Lahir Baru Harus Karena Faktor Tuhan

SATE 14 October 2020

Bacalah terlebih dahulu : Yehezkiel 36:26-27

Keberadaan roh pengenalan akan Tuhan menjadi salah satu roh yang meninggalkan manusia pada saat manusia jatuh dalam dosa. Itu sebabnya manusia hanya bisa beragama, berusaha memahami Tuhan dan tidak pernah betul-betul memiliki pengenalan akan Tuhan yang benar. Melalui pertobatan dan kelahiran baru, maka roh pengenalan akan Tuhan dikembalikan untuk bekerja dalam batin manusia, sehingga manusia kembali memiliki pengenalan akan Tuhan yang benar. Roh takut akan Tuhan juga merupakan salah satu roh yang dikembalikan dalam hidup orang percaya saat mereka lahir baru. Melalui roh takut akan Tuhan, seseorang jadi betul-betul mencintai Tuhan sedemikian rupa dan menyembahNya di dalam roh dan kebenaran. Respect terhadap Tuhan bukan lagi menjadi sesuatu yang agamawi tapi menjadi bagian dari “pergaulan dengan Bapa” yang akan dapat dinikmati secara pribadi oleh setiap orang percaya. Bapa menyatakan ketetapan dan hukum-hukumNya, dan pada saat yang sama, memberi kemampuan untuk manusia hidup memperkenan hatiNya melalui roh takut akan Tuhan ini.

 

*#1. Jadi, saat kita mengalami lahir baru, apa yang dikembalikan dalam hidup kita?*

Yang dikembalikan adalah hidup kita yang sama dengan kehidupan Adam sebelum jatuh di dalam dosa. Roh yang dapat berhubungan dengan Allah melalui roh pengenalan akan Allah dikembalikan. Damai sejahtera kembali. Kuasa untuk menaklukkan alam dan ciptaan yang lain itu juga dikembalikan. Roh pengertian dan roh takut akan Tuhan dikembalikan, sehingga kita bisa taat, bukan karena terpaksa dan dikuasai seperti roh jahat merasuki orang, tapi dengan sukarela dan sukacita.

 

Namun bukan itu saja, kita juga diperlengkapi dengan Roh Kudus, seperti yang dijanjikan Bapa kepada Abraham, Ishak dan Yakub, supaya berkat Abraham itu bisa sampai kepada bangsa-bangsa.

_Galatia 3:14 Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu._

 

*Yang terpenting adalah akses kepada dimensi roh untuk mengenal Allah melalui Yesus Kristus itu diberikan, sehingga kita bisa men-download hidup ilahi yang dulu di bumi ini Yesus bangun di dalam diri-Nya di sebuah rumah rohani Yusuf-Maria, bersama Bapa dan Roh Kudus.  Yesus adalah kepenuhan ke-Allah-an, penuh dengan kebenaran dan kasih karunia (Kol 2:9, Yoh 1:14). Di dalam Yesus Kristus misteri hidup kita akan dinyatakan di dalam diri kita untuk pengangkatan kita dari hamba Tuhan, menjadi saudara-saudara Yesus Kristus, Yang Sulung di antara banyak saudara (Kol 3:3,4).*

 

Dan akses kepada Pohon Kehidupan itu akan dikembalikan ketika kita memakai jubah kebenaran dan kita bisa melalui pintu-pintu gerbang kehidupan kekal, mendapatkan akses kepada kota yang kudus itu, yang menjadi tempat kediaman Allah selama-lamanya (Wahyu 22:14).

 

 

*#2. Tuliskan proses seseorang sampai ia mengalami lahir baru!*

 

Manusia mencari cara dan jalan untuk dapat menemukan Tuhan kembali, karena merasakan kehidupan yang hampa, tidak bisa memahami dirinya sendiri dan orang lain, namun mereka tetap sebagai pengembara yang tidak menemukan damai sejahtera. Mereka mencoba macam-macam agama termasuk agama Kristen, mencoba obat-obat terlarang, obat penenang, segala aktivitas, rekreasi, program-program, ilmu pengetahuan, mencari status, kedudukan dan posisi, dan seterusnya. Dari semuanya itu mereka hanya menemukan kepuasan batin karena mendapatkan apa yang mereka cari dan bisa membeli kebahagiaan. *Mereka bisa memuaskan jiwa dan kedagingan, tapi tidak pernah bisa menemukan relasi yang sejati dengan Tuhan dan mendapatkan kebenaran, damai sejahtera dan sukacita dari Roh Kudus, kecuali hanya melalui proses lahir baru (Yoh 3:3).* 

 

Walau pun di hadapan banyak orang, seseorang mengakui percaya Yesus Kristus dan menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat, kalau belum menyerahkan diri mereka dan mengakui-Nya dengan sikap dan ketaatan yang sampai dibenarkan oleh Tuhan sendiri, mereka tidak akan mengalami lahir baru. Hidup mereka akan tetap jatuh bangun dalam dosa, walau pun tetap beribadah tiap minggu ke gereja.  

 

Ketika seseorang mendengar, merespon, ia bisa mendapatkan rhema dari firman Kristus, oleh karena firman berbicara kuat di dalam hati nuraninya. Jika itu sampai pada kesadarannya, maka terjadi ia akan taat kepada kehendak Tuhan yang memanggilnya kepada pertobatan (Rom 10:17).  Namun jika bukan karena faktor Tuhan, misalkan karena ikut-ikutan dan bukan memutuskan sendiri,  atau karena takut neraka;  mereka tidak bisa mengalami kelahiran baru. Bisa jadi seseorang sudah dibaptis, tapi itu bukan tanda yang mutlak.  Tuhanlah yang berinisiatif memanggil kita dan mereka, yang ditentukan oleh Bapa sejak semula menjadi milik-Nya.  Semua orang dipanggil, tapi pemilihan itu bukan karena perbuatan dan hasil usaha manusia, hanya karena anugerah (Rom 8:30).

 

Dengan mendengar dan merespon firman terus dengan benar, dan mentaatinya, maka seseorang menerima iman.  Iman itu identik dengan Pribadi Yesus dan Pribadi Firman, maka ia dimampukan untuk sikap ketaatan dan dibenarkan untuk bisa mengalami lahir baru.

_Roma 8:30 Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya._

 

Melalui kelahiran baru, kita dibawa terus kepada pertumbuhan kedewasaan iman, dibawa kepada dimensi kemenangan dan mendapatkan terang kemuliaan Tuhan terpancar dari dalam hati kita.

AGENDA MANUSIA ATAU KEHENDAK TUHAN - BAGIAN PERTAMA

KEHIDUPAN ZOE Kehidupan Yang Berkelimpahan

Apa Maksudnya dengan CIPTAAN BARU DALAM KRISTUS?

ROMA 15:1-7

EIDO dan GINOSKO

KETEGUHAN HATI

GALATIA 1:10-24 KELUAR DARI HIDUP YANG SIA-SIA

MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS

TUJUAN UTAMA GEREJA

Pelajaran Alkitab Galatia 4:21-31

Manusia Dibenarkan Karena Iman