Buah-buah Kebenaran

SATE 30 October 2020  - 

 

Bacalah terlebih dahulu: 1 Korintus 13:4-8, 2:16

Proses kelahiran beru tidak serta merta mengubah pikiran kita, karena yang dibangkitkan dari kematian adalah roh. Pikiran akan mulai alami perubahan ketika kita terus bertekun dalam melakukan perenungan firman. Karena pengetahuan kebenaran dari firman akan membuat terbangunnya pikiran Kristus. Sehingga ada buah-buah/hasil yang akan muncul. Dari situlah kita bisa menilai seberapa jauh pikiran kita sudah alami perubahan dan mulai terbangun suatu kebiasaan baru: kita memiliki kemampuan untuk berpikir seperti Kristus, yaitu: Kita menjadi pribadi yang penuh kasih, cara kita menilai, bersikap dan meresponi orang lain jadi makin memanifestasikan keberadaan Kristus sendiri. Kita menjadi pribadi yang semakin tulus dalam berkata-kata, dalam sikap hati (tidak menyimpan ganjalan terhadap siapapun) dan dalam pikiran.

 

*#1. Bagaimana kita bisa mengecek apakah kita memiliki pikiran Kristus atau tidak?*

 

Tandanya adalah kita dapat menguasai diri kita untuk mengikuti kebenaran dan tunduk kepada kehendak Tuhan daripada keinginan kita sendiri yang berasal dari nafsu dan egoisme. Kita bisa berdamai dengan Tuhan, dengan diri sendiri, dengan orang lain. Juga apa yang dikatakan menjadi buah-buah Roh Kudus atau buah kebenaran itu menjadi milik kita, menjadi karakter kita:  panjang sabar, cepat mendengar dan lambat untuk marah, dapat mengasihi sesama dan seterusnya.

 

#2. Kasih yang seperti apa yang harus muncul dalam diri seorang yang sudah lahir baru?*

 

Kasih yang sabar, mau berdamai, kasih yang rela diajar dan didisiplin, mau mendengarkan nasihat, mau mengampuni dan memaafkan kesalahan orang, dapat memberikan kepada orang lain seperti yang dia ingini sendiri,  menolong orang, bersedia berkorban.

Kasih tidak pernah menyerah, tidak pernah kehilangan iman, selalu berharap dan bertahan dari setiap keadaan.

_1 Korintus 13:7 Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu._

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman