TRAINING LEADERSHIP CONFERENCE 2015 - Sesi 10

IKAT-JANJI GARAM
Sesi 10 TLC Desember 2015 by Ps. Ir. Djonny Tambunan

(2 Chronicles 13:5)  Tidakkah kamu tahu, bahwa TUHAN Allah Israel telah memberikan kuasa kerajaan atas Israel kepada Daud dan anak-anaknya untuk selama-lamanya dengan suatu perjanjian garam?


Yesaya 50:4  Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

Setiap firman yang Tuhan katakan, biar itu membentuk dan membangun dirimu. Ambil sikap, ambil keputusan untuk melakukan seperti apa yang kau dengar itu. Ketika kau sudah terbentuk seperti seorang murid kau akan memiliki lidah yang tajam. Kau akan bisa menginsruksikan orang lain secara qualified. Mengapa? Karena instruksimu sama seperti instruksi yang Tuhan berikan dan telah terjadi dalam hidup saudara.

Sebelum mengajar orang lain, kau terlebih dulu harus jadi seorang murid. Kau harus terbiasa mendengarkan Tuhan. Banyak orang yang menjadi murid “orang”, bukan menjadi murid Tuhan. Saya sendiri tidak memiliki murid. Mungkin saya hanya memiliki anak rohani, tapi saya tidak memiliki murid. Hanya Tuhan yang memiliki murid. Kau harus didisplinkan oleh tangan Tuhan sendiri. Kadang-kadang seorang murid didisplinkan Tuhan melalui tangan hamba-hamba Tuhan. Sering kita berdalih dalam hidup kita, tapi apa yang dikerjakan oleh Daud adalah menyiapkan Salomo untuk menjadi seorang murid, supaya ia terbiasa mendengarkan firman Tuhan, karena hari-hari ke depan Salomo adalah hari-hari yang lebih dahsyat daripada Daud.

Hari-hari Salomo lebih dahsyat dari Daud. Ada sesuatu yang tidak pernah Tuhan ucapkan, yaitu tentang rumah-Nya, tentang bait suci-Nya. Tidak pernah diucapkan oleh Tuhan, mulai dari Abraham atau bahkan Adam. Tidak pernah hal itu diucapkan Tuhan. Tapi itu yang ditangkap oleh Daud, sementara Daud tidak diijinkan oleh Tuhan, padahal Daud sendiri memiliki kesanggupan untuk membangun bait suci-Nya. Tapi Tuhan tidak memberikan ijin, karena tangan Daud berlumuran dengan darah. Tidak ada damai. Dia selalu berperang.

Tidak ada damai. Itu sebabnya sangat penting memahami, kau harus berdamai dengan Tuhan baru bisa membangun rumah (Tuhan). Mengapa kau bergumul dan bergumul? Mengapa kau disebut gereja tapi masih terus bergumul? Bagaimana kau bisa menjadi bagian untuk membangun rumah Tuhan? Tidak bisa. Itu sebabnya kau harus berdamai dengan Tuhan, damai dengan hatimu, berdamai dengan saudaramu, dan berdamai dengan musuhmu, maka kau akan bisa membangun rumah Tuhan. Salah satu aspek dalam Kerajaan adalah damai. (Kebenaran, damai dan sukacita dari Roh Kudus). 

1. Jadi adalah hal yang mendasar untuk kita bisa dibentuk menjadi seorang murid. Murid bagi Tuhan. Murid berasal dari kata disciple. Mereka di-disiplin-kan oleh Tuhan. Dibentuk menurut maunya Tuhan, diatur oleh Tuhan. Ada aturan Tuhan, ada hukum-hukum Tuhan dan prinsip-prinsip Tuhan.  Apa yang dilakukan Daud terhadap Salomo luarbiasa sekali.

Mazmur 127:1  Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.

Daud menaikkan Salomo (ascend) secara spiritual. Daud dan Salomo adalah kehidupan sebuah rumah (rohani). Abraham menyunat orang-orang yang ada dalam rumahnya. Itu adalah sebuah rumah (rohani), meski pun Ishak belum ada. Tuhan mengijinkan Daud membangun rumah. Bukan Daud yang membangunnya, tapi dia harus memikirkan pemikiran Tuhan. Dia harus menangkap cita-cita Tuhan, ukuran-ukuran Tuhan. Ukurlah bait suci. Ukuran Tuhan berbeda dengan ukuran kita. Kau boleh mengaku di mana-mana, bahwa engkau adalah gereja, tapi betulkah engkau gereja? Karena Tuhanlah yang membangun gereja. Kalau ada unsur pembangunan itu ada dirimu (faktor manusia), maka itu bukan gereja lagi. Itu sebabnya ketujuh gereja di kitab Wahyu, nyaris diambil kaki dian-nya. Legitimasi kita sebagai gereja akan dicabut, jika kita tidak berubah.

Penting sekali apa yang dilakukan Daud terhadap Salomo. Anak-anak harus dibangun dan disiapkan dalam rumah rohani. Kalau kalian salah didik selama ini, saatnya untuk berubah. Mereka adalah milik kepunyaan Tuhan dan harus dibangun menjadi rumah Tuhan. Kita tidak bersantai-santai saja menurut apa maunya kita. Kita harus berbuat menurut apa maunya Tuhan. Rumah itu dibangun oleh Tuhan.

Jadi apa yang dilakukan oleh Daud? Dia siapkan Salomo, sehingga satu ketika dia akan berjumpa dengan Tuhan dan akan mendengarkan firmanNya langsung.

Ada banyak firman didapati Daud. Mau berperang, melakukan banyak hal, merenung dan meditasi sendiri, dia berjumpa dengan Tuhan. Maz150 bagaimana Tuhan berbicara dengan Daud dan Daud berbicara kepada Tuhan. Banyak sekali dan luarbiasa sekali. Kidung Agung dan Pengkhotbah ditulis Salomo, sedikit sekali. Salomo adalah pelaku. Mazmur menjadi pondasi, apa yang dibangun. Tanpa Mazmur tidak ada Pengkhotbah tidak ada Kidung Agung.

Penting sekali saudara mendengarkan firman secara langsung. Tapi bukan berarti kalian tidak lagi mendengarkan firman di gerejamu.

2. Sumber anugrah atau bapa rohani.  Tuhan beberapa kali menyinggung tentang Daud. Ada aspek yang penting dalam hidup kita. Ingat, jika kau berhasil dalam hidupmu, kau harus lihat keberhasilanmu bukan hanya karena engkau. Kau selalu mengatakan, ya aku berhasil karena Tuhan menyertaiku. Betul. Apa sebabnya Tuhan menyertai engkau? Ada seseorang yang terlebih dulu yang membawa penyertaan dalam hidup saudara. Hei, orang-orang tersebut tidak minta dibalas budinya, karena mereka sedang melakukan apa yang Tuhan inginkan.
Jangan menjadi arogan. Banya orang yang saya temui, dia merasa semua datang dari dirinya.  Pada saat itu hidupnya sudah berakhir. Orang demikian akan jatuh, karena tidak mengerti prinsip sumber anugerah. Orangtua yang arogan akan memiliki anak-anak seperti keledai liar. Bagaimana mungkin kau membangun anak-anakmu kalau kau memiliki spirit buruk dan hidup dengan mereka 24 jam setiap harinya.

Tuhan mengingatkan Salomo supaya dia jangan sombong. Beberapa kali nama Daud, ayahnya disinggung.

(1 Kings 9:4)  Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dengan tulus hati dan dengan benar, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku,


Jadi Dia bikin template-nya pada Daud. Aku memulainya dalam diri Daud, bukan memulainya dari dirimu. Kalau sekarang Aku memulainya dalam dirimu, kau harus tetap ingat Daud. Itu juga yang terjadi di Kej26. Apa yang Tuhan sampaikan kepada Ishak.

Gen 26:5  karena Abraham telah mendengarkan firman-Ku dan memelihara kewajibannya kepada-Ku, yaitu segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku."

Abraham telah tiada. Firman itu sekarang datang kepada Ishak. Saatnya itu datang kepada saudara juga. Ketika firman datang dan mengalir dan lebih deras dan deras, bukan karena kehebatan saudara, tapi Tuhan telah membangunnya dalam kehidupan seseorang terlebih dulu. Ia telah mempercayai seseorang membangun hidup saudara, sehingga saudara menjadi perkenanan Tuhan, sehingga Tuhan mendatangi hidup saudara dengan mudah. Jujur, apa yang terjadi pada papa JD, saya alami juga, oleh karena dia. Itu sebabnya saya tidak punya dalih sedikit pun juga untuk mengatakan sesuatu untuk sebuah arogansi…o ini karena kehebatan saya. Karena saya tau, dia bukan hanya menyampaikan firman kepada saya atau hanya mencoba membentuk hidup saya dan membangun hidup saya, tapi lebih daripada itu, dia memperkenalkan Allahnya dia, supaya saya mendapat juga dimensi-dimensi Allahnya dia.

(1 Kings 9:5)  maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu atas Israel untuk selama-lamanya seperti yang telah Kujanjikan kepada Daud, ayahmu, dengan berkata: Keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel.

Ini adalah kelanjutan dari pada apa yang telah dibangun dari dirinya Daud. Jadi sumber anugrah itu sangat penting buat kehidupan kita. Tuhan menunjukkan pengakuan dan pujian terhadap apa yang telah dilakukan oleh Daud, bukan apa yang telah dilakukan oleh Salomo. (Jika engkau menghina orang yang dipuji Tuhan, engkau memiliki spiritnya Ham. Apa pun kelemahan Nuh, Ham tidak boleh pernah menceritakan kelemahan ayahnya itu. ) Semua material yang diperlukan untuk membangun Bait Suci sudah siap dan Salomo menjadi kaya raya. Salomo akan sekaligus membangun dua, istananya dan Bait Suci.
Daud hanya membangun istana dan Kemah Daud itu bundar saja. Itu adalah gambaran profetik dari apa yang diterima Daud. Tuhan harus menjadi pusat dan (posisi) semua orang sama. Daud sangat mengasihi umat Tuhan. Dia tidak pernah membunuh sekali pun orang Israel. Itu sebabnya ketika dia punya kesempatan untuk membunuh Saul, dia tidak mau. Dia mengerti bagaimana pun jahatnya orang, ia masih dikasihi Tuhan. Tuhan belum berhenti mengasihi dia. Itu sebabnya Daud memiliki hati seperti hatinya Tuhan. Hati yang seperti itu harus senantiasa bertahta. Itu sebabnya Tahta Daud itu kekal untuk selama-lamanya, karena itu adalah hatinya Tuhan.

Jadi Tuhan menunjukkan kepada Salomo, apa yang dibangun dalam diri Daud. Salah satu poin yang paling penting dalam hidup saudara adalah kau harus bisa melihat apa yang Tuhan bangun dalam bapa rohanimu. Kebanyakan kita hanya mau melihat apa yang Tuhan bangun dalam diri kita. Itu bukanlah prinsip kerajaan. Kerajaan itu kekal untuk selama-lamanya. Jadi kau harus menemukan apa yang dibangun dalam diri bapa rohanimu. Apakah itu bernilai buat engkau?


I. APA YANG DIBANGUN DALAM DIRI DAUD?

(1 Kings 9:4)  Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dengan tulus hati dan dengan benar, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku,

Ada 3 dimensi yang dibangun dalam diri Daud: hati tulus, hati yang benar, hati yang selalu taat kepada perintah Tuhan.

Jadi jemaat penting sekali mengetahui apa yang terbangun dalam diri pemimpinnya, jangan mencari-cari berkat.

Tentang Elia dan Elisa. Mereka berjalan dari Gilgal, lalu ke Bethel, terus ke Yerikho, sampai ke tepi sungai dan menyeberangi sungai Yordan. Kemudian yang kembali hanyalah Elisa. Seorang anak rohani harus menyadari jalan yang ditempuh oleh bapanya itu juga harus ditempuhnya. Kau juga akan menghadapi musuh yang sama yang dialami bapa rohanimu.

Pada awalnya orang-orang di sekitar Daud adalah orang-orang yang lemah dan bermasalah. Namun Daud menanamkan prinsip, bahwa mereka harus terhubung dengan ikat-janji (covenanted). Hal ini akan mengalirkan keperkasaan dan kekuatan secara spiritual kepada mereka. Mereka akan dengan mudah men-download-nya. Begitu juga saudara dan saya terhubung dengan sumber utama. Jangan hanya ingin meraih berkat, jangan hanya ingin meraih pengertian dan pengetahuan; tapi bagaimana ikat-janji menjadi materai. Kau tidak akan bisa mengalirkan sesuatu, men-download sesuatu dari sumber utama, kalau engkau tidak punya ikat-janji. Dengan sumber utama, kau bukan hanya terkonek saja, tapi lebih daripada itu, kau harus tau bagaimana men-download-nya. Kau harus tau apa yang dianugrahkan Tuhan dan ditakdirkan untuk hidupku pada masaku, itu sebenarnya sudah tersimpan pada sumber utama.

Inilah yang dilihat oleh Elisa. Dia bisa melihat sesuatu yang berbeda dari 50 anak nabi di Bethel, 50 anak nabi di Yerikho dan ada sesuatu yang berbeda ada dalam diri Elia. Dia amati itu selama 13 tahun. Dia sudah masuk pada tahun yang ke-14 dia amati itu, ini adalah sesuatu yang dia yakini tidak akan dibawa ke sorga lagi. Semua itu datang dari sorga, tidak mungkin itu akan kembali ke sorga seperti pepesan kosong, hampa, tidak menghasilkan. Ada sesuatu hal yang harus dikerjakan dengan apa yang dibawa oleh Elia selama di muka bumi ini. Dan dia tau itu adalah haknya untuk menerimanya. 13 tahun adalah waktu yang cukup. Dia telah meninggalkan ayah-ibunya, dia meninggalkan lembu-lembunya, dia meninggalkan teman-temannya dan pergi mengabdi kepada Elia. Ketika mereka sampai di seberang, Elia bertanya: Hei, apa yang kau kehendaki? Aku bukan meminta pengurapan, tapi aku minta 2x rohmu, jawab Elisa. Dia melihat itu sangat penting. Roh itu adalah apa yang terbangun dalam dirinya Elia oleh Tuhan itu sangat diperlukan, karena sifatnya kekal. Itu tidak akan berhenti dan itu sifatnya kekal. Dia tau Elia sebagai sumber utama buat dia. Itu sebabnya Elisa ngotot memintanya. Elia berkata, permintaanmu itu sulit. Bukan berarti tidak bisa, sulit; karena sudah didiskualifitasi 100 orang anak-anak nabi, para nabi. Mereka para nabi yang sudah ikut SOP (school of prophet), tapi mereka gagal semua.

Banyak orang-orang perkasa dalam zaman Daud:  Abisai, Sibkhai, Elthanan, Yonathan, Itai, Benaya, Yoab. Banyak sekali orang-orang perkasa di sekeliling Daud, namun ada di antaranya yang terdiskualifikasi.

Goliath itu marga. Jadi banyak goliath-goliath yang lain. Perhatikan, sekali saja Daud menghancurkan Goliath di depan mata orang Israel, sebagian orang merasa senang saja, tapi sebagian ingin men-download keperkasaan itu dan mereproduksinya untuk kepentingan Tuhan. Ternyata yang men-download-nya lebih banyak orang-orang dari suku Yehuda.

2 Sam 21:19
Dan terjadi lagi pertempuran melawan orang Filistin, di Gob; Elhanan bin Yaare-Oregim, orang Betlehem itu, menewaskan Goliat, orang Gat itu, yang gagang tombaknya seperti pesa tukang tenun.

 Elthanan artinya kasih karunia Tuhan. Dia tidak beroperasi dengan kekuatan talenta, tapi oleh karena kasih karunia Tuhan.

1 Tawarikh 20:4-7  Sesudah itu timbullah pertempuran melawan orang Filistin di Gezer; pada waktu itu Sibkhai, orang Husa, memukul kalah Sipai, seorang dari keturunan raksasa, dan mereka ditundukkan. Maka terjadilah lagi pertempuran melawan orang Filistin, lalu Elhanan bin Yair menewaskan Lahmi, saudara Goliat, orang Gat itu, yang gagang tombaknya seperti pesa tukang tenun. Lalu terjadi lagi pertempuran di Gat; dan di sana ada seorang yang tinggi perawakannya, yang tangannya dan kakinya masing-masing berjari enam: dua puluh empat seluruhnya; juga orang ini termasuk keturunan raksasa.  Ia mengolok-olok orang Israel, maka Yonatan, anak Simea kakak Daud, menewaskannya. Orang-orang ini termasuk keturunan raksasa di Gat; mereka tewas oleh tangan Daud dan oleh tangan orang-orangnya.

Tentara-tentara Saul tidak men-download keperkasaan Daud, tapi yang mendownload itu bukan tentara.
Simea, kakaknya Daud juga mendownload keperkasaan Daud, sehingga anaknya, Yonatan, keponakan Daud, bisa membunuh Goliath. Ternyata generasi berikutnya juga tau bagaimana caranya men-download. Rumah rohani harus juga seperti itu. Kau harus dapat melihat apa yang terjadi pada sumber utamamu.

Daud menjadi contoh, sehingga orang-orangnya bisa melakukannya juga.  Jadi jika kau tau apa yang terbangun dalam diri saya dan dalam diri papa JD, kau akan bisa mendownloadnya.

Elkhanan artinya kasih-karunia Tuhan. Jonatan artinya: Yehova gives atau pemberian Tuhan.
Benaya: artinya dibangun oleh Tuhan (build up).  Sibkhai artinya penenun. Dia juga membunuh raksasa. Ia keturunan Usa, cucunya Hur. Ketika Yoshua berperang melawan Amalek, Musa berada di atas tempat yang tinggi. Harun ada bersama Hur. Hur artinya mewakili kerajaan. Harun mewakili imam. Abisai: arti bapa pemberian (father of gift).

Segala sesuatu datangnya bukan karena kehebatannya, tapi karena Tuhan bekerja, karena mereka bisa men-download keperkasaan Daud. Bagaimana kehidupan saudara bisa men-download hal demikian.

Begini kata Daud, anakku Salomo masih muda dan belum berpengalaman. Tapi bukan itu masalahnya. Kalau Salomo mengikuti semua jalan hidupnya Daud, artinya semua dimensi yang telah dibangun dalam diri Daud, maka dia akan bisa menyelesaikan. Maka dari itu 20 tahun lamanya dia bisa menyelesaikan bangunan raksasa itu.

Jadi bila kau bisa melihat dan men-download apa yang dibangun dari sumber utamamu, maka KerajaanNya akan bisa diwujudkan di bumi ini, karena akan ada banyak orang yang akan mengambil dari sumber itu. Sumber itu tidak akan mati begitu saja.

II.  Apa yang dijanjikan kepada Daud juga berlaku pada Salomo dengan syarat dan ketentuan berlaku.

(1 Kings 9:5)  maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu atas Israel untuk selama-lamanya seperti yang telah Kujanjikan kepada Daud, ayahmu, dengan berkata: Keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel.

Keturunanmu tidak akan terputus dan tahta kerajaan Israel tidak akan terputus. Berarti ini adalah warisan turun-temurun. Ini bukan hanya berlaku pada Daud, karena Daud sudah mati. Ini juga berlaku buat dirimu. Tuhan menunjukkan betapa pentingnya demikian. Apa yang berlaku buat pemimpin-pemimpinmu berlaku juga buat hidup saudara. Karena Tuhan menginginkan kesinambungan (sifat dasar kekekalan).

3. Apa yang dilakukan oleh sumber utama kepada saudara.
A. Membangun keterhubungan dengan Tuhan (koneksi)
Ini hal yang sulit. Keterhubungan dengan dimensi Allahnya Daud, tidak terbangun dalam sehari dalam diri Salomo.

1Taw 22:19
Maka sekarang, arahkanlah hati dan jiwamu untuk mencari TUHAN, Allahmu. Mulailah mendirikan tempat kudus TUHAN, Allah, supaya tabut perjanjian TUHAN dan perkakas kudus Allah dapat dibawa masuk ke dalam rumah yang didirikan bagi nama TUHAN."

Arahkan dirimu, buat dirimu, sediakan dirimu. Ini prinsip yang penting dalam Kerajaan, kau harus arahkan hatimu sehingga terhubung dengan Tuhan. Terhubung dengan firmanNya dan Roh-Nya. Semua masalah yang terjadi dengan orang-orang di dunia ini dan dengan dirimu adalah masalah keterhubunganmu dengan Tuhan.

Apa yang terjadi dengan Salomo? Salomo akhirnya memiliki banyak istri dan membawa orang Israel kepada penyembahan berhala, sebab koneksinya dengan Tuhan terganggu. Masalah mulai muncul. Dia tidak memiliki kekuatan apapun juga.

Fil 4:19  Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.

Kau yang berdoa, tapi hanya Allahku saja yang dapat memenuhi permintaan seperti ini. Dimensi dari Allah yang Paulus kenal, bukan dimensi Allah yang kau kenal. Paulus ingin membawa jemaat kepada dimensi Allahnya. Allah itu sama, tapi dimensinya adalah sebesar apa yang kau kenali.

Jadi sumber utama kerjanya berat sekali. Jadi jangan buat susah sumber utama. Taati saja apa perintahnya, ladeni dia, karena apa yang dia bangun dalam dirinya itu  juga buat dirimu. Kalau dia berjalan mulus dengan sejahtera dengan mudah dia mentransfernya pada hidup saudara.

B. Menyediakan jalan yang tepat kepada destiny, sehingga putra harus mengambil jalan yang sama juga.

Destiny mungkin berbeda tapi jalannya sama. Dia bisa tunjukkan jalan yang sama. Mungkin secara detail adalah bagaimana engkau membangun sebuah bisnis dan berpengaruh menjadi contoh, menjadi model. Bisnisnya mungkin berbeda, tapi jalannya tetap sama.


C. Menjadikan Allah Bapa sebagai sumber utama.
1 Tawarikh 28:6-7  Ia telah berfirman kepadaku: Salomo, anakmu, dialah yang akan mendirikan rumah-Ku dan pelataran-Ku sebab Aku telah memilih dia menjadi anak-Ku dan Aku akan menjadi bapanya. Dan Aku akan mengokohkan kerajaannya sampai selama-lamanya, jika ia bertekun melakukan segala perintah dan peraturan-Ku seperti sekarang ini.

D. Blueprint rencana Tuhan diberikan secara akurat. Patron menyembah, patron keluarga, keuangan, dst.

Ay11,12,19
1 Tawarikh 28:11-12  Lalu Daud menyerahkan kepada Salomo, anaknya, rencana bangunan dari balai Bait Suci dan ruangan-ruangannya, dari perbendaharaannya, kamar-kamar atas dan kamar-kamar dalamnya, serta dari ruangan untuk tutup pendamaian. Selanjutnya rencana dari segala yang dipikirkannya mengenai pelataran rumah TUHAN, dan bilik-bilik di sekelilingnya, mengenai perbendaharaan-perbendaharaan rumah Allah dan perbendaharaan-perbendaharaan barang-barang kudus;

1 Tawarikh 28:19  Semuanya itu terdapat dalam tulisan yang diilhamkan kepadaku oleh TUHAN, yang berisi petunjuk tentang segala pelaksanaan rencana itu.

E. Ay11. Memperkenalkan Allahnya.
Nabi Nathan menentukan mana yang namanya Salomo dari 19anak Daud.

2 Samuel 12:1, 24-25  TUHAN mengutus Natan kepada Daud. Ia datang kepada Daud dan berkata kepadanya: "Ada dua orang dalam suatu kota: yang seorang kaya, yang lain miskin.
Kemudian Daud menghibur hati Batsyeba, isterinya; ia menghampiri perempuan itu dan tidur dengan dia, dan perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki, lalu Daud memberi nama Salomo kepada anak itu. TUHAN mengasihi anak ini
dan dengan perantaraan nabi Natan Ia menyuruh menamakan anak itu Yedija(anak yang dikasihi Tuhan), oleh karena TUHAN.

Apa yang terjadi setelah Salomo lahir dan menjadi raja?
1 .membangun rumah Tuhan: kokoh kerajaannya, ada damai
2. Allah menjadi Allahnya.
3. Mengokohkan kerajaan nya untuk selamanya.

1Kor11:23
1 Korintus 11:23  Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti
1kor15
1 Korintus 15:1-3  Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.
Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.
Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci,

Apa yang disediakan Daud?
1. bahan-bahan dasar (1taw22)
2. Orang-orang yang bekerja
3. Barang mulia
4. Arahan, prinsip-prinsip 1taw28:9 10, 20. 1taw22
5. Doa 1taw29:18-19

Apa bagian Salomo dan keturunan yg lain?
1.hidup tepat seperti itu 1raj
2.miliki gairah untuk mewujudkan pemikiran dan passion-nya sumber utama. Passionnya Daud rumah Tuhan, sebab itu passion-nya Tuhan
3. Miliki dimensi-dimensi yang hidup dalam Daud 1raj 9:24
4. Keakuratan 1raj 9:5

III. Ikat-janji  Garam  (1taw17:11)

Abraham dan Ishak sama-sama berkorban. Kau harus memberikan dirimu juga sebagai korban. Bukan hanya bapa rohani yang banyak berkorban. Sama seperti apa yang dikerjakan oleh Daud, dan Salomo bisa mengerjakan semuanya itu oleh karena Daud telah berkorban.

Semua itu adalah untuk penggenapan. Penggenapan bukan hanya oleh pemimpin, tapi oleh seluruh jemaat. Dalam rumah rohani ini harus terbangun sikap demikian.

Kej 22:14-17  Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan". Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham, kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri--demikianlah firman TUHAN--:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku, maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah (berkat untuk Abraham) dan membuat keturunanmu sangat banyak (untuk Ishak) seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya (untuk Ishak). Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat (untuk Ishak), karena engkau mendengarkan firman-Ku."


Salah satu ikat-janji adalah ikat-janji garam. tidak bisa dibatalkan. 2Taw13:5

Mari kita hitung berapa besar berkat itu. Berapa bagian untuk bapa rohanimu dan berapa banyak untuk generasi berikutnya.
1. memberkati engkau dengan melimpah-limpah (untuk Abraham)
2. dan membuat keturunanmu sangat banyak (untuk Ishak)
3. keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya (untuk Ishak)
4. oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat (untuk Ishak)

Jadi apa yang dikorbankan oleh bapa rohanimu, ternyata dia menerima 3 porsi dan bapa rohani hanya menerima 1 porsi.

Kej22 apa yang dilakukan Abraham? Akhirnya hanyalah tinggal bapa dan anak. Semua bujang tinggal di lereng. Bapa menerima firman, anak melakukan.  Abraham tau, jika anaknya dikorbankan, Tuhan akan membangkitkan. Jika tidak ada anak, Abraham tidak bisa berkorban. Jangan biarkan hanya sumber utama yang berkorban. Bapa-anak sama-sama berkorban. Bapa menerima 1. Aku akan memberkatimu (buat bapa) 2. Keturunanmu akan sangat banyak (anak) 3.     

Bapa menerima 1bagian anak terima 3bagian.
Kej25. Abraham memberikan lagi.....

(Genesis 25:5)  Abraham memberikan segala harta miliknya kepada Ishak,

Apa yang didapat dari Tuhan diberikan juga kepada Ishak. Jadi semuanya diberikan kepada generasi berikutnya.

(Genesis 25:11)  Setelah Abraham mati, Allah memberkati Ishak, anaknya itu;

Ishak terus mendapatkan berkat walau pun Abraham sudah mati. Bayangkan betapa pentingnya sumber utama itu.

Hanya dengan ikat-janji garam kau akan mendapatkan berkat seperti itu. Dan ikat-janji garam hanya berlaku buat Kerajaan, karena Kerajaan itu harus terus-menerus berlangsung sampai pada kekekalan. Saudara harus hidup seperti ini.
Perhatikan:
Tuhan adalah Tuhan yang selalu mengingat. Daud memiliki sifat yang berkorban. Tuhan sangat suka dengan pengorbanan Daud.

Apa yang Daud korbankan untuk Salomo?
1 Taw 21
Daud menyuruh Yoab menghitung jumlah orang Israel. Tuhan marah karena ia mulai mengandalkan jumlah. Yoab enggan melakukannya dan mengingatkan Daud, Tuan apakah pentingnya akan hal ini? Bukankah Tuhan selalu berpihak pada kita. Di sini Yoab bersikap sangat spiritual. Dia terpaksa melakuan titah Daud dan timbullah tulah di antara orang Israel. Gad menyampaikan pesan Tuhan kepada Daud. Daud melihat pedang malaikat Tuhan terhunus dan siap membantai umat Israel.
  
(1 Chronicles 21:17)  Dan berkatalah Daud kepada Allah: "Bukankah aku ini yang menyuruh menghitung rakyat dan aku sendirilah yang telah berdosa dan yang melakukan kejahatan, tetapi domba-domba ini, apakah yang dilakukan mereka? Ya TUHAN, Allahku, biarlah kiranya tangan-Mu menimpa aku dan kaum keluargaku, tetapi janganlah tulah menimpa umat-Mu."

(1 Chronicles 21:18)  Kemudian malaikat TUHAN menyuruh Gad mengatakan kepada Daud, bahwa Daud harus pergi untuk mendirikan mezbah bagi TUHAN di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu.

Orang Yebus tinggal di daerah Sion dan itu adalah daerah yang terakhir direbut Daud.

1Ch 21:20  Ornan sedang mengirik gandum; ketika ia memalingkan diri, dilihatnyalah malaikat itu; keempat anaknya yang bersama-sama dengan dia menyembunyikan diri.
1Ch 21:21  Ketika Daud sampai kepada Ornan, maka Ornan mengangkat mukanya dan melihat Daud, lalu keluarlah ia dari tempat pengirikan, kemudian sujudlah ia kepada Daud dengan mukanya ke tanah.
1Ch 21:22  Berkatalah Daud kepada Ornan: "Berikanlah kepadaku tempat pengirikan ini, supaya aku mendirikan di sini mezbah bagi TUHAN; baiklah berikan itu kepadaku dengan harga penuh, supaya tulah ini berhenti menimpa rakyat."
1Ch 21:23  Jawab Ornan kepada Daud: "Ambillah, dan baiklah tuanku raja melakukan apa yang dipandangnya baik. Lihatlah, aku berikan lembu ini untuk korban bakaran dan eretan-eretan pengirik ini untuk kayu bakar dan gandum untuk korban sajian, semuanya itu kuberikan."
1Ch 21:24  Tetapi berkatalah raja Daud kepada Ornan: "Bukan begitu, melainkan aku mau membelinya dengan harga penuh, sebab aku tidak mau mengambil milikmu untuk TUHAN dan tidak mau mempersembahkan korban bakaran dengan tidak membayar apa-apa."

Abraham mempersembahkan Ishak di gunung Moria dengan perjanjian-garam, perjanjian yang kekal. Sesudah Daud selesai melakukan korban, kita akan lihat bagaimana generasi sesudahnya. Allah adalah Tuhan yang selalu mengingat. Dia tidak pernah melupakan perjanjian garam.

2 Taw 3:1
(2 Chronicles 3:1)  Salomo mulai mendirikan rumah TUHAN di Yerusalem di gunung Moria, di mana TUHAN menampakkan diri kepada Daud, ayahnya, di tempat yang ditetapkan Daud, yakni di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu.

Di tempat yang sama Abraham mempersembahkan korban. Di tempat yang sama Daud mempersembahkan korban. Di tempat yang sama Bait Suci di bangun Salomo. Di tempat yang sama akan menjadi tempat pijakan Tuhan, menjadi Rumah Tuhan.

Saya ingin katakan dalam nama Tuhan Yesus, Tuhan akan tinggal dan berdiam dalam Rumah yang dibangun di atas ikat-janji garam, atas pengorbanan, atas apa yang dilakukan Abraham, atas apa yang dilakukan oleh Daud, atas apa yang dilakukan Salomo. Itu yang Tuhan sukai dan kehendaki. Jika engkau mau menjadi pelaksana apa yang dikatakan di Wahyu 11 tadi, yaitu pemerintahan Tuhan di muka ini, engkau harus berjalan menurut perjanjian garam tersebut, karena ada orang-orang yang terdahulu yang telah berkorban. Tuhan adalah Tuhan yang selalu mengingat. Mungkin engkau melupakan sumber utamamu, tapi Tuhan tidak pernah melupakan dia. Tuhan mengembalikan lagi ke titik semula di mana ada sumber utamamu, bapa rohanimu, apa yang dikerjakan dan dikorbankan, itu akan selalu diingat-ingat Tuhan. Gunung Moria tidak disebutkan lagi. Saya katakan dalam nama Yesus, perhatikan. Gunung Moria dan tempat pengirikan Ornan tidak disebut-sebut lagi. Tapi ada sebuah nama yaitu SION. Di situlah Tuhan akan berdiam, karena ada orang-orang yang berkorban, ada perjanjian-garam, orang-orang yang mengadakan ikat-janji dengan Tuhan dan menyukakan hati Tuhan. Ada korban garam, persembahan garam. Orang-orang yang mempersembahkan bukan untuk mereka, tapi untuk Tuhan dan untuk generasi-generasi selanjutnya. Mereka tidak menginginkan itu berhenti pada masanya saja, pada generasi mereka saja, tapi terus berlangsung sampai kekekalan. Itu yang Tuhan inginkan. Amin!

Salomo meskipun memiliki gambar dan ukuran-ukuran Rumah Tuhan, dia harus tau di mana titik kordinat yang Tuhan sukai. Tuhan tidak hadir di Mesir, tapi hanya di tanah Gosyen di mana umat Israel tinggal. Tuhan tidak hadir di mana-mana. Tuhan hadir di gunung Horeb. Kemudian Dia tinggalkan. Pindah ke gunung Sinai, Dia tinggalkan. Sekarang Dia telah memilih gunung Sion untuk Dia tinggal selamanya. Dia tidak akan pindah lagi. Abraham melakukan korban darah. Daud melakukan korban dengan membayar harga. Dia jadikan dirinya seperti juruselamat buat Israel. Tuhan bukan mereka yang bersalah, harusnya kau bantai aku.

Allah tidak pernah melupakan Abraham, tidak melupakan Daud dan begitu juga hidupmu. Tuhan selalu ingat apa yang kita korbankan. Bait Sucinya di bangun di tempat yang sama. Tiada Sion tanpa Moria, tanpa tempat pengirikan Ornan. Ada orang-orang yang memberikan korban di atas ikat-janji garam. Bangun gereja dengan ikat-janji garam. Bangun orang-orang yang mau rela berkorban, bahkan sampai sampai seluruh hartanya, seluruh nyawanya dan seluruh kemampuannya. Berikan dirimu sebagai korban sehingga menjamin anak-anakmu. Bukan berkorban untuk anak-anakmu, tapi berkorban untuk Tuhan. Dia tidak akan membiarkan anak-anakmu mengais-ngais rejeki, sebab Dia adalah Tuhan yang selalu mengingat.



==============


AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman