Duta-duta Kerajaan Sorga

KEWARGAAN SORGA
(Php 3:20)  Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat.

Nama kita tercatat di sorga. Kita harus bersuka-cita bukan karena hal-hal yang natural, bukan karena berkat atau rejeki nomplok, tapi kita bersuka-cita karena hal-hal yang dari sorga dan yang spiritual.


Kita harus membuktikan lewat tingkah-laku kita bahwa kita adalah warga negara sorga. Kita ada di bumi ini untuk menjadi duta-duta besar kerajaan sorga. Kita merepresentasikan, menampilkan dan menyatakan kerajaan sorga. Jangan lagi merasa minder dan kecil hati, karena Alkitab telah mengatakan kewarganegaraan kita adalah kewarganegaraan sorga.

Ketika kita melakukan kehendak Bapa dan firman Tuhan, kita memiliki otoritas sorga dan kuasa Tuhan ada pada kita. Ketika kita tunduk dan menyerahkan diri (submit) maka setan-setan otomatis akan tunduk.

Namamu terdaftar dan diakui oleh sorga sebagai warga negara sorga. Jika namamu tercatat sebagai warga-negara maka hidupmu harus tunduk kepada hukum dan ketetapan negara itu, juga memiliki hak. Hak untuk dilindungi, hak kepemilikan, dlsb. Itu sama saja dengan sorga. Segala berkat rohani, perlindungan dan apa yang sorga miliki, kita memilikinya juga.

Tetapi tanpa kita mengikuti undang-undang, negara juga berhak menghukum kita.
Kita ditempatkan di bumi ini sebagai duta-duta besar kerajaan sorga. Kita diutus sebagai duta yang dapat merepresentasikan kerajaan,menampilkan segala hal yang ada di sorga. Jangan sampai mempermalukan negara yang mengutusnya.  Posisi  duta ini bukan posisi main-main. Jangan sampai mempermalukan Bapa yang mengutus kita. Bukan hanya keluargamu yang kau permalukan, atau agama, tapi kau mempermalukan Tuhan kita. Apa pun profesimu, kau adalah duta kerajaan sorga. Seseorang yang bermartabat, yang memiliki karakter, yang bertingkah baik.

Banyak mereka yang berprofesi sebagai tukang bangunan, sebagai tukang beca, penjual nasi goreng dlsb, juga memiliki sikap yang rendah, yang tidak menjaga perilaku dan perkataannya. Ingat kita bukan dari kerajaan dunia ini. Jangan terikat pada profesi.  Hal yang harus kita ingat adalah kita adalah seorang yang bertabat, yang punya harga diri, yang terhormat walau  pun kita hanya seorang pedagang kaki lima atau pun seorang supir.

Kemiskinan atau profesi yang rendah jangan membuatmu merasa rendah juga. Ini potret yang digambarkan oleh orang-orang di luar sana, yang miskin, namun memiliki martabat dan banyak melakukan kebajikan seperti ditunjukkan oleh pak Supono pada acara Kick Andy. Orang miskin pun harus baik dan menjadi pintar. Orang tidak menghargai orang yang bodoh, karena itu orang miskin pun juga harus jadi orang pintar. Nilai-nilai yang positif harus terus ditanamkan kepada anak-anak kita apa pun keadaan kita. Jangan minder (merasa tertuduh) dengan keadaanmu yang sekarang.

(Deu 11:18)  Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu.

(Deu 11:19)  Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun;

(Deu 11:20)  engkau harus menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu,

(Deu 11:21)  supaya panjang umurmu dan umur anak-anakmu di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepada mereka, selama ada langit di atas bumi (as the days of heaven upon the earth).

Ada budaya orang China yang baik, yang sangat dekat dengan kekristenan. Orang Sinim itu sudah dinubuatkan datang kepada Tuhan. Ternyata banyak nasihat dan firman dari nabi-nabi mereka seperti Kong Hu Cu yang mirip dengan pengajaran Alkitab. Salah satu nilai yang baik adalah untuk mengajarkan kepada anak untuk berbakti kepada orang-tua. Tidak boleh mereka membantah, kurang-ajar dan harus menghormati orang-tua. Nilai-nilai yang luhur ini tidak boleh luntur.
(Eph 2:19)  Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah (fellowcitizens with the saints, and of the household of God).

Kita harus hidup sebagai keluarga Allah. Koneksi kita harus benar; tidak ada yang menghalangi, tidak ada yang menyumbat dengan sorga; sehingga berkat-berkat sorgawi itu bisa datang dalam hidup kita. Jangan ada spirit Esau, sebab embun saja tidak ada bisa datang kepadanya, jangankan berkat rohani (Kej 27:39). Jangan anggap remeh firman yang disampaikan di rumah rohani, bukan sekadar khotbah atau pengetahuan saja. Pastikan kau hargai firman Tuhan seperti Daud.

Banyak TKI/TKW yang bekerja ke luar negeri tanpa dokumen-dokumen resmi. Mereka melanggar hukum Indonesia, sehingga apa pun yang terjadi kepada mereka ketika mereka dianiaya di luar, sangat sulit mereka mendapat perlindungan. Hubungan atau koneksi mereka dengan Indonesia ada yang salah; ada yang tidak benar, sehingga mereka tidak mendapat perlindungan dari negara Indonesia, walau pun mereka warga negara Indonesia.
Bagaimana kita bisa mengalami sorga yang terbuka dalam hidup kita setiap hari? Bagaimana koneksi itu lancar dan tidak tersumbat? Kita punya akses terhadap sorga dan sorga punya akses dalam hidup kita.

Kita harus menjalani hidup kita sebagai putra (son of God) selain sebagai warga-negara yang sejati.  Seorang putra yng sejati yang dapat memenuhi kehendak Bapa.  Kekhawatiran berarti tidak percaya kepada perlindungan dan penyertaan Bapa. Seorang anak tidak akan bertanya kepada bapanya, apakah saya akan makan besok? 

Bring all your ties. Berikan semua persepuluhan-persepuluhan itu. Anak-anak kita harus memberikan persepuluhan juga,  bukan hanya orang tua.

(Mal 3:8)  Bolehkah manusia menipu (rob) Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!

(Mal 3:9)  Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa!

(Mal 3:10)  Bawalah seluruh persembahan persepuluhan (tithes) itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku (try Me, test Me, prove Me), firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit (windows of heaven) dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Di rumah rohani ini dan juga di rumah rohani yang lain persembahan dan perpuluhan jomplang jumlahnya. Ini menggambarkan keadaan hati saudara.  Di tahun 2014, coba lah uji Tuhan dalam hal ini. Segala berkat rohani akan diberikan kepadamu. Firman akan dibukakan, takut akan Tuhan mendatangimu, telinga dan mata mu akan dibukakan. Kau akan mengasihi Tuhan lebih lagi. Berkat yang natural secara otomatis akan mengikuti berkat yang rohani (spiritual blessings). Inilah berkat Bapa yang tidak akan membuat kita fokus kepada harta. Kita tidak akan menjadi sombong dan teralihkan ketika berkat Bapa dicurahkan kepada kita. Berikan persembahkan kita kepada Bapa. Mulai lakukan dengan membuktikan hidup kita sebagai putra sehingga Bapa sendiri yang akan mengakui kita bahwa kita adalah putraNya yang sejati seperti Yesus. Konfirmasi itu harus datang dari mulut Bapa. Setiap kita melakukan ketaatan maka sorga akan mengakui dan mengkonfirmasinya.

Onesimus (Filemon 1:8-19) dahulu tidak berguna, namun sekarang sangat berguna bagi kerajaan, bagi Paulus dan semua orang kudus. Hidupnya menjadi berkat dan dapat melayani Paulus. Itu karena Onesimus dapat menjalani hidupmu sebagai putra sejati dari Paulus. Ia terhubung secara akurat dengan bapa rohaninya, Paulus, dengan mengikuti teladan Paulus, memberi dirinya, mentaati instruksi dan hidupnya menjadi  bermanfaat bagi Tuhan, bagi kerjaan, bagi gereja dan bagi banyak orang.

Ketika engkau terhubung dengan bapa rohani kau juga akan terhubung dengan sorga. Apa yang dimiliki dan apa yang dialami oleh bapa rohani itu juga yang akan kita miliki dan alami. Hanya Elisa yang menerima double-portion dari Elia, karena koneksi yang akurat. Sorga akan terbuka bagimu. Amin.

Ps.Yappy Wijaya 2 Feb 2014





AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman