YESUS MANUSIA SEJATI

 SATE - 4 September 2020

Bacalah terlebih dahulu: Matius 4:1-11

Ketika kita menemukan masalah di dalam satu aspek kehidupan dan kita menemukan firmanNya, itu yang menunjukkan bahwa bukan kita yang menemukan firman, tetapi Roh Kudus berperan di dalam hidup kita. Menjadikan firman tersebut menjadi kebenaran atau kehidupan kita sehingga kita di dalam setiap aspek dapat berpikir benar. Sehingga kita mengalami perubahan kehidupan di dalam setiap aspek berdasarkan firman yang bukan menjadi pilihan kita.

 

*#1. Bagaimana kondisi Yesus saat dicobai oleh Yesus secara jasmani dan rohani?*

Setelah berpuasa 40 hari 40 malam kondisi jasmani Yesus sehat, tapi sangat kelaparan dan kehausan, berarti kondisi daging yang lemah. Kondisi rohani Yesus sangat luarbiasa, Yesus penuh Roh Kudus.

 

#*2. Menurutmu, mengapa Roh memimpin Yesus untuk dicobai?*

 

*Roh memimpin Yesus untuk dicobai untuk membuktikan kepada dunia bahawa YESUS ADALAH MANUSIA SEJATI.*

 

A. Iblis mencobai sambil mengejek jatidiri Yesus.  *IBLIS BERPURA-PURA (BERBOHONG) TIDAK YAKIN APAKAH YESUS ITU ANAK ALLAH.* Padahal *YANG HENDAK  DIBUKTIKAN IBLIS ADALAH APAKAH BETUL DIA MENGOSONGKAN DIRI-NYA MENJADI SAMA DENGAN MANUSIA*, sebab Iblis tau Yesus telah berpuasa 40 hari 40 malam untuk mengosongkan diri-Nya dan agar Ia hanya mendengar suara Bapa-Nya.  

 

 

_Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika *ENGKAU ANAK ALLAH*, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."_  Mat 4:3  

_Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: *MANUSIA* hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."_ Mat 4:4  

 

Yesus menegaskan bahwa saat di bumi ini Dia adalah MANUSIA sejati.

 

B. Apakah MANUSIA YESUS mempertahankan hak-Nya dan keistimewaan-Nya  sebagai Anak Allah?  

 

 

Mat 4:6  _lalu berkata kepada-Nya: "Jika *ENGKAU ANAK ALLAH*, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu."_

 

_Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah *engkau*  mencobai Tuhan, Allahmu!"_ Mat 4:7

 

Pada  jawaban Yesus, “engkau” di sini adalah manusia, sebab Setan tidak mengakui Tuhan sebagai Allahnya.   Janganlah manusia mencoba Tuhan, Allahmu. Yesus menegaskan Dia adalah manusia yang tidak mencobai Tuhan, Allahnya.

 

 

C. Apakah MANUSIA YESUS mau menyembah Tuhan, padahal  jatidiri-Nya adalah ANAK ALLAH?

 

_"Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku."_  Mat 4:9

 

Seakan iblis mengatakan jika “Engkau” memang sebagai manusia, sujudlah sembah aku, maka kekayaan dan kemuliaan dunia kuberikan kepada-mu.  

 

_Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: *Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"*_ Mat 4:10

 

Yesus menegaskan Dia juga manusia, berdoa, bersyukur, menyembah Bapa dan berbakti kepada-Nya.

 

 

*#3. Bagaimana respon Yesus ketika Dia dicobai oleh Iblis?*

 

*YESUS TELAH MEMBUKTIKAN bahwa DIA adalah MANUSIA SEJATI.*

 

DUNIA PERCAYA BAHWA YESUS adalah MANUSIA BIASA.

DUNIA TIDAK PERCAYA bahwa YESUS adalah ANAK ALAH.

Sebaliknya……

 

IBLIS:                                       PERCAYA YESUS ADALAH ANAK ALLAH (Mat 8:29).

IBLIS:                                       TIDAK PERCAYA YESUS ADALAH MANUSIA SEJATI.

 

Semua orang kristen:   PERCAYA YESUS ADALAH ANAK ALLAH.

Banyak orang kristen:  TIDAK PERCAYA YESUS ADALAH MANUSIA SEJATI.

 

Dunia termasuk  banyak orang Kristen yang membuat penafsiran sendiri tentang  siapa Yesus.

Jikalau seseorang masih dalam kebingungan tentang SIAPA JATIDIRI YESUS, maka IA TIDAK MEMILIKI DASAR KEYAKINAN YANG TEGUH.

KESIMPULAN:

1. Ternyata ORANG KRISTEN yang TIDAK PERCAYA bahwa YESUS ADALAH MANUSIA SEJATI, berada di posisi yang sama dengan IBLIS. Orang itu akan terus diserang dan dicobai oleh iblis. Iblis akan terus-menerus meyakinkan orang itu bahwa Yesus benar-benar Allah, bukan manusia.  

Prinsip yang dipakai para penganut saksi YHWH juga sama: Yesus bukan manusia sejati, tapi Dia adalah YHWH sendiri. Mereka bingung siapa jatidiri Yesus, tapi hendak melemparkan orang lain kepada kebingungan itu.  Iblis bermaksud MELEMAHKAN IMAN kita bahwa tidak mungkin kita bisa menjadi sama seperti Yesus.  Jangan ikuti Dia….jangan percaya Dia. Dia adalah Allah, kamu mah apa? Percaya saja takdir, tunggu aja nasib.

 

 

2. DUNIA tidak berada di posisi yang sama dengan iblis. Jadi dunia masih punya harapan.

 

 

#4.  MENURUTMU, APA YANG MENDASARI SEMUA PERNYATAAN-NYA?

 

Dari semua pernyataan-NYA YESUS MENGAKUI DAN TELAH TERBUKTI MELALUI PENCOBAAN IBLIS bahwa DIA BISA MEWAKILI MANUSIA.  Dia mengambil rupa manusia dan rupa hamba. Ini soal kematian daging. Yesus sudah melakukannya dan itu keselamatan buat kita sebagai manusia yang sama dengan Dia.

 

JATIDIRI-NYA DI BUMI INI ADALAH MANUSIA SEJATI. Bukan berarti Ia membantah bahwa Ia adalah Anak Allah.  Dia adalah manusia sejati, dari YESUS sampai menjadi KRISTUS dan duduk di Tahta-Nya. Gelar YESUS KRISTUS di tahta adalah ANAK MANUSIA.

 

Dia adalah yang SULUNG, MANUSIA yang PERTAMA yang MENGALAHKAN DOSA dan MAUT. MANUSIA PERTAMA YANG BANGKIT. MANUSIA yang PERTAMA KE SORGA. MANUSIA PERTAMA DUDUK YANG DI TAHTA. Kerajaan Sorga itu nyata. Kuasa kita berasal dari sorga dan ada di sorga.

_Fil 2:7  melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. 8  Dan DALAM KEADAAN SEBAGAI MANUSIA, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib._

 

Dia mengambil tubuh yang serupa, daging yang serupa, memiliki kehendak-Nya sendiri. Yesus suka makan roti dan ikan. Dia membuktikannya dengan memakai tubuh yang sama, yang rentan terhadap dosa. Dia kenakan tubuh manusia yang serupa seperti tubuh manusia yang berdosa. Dia dilahirkan oleh seorang ibu.  MAKA KITA BISA DIBENARKAN DENGAN PEMBANDING YANG SAMA. Apple to apple.  DENGAN TUBUH YANG SAMA KITA BISA: MENGALAHKAN DOSA DAN MAUT DI DUNIA INI.

 

Dia ingin supaya kita sampai di mana Dia berada kita pun berada, sampai ke Sion dan ke Tahta. 

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman