PERISTIWA DEMO DAN KERUSUHAN DI JAKARTA 411


KERUSUHAN JAKARTA 411 DAN KERUSUHAN DI EFESUS

Kita melihat dari peristiwa demo dan kerusuhan 411 di Jakarta. Penduduk kota benar-benar sudah di depan pintu!!! Mereka mengalami kebingungan. Mereka diombang-ambingkan berbagai kepentingan sendiri: ambisi, memproteksi kepentingan diri sendiri, membela agama, kepentingan uang, kepentingan bisnis, merasa paling benar, merasa mayoritas,  demi partai, demi kekuasaan, demi status quo, dlsb.




Namun inti daripada semua itu adalah mereka mengalami kekosongan spiritual. Ada reaksi dari spirit si ular, karena merasa terusik dengan kebenaran dari perbuatan seorang utusan Kerajaan Allah. Kebingungan  melanda di perkemahan musuh!

Kisah Para Rasul 19:32  Sementara itu orang yang berkumpul di dalam gedung itu berteriak-teriak; yang seorang mengatakan ini dan yang lain mengatakan itu, sebab kumpulan itu kacau-balau dan kebanyakan dari mereka tidak tahu untuk apa mereka berkumpul.

Mereka merasa terancam oleh seseorang yang telah "mengacaukan" kemapanan mereka. Tiba-tiba muncul seseorang bernama Paulus dan tinggal hampir dua tahun lamanya di Efesus...dan mengajarkan Jalan Tuhan.

Kisah Para Rasul 19:10  Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga ....

Di kota megapolitan yang ramai didatangi berbagai bangsa ini, dua tahun lamanya Ahok menjabat sebagai gubernur. Ia mengajarkan untuk mengabdi dan menegakkan konstitusi. Ahok banyak melakukan penertiban di daerah-daerah kumuh, daerah premanisme, pelacuran, dan tempat-tempat peredaran narkoba. Banyak orang-orang kehilangan matapencaharian, kehilangan pamor, kehilangan daerah-daerah kekuasaannya dimana mereka mendapatkan uang dari situ.  Ahok terkenal kekristenannya sebagai orang yang benar dan taat. Faktor Ahok hanya satu dari faktor-faktor lainnya, seperti ambisi dan unjuk kekuatan di balik ketakutan.

Kisah Para Rasul 19:27  Dengan jalan demikian bukan saja perusahaan kita berada dalam bahaya untuk dihina orang, tetapi juga kuil Artemis, dewi besar itu, berada dalam bahaya akan kehilangan artinya. Dan Artemis sendiri, Artemis yang disembah oleh seluruh Asia dan seluruh dunia yang beradab, akan kehilangan kebesarannya."

Ada "kuil ormas" yang terancam dan merasa dalam bahaya karena semua ormas yang tidak berlandaskan Pancasila hendak dibubarkan pemerintah.

Ada “kuil perusahaan” yang terancam kredibilitasnya, karena itu ikut terlibat di dalam kejadian ini dan bahkan menjadi “sponsor” utama.

Jadi oleh karena seseorang mengajarkan dan mengatakan kebenaran mereka terusik dan merasa: 1)terhina 2) terancam bahaya 3) kehilangan pamornya / kebesarannya / kehilangan arti 4) terancam keberadaannya.

Kisah Para Rasul 19:26  Sekarang kamu sendiri melihat dan mendengar, bagaimana Paulus, bukan saja di Efesus, tetapi juga hampir di seluruh Asia telah membujuk dan menyesatkan banyak orang dengan mengatakan, bahwa apa yang dibuat oleh tangan manusia bukanlah dewa.

Ada sebuah pesan atau perkataan yang secara spesifik menyerang dewa dan junjungan mereka, termasuk kepemimpinan mereka. Kepentingan dan kepercayaan mereka diserang.

Mendengar hal itu mereka menjadi marah dan seluruh kota menjadi kacau (ay28 & 29).

Paulus juga memiliki beberapa sahabat pembesar (ay39) yang melindunginya secara tidak langsung. Mereka adalah tokoh-tokoh yang tetap menjunjung kebenaran dan akal-sehat.

Seseorang sesama Yahudi bernama Aleksander mencoba membela tapi ditolak. (Ay 34&35). Seseorang yang mengandalkan  faktor lahiriah tidak akan berdaya untuk mengatasi keadaan dan ditolak!

Sebab tidak ditemukan bukti-bukti bahwa Paulus telah merampok (korupsi) atau pun menghujat (ay37). Ini pesan profetis buat pengadilan Ahok.

PESAN-PESAN

Ini waktunya kita bersama dalam kesatuan di dalam dan melalui ROH dan Firman dan jalan-jalan-Nya!

Ijinkan Roh Kudus menyatukan arah dan tujuan (on one track).

Tidak menghakimi satu dengan yang lainnya. Rumah yang terpecah adalah rumah yang akan dihancurkan musuh!

Jangan ada lagi kebingungan di kemah kita! Harus teguh dalam doktrin dan iman. Berpegang dengan ikat-janji.

Ketika kita adalah SATU, kebingungan akan mendatangi perkemahan musuh!!

Marilah kita siapkan diri menghadapinya.
Tapi seorang panitera kota bisa menjelaskan dan menyarankan agar persoalan diajukan dan diselesaikan ke pengadilan. Mereka pun setuju karena takut dituduh sebagai pembuat huru-hara.  (Ay35-40).

Kita dukung bapa rohani kita dengan mempersiapkan diri *menjadi anak-anak panah yang lurus, yang tajam, yang lugas menjawab tantangan, yang fokus; sehingga bapa akan menjadi pahlawan yang maju menghadapi musuh di pintu gerbang kota*.

Psa_38:2  (38-3) sebab anak panah-Mu menembus aku, tangan-Mu telah turun menimpa aku.

Psa_127:4  Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.

Yeremia 50:9  Sebab sesungguhnya, Aku menggerakkan dan membangkitkan terhadap Babel sekumpulan bangsa-bangsa yang besar dari utara; mereka akan mengatur barisan untuk melawannya, dari sanalah kota itu akan direbut. Panah-panah mereka adalah seperti pahlawan yang mujur, yang tidak pernah kembali dengan tangan hampa.

Doa bagi Indonesia. Semoga Tuhan makin meneguhkan kita.


Bapa, kami percaya Engkau Tuhan telah menetapkan para pemimpin seperti Jokowi dan Ahok pada masa ini bagi tujuanMu Tuhan. Mereka adalah sebagian dari orang-orang strategisMu yang Kau tempatkan dan berperan bagi maksud dan tujuanMu.
Indonesia ada dalam genggamanMu. Kau yang berdaulat atas bangsa ini. Negeri ini milikMu, bumi ini milikMu.

Kau sedang mengerjakan sesuatu yang besar atas Indonesia. Akan lahir Indonesia Baru. Sedang kau goncangkan dan Kau tampi bangsa ini.

Sedang Kau pisahkan yang jahat dari yang benar. Sedang Kau bangkitkan orang-orang strategisMu yang lain dan orang-orang benar akan Kau tampilkan.

Kami tidak takut segala macam teror dan demo. Kenyataannya sedang Kau telanjangi kuasa-kuasa kegelapan yang bekerja di dalam mereka. Kau akan memperlihatkan kebodohan mereka sendiri dan Engkau akan mempermalukan mereka. Sudah Kau tetapkan waktunya, bahwa masa kegelapan dan pekerjaan iblis harus berakhir atas Indonesia.

Sedang Kau runtuhkan dan hancurkan roh-roh agamawi. Sudah terjadi pergeseran kekuasaan di alam roh yang memegang kendali atas kota dan bangsa ini.

Ini untuk membuktikan Kerajaan Mu dan pemerintah Mu SUDAH hadir di bumi Indonesia. Kehendak Mu lah yang jadi.

Dan telah Kau posisikan gerejaMu pada tempatnya dan pada waktuMu.

Firman yang sudah Kau lepaskan atas lahirnya Indonesia Baru sedang terwujud menjadi nyata. Mata dunia sedang menyoroti Indonesia. Bangsa ini akan Kau bentuk ulang sesuai kehendak Mu dan kebutuhan Mu. Indonesia akan menjadi contoh dan model bagi bangsa-bangsa lain.
Kami bersyukur menjadi saksi sejarah terbentuknya Indonesia!Baru di hidup kami.
Pengurapan Koresh bagi Jokowi dan pengurapan Elia bagi Ahok.  Dan pengurapan Samuel bagi gerejaMu.

Kami minta Tuhan celikkan mata hati bangsa ini, sehingga mereka bisa melihat kebenaran dan jalan-jalan Mu Tuhan. Bukakan mata mereka supaya melihat pintu itu, keluar dan dimerdekakan. Dalam nama Kristus Yesus, kami membuka pintu-pintu Kerajaan Sorgawi sekarang dan kami menutup pintu-pintu kebodohan, kebohongan, kepalsuan, dan kemiskinan.

Curahkan RohMu Tuhan seperti hujan awal dan hujan akhir atas semua orang Indonesia.
Indonesia penuh kemuliaanMu seperti air memenuhi samudera.
Indonesia bagi kemulianMu.
Haleluyah! Haleluyah! Haleluyah Kristus Yesus!

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman