APA YANG DAPAT DIAMATI DARI SUKU REKHAB DAN YEHU?

gambar: focusmagazine.org
Rekhab berasal dari suku Keni, bercampur dengan keturunan Yehuda dari garis keturunan Peres (salah satu anak laki-laki Tamar).  Silsilahnya: Yehuda – Peres – Hezron – Kaleb – Salma – Hamat – Rekhab 1 Taw 2:1-55).

*Orang Keni dari jaman Musa*

Orang Keni sendiri mempunyai sejarah panjang dalam hubungannya dengan orang Israel. Tercatat sejak jaman Musa. Mertuanya, Yitro di tanah Midian adalah orang Keni.

Jdg_1:16  Keturunan Hobab, ipar Musa, orang Keni itu, maju bersama-sama dengan bani Yehuda dari kota pohon korma ke padang gurun Yehuda di Tanah Negeb dekat Arad; lalu mereka menetap di antara penduduk di sana.
Mungkin pada saat inilah terjadi percampuran antara orang Keni dengan Yehuda.

Jdg_4:11  Adapun Heber, orang Keni itu, telah memisahkan diri dari suku Keni, dari anak-anak Hobab ipar Musa, dan telah berpindah-pindah memasang kemahnya sampai ke pohon tarbantin di Zaanaim yang dekat Kedesh.
Di sini terjadi pemisahan dari keturunan Hobab-Heber, dan mereka mempertahankan gaya hidup nomaden dengan mendirikan kemah-kemah.

*Lalu jaman raja-raja:*

Sa_15:6  Berkatalah Saul kepada orang Keni: "Berangkatlah, menjauhlah, pergilah dari tengah-tengah orang Amalek, supaya jangan kulenyapkan kamu bersama-sama dengan mereka. *Bukankah kamu telah menunjukkan persahabatanmu kepada semua orang Israel, ketika mereka pergi dari Mesir?"* Sesudah itu menjauhlah orang Keni dari tengah-tengah orang Amalek.

2Sa 8:9  Ketika didengar Tou, raja Hamat, bahwa Daud telah memukul kalah seluruh tentara Hadadezer,
2Sa 8:10  maka Tou mengutus Yoram, anaknya, kepada raja Daud untuk menyampaikan salam dan mengucapkan selamat kepadanya, karena ia telah berperang melawan Hadadezer dan memukul dia kalah, sebab Hadadezer sering memerangi Tou. Dan Yoram membawa barang-barang perak, emas dan tembaga.

*Sampai kepada jaman hakim-hakim:*
1Ch_2:55  Dan kaum-kaum para ahli surat, yang diam di Yabes, ialah orang Tirati, orang Simati, dan orang Sukhati. Mereka itulah orang Keni keturunan Hamat bapa keluarga Rekhab.

*Kemungkinan besar Yonadab bin Rekhab adalah orang yang berpendidikan tinggi, sebab 1 Taw 2:55 mengatakan mereka adalah kaum para ahli surat.*

*Sampai ke masa pembuangan oleh raja Persia / Asyur*
2Ki 17:24  Raja Asyur mengangkut orang dari Babel, dari Kuta, dari Awa, dari Hamat dan Sefarwaim, lalu menyuruh mereka diam di kota-kota Samaria menggantikan orang Israel; maka orang-orang itupun menduduki Samaria dan diam di kota-kotanya.

Suku Rekhab ini termasuk orang-orang yang dipaksa pindah ke kota-kota di Samaria.

gambar: franklinchurchofchrist.com


*Suku Rekhab ini menjadi saksi dari bangsa Israel sejak Israel keluar dari Mesir; dan membuat catatan-catatan akan hal itu. Mereka mempelajarinya turun temurun. Ini mirip dengan kebiasaan orang China. Mereka juga berprofesi sebagai pedagang perhiasan seperti emas, perak dan tembaga.*

Apa buktinya Rekhab ini adalah pengamat selain penjelasan di atas?
Num 13:21  Mereka pergi ke sana, lalu mengintai negeri itu mulai dari padang gurun Zin sampai ke Rehob, ke jalan yang menuju ke Hamat.

1Ki 8:65  Lalu Salomo mengadakan perayaan pada waktu itu juga, di hadapan TUHAN, Allah kita, selama tujuh hari, bersama-sama dengan seluruh Israel, suatu jemaah yang besar, dari jalan masuk ke Hamat sampai sungai Mesir.

2Ki 14:25  Ia mengembalikan daerah Israel, dari jalan masuk ke Hamat sampai ke Laut Araba sesuai dengan firman TUHAN, Allah Israel, yang telah diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, nabi Yunus bin Amitai dari Gat-Hefer.

Jadi Hamat (bapa Rekhab) terletak di perbatasan Israel.

*Yehu dan Yonadab*

2Ki 10:15  Setelah pergi dari sana, bertemulah ia dengan Yonadab bin Rekhab yang datang menyongsong dia. Ia memberi salam kepadanya serta berkata: "Apakah hatimu jujur kepadaku seperti hatiku terhadap engkau?" Jawab Yonadab: "Ya!" "Jika ya, berilah tanganmu!" Maka diberinyalah tangannya, lalu Yehu mengajak dia naik ke sampingnya ke dalam kereta.

Perhatikan: Yonadab lah yang menyongsong kepada Yehu.

*"Apakah hatimu jujur kepadaku seperti hatiku terhadap engkau?"*

Pertanyaan ini harusnya diajukan buat kita, apa kah kita tulus dan jujur terhadap pemimpin. Apakah kita tulus terhadap Tuhan?  Walau pun reputasi seseorang itu baik. Pertanyaan ini diajukan Yehu bukan untuk tujuannya sendiri.

Tujuan pertanyaan ini:
1) buat pemimpin: untuk berjaga-jaga,tidak ditusuk dari belakang / dari samping oleh orang terdekatnya.
2) buat jemaat: menjadi saksi penggenapan sehingga bisa mengimpartasikan bagi generasi selanjutnya

*“Marilah bersama-sama naik kereta ini…supaya engkau melihat bagaiman giatku untuk Tuhan”*

Bukan hanya menjadi saksi: jemaat akan menerima impartasi dari pemimpin sebagai persiapan untuk menerima warisan rohani / tongkat estafet.

Tugas Yehu adalah untuk melanjutkan apa yang diperintahkan Tuhan kepada Elia untuk menghabisi keturunan raja Ahab. Pekerjaan Elia ini dilanjutkan oleh Elia dan sekarang Yehu harus menggenapi seluruhnya.

Mengapa Tuhan memerintahkan untuk menghabisi keturunan Ahab. Sebab Tuhan ingin menjagai kemurnian umatnya Israel, mengamankannya bagi keturunan Kristus. Sebab Ahab telah melakukan hal yang sangat jahat di mata Tuhan. Ahab menolak Allah dengan keji, yaitu menambah-nambah penyembahan berhala dengan mendirikan mezbah untuk Baal di kuil Baal di Samaria. Ia juga merestui pembangunan kembali tembok Yerikho yang sudah dikutuk oleh Tuhan melalui Yoshua. Waktu itu Ahab membuat patung Asyera dan  mengajak orang Israel menyembah patung Asyera yang diharapkan memberikan tuaian hasil panen yang besar. Keberadaan Izebel sangat mempengaruhi tindakan Ahab. Semua itu sangat menyakitkan hati Tuhan, lebih dari semua raja-raja Israel yang mendahuluinya (1 Raj2 16:33). Pada waktu itulah Elia muncul dan dipakai Tuhan untuk melawan para nabi Baal, melawan Ahab dan membuat tanah Israel menjadi kering untuk menyatakan siapakah yang lebih berkuasa.

Jadi ini adalah suatu tugas yang penting untuk dituntaskan oleh Yehu.

Arti rohaninya:

Kita telah dan terus-menerus menerima pewahyuan dari sumber air yang murni. Tugas terpenting kita adalah untuk menghabisi / mengakhiri “generasi yang tercemar”. Cukup sampai pada generasi kita saja, sehingga generasi selanjutnya hidup dalam kemurnian dan kekudusan sehingga generasi selanjutnya bisa melahirkan bagi Kristus: gereja anak laki-laki, gereja yang sulung; gereja yang pertama dibangkitkan dalam kemurnian, gereja Sion.

Tujuan Tuhan pasti terlaksana, perkataanNYa yang telah dilepaskan melalui bapa rohani kita pasti tergenapi.




AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman