MENYEBERANG

gambar: www.emergingtruths.com
Apa yang terjadi di pilkada DKI dengan tokoh fenomenal Ahok, Tuhan ingin menunjukkan bahwa DIA yang pegang kontrol. Mungkin sebagian besar orang tidak setuju. Kalo Tuhan pegang kontrol kenapa Ahok kalah Pilgub? Kenapa sekarang ia ada di penjara?  Jika kita melihat secara natural betul.
Sepertinya Yesus juga sudah dikalahkan si iblis ketika Dia mati disalibkan. Tapi apa yang terjadi? Ternyata salib adalah jalan kemenangan Yesus. Seketika setelah kematian-Nya Yesus turun ke neraka untuk menghantam kepala si ular (Kej 3:15) dan menaklukkan sengat si maut, serta merebut kunci jurang maut dan kerajaan maut (Wahyu 1:18).

Sudah dua minggu Ahok ditahan di Mako Brimob, Depok; setelah keputusan kontroversial majelis hakim di pengadilan Jakarta Utara yang memutus akhir bersalah dan harus dihukum selama dua tahun lamanya. Hakim merintahkan saat itu juga Ahok harus ditahan.

Hidup ini kelihatan seperti dagelan. Tapi percaya aja Tuhan yang pegang kendali. Fokus Tuhan hanya kepada gerejaNya.  Setan berkeliling dunia tapi tidak memperhatikan Ayub, hanya Tuhan yang memperhatikan Ayub.

Bangsa Israel setelah 400 tahun lamanya dikeluarkan dari Mesir. Persis seperti yang dikatakan Tuhan kepada Abraham. Kej 15:13.

Setelah 400 tahun lamanya akhirnya bangsa Israel keluar dari Mesir. Mereka terus dikejar oleh Firaun dan tentaranya yang naik kereta. Namun Tuhan menunjukkan keajaibanNya dan membuka Laut Merah, mengeringkannya untuk bangsa Israel menyeberang. Ketika Firaun dan para prajuridnya ikut mengejar mereka; sementara bangsa Israel telah selesai menyeberang, Tuhan menutup kembali Laut Merah dengan air dan mereka pun tenggelam. Baru-baru  ini ramai diberitakan penemuan kereta Firaun di dasar Laut Merah oleh seorang arkeolog bernama Ron Wyatt pada ahir tahun 1988.  

Kita lihat bahwa ketika Israel menyeberang musuh ditenggelamkan Tuhan. Itulah cara Tuhan! Itulah jalan Tuhan.


Firaun dan tentara nya mengejar mereka ....

Keluaran 14:23  Orang Mesir mengejar dan menyusul mereka — segala kuda Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda — sampai ke tengah-tengah laut.
Keluaran 14:27  Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, maka menjelang pagi berbaliklah air laut ke tempatnya, sedang orang Mesir lari menuju air itu; demikianlah TUHAN mencampakkan orang Mesir ke tengah-tengah laut.

Yesus sebelum disalibkan sudah menyeberang sungai Kidron. Sungai Kidron harus kau seberangi ketika masuk ke Taman Getsemani. Sungai Kidron berada di luar kota Yerusalem. Daud pernah menyeberang sungai Kidron ke arah padang gurun ketika melarikan diri dari kejaran Absalom, anaknya, yang hendak membunuhnya (2 Samuel 15:23). Dan seluruh rakyat menangisinya dengan suara keras.

Yesus dan murid-muridnya menyeberang sungai Kidron dan Dia berdoa di Taman Getsemani.

Joh 18:1  Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai Kidron. Di situ ada suatu taman dan Ia masuk ke taman itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.

Untuk mengalahkan dan menenggelamkan  musuh-musuhnya Ahok
Ahok harus menyeberang sungai Kidron. Musuh yang terbesar buat Ahok dan buat kita semua adalah diri kita sendiri.

Di Taman Getsemani, Yesus menyerahkan kehendak-Nya kepada Bapa. Mar 14:36  Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."

Setelah Yesus menyerahkan kehendak-Nya, Yesus dapat melakukan kehendak Bapa yang terakhir tanpa takut kesakitan, kematian atau apa pun, semua dapat dilakukan-Nya tanpa beban ketakutan.

Tuhan menghendaki Gereja  menyeberang sungai Kidronnya.

Kidron dulu adalah tempat untuk membuang segala perkakas berhala, Baal dan kutuk. Ketika gereja sudah menyeberang,
maka gereja akan memperoleh kemenangan.

Sebab peperangan ini bukan milik kita, tapi milik Tuhan.
Menyeberang itu adalah DNA rohani, memakai Roh. Penyeberangan ini  dimulai oleh bapa rohani, Abraham. Yos 24:3.

Jos 24:3  Tetapi Aku mengambil Abraham, bapamu itu, dari seberang sungai Efrat, dan menyuruh dia menjelajahi seluruh tanah Kanaan. Aku membuat banyak keturunannya dan memberikan Ishak kepadanya.

Ketika menyeberang kita tidak bergantung apa-apa lagi, kecuali Tuhan.

Ini yang sekarang dialami Ahok. Ahok pernah menyeberang. Dan sekarang Ahok harus menyeberang laig. Dia sedang memulai dan memimpin banyak orang untuk menyeberang.

Jangan hanya melihat dari sisi agama saja dan jangan melihat secara natural saja. Orang Kristen, orang Muslim atau agama apa pun, tua muda, berpendidikan atau tidak, kaya miskin; pun banyak yang ikut menyeberang.

Setelah bangsa Israel berputar-putar selama 40 tahun lamanya di padang gurun semua orang dari generasi yang lahir di Mesir mati dalam perjalanan; sebab Tuhan tidak berkenan kepada mereka masuk ke Tanah Perjanjian. Musa pun dilarang menyeberang dan hanya melihat dari kejauhan ke Tanah Kanaan.  Setelah Musa mati akhirnya mereka melanjutakan perjalanan sampai di seberang sungai Yordan. Untuk masuk ke Tanah Perjanjian mereka HARUS MENYEBERANG lagi!

Gereja menyeberang untuk membawa hadirat Tuhan sebab IA ada di dalammu. Seluruh kota akan meresponi. Ini yang sedang didemonstrasikan di hadapan mata kita pada masa ini. Kota akan datang ke pintu gerbang mu, ketika gereja Nya berfungsi sebagai pintu gerbang sorga. Kota sudah ada di pintu gerbang!

Gereja bisa membuat atmosfir sorgawi, bukan bergantung kondisi ekonomi dan politik di negeri ini asal terhubung dengan akurat dengan Tuhan dan menyelaraskan diri dengan tujuan Nya.

Ahok merepresentasikan tujuan Tuhan yang lebih besar dari pada sekedar membangun kota Jakarta. Ia telah selesai menetapkan standar pemerintahan yang tinggi. Ahok telah menerapkan standar dan mentalitas Kerajaan Allah kepada seluruh aparatur dan dinas terkait, termasuk masyarakat Jakarta.

Apa yang paling diperlukan Ahok dan kita sekarang adalah: kekuatan dan keteguhan hati. Jangan kecut dan tawar hati, sebab janji Tuhan untuk menyertainya kemana pun ia pergi.

Jos 1:9  Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."


Abraham dan Ishak dilarang pergi ke Mesir, tetapi kepada Yakub (Israel) Tuhan berkata: Janganlah takut pergi ke Mesir! Ketika Tuhan sudah memercayaimu, Ia tidak segan membawamu kembali ke Mesir.

Kemenangan adalah porsi warisan buat mereka yang berani menyeberang. Mereka yang tidak menyeberang sudah mati di padang gurun.

Tapi setelah menyeberang sungai Yordan, Israel harus menghadapi benteng dan orang-orang raksasa di Yerikho!

Ini belum selesai. Ahok belum selesai seluruhnya.

Setelah dua tahun lagi di penjara, Yusuf dikeluarkan dari lobang tahanan, diberikan pakaian baru dan diangkat menjadi orang kedua di Mesir.

Ahok setelah keluar dari penjara akan berganti pakaian dan bertransformasi menjadi BTP yang sebenarnya.

Yosua adalah orang yang setia kepada Musa. Ia adalah abdi Musa yang loyal dan dapat diandalkan dari segi keberanian, kesetiaan, ketekunan, tapi kurang akurat. Ketika Yosua berada di lereng gunung menunggu Musa selama 40 hari lamanya, ia mendengar suara sorak peperangan di perkemahan, dan Musa mengajarinya untuk lebih akurat mendengarkan (Keluaran 32:17-18).

Ahok yang kurang akurat harus belajar menjadi akurat. Akurat dalam mendengarkan, akurat dalam berpikir, akurat dalam berkata-kata, akurat dalam menilai dan akurat dalam merespon.  

Setelah Musa mati, maka Yosua diminta Tuhan menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel.

Ini adalah hari yang baru. Kita akan mulai dengan sesuatu yang baru, sebab dunia memerlukan terang yang lebih besar.


Musa dilarang menyeberang sungai Yordan. Perlu anugerah Tuhan untuk menyeberang.

Sebelum menyeberang, Yosua masih kurang yakin. Maka ia mengirimkan dua utusan untuk menyelidiki kota Yerikho.
Kedua utusan itu bertemu dengan Rahab dan mereka diberikan tanda: dan berkata kepada orang-orang itu: "Aku tahu, bahwa TUHAN telah memberikan negeri ini kepada kamu dan bahwa kengerian terhadap kamu telah menghinggapi kami dan segala penduduk negeri ini gemetar menghadapi kamu.
Jos 2:9 

Jadi justru dari pihak musuhlah yang memberikan tanda bahwa Yerikho sudah diserahkan Tuhan kepada orang Israel.

Apakah Tuhan memberikan tanda kemenangan bagi bagi kita? 

Israel di beri tanda oleh Rahab perempuan sundal itu. Kali ini Tuhan pun memberikan tanda. Tanda ini pernah diterbitkan oleh harian Radar Sukabumi di bulan Mei 2017 lalu, di mana ada burung garuda pancasila yang sedang terbang di atas bumi pertiwi dan garuda sedang merobek bendera HTI dengan cakarnya. Gambar ilustrasi itu sempat menuai protes dari kalangan umat muslim, seperti AA Gym, karena bendera HTI adalah simbol islami.Kemudian pemerintah memutuskan untuk membubarkan HTI.  

Bangsa Israel menikmati apa yang mereka tidak tanam. Mereka memiliki kota yang tidak mereka bangun.

Yang penting sekarang kita harus berhenti bergumul dan memercayai Tuhan yang berdaulat.

Kejar, ambil-alih dan pulihkan semuanya.

1Sa 30:7  Lalu Daud memberi perintah kepada imam Abyatar bin Ahimelekh: "Bawalah efod itu kepadaku." Maka Abyatar membawa efod itu kepada Daud.

1Sa 30:8  Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: "Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?" Dan Ia berfirman kepadanya: "Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan."

Ini adalah peristiwa di Ziklag di mana orang Amalek telah menyerbu orang Israel yang tidak dijagai oleh tentara Daud, dan hanya tinggal kaum perempuan dan anak-anak,  sebab Daud sendiri sedang melarikan diri ke tanah Filistin dari kejaran Saul.

Istri dan anak-anak mereka ditawan oleh orang Filistin, termasuk dua istri Daud. Setelah menenangkan diri dan menguatkan percayanya kepada Tuhan, Daud mengenakan baju efod dan bertanya kepada Tuhan, apakah harus kukejar mereka?

Dalam bahasa Inggrisnya (KJV) Tuhan menjawab:
And he answered him, Pursue: for thou shalt surely overtake them, and without fail recover all.   

Kemarin, lawyer dan keluarga Ahok mengumumkan pembatalan banding kasusnya di Pengadilan Tinggi. Ahok menganggap jika banding berhasil dan dia bebas, malah akan banyak lagi terjadi keributan dan tekanan di bangsa ini. Banyak orang yang memuji sikapnya.

Ketika kita sudah menyeberang kita akan memiliki kesanggupan untuk mengejar, mengambil-alih dan memulihkan semuanya.

Amin.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman