Hidup Dalam Iman Yang Praktis

SATE 16 October 2020 – 

Bacalah terlebih dahulu : I Yohanes 2:1-6

Dengan adanya seseorang yang menjadi bapa rohani di dalam dirinya yang menjadi teladan serta menunjukkan jalan-jalan Tuhan, maka anak tersebut akan mengalami percepatan dalam pertumbuhannya mencapai suatu kesempurnaan. Tuhan memiliki target dalam hidup kita, tanpa arahan dan jejak kaki yang dapat kita ikuti, maka kita hanya akan berputar-putar dan tidak pernah sampai pada target Tuhan. Itu sebabnya memiliki seorang bapa rohani menjadi sangatlah penting. Dengan memiliki bapa rohani artinya kita sedang memiliki seseorang yang sudah berpengalaman, dan ketika kita belajar dari bapa rohani, maka kita akan mendapatkan kemudahan di dalam pertumbuhan kita.

 

*#1. Menurut ayat tersebut apa bukti kita hidup di dalam Dia?*

 

Buktinya adalah HIDUP dan kehidupan kita sendiri. Karena orang hanya bisa menyaksikan dan melihat dari buah-buah kehidupan seseorang; apakah benar kita menuruti perintah-Nya?  Kita sendiri yang bisa menilai apakah kasih Allah itu sudah ada di dalam kita. Dikatakan ketika kita menuruti firman-Nya, berarti kasih itu sudah ada di dalam. Apa yang ada di dalam harus dinyatakan atau dibuktikan dengan perbuatan tubuh atau hidup kita sehari-hari, bahwa itu sama seperti Kristus telah hidup.

 

*#2. Dikatakan, “kita wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.” Jelaskan kehidupan Kristus seperti apakah yang wajib kita hidupi!*

 

Hidup Kristus adalah kehidupan pribadi Firman dalam kepemimpinan Roh Kudus demi melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikan pekerjaan Bapa menurut panggilan dan kasih-karunia-Nya. Maka, tiap-tiap orang yang telah dipanggil-Nya diperlengkapi dengan iman dan Roh Kudus, supaya kita juga dapat hidup seperti Yesus untuk mentaati firman. Ini artinya kita menyetujui untuk berjalan bersama Dia.

Jadi dengan ukuran iman yang dikaruniakan kepada kita Tuhan memastikan hidup kita berhasil sampai garis akhir. Jika kita berpikir dan melakukan hal-hal yang di luar itu, hanya akan sia-sia. Itu di luar perkenanan Tuhan.

 

*#3. Mengapa dengan memiliki seorang bapa rohani, maka membawa kita mengalami percepatan dalam pertumbuhan?*

 

Kita harus hidup dalam lingkup kasih-karunia-Nya dan menurut ukuran iman yang dikaruniakan Tuhan.  Kita harus dapat menerapkan hal-hal yang praktis dari iman itu . Paulus menasihatkan untuk kita tidak berpikir lebih tinggi dari apa yang patut kita lakukan (Rom 12:3). Yesus mengatakan: Tinggallah di dalam firman-Ku.  Di luar Aku, kamu tidak bisa berbuat apa-apa (Yoh 15:5).  Jadi apa yang Yesus katakan, dijabarkan lagi oleh yang Paulus dan Yohanes  dengan arti yang sama.

 

Seorang bapa rohani juga berperan sebagai sumber anugerah untuk menjabarkan hal-hal praktis yang dapat kita lakukan untuk menyatakan dan memanifestasikan firman dalam hidup kita.  Hal-hal yang praktis itu adalah: Tubuh untuk Tuhan dan Tuhan untuk tubuh (1 Kor 6:13,14). Karena jika kita serahkan anggota-anggota tubuh kita untuk senjata kebenaran, kita sudah menyatakan iman yang terbangun di dalam kita. Persembahan tubuh yang hidup, yang  kudus dan berkenan. Itu semua mencakup hidup dan kehidupan yang diilhamkan Roh Kudus dan pengajaran atau petunjuk Firman yang mendatangi hidup kita (bukan mengutip-ngutip semua firman) sesuai dengan karunia-Nya.

 

Hal-hal seperti inilah yang tadinya merupakan misteri, dibukakan oleh bapa rohani. Jauh lebih mudah dan lebih cepat kita bertumbuh karena kita bisa menerapan iman dalam hal-hal praktis dengan bimbingan bapa rohani, tidak mengawang-awang dan  tidak berputar-putar terus.  Tanpa kita bisa melihat pembanding atau seorang yang telah menjadi model kehidupan, yang telah melakukannya lebih dulu itu,  maka kita akan mengalami banyak rintangan.

 

Dahulu para pahlawan iman bisa melakukan perintah Tuhan dengan ketaatan penuh dan dengan pengorbanan yang  sedemikian luarbiasa, hanya karena melihat iman dari jauh, walau pun iman itu belum datang. Dengan iman yang dikaruniakan Tuhan untuk kita dan seorang bapa rohani untuk memperlengkapi kita, kita dipercaya  Tuhan dapat melakukan semua kehendak Bapa dan menyelesaikan pekerjaan-Nya dengan kuat, sampai pada garis akhir.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman