PANGGILAN KEPADA KEIMAMATAN MELKISEDEK (PART2)

Ini adalah soal panggilan yang sesungguhnya dan masuk kepada dimensi hidup dalam Keimamatan Melkisedek. Tinggalkan cara hidup menurut keimamatan Lewi.

1.  Keimamatan Lewi sementara dan tidak sempurna.
Merupakan gambaran rohani, ada imam yang masuk setahun sekali. Mencari perkenananNya.



SION belum jadi, karena orang-orang masih di pelataran, imam masih di ruang Kudus dan ada tabir. Harus diwakili imam besar. Masih mencari perkenanan. Belum pasti.  Tidak jelas siapa dirimu.
Keimamatan Melkizedek sudah ada dari awal.
Keimamatan Lewi tidak juga mengambil pola Habel walaupun ada persembahan, karena Habel memberi persembahan bukan untuk pengampunan dosa.



Kejadian 14:17-20  Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja. Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.
Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi,
dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.

Ini adalah skema TUHAN mengantarkan, membawa dan menjamin dia sampai menjadi mitra Tuhan. Tuhan memanggil gereja sampai ke Sion menjadi mitra.  Ingat menjadi mitra yang setara, bukan hamba, bukan asisten. Yesus mengatakan, kepadamu akan Kuberikan kunci-kunci Kerajaan (Mat 16:19). Bukankah itu wewenang Bapa? Bapa mengijinkan Abraham untuk bernegosiasi memutuskan nasib Sodom-Gomora. Itulah tanda kemitraan.

Kehidupan dalam keimamatan Melkizedek nafas kehidupannya adalah interfensi Tuhan. Abram menghargai intervensi TUHAN. Lot dipisahkan dari Abram karena intervensi TUHAN. Lot ada di Sodom di pintu gerbang menjadi tua-tua. Orang-orang dunia dimanfaatkan orang benar. Supaya mereka tidak dihukum.

2. Keimamatan Melkizedek selalu dimulai dari panggilanNya.
Walaupun kau belum benar tidak masalah, tapi yang penting adalah responmu. Lot tidak punya panggilan.
Tuhan tidak mengijinkan hal yang sama terjadi terhadap Abram. Raja Sodom ingin memanfaatkan pasukan Abram yang dibentuk dan dilatih di rumahnya. Mereka sudah dilatih mentalnya, dibentuk sesuai panggilan Tuhan.  Jadi TUHAN mengintervensi melalui Melkizedek. Sehingga Abram mampu menolak.
Intervensi ini supaya kau mudah dibentuk.
Genesis 14:19  And he blessed him and said: "Blessed be Abram of God Most High, Possessor of heaven and earth;
Abram diberkati supaya menjadi Abraham. Yang diberkati ADALAH Abraham. Melkizedek melayani Abraham, leluhur Yesus.
Pelayanan Melkizedek dimulai dari ruang Maha Kudus, mengalir keluar dari bawah pintu gerbang ke market place.

Kej 17. Semua orang harus disunat dulu. Untuk memutus faktor lahiriah.
Kita harus bayar harga untuk passion.
318 orang dibagi 3 kelompok menurut kasih karunia. Itu adalah strategi Abram.

3. Keimamatan Melkisedek untuk Mengamankan GENERASI berikutnya.
Kejadian 15:1-6  Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan: "Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar." Abram menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, apakah yang akan Engkau berikan kepadaku, karena aku akan meninggal dengan tidak mempunyai anak, dan yang akan mewarisi rumahku ialah Eliezer, orang Damsyik itu."
Lagi kata Abram: "Engkau tidak memberikan kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli warisku."
Tetapi datanglah firman TUHAN kepadanya, demikian: "Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu, melainkan anak kandungmu, dialah yang akan menjadi ahli warismu."  Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."
Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran. 

Sesudah ketemu Melkizedek ia mampu menghandel Sodom. Putus hubungan nya dengan dunia (hidup secara dunia, mengandalkan berkat-berkat duniawi).
Baru TUHAN mengurus keturunannya. Tuhan perlihatkan, keturunanmu SEPERTI bintang di langit, Bukan seperti pasir. Jadi keturunan nya Abraham itu aman.

Kejadian 15:13-14  Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya. 
Tetapi bangsa yang akan memperbudak mereka, akan Kuhukum, dan sesudah itu mereka akan keluar dengan membawa harta benda yang banyak.

4. Ikat-janji. Keimamatan Melkizedek itu diperkuat dengan ikat-janji.
Kejadian 17:9-10  Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun. Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
Ini Perjanjian turun-temurun.  Jangan latih jemaat-jemaat untuk tugas, tapi latih untuk passion.
Ini juga melatih kepekaan roh yang tinggi. Sehingga passion itu bisa dikerjakan bersama-sama.
YUSUF tidak bisa membaca passion-nya Yakub. Dia biarkan Yakub di Gosyen sampai tutup usia. YUSUF tidak bisa maximum buat KerajaanNya.
Kita harus disertai orang-orang yang dimiliki Tuhan. 318 orang itu hidup dalam keimamatan Melkizedek.
Aspek yang menonjol dalam keimamatan Melkizedek adalah kita mudah dibentuk.
Abram mengalami pembentukan selama 25 tahun.
Hidup dalam keimamatan Melkizedek melatih terhubung dengan sorga.
Dan membuat kita sejajar dengan Tuhan sebagai mitraNYA.

Kejadian 18:16  Lalu berangkatlah orang-orang itu dari situ dan memandang ke arah Sodom; dan Abraham berjalan bersama-sama dengan mereka untuk mengantarkan mereka.
Abraham bisa berjalan bersama-sama. Itulah akibat keimamatan Melkizedek.
Abraham sumber benih Kristus.

Konsep dasarnya
1. Terjadi intervensi ilahi dalam hidup kita dalam kedaulatannya karena kita umat pilihan
2. Ikat-janji yang kekal dan memposisikan kita sbg mitra yang kekal.
3. Allah penyedia, jangan khawatir.
4. Melakukan dan melayani Firman yang dimulai dari TAHTA dan pergi sampai ke  Market place

Masuk ke Dalam Dimensi Keimamatan Melkisedek
Untuk dapat hidup dalam dimensi keimamatan Melkisedek hubungan kita dengan Tuhan harus seperti hubungan Bapa-Anak. Hubungan yang sejajar, bermitra. Pada level ini tidak lagi bicara boleh atau tidak, benar atau salah, layak atau tidak layak. Kalau hubungan kita dengan Tuhan masih mengandalkan hati nurani seperti itu berarti kita masih hidup dalam dimensi keimamatan Lewi / Harun.

Daud masuk ke dalam Rumah Allah dan makan roti sajian yang tidak boleh dimakan orang lain, kecuali imam-iman, tapi Daud tidak mati. Padahal Daud bukan keturunan Lewi, tapi dari suku Yehuda (Mat 12:3-4, 1 Sam 21:4). Itu karena Daud tidak hidup dalam dimensi keimamatan Harun/Lewi, tapi hidup dalam dimensi keimamatan Melkisedek.

Ciri-ciri Hidup dalam Dimensi Keimamatan Melkisedek
1. Selalu hidup bagi tujuan Kerajaan Tuhan
2. Hidup menurut Roh dan dipimpin oleh Roh (Roma 8:13-15). Ini adalah hidup dengan pola hubungan Bapa-Anak, ketaatan penuh.
3. Selalu ada intervensi dari Tuhan apabila melenceng dari pola Kerajaan dan tujuan-Nya.
4. Mengalami percepatan.
5. Hidup dengan pola storehouse 
(rumah persediian Tuhan)
6. Memiliki dimensi UNSTOPABLE 



AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman