berinisiatif untuk menemukan jalan-jalan-Nya pada Anda dan saya.

*Kesadaran dan roh yang rela akan membantu Dia membuka jalan-jalan-Nya di dalam diri Anda dan saya. Tiap-tiap hari.*

Ujung dari jalan-jalan-Nya sudah kita lihat yaitu destiny hidup kita. _The fullness of the image of God inside you._ Seberapa banyak kita yang mau memberikan roh yang rela kepada-Nya?

_Kolose 2:10  Dan karena hidup bersatu dengan Kristus, kalian pun diberi *hidup sepenuhnya.* Sebab Kristus adalah kepala atas setiap roh yang berkuasa dan yang memerintah._

_Efesus 3:20  Dengan kuasa Allah yang giat bekerja di dalam diri kita, Allah dapat melakukan jauh lebih banyak daripada apa yang dapat kita minta atau pikirkan._

Benarlah himbauan ini:
Touching God is our passion
Changing life is our priority. Amin.

*How wonderful is our God. Haleluyah!!!*

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman